Saat Pandemi COVID, CS Shopee Menyuruh Customer Berkeliling Mencari Sendiri Paket yang Hilang

Pada tanggal 04 April, saya membeli barang pada Shopee. Semua berjalan lancar sampai suatu hari, di akun saya ada notifikasi paket sudah diterima padahal saya belum menerima paket apapun.

Sebelumnya juga pernah terjadi dua kali, tapi untung paketnya sampai pada lusa di antar oleh kurir, dan satu lagi tetangga saya baik, mengembalikan paketnya ke saya. Tapi sejak Shopee mengganti tidak bisa memilih jasa kirim, selalu shopee express yang terpilih otomatis.

Sudah komplain kesana kemari juga tidak kunjung di benahi kualitas shopee express ini. Saat saya menghubungi CS Shopee terkait nomor pesanan: 21040472KXPTWR saya malah disuruh berkeliling mencari paket saya ke tetangga dan lingkungan sekitar, saat PANDEMI COVID 19. Saya harap Shopee dapat teguran keras dari pemerintah karena menyuruh customer berkeliling ke lingkungan sekitar pada saat pandemi seperti ini.

Jawaban CS Shopee yang tidakada solusi

Selain itu, ini bukan tanggung jawab saya sebagai customer untuk mencari sendiri kemana paket saya.
Di sini saya adalah customer yang membayar jasa. Seharusnya pihak Shopee punya solusi yang lebih BIJAK dan PINTAR. Kalau gak tahu harus ngapain, nih saya kasih tahu ya Shopee.

  1. Customer jangan kamu suruh-suruh. Customer itu bayar, kalau kalian buat kesalahan, harus kalian yang menangani, bukan suruh customer yang selesaikan sendiri, apa gunanya kalian? Gak bergunakah?
  2. Nyelesain masalahnya itu, kamu cari tahu siapa kurir yang mengirim, kamu hubungi, kamu tanya kenapa kirim paketnya sering asal-asalan? Lalu suruh kirim ke alamat yang benar. Bisa minta foto rumah ke customer kok, agar masalahnya selesai. Bukan malah nyuruh-nyuruh customer.
  3. Biarpun keterangan sudah diterima atas nama saya pun, kalau memang gak saya terima, masa saya harus pasrah? Harusnya kamu sebagai CS itu jangan ngotot, “ini keterangannya sudah diterima kak atas nama kakak”. Mikir dong, kasus kayak gini udah bukan sekali, kok susah kalian ngaku kalau kurir kalian emang gak becus kerjanya?
  4. Jangan suruh “Ajukan Pengembalian”, kok kalian ngebebanin ke customer dan seller ya? Nanti kalau gitu si seller udah kirim barang, duit pun ga dapat? Padahal karena kesalahan kalian sendiri yang ngirim barang ga bener. Jadi customer dan seller dirugikan sekali.

Jelas ini sudah bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen: hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.

Di sini saya sebagai konsumen sangat tidak nyaman dan tidak merasa aman dengan proses Shopee yang bertele-tele, tidak ada solusi. Saya sebagai customer merasa dikerjai karena diminta berkeliling mencari paket saya ditengah pandemi COVID 19 ini.

Novie Oktaviani
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:9    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

14 komentar untuk “Saat Pandemi COVID, CS Shopee Menyuruh Customer Berkeliling Mencari Sendiri Paket yang Hilang

    • 11 April 2021 - (17:07 WIB)
      Permalink

      UPDATE: Pada tanggal 10 April 2021. Paket sudah di terima. Saya sudah dihubungi pihak Shopee sampai kurirnya mengirimkan paket saya dengn benar. Saya harap kedepannya Shopee lebih bijak dalam menangani kasus seperti ini. Terimakasih teman2 yang menyempatkan utk berkomentar.

      Novie Oktaviani

  • 10 April 2021 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Jasa kirim masih bisa diganti. Ketika sudah order, bagi seller yg menggunakan shopee express dan id express, maka akan diutamakan menggunakan jasa tersebut. Tp kl seller juga menggunakan jasa kirim lain masih bisa diganti setelah order. Ada tutorialnya/caranya. Tp kl sudah diproses seller dn resi sudah keluar sepertinya tidak bisa lg diganti. Itu kemungkinan paket numpuk di gudang sehingga diubah saja sudh sampai, meski sama sekali belum dikirim.

    • 10 April 2021 - (22:23 WIB)
      Permalink

      tidak semua bisa diganti, saya setiap kali order langsung ganti jasa kirim (menghindari shopee express), terkadang ada yang tidak bisa diganti (tombol ubah tidak ada) akhirnya hanya bisa pasrah berharap tidak kena shopee express.
      beberapa kali kena shopee express pengiriman yang biasanya 1-2 hari tiba jadi 4-5 hari itu pun trackingnya tidak jelas.
      Hindari shopee express.

      • 10 April 2021 - (23:37 WIB)
        Permalink

        emang sekarang pelayanan parah ,baya paylater tepat waktu eh tau tau limitnya 0,cs nya ditanyain suruh cek berkala ..template kaya robot banget .mentang mentang skrg banyak yg pake..liata aja skrg seller jg biaya yg dipotongan juga serem gede banget 6% ,lama lama pindah ke sebelah,pengen gue blow up juga masalah limit spaylater gue yg masih sisa tau tau 0, kecuali klo gue telat bayar dan nggak bayar samsek okelah lah ya..gue udah level platinum ,udah bayar tepat waktu kagak pernah telatbskrg begini..awas liat aja lu CS redd bsuk nama lu ada di sini lengkap sama SS nya.Nggak solutiffff CS nya

        • 11 April 2021 - (01:23 WIB)
          Permalink

          Biasa itu mah kalo mendekati puasa ama lebaran pasti limit dibikin 0
          Taun kemaren juga begitu

    • 11 April 2021 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Jasa expedisi di shopee sudah tidak bisa milih sekarang. Harus menurut apa kata shopee nya.

  • 11 April 2021 - (08:44 WIB)
    Permalink

    hampir tiap hari ada saja aduan tentang shopee disini ya.. yuk ah jangan pake lagi si oren ini

  • 11 April 2021 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Untuk TS laporkan saja Shopee ke bagian dinas penanganan Covid. Biar perusahaannya nanti didenda besar seperti pemda DKI kapan hari.

  • 12 April 2021 - (23:38 WIB)
    Permalink

    Dari Placemarket yg ada, cuma Shopee yg tdk ada di HP saya, sebab banyak seller penipu disini.
    Dan anehnya, saya jualan jujur malah barang saya diriject terus, padahal banyak yg jualan dg barang sejenis, bahkan Penjualnya melakukan kecurangan dg Duplikat produk banyak dan menampilkan nomer HP pada produk barang.

    Dan saya merasa pihak team verifikasi barang tidak teliti / pilih2 penjual / asal2an aja.
    Saya benar2 kecewa dg team verifikasi barang pada Shopee, harusnya mereka Fair dan adil, bukannya milih2 Penjual sesuai dg maunya team verifikasi.

    Biar bagaimana pun jujurnya kita mau berjualan, barang kita tidak akan bisa lolos jika team verifikasi tidak sreg dg Penjual.

    Tolong pihak Shopee memperhatikan akan hal ini.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Saat Pandemi COVID, CS Shopee Menyuruh Customer Berkeliling Mencari Se…

oleh Novie Oktaviani dibaca dalam: 2 min
14