Penipuan dengan Modus Phishing di Shopee, Akun Dinonaktifkan, Dana Tidak Kembali

Assalamu’alaikum,

Rekan-rekan dan teman semua mohon hati-hati dengan jual beli online, ini pengalaman yang pahit bagi saya. Saya telah transaksi pemesanan tertanggal 14 September 2020 di Shopee ke penjual dengan kode 6jb1fixme, Kota Denpasar, untuk pembelian HP Realme promo seharga Rp1.444.800,- dan ongkir Rp. 150rb.

Kejadian bermula dari pertama klik pesanan via Shopee Pay lalu saya bayar. Setelah itu saya hubungi penjual bahwa saya telah melakukan pembayaran pesanan. Beberapa saat berselang, tiba-tiba saya dapat telepon dari penipu yang mengaku toko penjual tersebut. Lalu penipu tersebut membimbing saya buka WA untuk klik Shopee promo.

Setelah saya ikuti, saya baru sadar. Beberapa saat kemudian, saya buka akun Shopee kok pesanan di menu kemas dan kirim tiba-tiba hilang entah ke mana. Saya lihat di notifikasi kok gak ada pemberitahuan pembatalan dan apapun? Astaghfirullah, saya sadar. Baru beberapa jam saya coba konfirmasi via email dan telepon ke CS Shopee dan seperti biasa dikaji dulu sama Shopee.

Besoknya ada email balasan dari Shopee katanya dana telah dikembalikan, tapi saya cek di Shopee gak ada. Lalu saya telepon CS Shopee katanya tunggu aja. Setelah lewat 2×24 jam saya konfirmasi lagi ke Shopee dan CS Shopee. Balasan Shopee, akan diganti sama voucher senilai Rp700 ribuan, tapi harus melengkapi berkas.

Setelah saya ikuti sesuai keinginan Shopee, sampai saat ini boro-boro ada yang masuk, semut pun diibaratkan gak ada. Shopee pembual kakap, malah sekarang akun saya di-nonaktifkan. Udah bosen telepon dan email, ngabisin pulsa dll. Kecewa banget sama Shopee, semoga Alloh membalas.

Encep Hendra Permana
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:30    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

15 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Phishing di Shopee, Akun Dinonaktifkan, Dana Tidak Kembali

  • 1 Oktober 2020 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Shopee sudah memperingati pengguna untuk berhati-hati chaing atau menerima pesan baik yang dilakukan penjual itu sendiri maupun orang di luar sistim shopee. Sudah jelas-jelas penipu mengirim link di WA kok gak sadar itu pishing. Hmm namun karena tergiur dengan promo anda penasaran apa isi dari link tersebut… terbukalah….pintu menuju..zonk….

    5
    1
  • 1 Oktober 2020 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Lagi lagi bertambah korban penipuan belanja online. Ini hanya dugaan saya saja, apakah mungkin toko/store yg menjual produknya di dalam apk.Shoope tsb ada “oknum” nakal store itu sendiri yg bermain.?? Khan setiap transaksi yg berhasil di dlm aplikasi, duitnya masih ditahan di rek.resmi Shoope.?? Betul tidak.?? Khan mesti menunggu 7 hari dulu, barulah seller/store itu bisa mengklaim dana trx tsb agar di transf ke rek mereka (store).??

    • 1 Oktober 2020 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Kalau di Toped, setelah transaksi selesai, pembeli klik telah terima barang. Kita langsung bisa menarik dana. Apalagi jutaan, tiga jam sudah bisa cair ke rekening kita, di hari kerja.

      • 4 Oktober 2020 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Saya juga sebagai korban merasa bingung, tp apa hendak dikata mas. Saya juga emang kemaren2 udah di kontak setelah buat status di media konsumen pihak Shopee dengan baiknya mengabarkan ttg voucer yg dijanjikan emang baru tahu udah masuk saya kira masuk di Shopee pay. Tp dg penggantian voucer pun yg nominal 700rb-an ini sangat membingungkan sekali sampai2 2 hari kemaren dicoba di pakai pesanan susahnya minta ampun dan voucer nya ternyata hanya bisa dipakai ga sampai 200rb-an malah saya jd belanja diluar voucer…. Adeuuuh… Entahlah

    • 7 Oktober 2020 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Shopee tidak bisa dipercaya,,,, selamat anda pemenang dananya…. Makasih yang sebesar-besarnya

  • 1 Oktober 2020 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Satu satu nya cara membuat mereka musnah masyarakat harus lebih pintar lagi dan pihak mana pun harus memperkuat sistem karena teknologi makin canggih

  • 1 Oktober 2020 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Sangat prihatin dengan apa yang anda alami, persis seperti yang lain lain. Sebenarnya secara logika orang Marketplace tak akan ada menghubungi setiap pembeli (dalam 1 jam bisa terjadi ribuan transaksi) , dan kalau pun mengaku sebagai penjual itupun sudah diingatkan jangan ada tindakan apapun diluar platform app marketplace.
    Semoga kedepannya tidak sembarangan klik link tidak resmi, apalagi yang meminta data pribadi atau bahkan kode OTP.
    Semoga pihak marketplace memberikan kebijakan.
    Take care, Bro

  • 2 Oktober 2020 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Kan ,di shopee chat penjual, sudah ada pemberitahuannya, dilarang melakukan transaksi diluar aplikasi shopee,, kenapa anda ikuti perintah yg ada di WA yg mengatasnamakan shopee, dia mengetahui nomor WA anda ketika anda buat pesanan karena sudah terlihat rincian alamat penerima dan nomor telpon, ini oknum, mangkannya sebelum order dilihat dulu tokonya, review pembeli, apakah banyak ulasan bintang 5, akun anda sudah kena hacker, salah sendiri klik tautan di WA,,,

    2
    2
  • 2 Oktober 2020 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Bijak lah berbelanja di e commerce bro.. beli di official store & skalian melakukan transaksi di luar shopie

  • 2 Oktober 2020 - (14:05 WIB)
    Permalink

    Percuma pakai smartphone kalau yang pakainya nggak smart. makanya setiap petunjuk yang ada tuh dibaca. udah jelas ada tulisan jangan bertransaksi di luar shopee. Itu tulisan buat di baca, dipahami, bukan cuma coretan dinding doang. kalau udah kayak gini kejadiannya, yaa selamat menikmati hasil kebodohan sendiri

  • 2 Oktober 2020 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Yang jelas Mas Encep Permana masuk ke halaman web shopee yang palsu, jadi saat Masnya masuk kehalaman psu tersebut, mesti memasukkan id dan password, saat itulah akun kena phising karena id dan password sdh diketahui penipu dan akhirnya uang gak kembali.

    Kau kejadian Saya dulu adalah, seperti yang Saya jelaskan diatas, waktu itu sama dibilang cek WA untuk kepastian detail barang yang akan dikirim apa benar, lalu Saya masuk kehalaman bukalapak yang ternyata palsu lalu login, akhirnya transaksi dibatalkan, dana kembali keakun tapi akun sudah digunakan penipu, lalu uangnya dipakai beli pulsa dengan total sekitar 4,8jt.
    Lalu Saya hubungi bukalapak, dan ditangani, setelah sekitar 3 hari Saya ditelpon pihak bukalapak, setelah data Saya terVerifikasi, diinfokan dana akan dikembalikan, dan Alhamdulilah gak sampai seminggu uang dikembalikan (kalau gak salah keterangannya ad
    “semacam” asuransi)

    • 4 Oktober 2020 - (22:17 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah,,,, bukalapak bertanggungjawab banget… Shopee malah membuat bingung saya udah di kasih voucer senilai stengahnya sich 700rb-an kemaren nelp setelah saya buat postingan tp voucer hanya bisa dipakai tidak lebih dari 200rb-an dan malah saya berusaha pakai voucer tsb malah jadi belanja lg, makanya ya entahlah Shopee ini beritikad baik atau hanya memanfaatkan saja… Adeuuh bingung..

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Phishing di Shopee, Akun Dinonaktifkan, Dana Tid…

oleh Encep Hendra Permana dibaca dalam: 1 min
15