Kendala Sinyal XL yang Tidak Stabil di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

Perkenalkan saya Dwi Ayu Wulandari, saya merupakan pelanggan dari provider XL dengan nomor 0859397915**. Saya sudah lama menggunakan layanan XL. Saat ini saya berdomisili di Kabupaten Tegal, lebih tepatnya di Dk. Wanatawang, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Dari dulu sejak memakai provider XL, saya tidak pernah mengalami kendala sama sekali untuk akses internet. Bisa dibilang lancar-lancar saja untuk mengakses internet serta tidak sulit bagi saya untuk berkomunikasi menggunakan XL di area Tegal.

Namun, sangat disayangkan beberapa hari yang lalu saat berada di rumah, koneksi internetnya menjadi tidak stabil dan kecepatan yang lambat membuat aktivitas online seperti browsing, streaming, dan bekerja dari rumah menjadi sangat terganggu.

Kendala tersebut dimulai dari tanggal 2 Juni 2024 pada malam hari sampai saat saya menulis keluhan saya hari ini pada tanggal 11 Juni 2024. Jaringan internetnya tidak stabil, sinyal 4G selalu berubah-ubah menjadi G kadang E dan bar sinyalnya juga hanya 3 bar saja.

Namun, apabila masuk ke kamar, bar sinyal turun menjadi 1 bar saja, sehingga untuk akses internet di semua aplikasi baik media sosial maupun browsing di Chrome menjadi gagal.

Saya tidak tahu apakah karena lokasi saya yang terpencil dan sangat jauh dari kota sehingga sinyal pemancarnya tidak menjangkau atau memang dari XL yang sedang mengalami gangguan. Namun, biasanya jaringan XL selalu penuh dan stabil serta untuk akses internet lancar-lancar saja.

Saya sudah mencoba berbagai cara mulai dari menonaktifkan data seluler, mode pesawat, memindahkan kartu ke handphone lain, pengaturan jaringan seluler di handphone sampai mematikan handphone juga sudah saya lakukan. Namun kendalanya masih sama dan masih berlanjut sampai berhari-hari.

Sebelumnya saya sudah melaporkan kendala saya ini pada pihak XL di tanggal 11 Juni 2024 malam dengan nomor laporan C200533871 dan sudah dibantu untuk penyegaran jaringan dari sistem serta sudah mengikuti panduan yang dikirim melalui SMS. Namun, sampai saat ini, tanggal 12 Juni 2024, saya masih mengalami kendala yang sama dan masih belum ada tindak lanjutnya.

Sejujurnya saya merasa sangat kecewa karena kendala ini masih belum ada penyelesaian yang jelas dan membuat kegiatan sehari-hari saya terganggu karena sinyal yang berubah-ubah sehingga gagal akses internet.

Saya sangat berharap dengan adanya pengaduan ini, agar pihak XL bisa menindaklanjuti dan menyelesaikan kendala saya secepatnya, serta bisa konfirmasi ke pihak saya terkait kendala jaringan XL yang tidak stabil di area saya agar tidak menghambat pekerjaan, komunikasi, bahkan sampai untuk sarana pendidikan.

Semoga saran saya bisa segera terealisasi dikarenakan saya tidak ingin berpindah ke provider lain.

Terima kasih.

Dwi Ayu
Tegal, Jawa Tengah


Update (16 Juni 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Xl Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kendala Sinyal XL yang Tidak Stabil di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah”

Jakarta, 30 Juni 2024 Ref.CM/CU/E/008/0624/GA Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Dwi melalui Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Kendala Sinyal XL yang Tidak Stabil di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

  • 14 Juni 2024 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Gangguan seperti itu biasanya karena ada masalah pada 1-2 menara BTS yang dekat dengan rumah anda. Penyebabnya bisa karena kalibrasi berubah karena faktor cuaca, sumber daya listrik terputus, pencurian/vandalisme, dsb. Laporkan saja ke XL supaya ditindak-lanjuti.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Kendala Sinyal XL yang Tidak Stabil di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah

oleh Dwi Ayu dibaca dalam: 2 menit
2