Shopee Membatalkan Pengembalian Dana, Tidak Sesuai dengan Ketentuan Pusat Bantuan

Pada tanggal 18 Desember 2019, saya membeli 6 buah Flashdisk dalam 3 varian, dengan kapasitas 4 GB via e-commerce Shopee. Nomor pesanan: 19121822067H897 dengan penjual jianmostory.id senilai Rp119.977 yang kemudian diterima pada tanggal 28 Desember 2019.

Saya merasa heran, setiap kali saya memasukkan data ke dalam semua flashdisk tsb, datanya hilang dan tertinggal sedikit saja. Lalu saya mengujinya dengan software H2testw, ternyata kapasitas flashdisk hanya sebesar 118 Mb saja.

Saya mengajukan pengembalian dana kepada Shopee pada tanggal 30 Desember 2019. Semua bukti dokumen foto dan hasil uji software sudah saya sertakan dan saya diminta menunggu. Pada tanggal 11 Januari 2020, pengajuan saya dibatalkan dengan alasan permintaan penjual, dimana dana saya ternyata sudah diteruskan kepada penjual.

Kemudian saya coba memeriksa kembali kolom diskusi, ternyata pada tanggal 9 Januari 2020 pukul 13:12 WIB mereka hanya memberi waktu satu hari untuk mengirimkan barang dengan batas waktu tanggal 10 Januari 2020 pukul 17:00.

Saya merasa sangat kecewa dengan apa yang dilakukan pihak Shopee, jelas tidak menghargai konsumen. Membuat konsumen menunggu penyelesaian hampir 10 hari, lewat dari ketentuan Shopee sendiri, yang mana seharusnya hanya butuh 3 hari, dan 5 hari waktu pengembalian dari sejak pengembalian disetujui.
Apakah etis cara kerja e-commerce sebesar Shopee terhadap konsumen?

Muk Men
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:8    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

5 komentar untuk “Shopee Membatalkan Pengembalian Dana, Tidak Sesuai dengan Ketentuan Pusat Bantuan

  • 13 Januari 2020 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Barang dari Tiongkok yah gan? Gimana caranya balikin ke sana dalam waktu sehari? 😅

    Sebaiknya Shopee ngasih sistem punishment buat seller2 nakal yg menjual barang2 gak berkualitas kek gini. Sebelum rame marketplace dalam negeri, dulu sy sering belanja di Ali Express dan Ebay. Seller2nya tuh paling takut kalo kita sampai open dispute melibatkan pihak marketplace. Beberapa kali kiriman sy bermasalah di pengiriman (melewati masa garansi waktu pengiriman/masalah di kurir), ketika sy komplain ke seller, mereka sangat responsif sampai menawarkan kirim ulang barang asal kita gak open dispute. Sepertinya kalo sampai buyer open dispute, seller2nya kena denda atau apalah.

    • 14 Januari 2020 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Iya Gan barang dari China, barang disuruh kirim kegudangnya diTanjung Priok, hanya dikasih wktu 1 hari, peraturan diShopee 3 hari ada keputusan tpi ternyata sdh 9 hari gak ada, bgtu kita lewat ngecek lagi dana sdh berpindah.

      Diluar negeri e-commerce bertindak profesional karena SDMnya berbeda & benar-benar ada perlindungan terhadap konsumen, kalo lokal sini mereka gak paham apa keluhan konsumen, kalo Penjual berkeberatan atas pengembalian barang, maka mereka akan memihak Penjual & menganggap konsumen yg tdk paham, selama ini dari 5 kasus yg pernah saya alami dgn Penjual keberatan pengembalian dana, tidak ada satupun kasus pihak Pusat bantuan memenangkan konsumen.

  • 14 Januari 2020 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Bukankah Shopee platform e-commerce asal Singapura? Jangkauannya meliputi Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, Filipina dan Brasil.

    Dengan jangkauan yang luas, seharusnya Shopee sudah memiliki SOP yang baik dan berstandard Internasional, seharusnya case diatas tidak terjadi.

    • 21 Januari 2020 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Jika SDM disortir dengan baik, maka hal seperti ini memang tidak perlu terjadi, dengan berlindung pada nama besar & promosi besar-besaran untuk menarik konsumen dianggap hal paling utama tanpa perlu mempertanggungjawabkan apapun yang merugikan konsumen, termasuk melanggar ketentuan mereka sendiri.

      NB : sampai hari ini tanggal 21/01/2020, dana konsumen masih belum dikembalikan, padahal produk sudah diterima digudang mereka pada tanggal 15/01/2020.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Shopee Membatalkan Pengembalian Dana, Tidak Sesuai dengan Ketentuan Pu…

oleh _7920 dibaca dalam: 1 min
5