Tidak Bisa Memblokir Pembeli yang Membatalkan Pesanan COD

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Saya sebagai penjual di Lazada. Nomor order: 1454635118348278 dan nomor tiket laporan: 2500000150276425, dari tanggal 20 Mei 2024 dibiarkan saja, gak ada kejelasan.

Berawal dari pesanan COD gagal kirim, dengan alasan: UANG TIDAK CUKUP. Lalu ketika saya mau blokir (daftar hitam) user pembeli tersebut lewat fitur chat (centang masukan ke daftar hitam), tiba-tiba muncul teks seperti ini: “Anda tidak dapat memblokir pelanggan ini. Pemblokiran hanya tersedia apabila Anda telah menyelesaikan 10 pesanan terakhir dari pelanggan ini“.

What? Maksudnya penjual mesti diperlakukan seperti ini oleh pembeli yang sama sebanyak 10 kali dulu baru bisa ngeblok pembeli tersebut? Atau para seller bisa tolong jelaskan aturan terselubung lainnya dari Lazada yang merugikan seller ini. Sebagai catatan: pembeli ini baru melakukan orderan pertama kali di toko saya.

Aturan ini sudah lama, tapi sampai sekarang belum juga diberesin. Silahkan para seller menilai sendiri. Terima kasih.

Handy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Tidak Bisa Memblokir Pembeli yang Membatalkan Pesanan COD

  • 2 Juni 2024 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Blokir pembeli bisa melalui menu pesanan. Bukan melalui menu chat.

    Percuma saja diblokir nanti ganti akun order lagi dalam jumlah banyak.

    Perlu di ingat di lazada jika 1 order ada 20 items, maka dianggap 20 order.
    Jika penjual membatalkan order tsb, sama saja batal 20 order. Akibatnya tentu semua paham…

    • 2 Juni 2024 - (12:19 WIB)
      Permalink

      @Boedi
      Ya kak. Bener.
      Tp ketika saya tanya ke cs lazada dijawab jg gitu sama CS nya, mesti selesaikan 10 transaksi dari pembeli tersebut untuk bisa blokir kan bingung CS lazada nya jawab gitu. Takutnya blokir yg melalui menu pesanan masih tetep bisa order.

      Berarti sama kaya tiktok shop ya lazada 5 varian yg diorder dianggap 5 transaksi ya.

      Ok thank u kak atas diskusi nya dan info nya

      • 3 Juni 2024 - (15:17 WIB)
        Permalink

        Pembeli sudah tidak bisa order kalo diblokir dari menu pesanan. Dia harus gunakan akun lain. Tapi namanya penipu, kalo udah niat dia bakal order lagi jumlah banyak sekaligus dan batal dengan akun lain.

        • 3 Juni 2024 - (15:35 WIB)
          Permalink

          @Boedi
          Tapi kenapa pihak CS bilang gitu ya? Mesti 10 transaksi org yg sama dulu baru bisa blokir. Mereka kok ga arahin ke menu transaksi utk blokir. Malah bilang sesuai SS yg says beri itu. Artinya CS lazada ga ngerti product knoledge dia utk membimbing seller nya.

          Yg penting bisa blokir sih. Mau dia ngulangin lg pake akun lain mah itu terserah dia tinggal minta admin blokir secara ip aja 😁 hehe

  • 2 Juni 2024 - (15:33 WIB)
    Permalink

    Dari pihak Lazada sendiri, kalau COD masalah melulu, bakal dinon-aktifkan buat pembeli. Saya ketemu di website lazada katanya kalo batal 3 hari dalam 180 hari. Jadi lebih sedikit dari syarat yang buat penjual blokir.

    Cuma seperti yang Boedi bilang. Walaupun katakan penjual bisa langsung blokir setelah 1 pembelian bermasalah juga bukan solusi penuh. Kalo pembelinya memang niat teror atau iseng, tinggal ganti akun baru, beli nomor baru, pake internet orang, dll.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Tidak Bisa Memblokir Pembeli yang Membatalkan Pesanan COD

oleh Power Glue dibaca dalam: 1 menit
5