Pengiriman 2 Paket Hilang, Anteraja dan Shopee Tidak Mau Bertanggungjawab dan Merugikan Penjual

Saya sebagai penjual di Shopee mengalami kejadian kurang menyenangkan. Ada 2 orderan menggunakan AnterAja berisi handphone (harga per paket Rp1.059.000) dari Tangerang menuju Penjaringan (JAKUT) dinyatakan hilang.

  • Nomor order Shopee: 201205RAXY83AD (nomor resi AnterAja: 10000670313794).
  • Nomor order Shopee: 201205RAXW7H31 (nomor resi AnterAja: 10000670312481).

Paket dikirim tanggal 05 Desember 2020, dan pada tanggal 06 Desember 2020 mendapatkan update yang agak tidak biasa “Delivery parcel tertunda karena ‘Alasan lainnya’“. Langsung saya melakukan komplain ke CS AnterAja dan dijanjikan akan ditindaklanjuti.

Setiap hari saya telepon dan jawabannya selalu sama. Sampai hari ini tanggal 15 Desember 2020 paket dinyatakan hilang dan oleh pihak Shopee hanya diberikan penggantian ke saldo penjual sebesar Rp100.000 per orderan. Paket tidak bisa diasuransikan karena Shopee tidak menyediakan opsi seperti itu di marketplace mereka.

Saya sebagai penjual mengalami kerugian yang cukup menyesakkan di masa pandemi begini. AnterAja saya aktifkan karena mendapat telepon dari AnterAja dan notifikasi serta rekomendasi dari aplikasi Shopee agar diaktifkan. Ternyata cukup mengecewakan.

Paket dinyatakan hilang begitu saja tanpa adanya investigasi terhadap oknum “pelaku” yang melakukan pencurian di gudang mereka (infonya paket hilang di gudang utama AnterAja di Rawa Buaya). Pelaku akan sangat senang karena yang menanggung kerugian adalah penjual, maka terbuka kemungkinan terjadi lagi di masa yang akan datang.

Melalui surat pembaca ini saya harapkan ada pengertian baik dari pihak AnterAja ataupun Shopee untuk bertanggungjawab atas kerugian yang saya alami.

Terima kasih.

Tarson
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Tarson

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Tarson yang berjudul: “Pengiriman 2 Paket Hilang, Anteraja dan Shopee Tidak Mau Bertanggungjawab dan...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Pengiriman 2 Paket Hilang, Anteraja dan Shopee Tidak Mau Bertanggungjawab dan Merugikan Penjual

  • 16 Desember 2020 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Saya kok masih sama ya feelingnya.. Di curi ya.. Maaf klau berpikiran buruk.. Tapi klau misal ada barangnya trus tau2 hilang. Brarti ada yg ngambil.. Dan hanya di kasih kompensasi 100rb.. Dan setelahnya selesai gt..coba tanyakan ke antaraja siapa trakhir yg menghandle pengiriman. Minta nomer tlp.. Ini bisa ke kriminal klau tau2 hilang dan tdk ada kejelasan.. Saya hanya merasa ada yang salah.. Saya yakin di sistem antaraja atau shopee sudah melakukan sistem.. Tpi tetap saja.. Jika sudah mengetahui sistem mungkin lebih tau kelemahannya.. Semoga cepat selesai.. Jika tidakpun.. Semoga mendapat ganti yg lebih baik

    • 16 Desember 2020 - (13:17 WIB)
      Permalink

      hasil investigasi mereka hanya dikatakan barang hilang, terkesan ditutup-tutupi. Feeling saya juga ada oknum “maling” di warehouse mereka, terimakasih gan untuk doa nya

  • 16 Desember 2020 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Enak banget ya harga 1 juta cuma dikasi kembalian 100 ribu doang
    Ini anter aja harus di investigasi ni kurir nya ko bisa kaya gitu ada pegawai mental maling di gudang nya

  • 16 Desember 2020 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Masalah barang hilang oleh kurir, itu adalah masalah internal Anteraja. Yang jadi masalah bagi seller adalah pihak Shopee gak menyediakan atau mewajibkan asuransi buat pengiriman. Kemarin2 juga ada yg nulis ponsel jualannya di Shopee hilang saat pengiriman JNE dan hanya diganti 10 kali ongkir.

  • 16 Desember 2020 - (14:46 WIB)
    Permalink

    si orange mungkin masih anggap asuransi bakal membuat ruwet sistem yang sudah ada. sebab perlu cs tambahan dan lain2 agar tidak kewalahan. padahal asuransi menjadi jaminan penjual agar tenang kirim2 barang mahal, dan untuk pembelian si pembeli pasti digantikan uanngnya apabila ada kehilangan. tapi sebenarnya di shopee bisa inject asuransi mandiri seperti jnt, dan kalau tidak salah shopee express jg secara ga langsung diasuransikan shopee sendiri. jadi secara pengamatan pribadi, shopee lebih main kuantitas perintilan, semua pernak pernik seperti acc hp laris manis di orange. tapi kalau ngomong kapitalisasi, si ijo sangat luar biasa nominalnya untuk elektronik dan hp khususnya dengan fitur asuransinya (bisa dibayangkan pemasukan asuransi mereka). coba bandingkan volume penjualan unit. pasti berasa bedanya. dan merchant2 besar banyak fokus di ijo

  • 16 Desember 2020 - (15:14 WIB)
    Permalink

    sistem paling goblog , tidak ada asuransi ? klo hilang cuma diganti segitu, apa shopee sdh memberikan peringatan ttg hal ini sebelumnya. Ini bakal jadi modus bagi para oknum.

    Tidak ada alasan ttg hal ini, asuransi sdh diterapkan di banyak marketplace serta kurir.
    Yang sabar gan, perjuangkan terus, minimal biar penjual2 di shopee yg sejenis bisa tahu, semoga ada titik terangnya.

    3
    2
  • 16 Desember 2020 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Gan kalo boleh saran saya juga salah satu seller di toko oranye dan sama seperti agan mainnya di hape,
    Khusus si oranye hanya pakai jnt saja gan jangan pakai selain itu tapi tidak sembarangan jnt juga, jnt nya harus yang cabang dari pusat langsung.

    Itupun agan harus anter ke gerai nya langsung disana agan bisa pake asuransi luar (istilahnya) meskipun agan harus tambah beberapa ribu ya itung2 modal tambahan.

    Gitu sih pengalaman ane selama ini.

    Untuk anter aja sebaiknya di offkan dulu sedang gak bagus dya… Lagi banyak kehilangan.

    • 16 Desember 2020 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Iya gan saya juga baru dapat info di JNT bisa diasuransikan, dan anteeaja sudah saya offkan juga. Update terbaru barusan ada 1 paket anteraja lagi yg mengalami kemungkinan hilang,tapi kali ini di tokopedia (asuransi). Paket dari tangerang ke depok dr tgl 12 tidak ada perkembangan di hub jakarta timur. anteraja saya offkan di semua ecommerce jualan saya.

  • 16 Desember 2020 - (22:22 WIB)
    Permalink

    yang seperti ini kalo gak dipidana gak bakal jera. dari cerita diatas jelas shopee dan anteraja lepas tangan !!!

  • 17 Desember 2020 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Hahaha om sudah pernah cek berapa rata2 bintang untuk anteraja di google? Rata2 cuma 2 dari 5 bintang ! Di tokped kemarin gw jual hp dan si buyer pilih bebas ongkir dan kebetulan random dapetnya anteraja, jujur gw ngeri ngirimnya karena banyak banget ulasan jelek buat ekspedisi itu, dan bener aja pas ke gw ke cabang nya di bogor, buset itu paket berantakan banget berserakan dimana mana, sampe keluar, dan terkesan gak ada SOP nya, gw pun ga dilayani sama cs nya, tp dilayani sama salah 1 orang yg lg cek cekin paket lain di depan kantornya…alhamdulillah paket gw lancar..tp sumpahhh ya, kalo terpaksa harus anteraja gw saranin WAJIB ASURANSI, kalo emang shopee ga bisa udahlah matiin aja anteraja nya??

    • 17 Desember 2020 - (12:36 WIB)
      Permalink

      iya, belakangan banyak info dari teman2 yang paketnya berkendala oleh Anteraja. ada yg jabotabek seminggu tidak dikirim2, ada yang paketnya tidak jelas ada dimana,, sampai yang hilang juga ada. Dan parahnya tidak seperti jasa pengiriman lain, mereka tidak mau respon.tanggap terhadap komplain sama sekali, tidak peduli apapun yang disampaikan customer dicuekin saja. sayang sekali jasa yg baru naik daun tapi seperti ini manajemennya

      • 17 Desember 2020 - (20:54 WIB)
        Permalink

        Parah nih anteraja… Sy jg pernah beli pake Tokopedia dengan kurir anteraja pada Des 2019 & di nyatakan hilang… Untung nya pihak Tokopedia mau membantu mengurusi hingga akhirnya sy dapat klaim penggantian uang seharga barang nya ( rungu di ongkir nya) tapi sy masih bersyukur uang sesuai barang bisa kembali.. nah ini terjadi lagi dengan kurir yg sama makin anti deh beli pake anteraja

  • 17 Desember 2020 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Menurut saya,itu ada oknum d dalam gudangnya / tukang sortir (atau apalah namanya)….saya pernah nanya kurir anteraja yg ngirim k rumah,
    -bang pernah paketan ilang nggak??
    +pernah bang,paketan jatuh kayaknya..
    -terus gimana??
    +ganti sendiri,tapi nanya dulu k konsumennya mau ganti uang apa barang sesuai barang yg ilang..

  • 17 Desember 2020 - (13:43 WIB)
    Permalink

    barusan ada tanggapan baik dari tim Shopee dan Tim Anteraja bahwa kekurangan dana penggantian akan segera diproses ke akun saya. Jadi untuk sementara saya berterimakasih kepada respon dari tim Shopee/ Tim Anteraja dan semoga dana nya bisa segera saya terima.

  • 18 Desember 2020 - (01:46 WIB)
    Permalink

    Saya infokan bahwa penggantian kerugian untuk 2 paket tersebut diatas sudah masuk sepenuhnya, jadi untuk kasus ini saya anggap sudah selesai. Terima kasih untuk respon cepat dari tim Shopee dan AnterAja dalam penyelesaiannya.

    Tapi ada masukan /catatan yang saya ingin berikan agar kasus begini tidak sampat terjadi lagi:

    1. Untuk Shopee mohon disediakan opsi asuransi untuk penjual dan untuk semua jenis kurir bukan hanya J&T saja.

    2. Untuk AnterAja keamanan dan sistem harus diperketat, investigasi agar pelaku nya bisa ditemukan.
    Masih ada 1 paket saya yang belum jelas statusnya. Masa iya 2 minggu bisa terjadi kehilangan 3 paket. Itu sangat berbahaya bagi perkembangan AnterAja ke depannya.

    Sekali lagi terimakasih shopee, anteraja, media konsumen, dan teman-temab yang sudah memberikan komentar, opini, dan doa nya. Salam.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman Anteraja di Shopee?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pengiriman 2 Paket Hilang, Anteraja dan Shopee Tidak Mau Bertanggungja…

oleh soni chan dibaca dalam: 1 menit
20