Tim Mediasi Shopee Lebih Berpihak kepada Seller

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen dan para pembaca. Saya menulis ini  atas dasar kekecewaan saya terhadap layanan Shopee, dan semoga para pecinta belanja online lebih berhati-hati.

Sebelum menulis artikel ini, saya sudah meminta moderator untuk menghapus dan juga saya nyatakan clear, tetapi saya follow up kembali karena saya merasa tertipu dengan iming-iming dari pihak Shopee yang memberikan jalan damai. Berikut kronologinya:

Saya membeli produk dari toko Impusstore di Shopee dan barang yang saya terima cacat (jahitan jebol dan juga ukuran sangat tidak sesuai). Saya mengajukan komplain pada tanggal 28-01-2021 09:26 dan saya disuruh untuk mengirimkan bukti. Saya pun mengirimkan bukti yang benar-benar detail, mulai dari video sampai foto.

Pada tanggal 28-01-2021 13:25 saya mendapat balasan untuk mengirimkan bukti yang lebih detail. Padahal bukti awal sudah sangat detail.

Pada tanggal 29-01-2021 20:25, Shopee lagi-lagi meminta saya kirim bukti dan suruh update aplikasi (hubungan sama aplikasi apa coba ya? :D).

Karena saya geram dengan tim Shopee, akhirnya saya gunakan live chat dan saya ditelepon oleh CS, dan CS dengan santainya menjawab “Kirim ulang saja kak, tidak masalah”. Nah terus bukti dari awal buat apa? Kok dikirim ulang?

Dan taraaaaa, tanggal 31-01-2021 11:11 saya gagal banding karena bukti tidak sesuai. Ini sebagian contoh bukti saya paada pusat diskusi:

Menurut kalian para pembaca sudah jelas nggak itu jahitan putus? Tapi pihak Shopee bilang bukti kurang jelas, padahal video ukuran dan gambar sudah saya kirim.

Akhirnya saya komplain lagi karena masih ada masa garansi pada tanggal 31-01-2021 14:55. Selain saya menggunakan patokan celana saya yang ada ukuran pada jahitan belakang saya juga menggunakan penggaris.

Pihak Shopee menelpon saya dan meminta bukti karena video dalam keadaan gelap. Sambil telepon, saya bilang “Gelap dari mananya? Ini saya putar langsung di pusat diskusi Anda sangat terang”. Akhirnya dia ngeles, “”Kalau gitu penggarisnya saja pak diperjelas”.

Saya ngeyel lagi “Itu sudah sangat jelas saya zoom dan tidak ada pemotongan video untuk penggaris, angka pun sangat jelas”, dan CS menjawab lagi “Setelah kami cek, bapak silakan kirimkan foto resi pak”. Saya jawab kembali “Bukannya dari awal bukti sampai terakhir selalu ada foto resi?”. CS menjawab foto yang Anda kirim blur klo di-zoom. Saya jawab dengan nada tinggi “Anda itu bisa lihat nggak sih? Itu resi di-zoom 100x pun gak bakalan ngeblur, kok anda cari alasan terus? Cek lagi sana!”.

Akhirnya telepon ditutup dan pihak CSs kembali menelpon saya untuk berunding dengan pihak Shopee. Bagi saya sih admin 100% membela seller, ingin memberikan voucher senilai harga yang saya beli dengan syarat: menghapus video pada Youtube dan Facebook. Saya iyakan dan saya bertanya, misal saya hapus kapan saya mendapatkan voucher itu? CS menjawab akan langsung dapat setelah saya melampirkan bukti menghapus postingan saya. Saya memberi syarat akan saya sensor nama grup dll, pihak Shopee tidak mempermasalah kannya dan akhirnya pusat resolusi ditutup dan dimenangkan seller dengan syarat di atas.

Saya langsung mengirim bukti penghapusan melalui email sesuai permintaan CS pada tanggal 4 Februari 2021 12:46 PM.

Namun saya belum juga dapatkan voucher itu, sehingga saya menghubungi lewat chat dan mereka bilang maksimal 3 hari, tapi masalah saya di prioritaskan. Saya mengelak juga dan memberikan bukti katanya langsung dikirim, kok sekarang bilang menunggu maksimal 3 hari? Sampai sekarang pun tidak ada kejelasan yang mana yang benar karena CS berbelit-belit.

Rudy Pradana
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:12    Rata-Rata: 1.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

21 komentar untuk “Tim Mediasi Shopee Lebih Berpihak kepada Seller

  • 8 Februari 2021 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Tapi memang agak kabur kok bang foto barbuknya. Mungkin perlu d fokuskan fotonya ke bagian yg cacat itu d mana. Misal d bagian jahitan, fokus kesana saja fotonya, dan ambil fotonya di tempat yg cahaya dan spotnya bagus. Tp mungkin abang keburu emosi duluan.

    Mungkin pembelajaran bagi lainnya, dan juga saya sendiri, saat banding harus tetap jaga emosi. Elegan saja menghadapinya.

    Tp yg bikin kecewa adalah voucer dari shopee yg ternyata ingkar janji.
    Tp coba update aplikasi shopee nya bang, siapa tahu sdh ada d notifikasi perihal voucer trb

  • 9 Februari 2021 - (03:53 WIB)
    Permalink

    Saran ya, kalau beli celana, belilah di mall atau official store. Ukuran pasti pas. Saya sudah coba beli di 3 marketplace semuanya error. Entah apa standar ukuran yg dipakai di indonesia. Ukuran celana saya 34, saya sampai beli ukuran 38 tetap tidak muat, kapok saya. Apalagi belinya dari toko daerah jawa tengah, kudus dan sekitarnya, itu sangat byk sekali tokonya, pasti error. Bahan bagus, tapi ukuran ************, tak sensor soalnya kata makian. Tp kalau beli di mall, ramayana, matahari dll, ukuran pasti pas.

    • 9 Februari 2021 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Klo ukuran sebelum nya udah tanya. Misal ukuran nya nanti xxCm. Kn kita bisa prediksi kurang atau lebih. Nah ini bilang ukuran yg dikirim xxx tp waktu dateng ukurang +7cm

    • 10 Februari 2021 - (10:26 WIB)
      Permalink

      Yang jual nya aja gak ngotak gak mau rugi banget, padahal ACC aja Napa barang di Retur aja

  • 9 Februari 2021 - (07:21 WIB)
    Permalink

    EMAAANG BENER KAK 😁 pihak mediasi shopee lebih mikirin seller ketimbang buyer. saya ngalamin kok, beli barang yg nilainya hampir 1jt dari luar negeri ga kunjung datang karena ada masalah di bea cukai. lah saya sebagai customer mana mau tau yang begituan, itu kan urusan pihak mereka. karena kalau belanja dari luar negeri harga barang yang kita beli itu udah termasuk bea cukai. awalnya pihak CS SHOPEE nyuruh untuk ajuin pembatalan aja, kalau ditolak sama seller akan ada pihak MEDIASI SHOPEE katanya yang akan menengahi. btw saya numpang curhat juga ah dikolom komentar ya kak hehe. soalnya udah pusing saya harus gimana.

    kronologi awalnya saya protes ke pihak CS SHOPEE dengan rincian pembelian barang di tanggal 6 januari. karena pada tanggal 11 januari barang udah nyampe indonesia. tapi stuk di beacukai. saya disuru nunggu sambil perpanjang garansi. ternyata tanggal 25 januari abis garansi nya, dan barang belum juga dateng. sama si CS SHOPEE disuru ajuin pembatalan. saat ajuin pembatalan otomatis di tolak seller karena dia udah kirim barang dan bukti resi. pihak mediasi shopee nyetujuin penolakan seller. katanya saya disuru nunggu sampe barangnya dateng, karena pembelian dari luar negeri membutuhkan waktu 30 hari (padahal alesan aja sebenernya itu mah, soalnya pengalaman saya kalau beli barang lewat aplikasi shopee itu paling lama nyampe indonesia ga ada yang lebih dari 2 minggu. kecuali saat membeli ada tulisan preorder). lalu tanggal 2 febuari tiba2 gerak tuh paket, tapi tulisannya dibalikin ke seller. dan diterima kembali per tanggal 6 febuari oleh pihak sender atas nama BIMO DWI SAPUTRA. sapa tuh? saya ga kenal. pas saya cek ternyata itu adalah TEAM LEAD SHOPEE UNTUK URUSAN PENGEMBALIAN BARANG. kenapa saya bisa tau? ya google aja tu nama bimo sapee. muncul di linked nama itu dan kerjaannya apa. saya nanya lagi ke pihak CS SHOPEE, disuru ngajuin pembatalan lagi seenak udel. saat dijelasin kronologinya gimana. ujung2 nya mereka bales, kami akan menanyakan dulu ke pihak pusat ya kak. mohon ditunggu kelanjutannya di email kk. sampe sekarang ga ada kejelasan tuh barang saya dimana, nanya macem2 selalu disuruh nunggu nunggu dan nunggu. kalau nunggu jelas si gpp, ini gajelas statusnya gimana. yang jadi masalah kalau barang udah ada berita terkirim ke penerima. di aplikasi shopeenya otomatis 3 hari kemudian jika ga di klik “terima barang” dananya akan cair ke seller. 1JT DUIITT WOII 😢

    buat yang heran kenapa saya ga beli barang di indonesia langsung, ya kalau ada yang jual juga bakal saya beli di indonesia aja. barang yang saya beli jarang yang jual, sekalinya ada. harganya bisa 2-3x lipat harga normal. lalu hampir 3 tahun lebih saya sering belanja di luar negeri make aplikasi shopee aman2 aja kok. baru kejadian ini aja kek gini, dan apes nya yang nominalnya gede ☹

    • 9 Februari 2021 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Iya berpihak nya itu ngawur…. team meditasi seakan2 males bantu dan jawaban seperti robot

    • 9 Februari 2021 - (14:30 WIB)
      Permalink

      lagipula coba deh cek di department store mana pun, ukuran 27 merek A B C D E, sama tidak ukuran 27 nya

    • 9 Februari 2021 - (18:22 WIB)
      Permalink

      Bukan madalah berapa juta nya.. jika anda beli tidak sesuai gimana. Sudah rusak dan ngak sesuai.

  • 9 Februari 2021 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Emang gitu Shopee..kalau mediasi lebih pro ke seller..saya sudah sering begini,dibaca di deskripsi ukuran/keterangan begini..pas sampai berbeda..pas mediasi alot bgt seller ga pernah kalah..itu seller star/star+ lho..intinya kalau mediasi ke Shopee otomatis bela seller..kalau menang okelah tapi rugi waktu..soalnya proses bukan sebentar..berminggu2.. seller pun ga ada otak..udah tau salah..minta maaf kek,atau kirim ulang kalau ga mau balikin duit..

  • 9 Februari 2021 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Tiap konveksi pasti punya standar ukuran yg berbeda karena menggunakan pola ukuran yang berbeda. Kadang ada toleransi ukuran sampai 2 senti (bisa kurang dari 2 senti bisa lebih dari 2 senti, tp tergantung konveksi nya juga tp umumnya segitu😁), itu yg menbuat tiap merk/brand satu dengan yang lainnya kadang ada selisih ukuran.
    Mungkin toko tidak memberi penjelasan mengenai toleransi ini.

  • 9 Februari 2021 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Kalau di lzd, tim mediasi lbh membela buyer, hati hati, sy sebagai seller sdh pernah alami, kirim brg sesuai dikomplen ga sesuai ukuran, dikasi bukti ukuran dr pembeli Lebar diukur tinggi pun tetap dianggap bnr sama tim lzd, kacaaaauuuuuu

  • 10 Februari 2021 - (04:16 WIB)
    Permalink

    Ok done di kasih solusi kupon senilai harga barang oleh pihak shoope. Semoga kedepan nya team mediasi lebih teliti lagi…

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Tim Mediasi Shopee Lebih Berpihak kepada Seller

oleh Rudy dibaca dalam: 2 menit
21