Tim Pusat Resolusi Shopee Tidak Bertanggung Jawab

Saya sangat kecewa dengan pelayanan Tim Pusat Resolusi Shopee yang bertindak seenaknya tanpa melihat bukti dengan jelas.

Kronologi:

Tanggal 27-2-2021, saya membeli 3 pcs baju di toko Yorustuff, saya selalu rekam video unboxing pada saat terima barang.

Pada tgl 1-3-2021, barang tersebut diterima dengan sangat berbeda dari deskripsi toko dan foto: ukuran baju fit to L dan bahan satin premium import (model piyo-piyo), ternyata yang datang ukuran XS dan berbahan spandex. Dan untuk 2 baju lainnya, ditulis di keterangan: bahan kaos katun import, fit to XL, ternyata yang datang juga bukan katun import.

Deskripsi produk

Deskripsi

Maka saya mengajukan pengembalian barang karena saya merasa tertipu oleh toko tersebut.
1
2
3
4

Semua bukti sudah saya lampirkan berikut perbedaannya dan videonya, tetapi admin Shopee bilang, bukti tidak kuat dan dana langsung dilepaskan ke seller. Padahal saya sudah foto produknya dan videokan perbandingan setiap produk yang saya terima, ketiganya berbeda ukuran.

Lalu saya telepon ke CS shopee, dibantu dengan CS bernama Vecil, saya minta dana ditahan karena bukti yang saya kirimkan sudah kuat, lalu saya disuruh mengirimkan bukti lagi, tetapi admin shopee yg bernama Ebin menolak pengajuan keberatan saya dengan alasan: Karena tidak terdapat lampiran bukti yang dibutuhkan dari pembeli hingga batas waktu yang ditentukan berakhir. Padahal saya sudah mengirimkan buktinya, bisa dilihat di ss tersebut, admin minta sy kirim bukti pada pukul 16.15, saya kirim bukti pukul 17.02, jadi apanya yang melebihi batas waktu???

Esok harinya saya berencana ke kantor Shopee dan saya telepon ke CS Shopee menanyakan kantornya yang di mana karena Shopee mempunyai 2 kantor di Jakarta (kantor customer service dan kantor Shopee Indonesia), tetapi CS Shopee yang bernama Agit, menyarankan untuk kirim bukti lagi via email agar dia bantu ke tim terkait yang menangani masalah tersebut.

Lalu saya kirim lagi bukti perbandingannya, tim shopee meminta foto ukuran produk yang diterima padahal saya sudah memberikan bukti bahwa produk tersebut berbeda, lalu saya berikan lagi produk yg saya terima dengan produk yg saya miliki (produk satin dan size produk yg berbeda dengan yang dikirimkan seller).

Tetapi tim Shopee yg bernama Armando tetap menolak pengajuan banding saya dengan alasan: saya harus menghubungi seller sendiri dan sudah di luar dari tanggung jawab Shopee.

Email1

Email2

Padahal Shopee sendiri yang bertindak melepaskan dana kepada seller tanpa melihat bukti yang sudah diberikan. Sekarang pihak Shopee malah lepas tanggungjawab, padahal kesalahan ada di Shopee. Bagaimana bisa aman belanja di shopee kalau shopee aja lebih pro ke seller daripada ke buyer?

Saya biasa beli barang di Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Blibli, tim admin mereka, lebih pro ke buyer dibanding seller dan lebih profesional dalam bekerja, tidak sembarang melepaskan dana ke seller. Dan mereka lebih bijaksana dalam menyelesaikan komplain.

Saya minta teman-teman yang merasa tertipu oleh seller dan admin yang tidak bertanggungjawab mau melaporkan ke pihak berwajib atau ramai-ramai kita tuntut Shopee, agar tidak ada lagi korban penipuan macam begini. Shopee sebagai pihak ketiga saya anggap sebagai kaki tangan karena melepaskan dana tanpa melihat bukti yg jelas. Sebagai informasi pihak Shopee mendapatkan fee dari setiap transaksi yang berhasil sukses, jadi Shopee bisa dianggap sebagai kaki tangan.

Lidya
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Tim Pusat Resolusi Shopee Tidak Bertanggung Jawab

oleh stella dibaca dalam: 2 menit
44