Team Mediasi Shopee Kecolongan, Seller Mesti Pikir-pikir

Saya pemilik akun Sanindo (toko spare part komputer) di marketplace Shopee. Pada tanggal 15 April 2021, akun Shopee atas nama ahmadzahir30 order 1 PAKETAN MAINBOARD 1155 ASUS / GIGABYTE H61 Core i5 3470 (mainboard dan prosesor), dengan nomor transaksi 2104154SR0JD0P seharga Rp1.060.000, dengan menggunakan ekspedisi SiCepat Halu, nomor resi: 002521624610.

Pada tanggal 18 April 2021 pembeli (penipu) mengajukan komplain, dengan cacatan barang yang diterima tidak sesuai dan melampirkan video unboxing. Yang pasti, barang tidak akan sesuai lagi dengan barang yang saya kirim, karena jadi mainboard AM3. Bukti unboxing pembeli sebatas aja, diminta melampirkan bukti segel, tidak berani.

Backup kalau kehapus masih bisa dilihat di link ini: https://youtu.be/tQGBHGu_nts

Barang yang ditukar adalah barang yang sebelumnya dengan orderan Shopee 210327FBKVXTSY, tanggal 17 Maret 2021. Saya yakin paket sudah dibuka dari belakang dan sudah ditukar dengan mainboard lain.

Dalam video unboxing, pembeli tidak berani melampirkan segel. Padahal untuk setiap barang elektronik yang saya kirim terdapat segel. Saya sudah meminta pembeli melampirkan segel, tapi pembeli tidak berani melampirkan, karena segel tidak gampang dipalsukan. Saya juga konfirmasi ke tim mediasi Shopee untuk konfirmasi agar melampirkan segel dengan sangat tegas, karena dengan itu bisa terbongkar kebohongannya. Namun tidak ada tanggapan dari tim tersebut, malah tim mediasi Shopee meminta saya melampirkan bukti. Saya pun sudah melampirkan bukti secukupnya.

Pada tanggal 20 April 2021 tim mediasi Shopee langsung menyetujui komplain pembeli (penipu). Saya sudah ada dokumentasi pengecekan barang sebelum dikirim dan itu saya lampirkan ke pembeli juga. Namun pihak Shopee meminta saya melampirkan CCTV. Saya sudah konfirmasi bahwa itu tidak memungkinkan.

Saya cuma bisa lampirkan bukti yang secukupnya, misalnya hasil cek barang sebelum kirim ke pembeli dan resi pengiriman, serta berat barang dan kardus. Sementara untuk pembeli yang dilampirkan berat pasti berbeda sama timbangan asli. Saya dapat bukti timbangan digital dari ekspedisi, jadi kalau barang ditukar, selisih berat barang akan jauh kelihatan.

Alangkah baiknya jika tim mediasi Shopee konfirmasi ulang ke pembeli agar melampirkan segel, dan segera penipuan itu akan terbongkar. Sangat disayangkan itu tidak dilakukan tim mediasi Shopee. Buat seller, pertimbangan baik-baik kalau mau jualan di Shopee. Beda dengan e-commerce lain, yang benar mengedukasi dan follow up, jika kita perlu pembuktian, akan dibantu follow up.

Dengan ini saya menyatakan bahwa surat saya buat secara nyata dan berani mempertanggungjawabkannya.

Hermanto
Seller Shopee
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Tim Mediasi Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Team Mediasi Shopee Kecolongan, Seller Mesti Pikir-pikir

oleh Congling dibaca dalam: 2 menit
39