Tim Pusat Resolusi Shopee Tidak Bertanggung Jawab

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tim Pusat Resolusi Shopee yang bertindak seenaknya tanpa melihat bukti dengan jelas.

Kronologi:

Tanggal 27-2-2021, saya membeli 3 pcs baju di toko Yorustuff, saya selalu rekam video unboxing pada saat terima barang.

Pada tgl 1-3-2021, barang tersebut diterima dengan sangat berbeda dari deskripsi toko dan foto: ukuran baju fit to L dan bahan satin premium import (model piyo-piyo), ternyata yang datang ukuran XS dan berbahan spandex. Dan untuk 2 baju lainnya, ditulis di keterangan: bahan kaos katun import, fit to XL, ternyata yang datang juga bukan katun import.

Maka saya mengajukan pengembalian barang karena saya merasa tertipu oleh toko tersebut.



Semua bukti sudah saya lampirkan berikut perbedaannya dan videonya, tetapi admin Shopee bilang, bukti tidak kuat dan dana langsung dilepaskan ke seller. Padahal saya sudah foto produknya dan videokan perbandingan setiap produk yang saya terima, ketiganya berbeda ukuran.

Lalu saya telepon ke CS shopee, dibantu dengan CS bernama Vecil, saya minta dana ditahan karena bukti yang saya kirimkan sudah kuat, lalu saya disuruh mengirimkan bukti lagi, tetapi admin shopee yg bernama Ebin menolak pengajuan keberatan saya dengan alasan: Karena tidak terdapat lampiran bukti yang dibutuhkan dari pembeli hingga batas waktu yang ditentukan berakhir. Padahal saya sudah mengirimkan buktinya, bisa dilihat di ss tersebut, admin minta sy kirim bukti pada pukul 16.15, saya kirim bukti pukul 17.02, jadi apanya yang melebihi batas waktu???

Esok harinya saya berencana ke kantor Shopee dan saya telepon ke CS Shopee menanyakan kantornya yang di mana karena Shopee mempunyai 2 kantor di Jakarta (kantor customer service dan kantor Shopee Indonesia), tetapi CS Shopee yang bernama Agit, menyarankan untuk kirim bukti lagi via email agar dia bantu ke tim terkait yang menangani masalah tersebut.

Lalu saya kirim lagi bukti perbandingannya, tim shopee meminta foto ukuran produk yang diterima padahal saya sudah memberikan bukti bahwa produk tersebut berbeda, lalu saya berikan lagi produk yg saya terima dengan produk yg saya miliki (produk satin dan size produk yg berbeda dengan yang dikirimkan seller).

Tetapi tim Shopee yg bernama Armando tetap menolak pengajuan banding saya dengan alasan: saya harus menghubungi seller sendiri dan sudah di luar dari tanggung jawab Shopee.

Padahal Shopee sendiri yang bertindak melepaskan dana kepada seller tanpa melihat bukti yang sudah diberikan. Sekarang pihak Shopee malah lepas tanggungjawab, padahal kesalahan ada di Shopee. Bagaimana bisa aman belanja di shopee kalau shopee aja lebih pro ke seller daripada ke buyer?

Saya biasa beli barang di Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Blibli, tim admin mereka, lebih pro ke buyer dibanding seller dan lebih profesional dalam bekerja, tidak sembarang melepaskan dana ke seller. Dan mereka lebih bijaksana dalam menyelesaikan komplain.

Saya minta teman-teman yang merasa tertipu oleh seller dan admin yang tidak bertanggungjawab mau melaporkan ke pihak berwajib atau ramai-ramai kita tuntut Shopee, agar tidak ada lagi korban penipuan macam begini. Shopee sebagai pihak ketiga saya anggap sebagai kaki tangan karena melepaskan dana tanpa melihat bukti yg jelas. Sebagai informasi pihak Shopee mendapatkan fee dari setiap transaksi yang berhasil sukses, jadi Shopee bisa dianggap sebagai kaki tangan.

Lidya
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ini masih abu², kalau masih kurang puas, coba gugat shopee di bpsk terdekat 👍

      • Saya sudah kirim bukti perbandingan dengan baju saya ukuran XS via email karena pusat resolusi sudah ditutup oleh admin yg tidak bertanggungjawab, jadi saya telepon ke cs shopee, komplain, kenapa dana saya diteruskan ke seller, padahal saya sudah kirim bukti dengan jelas tapi adminnya bilang, saya tidak mengirimkan bukti sampai batas waktu yg ditentukan. Bagi yang pernah komplain di shopee, uda tau kan, cara komplainnya harus mengirimkan foto dan video unboxing barang pertama kali kita terima serta kerusakan atau kekurangan apa yg kita komplain, kalau kita ga kasih bukti itu, kan kita ga bisa klik komplain dan pasti ditolak kalau tidak ada syarat tersebut. Tapi ini saya sudah kirim semua, buktinya terlampir di atas, namun admin shopee tidak melihat bukti tersebut. Intinya ini adminnya makan gaji buta. Dari foto sudah jelas ke 3 baju beda ukuran. Jadi mau minta bukti seperti apa lagi. Akhirnya saya telepon dan via tlp mau dibantu oleh ibu vecil dan agit, saya disuruh kirim lagi via email, karena mereka sudah melihat, saya sudah kirim bukti tepat waktu, mereka juga bingung, kenapa masih dimenangkan oleh seller. Jadi mereka bilang mau bantu untuk diteruskan ke tim terkait. Nah tim terkait ini yg tidak bertanggungjawab. Suami saya sempat menanyakan tim terkaitnya atas nama siapa tapi mereka tidak mau memberitahu siapa nama admin yg bertanggungjawab tersebut. Terus akhirnya saya dan suami berencana untuk melaporkan ke pihak berwajib dan kebetulan ada beberapa teman pengacara dan di anjurkan untuk mencoba memasukkan kronologinya di media konsumen ini dulu. Dan untungnya, admin media konsumen ikut membantu dengan nge tweet ke shopee mengenai masalah ini. Setelah saya posting di sini, kemarin sekitar jam 6 sore, ada admin shopee tlp saya dari shopee internasional. Dia bilang, dia mau bantu telusuri kenapa sampai ada kejadian seperti ini. Jadi sekarang saya masih menunggu jawaban dari shopee untuk ketidakadilan ini. Saya akan update terus di sini karena saya tidak terima dengan perlakuan shopee terhadap konsumennya

        • Sy sangat paham dengan kecewanya karena sy juga sangat kecewa dengan tim/kebijakan resolusi shopee.

          Perlu class action untuk hadapi shopee yg melindungi penjual2 yg penipu. Karena penipu2 ini mereka bayar iuran bulanan primary income dr shopee ini

          Ada yg punya info class action against shopee dishare, yakin banyak yg mau ikut

    • Ini bukan abu-abu, tapi sudah jelas admin shopee yg salah karena meneruskan dana saya ke seller tanpa melihat bukti yg saya berikan. Karena saya sampai telepon 3 kali dan saya sempat mau naik tol untuk datang ke kantor shopee, saya sudah bawa barang yg saya beli dan baju yg saya punya dengan ukuran dan bahan untuk perbandingan, supaya admin shopeenya tau, mungkin kalau di foto dan video, dia tidak jelas melihatnya tapi mereka tidak mau kasih alamat ke kantor mana saya harus komplain, karena kalau saya googling ada 2 alamat

  • Kalau yg di permasalahkan size fit toL tapi malah dikirim XS, mungkin lebih baik kasi foto bukti nya baju nya di ukur pakai meteran. Beri tahu letak permasalahan nya.
    Dan Kalau masalah bahan katun impor ternyata dikirim bukan, buktikan juga perbedaan nya, bagaimana yang katun impor itu, bagaimana yg katun lokal.

    Kalau bukti nya cuma foto produk nya saja, kayak nya di semua marketplace pasti di tolak bukti nya bun. Kita yg baca di MK juga merasa nya baju yg dikirim sudah sesuai, cuma bisa membandingkan corak nya saka.

  • Seharusnya kirim bukti videonya langsung diupload dihalaman diskusinya, jgn cuma ngasih link ke YouTube aja, yg diminta kan upload bukti video dan foto, bkn link ke videonya makanya pihak Shopee menyatakan klo anda tdk memberikan bukti yg diminta.

    • masak sih? seharusnya link youtube cukup, soalnya dari sistem shopee banyak keterbatasan, seperti ukuran file dll.
      saya sendiri pernah dimenangkan konflik dengan penjual di shopee dan cukup dengan bukti link youtube

      • Saya juga member platinum di Shopee ka.. Saya sering sekali dapat barang rijek kalau beli baju di Shopee.. Setau saya admin tidak akan melepaskan dana begitu saja ke penjual.. Karna sya juga sama sering melakukan retur.. kalau expired barang tidak sesuai dan baju rijek pasti saya retur.. Harusnya kk kirim foto lagi satu satu satu di chat pusat resolusinya kak.. Jangan yang di awal saja pada saat mau mengajukan pengembalian.. Fotoin lingkar dada nya ukur sama meteran juga.. Karna setau saya admin ngecek ya di chat yg kk kirim link youtube harusnya + beserta foto foto nya lagi ka..

        • Saya sudah kirim ulang tapi adminnya main menutup komplain aja dan saya ga pernah kejadian seperti ini. Makanya saya merasa dirugikan dengan perlakuan seperti ini. Saya biasa beli baju di shopee, ga pernah kejadian seperti ini. Saya juga pernah komplain di shopee tapi saya baru kali ini diperlakukan tidak adil seperti ini. Semua bukti sudah diberikan tp komplainnya tetap di tutup. Berarti adminnya tidak baca dan lihat bukti. Berarti dia makan gaji buta dong. Uangnya ga seberapa tp caranya yg saya ga suka

    • Iya memang ga bisa upload video di aplikasi shopee, makanya saya kasih link youtube dan memang biasanya seperti itu, itu admin yg menganjurkan untuk kasih link video unboxing karena memang aplikasi mereka belum support. Intinya adminnya ga lihat dan ga baca lagi bukti yang saya berikan. Dia langsung cairin dana ke seller, karena kalau transaksi sukses dan berhasil, shopee dapat fee atau memang adminnya arogan/sok karena dia merasa punya kuasa, jadi langsung di close komplainnya sama dia. Jadi tolong bagi pihak shopee yg membaca tulisan ini, kalau rekruit karyawan di training dulu yang betul. Silakan googling, banyak yg komplain admin shopee tidak bekerja dengan baik

  • Makanya beli baju jangan di toko online, beli langsung aja di toko2 ofline, banyak kok , Langsung diraba kainnya, dicocokan ukurannya bahkan bisa di tes.
    Beli di toko online, mana bisa sih meraba kainnya, paling hanya bisa membaca keterangan/deskripsi yang ada digambar. Tapi apakah itu sudah benar. Belum tetntu kan. Pasti was2 kalau produk sudah datang. Nah itu sudah resiko. Jangan banyak menyalahkan shopee tpi salahkan sama buyer, kareba dia penjual.
    Dan kenapa juga gak baca penilaian orang2 yang sudah pernah beli. Di situ bisa dtahu. Apa aja komentar mereka terhadap produk dan toko itu.
    Smoga tidak terulang lagi.

    • Ini dia jual barang sudah tidak sesuai deskripsi produk. Bukan hanya bahan tapi ukurannya pun berbeda. Jadi gunanya shopee sebagai pihak ke 3 yg menahan dana seller agar buyer aman dalam transaksi online apa? Kalau ujung-ujungnya buyer tetap kena tipu? Shopee yang melepaskan dananya ke seller, ya wajib dia yang tanggungjawab, karena kalau transaksi berhasil, shopee dapat fee

  • sejujur nya sih, tidak ada standar internasional, nasional ataupun antar merek, untuk size baju.. ada pun mereka tidak ada ikatan untuk mengikuti.

    beli baju di online saya selalu cuma mau beli di tempat2 yang ngasi ukuran dalam satuan CM, tidak mau apabila hanya ditulis S,M,L,XL.. S nya dia tidak mungkin sama S ku..

    dan untuk standar katun lokal dan katun impor, tidak ada juga sih setau saya, adapun standarnya saya rasa tidak ada aturan yang mengikat.. semua katun kalau di impor pasti namanya katun impor, terlepas ekspetasi kualitas katun dari kita..

    bukannya saya bilang anda salah ya menulis surat pembaca ini, itu hak anda, tapi menurut saya harusnya anda bisa lebih smart dalam shopping..

    • Saya juga tau kalau standar ukuran tidak selalu sama tapi ga sampai ukuran XS dibilang L. Kalau bahan katun, ya bahan katun, bahan satin ya bahan satin tapi bukan bahan spandek yg dikirim. Itu berarti sellernya sudah menipu karena berbeda dari deskripsi produk dan admin shopee yg bertanggungjawab melindungi seller ini. Kenapa? Karena dia dapat fee.

      • soalnya terkadang, untuk produk juga ada segmentasi nya, kemungkinanan untuk produsen baju tersebut, entah dari thailand atau cina atau mana, dia produksi untuk segmen tertentu, semisal ke anak muda/remaja, bukan dewasa.. yang otomatis L nya remaja dan L dewasa akan beda..
        kembali lagi, saya tidak menyalahkan anda, protes boleh, iya, cm saran aja lain kali beli baju di shop yang lebih lengkap saja informasinya.

        yang satin kan salah tuh, spandex, yang tulisannya katun import km cm tulis bukan katun import, datangnya apa? spandex juga? atau katun lokal?
        saya tidak bilang yang masalah satin jadi spandex, saya juga tau itu salah.

        hati-hati saja sih kalau belanja.. memang hak konsumen di Indonesia perlu diperbaiki.. semoga masalah anda selesai

        • Karena di deskripsinya ditulis real picture dan modelnya itu orang dewasa. Badan saya juga sebesar itu. Tinggi badan saya 163cm. Dan berat badan saya 55kg. Kalau import kan saya tau standar ukuran baju made in china dan thailand, kan masih asia. Kecuali importnya dari amerika atau eropa, itu uda beda. Saya juga tau ukuran badan orang asia dan eropa itu berbeda.
          Saya cuma minta hak saya sebagai konsumen karena barang yg dijual tidak sesuai deskripsi produk dan admin shopee tidak bekerja sesuai SOP dari shopee. SOP penjual di shopee itu saya tau, salah satunya yaitu, barang yang dijual harus sesuai deskripsi produk.
          Terima kasih ya buat sarannya

  • Nanya gan, ini komplen nya dalam kondisi "pesanan sudah diterima" Sudah klik apa belum ya gan?, kalau belum sih kacau juga nih Shopee
    saya pribadi biasa nya barang sudah smpai tp belum saya klik dlu "pesanan sudah diterima" Nya saya video unboxing dlu, baru kalo udh sesuai barang yg dtg saya klik "pesanan sudah diterima"

    • ini muhammad yang tenar itu atau muhammad lain nih? kok tumben komen di tempat yang bukan soal riba.. dan ada fotonya wkwkwkwkkw

      • Bukan lah om baru 2x mampir kweb sini, komen soal Tokopedia yg kamaren, cuman ini meresahkan juga sih ya nama nya kurang lengkap dikira org yg sama wkwkwkwk

        • Harus jeli dong, namanya kita beli, sebenarnya bukannya jeli tapi begitu dilihat, ukurannya beda dan saya sering beli tp ga pernah kejadian seperti ini

  • Kondisinya barang belum saya klik pesanan diterima dan saya selalu video unboxing kalau terima barang, posisinya saya sudah mengajukan ke pusat resolusi untuk pengembalian barang dan dana. Semua bukti foto dan video unboxing sudah saya kirim tapi tim pusat resolusi yang menangani bilang kalau saya tidak mengirimkan bukti tepat pada waktunya. Makanya saya komplain. Karena ini tanggungjawab adminnya shopee.

    • Wah bahaya jga kaya gini ya, padahalkan dikasih waktu 3hari buat klaim nya, apa ada batas waktu lgi ya di shopee, tpi dari pihak seller mau di retur g tuh barang nya gan? Apa agan mau minta dana refund aja gitu

      • Uda ga bisa retur karena sudah ditutup sama admin shopee tersebut dengan alasan, saya tidak memberikan bukti sampai batas waktu yg ditentukan. Padahal buktinya sudah diberikan. Jam 16.00 dia minta, jam 17.00 saya kirim, terus kenapa tiba-tiba uangnya dicairkan, berarti adminnya makan gaji buta karena ga dilihat lagi bukti yg saya berikan

  • Itu kesalahan d pembeli suruh kirim bukti lg tp gk d kirim2 sampe batas waktunya habis, ya otomatis dana cair

    • Sebelum komentar, mohon dibaca dulu ya kronologisnya di atas. Itu saya sudah jelaskan, setiap diminta bukti, selalu saya kirim, terus kenapa dibilang saya ga kirim bukti sampai waktu yg ditentukan? Harusnya berapa lama saya kirim buktinya? Itu ga sampai 1 jam saya kirim buktinya loh

  • Anda yg stupid, kalau Anda membeli barang tetapi tidak sesuai dengan deskripsi produk, dan Anda tidak komplain, berarti Anda stupid.