Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Bak Main Ping-Pong

Kepada Yth. PT. Espay Debit Indonesia Koe (DANA) dan PT. Bank Central Asia Tbk (BCA),

Saya Indra, saya adalah salah satu nasabah BCA dan juga pengguna akun sekaligus pemilik merchant (akun DANA Bisnis) di DANA. Saya memiliki masalah terkait transaksi QRIS yang saya lakukan. Pada tanggal 14 Agustus 2020 lalu pada pukul 23.27 WIB, saya melakukan transaksi QRIS melalui BCA Mobile sebesar Rp50.000. Transaksi QRIS ini dilakukan dengan scan barcode statis ke merchant DANA sebagai acquirer, dan kebetulan barcode QRIS tersebut adalah milik toko saya sendiri.

Transaksi dilakukan atas dasar saya sebagai pemilik merchant mendapat informasi bahwa sejumlah pelanggan toko saya yang tidak bisa scan barcode QRIS Dana saya. Karena itu, atas inisiatif saya sendiri, saya ingin mencoba melakukan transaksi dengan scan QRIS milik sendiri.

Namun saat transaksi di BCA Mobile, transaksi seperti ter-pending dan muncul notifikasi cek status. Seketika saya melakukan cek mutasi, dan saldo saya terpotong. Namun saya tidak mendapatkan bukti transaksi (dalam inbox QR) yang menyatakan transaksi berhasil ataupun gagal. Karena itu pegangan transaksi saya ini hanyalah mutasi rekening.

Pada keesokan harinya (15/8) sekitar pukul 7.30 WIB, saya menghubungi Halo BCA. Menurut Customer Service yang melayani saya, transaksi QRIS tersebut dinyatakan berhasil dan diminta untuk menghubungi DANA sebagai acquirer QRIS. Setelah itu saya kemudian menghubungi Dana untuk meminta kejelasan melalui e-mail.

Setelah melalui proses investigasi yang dilakukan DANA, pada tanggal 24 Agustus lalu saya mendapatkan respon hasil investigasi yang dilakukan DANA. Dalam e-mail tersebut (screenshot e-mail dari DANA saya lampirkan dalam e-mail ini) dikatakan bahwa transaksi saya tidak ditemukan di DANA, dan diminta menghubungi BCA untuk mengembalikan saldo rekening saya yang terpotong.

Karena itu saya kemudian mengirim e-mail ke BCA pada 27 Agustus. BCA menjawab bahwa saya harus menghubungi layanan merchant solution mereka. Di hari yang sama, saya menghubungi ke sana dan mereka tidak menanggapi masalah saya karena transaksi yang bermasalah bukan dari EDC BCA ataupun QRIS BCA, kemudian saya dialihkan ke layanan Halo BCA.

Di Halo BCA, mulanya saya dikagetkan dengan tidak ada transaksi debit sebesar Rp50.000 di tanggal 14 Agustus. Karena saya meminta BCA untuk mengecek di tanggal 15 Agustus, transaksi tersebut ada di sistem BCA dan dinyatakan berhasil. Customer Service tersebut mengatakan bahwa transaksi tersebut baru terposting pada 15 Agustus, dan saya diminta untuk kembali mengkonfirmasi kepada DANA.

Setelah mendapat respon dari BCA, saya kemudian kembali menghubungi DANA via e-mail di hari yang sama untuk meminta kejelasan transaksi di tanggal 15 Agustus. Sebab di aplikasi merchant DANA saya, tidak ada satu pun transaksi dengan nominal Rp50.000 dari BCA pada tanggal 15 Agustus.

Pada tanggal 30 Agustus, barulah saya mendapat balasan dan responnya mengecewakan, saya kembali diminta menghubungi BCA untuk meminta refund saldo saya.

Sudah setengah bulan, masalah hanya dilempar sana-sini bak bermain ping-pong. Sejujurnya saya sudah lelah mengurus ini, hanya buang-buang pulsa saja, lama-lama bisa impas juga pengeluaran pulsa untuk menghubungi mereka dengan kerugian saya. Saya jadi menduga-duga masalah seperti ini hanya dianggap sebelah mata karena nominalnya yang kecil.

Dalam surat pembaca ini, saya turut lampirkan beberapa screenshot, yaitu screenshot mutasi rekening BCA saya yang memuat transaksi yang dipermasalahkan, screenshot histori transaksi dalam aplikasi merchant DANA (DANA Bisnis) bahwa tidak ada transaksi sebesar Rp50.000 tersebut di tanggal 14 Agustus dan 15 Agustus, serta screenshot e-mail paling akhir dari BCA serta DANA yang meminta saya kembali menghubungi BCA.

Saya berharap ada kejelasan uang Rp 50.000 tersebut. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Yohanes Indra Krisnadi
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat


Update: Terkait surat pembaca di atas, pada tanggal 19 September 2020 penulis memberikan apresiasi atas respon cepat dari BCA dan DANA sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Transaksi QRIS di DANA:
[Total:8    Rata-Rata: 3.1/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Yohanes Indra

Menanggapi keluhan Bapak Yohanes Indra Krisnadi melalui rubrik Surat Pembaca di Media Konsumen pada tanggal 31 Agustus 2020, dengan judul...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Bak Main Ping-Pong

  • 31 Agustus 2020 - (23:54 WIB)
    Permalink

    Prihatin sama kendala yg anda alami.

    Mungkin tdk ada salahnya kalau anda hubungi CS OVO utk menyampaikan kendala yg anda alami.

    Semoga masalahnya anda cepat selesai (uang 50rb-nya kembali ke BCA atau DANA atau OVO).

    • 1 September 2020 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Wow sdh panjang lebar cerita kronologinya ternyata disini ada halo bca bilangnya begini:
      Mohon Bapak/Ibu Pelanggan informasikan detail kendalanya ya. 🙂 Tks ^wandi

    • 1 September 2020 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Kebetulan tadi saya ditelepon pihak Dana. Menurut mereka, uangnya belum diterima Artajasa sbg payment gateway sehingga Artajasa meminta Dana kepada saya untuk menghubungi BCA untuk lakukan chargeback.

  • 1 September 2020 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Saya yakin biaya menelpon ke cs dana dan BCA pasti sudah melebihi 50 ribu pulsanya ya 😂
    Tapi gpp maju terus pantang mundur

    • 1 September 2020 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Sudah hampir ini. Baru saja diminta telepon BCA lagi minta chargeback, impas juga kan

    • 1 September 2020 - (17:43 WIB)
      Permalink

      Sy juga punya merchant Dana bisnis tp sy tdk pergunakan, krn yg resmi dr pemerintah adl Qris dr bank himbara + bca sbg alat pembayaran. Saran sy buatlah qris merchant saudara dr bank tersebut utk menerima pembayaran insyaallah lebih aman

      • 3 September 2020 - (15:36 WIB)
        Permalink

        Kebetulan saya juga ada QR dari Maybank. Paling tidak ada alternatif kalau yg salah satu ada kendala

  • 25 Maret 2021 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama pak, dana juga tidak masuk sampai saat ini dan hanya di “ping-pong” kesana-sini. Ya sudahlah….

 Apa Komentar Anda mengenai Transaksi QRIS di DANA?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Masalah Transaksi QRIS BCA-DANA, Penyelesaian Bak Main Ping-Pong

oleh Yohanes Indra Krisnadi dibaca dalam: 2 min
9