Mediator Shopee Memenangkan Pembeli Nakal dan Merugikan Penjual

Saya sebagai seller di Shopee merasa keputusan mediasi dari Shopee atas nomor pengajuan pengembalian 210204132943420 tidak fair. Pembeli mengajukan pengembalian barang, karena barang yang diterima tidak lengkap. Padahal saya sebagai penjual mengirim paket sesuai dengan pesanan. Malah saya tambah bonus gantungan kunci dan masker karena rasa terima kasih saya kepada pembeli yang sudah memborong jualan saya. Berikut ini kronologinya:

Pembeli melakukan pengembalian barang dengan nomor pengajuan: 210204132943420. Dari awal saya sudah curiga dengan bukti foto paket yang dia unggah, karena berbeda dengan foto bukti paket dari saya.

Setelah beberapa kali terjadi diskusi saya dengan pembeli, tetapi belum diajukan ke mediator Shopee, saya mengunggah bukti foto yang saya punya. Selang beberapa menit, pembeli membatalkan pengajuan tsb. Mungkin karena merasa bukti dari dia berbeda dengan saya dan dia merasa tidak akan menang kali ini.

1

Kemudian pembeli mengajukan pengembalian baru dengan nomor 210204150043220 dan mengunggah bukti foto yang berbeda dengan pengajuan pertama tadi. Dalam nomor pengajuan ini, pembeli terlihat me-repack ulang paket sedemikian rupa sehingga menyerupai paket dari saya yang saya unggah di nomor pengajuan sebelumnya.

 

Saya tidak tahu bukti-bukti seperti apa yang diunggah pembeli nakal ini sehingga bisa memenangkan pengajuan ini. Kekurangan saya adalah tidak punya bukti video pengemasan barang. Namun seharusnya dari foto bukti kedua belah pihak sudah bisa membuktikan siapa yang berniat jahat.

FYI, pembeli adalah pengguna baru, foto profil tidak ada dan nama akun terkesan asal. Namun sebelumnya saya tidak terlalu memperhatikan hal tsb.

Nafik Nuryanti
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Mediator Shopee Memenangkan Pembeli Nakal dan Merugikan Penjual

oleh nafik dibaca dalam: 1 menit
39