Korban Penipuan, Saldo ShopeePay Raib 2,4 Juta Rupiah

Pada tanggal 6 Januari 2020 malam, saya dapat telepon yang mengatasnamakan dari pihak Shopee. Mereka menanyakan apakah ada SMS yang masuk dan meminta saya untuk mengecek. Kemudian saya cek, benar ada SMS dari Shopee berupa nomor OTP. Penipu meminta bacakan. Karena saya kurang paham untuk apa kode OTP, akhirnya saya berikan. Setahu saya kalo belanja di Hypermart dan Alfamart biasa kasih kode SMS yang masuk kalau pakai ShopeePay.

Tak lama kemudian penipu mengatakan: “Ada program cashback 1 juta, mohon isi data lengkap yang ada di profil” dan mengarahkan saya ke akun Shopee. Penipu membacakan data lengkap akun saya, jadi saya percaya mereka adalah pihak Shopee.

Karena akun saya baru berubah status menjadi “Seller Gold“, pikir saya mungkin itu syarat pelengkapan data, jadi diisi. Saya sempat bertanya mengapa ada form isi nomor PIN? Penipu meyakinkan saya: “Ibu, itu akun ibu sendiri tidak akan ada yang tahu walaupun ibu mengisi”. Saya hanya berfikir itu akun saya, hanya saya yang bisa buka, akhirnya saya lengkapi data tersebut.

Setelah beberapa saat, saya lihat ShopeePay saya habis dan tersisa 75 rupiah. Saya mulai sadar kalau itu penipuan dan akhirnya saya cepat ganti PIN dan melapor melalui chat Shopee, meminta agar transferan ke merchant yang menerima uang tersebut dibekukan, karena peristiwa tersebut baru saja terjadi sekitar 5 menit. Namun malah akun saya yang dibekukan dengan alasan mereka tidak punya hak untuk membekukan merchant (?).

Saya diminta pihak Shopee menunggu 3x 24 jam. Setelah 3 hari saya hubungi lagi menanyakan kelanjutan uang saya dan akun yang diblokir. Kemudian mereka membuka blokir akun, tapi ShopeePay masih diblokir. Saya diminta menunggu kembali 3×24 jam untuk pembukaan blokir ShopeePay karena kata pihak Shopee sedang ditangani tim terkait.

Setelah 3 hari saya bertanya kembali, tapi belum ada jawaban dan saya mendapatkan email mengatakan uang saya tidak bisa kembali. Saya merasa sia-sia saja mengadu ke pihak Shopee saat terjadi pengambilan dana. Padahal jaraknya hanya sekitar 5 menit setelah pembelian yang dilakukan penipu dari dana ShopeePay saya.

transaksi penipu dikirim ke pt shopee intern

Pihak Shopee tidak berpihak pada yang dirugikan, terlebih lagi nama akun merchant yang menarik dana saya tersebut adalah PT Shopee Intern dan PT Tiga Ruk. Jika Shopee menimbang dengan logika, tidak mungkin saya berbelanja ke merchant dalam waktu 2 menit, satu ke Jakarta Barat dan satu lagi ke Malang? Saya rasa walaupun menjadi merchant Shopee, pasti data harus lengkap saat mendaftar, kenapa dengan mengatasnamakan Shopee bisa disetujui?

Saya kemudian bertanya ke pihak Shopee, PT Shopee Intern dan PT Tiga Ruk itu berjualan di bidang apa? Namun belum ada jawaban. Saya meminta kepada pihak Shopee untuk mengirimkan bukti transfer uang saya tersebut dari rekening Shopee ke rekening merchant, tapi mereka juga tidak mau memberi. Padahal saya adalah pihak yang dirugikan, tapi sepertinya Shopee lebih memihak ke para penipu.

Ada apa sebenarnya? Mengapa begitu sulit pihak Shopee memberikan data tersebut? Sampai saat ini tidak ada jawaban dari pihak Shopee dan seakan lepas tangan dengan kerugian konsumen. Belajar dari pengalaman saya, lebih baik tidak mengisi dana ShopeePay, karena jika uangnya tersebut hilang, pihak Shopee tidak cepat tanggap dan tidak memihak serta menolong dalam usaha pengembalian atau pengamanan uang.

Ririn Novita
Kab. Lahat, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Korban Penipuan, Saldo ShopeePay Raib 2,4 Juta Rupiah

    • 24 Januari 2021 - (11:21 WIB)
      Permalink

      ? hanya berbagi pengalaman saya,semoga yang baca jika ada hal serupa dan ga ngerti seperti saya tidak terulang, makasih?

      2
      5
    • 24 Januari 2021 - (12:36 WIB)
      Permalink

      Baru belajar main toko online kayaknya
      Harus banyk belajar membaca berita
      Terutama media konsumen
      Masih lugu dan polos
      Lain kali jangn begitu mbak

        • 24 Januari 2021 - (13:26 WIB)
          Permalink

          Ai adek, kejar terus jgn sampai lepas, minta bukti rek, mereka harusnya shoope cepat tangap dgn kejadian ini, krn si penipu mencatut nama shopee,

          2
          1
          • 24 Januari 2021 - (13:57 WIB)
            Permalink

            terima kasih kk sarannya?iya kk barusan pihak shopee mengkonfirmasi ke saya lewat telpon, mereka sdh membaca artikel dan mengatakan akan mencari data merchant yang telah menjadi tempat pengambilan dana shopee pay tersebut, serta pihak shopee menjanjikan akan memberikan kompensasi 50% tetapi masih dalam proses mereka dan mudah2an terealisasi?, mohon doa terbaiknya kk

            2
            1
        • 26 Mei 2021 - (05:08 WIB)
          Permalink

          Astaghfirullah…..
          Baru tadi malam saya kena Selasa 25 mei
          Ya awal nya serupa kek cerita mbak nya
          Awak yg lugu merasa bodoh percaya percaya aja
          Setelah isi saldo shope pay
          Dalam waktu brapa menit kemudian saya cek saldo saya udah raif

    • 29 Januari 2021 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Setelah diterbitkan berita ini maka pihak office shopee mengetahui serta memproses permasalahannya, dan menyampaikan permintaan maaf . Untuk itu pihak shopee memberikan pengembalian 50% dari kerugian sebagai rasa loyalitas terhadap pelanggannya berupa voucer belanja ke shopee mall n star seller di aplikasi shopee,
      Terima kasih shopee utk tanggapannya.
      terima kasih media konsumen telah menjadi penyambung kami sebagai konsumen terhadap permasalahan di marketplace,semoga media konsumen majubterus dan semakin jaya.
      terima kasih jg utk saran baik dari mbak2 n kk2 semua, smga pengalaman ini memberikan pelajaran bersama,khususnya utk saya sendiri.
      dan untuk yg komen masih bersifat membully atau mengecilkan seseorang smga selalu di beri kesehatan ? karna manusia tak luput dr kesalahan?

  • 24 Januari 2021 - (09:53 WIB)
    Permalink

    jelas uang anda ga akan di kembalikan, karena menurut sistem shopee itu transaksi valid.
    kesalahan anda adalah memberikan OTP, ketika terjadi penipuan dan korban memberikan OTP, itu sama aja anda memberikan uang ke penipu secara sadar. dalam hal ini shopee tidak bersalah, yg salah ya anda yg memberikan OTP. mau ngadu ke pengadilan tingkat mahkamah pun, kasus anda akan kalah.
    jadikan pembelajaran aja

    • 24 Januari 2021 - (13:51 WIB)
      Permalink

      Hari gini masih blm tau OTP itu apa, hmm.. ya pantesan saja di manfaatin sama si Penipu.. sering seringlah baca MEDIA KONSUMEN mbak nya agar dikemudian hari tidak lagi ditipu sama orang khususnya via ONLINE.

      • 24 Januari 2021 - (14:02 WIB)
        Permalink

        terima kasih sarannya kk?
        dari pengalaman ini mengajarkan saya bahwa otp sangat rahasia

        1
        1
        • 25 Januari 2021 - (16:20 WIB)
          Permalink

          Gw mah juga pernah tu di telp dr org yg mengatas nama shopee dr telp nya keliatan buru2 banget ( maling gx modal pulsa) minta nomer otp saya dr sms yg tiba2 masuk nah disitu trus gw bilang lah sms nya bilang OTp nya jgn di ksh ke siapapun dan nada nya makin terburu2 akhir nya gw matiin deh trus di telp2 trus2an krn dr awal dah nyadar itu penipu. Tau2 gw angkat aja trus gw diemin biar habis tu pulsa penipu. Sekedar saran Lain x mbak baca baik2 dan pahami dengan baik biasa nya sms OTP ad di tulis di bagian bawah ” jgn berikan OTP anda kepada pihak manapun” krn OTP bersifat sangat rahasia. Kalo kasus nya sudah bgini meskipun pihal shopee mau bertanggung jawab rasa nya sulit balik duit nya 100% krn jelas kesalahn sepenuh nya berapa di pihak mbak.

  • 24 Januari 2021 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Jgn jadi buta karna hadiah, cari tau dulu sebelum bertindak. Solusinya ikhlaskan saja anda sudah bersedekah. Anda pasti menjadi lebih bijak ?

    • 24 Januari 2021 - (11:24 WIB)
      Permalink

      hanya berbagi pengalaman kk,?..semoga hal ini hanya stop disaya,salam sehat selalu?

      1
      5
      • 25 Januari 2021 - (16:24 WIB)
        Permalink

        Ingat OTP adalah one time password atau password sekali pakai dan biasa nya password akan kadaluarsa jika sudah di gunakan 1x atau jika sudah lewat masa yaitu 30mnt biasanya. Jd data pribadi ataupun OTP adalah hal yg sangat rahasia yg hanya berhak diketahui oleh pengguna sendiri. Dan pihak manapun termasuk shopee gx punya hak untuk tau dan merekapun gx bakalan tahu krn OTP di generate langsung oleh sistem secara otomatis bukan di berikan oleh CS shopee atau pun petinggi shopee.

  • 24 Januari 2021 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Masih modus yang sama, iming2 bonus untuk korban, kk polos bgt kasih2 otp ke kontak asing ? penipu nya telfon pake no hp atau telepon?
    Itu yang raib shopeepay ya? Kalo sempat paylater juga diambil, 2x ribet karna bakal diteror dc

    • 24 Januari 2021 - (12:09 WIB)
      Permalink

      terima kasih mbak? krn saya kurang paham otp buat apa, cuma biasanya kalo belanja ke hypermart dan alfamart ada sms otp kita kasih kodenya ke kasir, mungkin saat ini allah kasih ujian buat saya ya mbak biar jd org yg sabar?, msh alhamdulilah saya ga aktifkan shopee pay later cuma isi shopee pay aja buat bayar2 belanja. pengalaman saya semoga tidak ada korban lainnya ya mbak?

      6
      3
    • 24 Januari 2021 - (12:11 WIB)
      Permalink

      penelpon pake nmr hp mbak tapi disembari ada sms shopee masuk bersamaan,itulah mngkin saat penipu memanfaatkan

      1
      3
    • 25 Januari 2021 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Kasih OTP, kasih PIN pula dan isi data profil…wah…lengkap banget data yang diberikan. Selamat ya tunggu hasilnya….

  • 24 Januari 2021 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Sering bgt kejadian kayak gini, mudah-mudahan bisa selesai mas permasalahannya. Mari edukasi diri sendiri soal apa aja informasi yg boleh dan gak boleh dibagikan saat transaksi digital, dan lebih berhati-hati dengan iming-iming hadiah. Verifikasi lagi ke CS.

  • 24 Januari 2021 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Mas mas. Mbak mbak. Tolong kalo ada penipuan gini jangan nge gas mulu. Kasih lah saran dulu. Baru nge gas. Jangan kebalik. Disini cs shopee udah bener gan nggak ngasih data merchant yang nerina duit agan. Emang SOPnya emang gitu gan. Soalnya emang rahasia internal. +belum ada bukti kuat. Saran sih iklasin aja duitnya + laporin biar nggak ada yang kena lagi

    2
    4
  • 25 Januari 2021 - (18:03 WIB)
    Permalink

    Kesalahan anda karena ngasuh nomor OTP, jadi secara otomatis anda ngasih pintu ke penipu itu untuk masuk ke akunt anda…
    Kalau sperti itu bukan salah shopee, karena orang yg anda kasih OTP sudah masuk ke akunt anda sebagai anda jadi yah wassalam lah.
    Ingat² kak, apapun itu kalau ada sms ngirim angka kode (OTP) lalu orang itu tlp dan minta di bacakan angka itu jangan pernah kakak bacakan atau kirimkan ke orang itu. Ini gak cuma di shopee aja bahkan bisa di tabungan bank, kredit bank, dll.

    So…
    Hati hatu dengan OTP

  • 26 Januari 2021 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Saldo di shopee pay sebaiknya tidak terlalu besar, minimal saja 10,000 s. d 100,000, dan isi shopee pay pada saat kita ingin segera menggunakannya. Karena entah kenapa khok para penipu bisa tahu sasarannya yang ada dana cukup besar. Hati2 saat ini pata penipu sudah pinter2

    • 26 Januari 2021 - (21:11 WIB)
      Permalink

      iya kk terima kasih masukannya?, pengalaman bnget utk saldo shopee pay tkut buat isi2 besar..

  • 7 Juni 2021 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Kak pengen tanya barusan ada yg nelpon nanya oTp shope ,saya kasih.
    .untung nya di shopee saya ga ada saldo nya.

  • 23 Juli 2021 - (12:38 WIB)
    Permalink

    Hahaha kalo aku seh curiga ma orang dalam berkomplot dg penipu…segitu banyak nya orang yg tertipu.. segelintir orang mendompleng usaha menipu di shopee…serius dong jualannya..kita rasa masuk di sarang penyamun kalo tak dibasmi aduh …salah masuki otp bukan akhir dari segalanya enakmu ambil uang orang..haha ke neraka sono

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Korban Penipuan, Saldo ShopeePay Raib 2,4 Juta Rupiah

oleh real dibaca dalam: 2 menit
32