Kecewa dengan Pelayanan Shopee

Saya adalah salah satu penjual di Shopee yang melakukan transaksi penjualan tanaman hidup dengan userid toko: padma_flora. Pembeli komplain mengatakan barang yang saya kirimkan produk berbeda dengan deskripsi/foto dan banyak yang mati. Pembeli tidak mau berdiskusi maupun bekerja sama, meskipun sudah memberikan foto barang yang saya kirimkan dalam kondisi bagus dan baru.

Oleh karena itu saya menyerahkan permasalahan ini ke tim resolusi Shopee dan berharap bisa terselesaikan dengan baik. Namun Shopee justru menyalahkan penjual dan komplain ditutup dengan sepihak oleh Shopee.

Nomor pesanan: 210501FWXAGM35, nomor pengajuan pengembalian pesanan: 210514200765987, nomor resi J&T Express: JP1279841453, telah dikirimkan tertanggal 04-05-2021 14:49 dan diterima tanggal 14 Mei 2021.

Saya telah mengirimkan pesanan sesuai dengan permintaan pembeli. Sebelumnya kita selaku toko juga telah menghubungi by phone dan telah menjelaskan. Pembeli menyetujui jika salah satu produk ada yang kosong saat itu dan diganti. Kami pun juga sudah menggantinya.

Namun karena terkendala libur lebaran sehingga paket terlambat. Sedangkan kita sebagai penjual tidak bisa memilihkan akan dikirimkan melalui ekspedisi apa agar lebih cepat. Dari awal saya sudah memberikan info kepada pembeli, jika komplain tanpa video unboxing, maka komplain akan ditolak. Jika hanya foto, masih bisa direkayasa, sedangkan kasus seperti ini tidak hanya sekali, tapi sudah berkali-kali.

Saya pun melihat ketentuan dan kebijakan dalam Shopee, tidak dijelaskan secara mendetail mengenai jika produk tersebut adalah tanaman hidup. Seharusnya bukti otentik berupa video unboxing, bukan berupa hanya foto. Belum lagi kasus untuk nomor retur: 210514200765987 dengan nomor pesanan 210501FWXAGM35. Pembeli hanya mengirimkan foto saja, bukan unboxing dari awal.

Shopee juga secara sepihak mengembalikan dana ke pembeli, tanpa penyelesaian ke penjual. Saldo penjualan saya pun dipotong hingga minus, melebihi jumlah seharusnya yang dikembalikan. Pihak Shopee juga bisa melakukan pengecekan, kenapa bisa terdapat potongan secara terus dan terus terhadap saldo penjualan?

Manuli Aditama
Kediri, Jawa Timur


Update (24 Mei 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:53    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Kecewa dengan Pelayanan Shopee

  • 16 Mei 2021 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Terkait tim resolusi sopi yang kadang gak mau urusan panjang, copi paste, gak menguasai tapi mengirim tanamanan hidup mendekati hari raya cuti bersama memang rawan dan beresiko, tahun depan untuk amannya beberapa hari sebelumnya untuk sementara tutup aja tokonya walau agan tidak mudik.
    Karena kita tahu sendiri repotnya jasa pengiriman seperti apa.
    Cuma saran.

    16
    2
    • 16 Mei 2021 - (16:47 WIB)
      Permalink

      kalo mau ada event kaya hari raya atau natal mending tutup aja tokonya karna kurir juga ga bisa memastikan pengiriman akan tepat waktu atau ga!!!
      mengirim tanaman hidup di mendekati hari raya sangat beresiko besar tanaman akan mati

      9
      2
  • 16 Mei 2021 - (17:08 WIB)
    Permalink

    10 hari, dipacking kardus dan plastik, pasti kekurangan oksigen dan di jasa kirim pasti terbolak balik, ya kl mati, minim rusak itu ya pasti. Anda menjual barang yg beresiko. Mending dibatasi saja penjualannya, hanya untuk regional. Misal regional jawa-bali. Dan spt komentar diatas menjelang lebaran dan nataru paket itu full, mending tutup toko lebih awal lebik baik. Misal h-10 hingga h+10.

    9
    2
  • 16 Mei 2021 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Tanpa video unboxing pun sudah dipastikan semua tanaman akan mati dalam waktu 10 hari tersekap kardus. Secara logika, ga ada tanaman yg bisa bertahan hidup tanpa terkena sinar matahari dan tanpa disiram selama perjalanan. Setahu saya, kirim tanaman hidup harus mendapat persetujuan dulu dari ekspedisi agar diberi perlakuan khusus jadi tanaman tidak keburu mati. Inilah yg jadi pertimbangan Shopee mengembalikan uang ke pembeli tanpa konfirmasi lagi ke penjual

    9
    1
  • 16 Mei 2021 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Bisa Untuk edukasi mengembangkan kebijakan masing2 seller di e-commerce sesuai dagang nya.terima kasih sudah berbagi pengalaman.. Salam

    3
    1
  • 16 Mei 2021 - (19:54 WIB)
    Permalink

    Kalau saldo terpotong lebih dari nilai transaksi biasanya itu buat ganti ongkir setau saya gitu soalnya saya pernah kaya gitu pas saya chat ketim shopee jawaban buat ganti ongkir

    • 17 Mei 2021 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Bnr banget buat ganti biaya ongkir mending gak ush ikut2 free ongkir jika gak yakin cuan, soalnya biaya admin potongan kirim gede jika dibandingkan dg toped yg maksimal cmn 10k

  • 17 Mei 2021 - (06:27 WIB)
    Permalink

    dijadikan pelajaran saja gan, mengirim barang hidup saat mendekati hari raya itu sama dengan mencari masalah, kalo tidak bisa dibatasi pengiriman instan/same day, mending sementara waktu tutup toko saja 👍

  • 17 Mei 2021 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Harusnya yg jual sm yg beli sama2 paham ya, menjelang hr2 besar itu paket dah pasti numpuk, resiko besar jual/beli tanaman hidup atau makanan basah yg butuh penanganan cepat, moga jd pelajaran buat semua

  • 17 Mei 2021 - (08:38 WIB)
    Permalink

    Jika barang yang dikirim benda mati yang tidak akan mengalami penurunan kualitas saat terlambat proses pengiriman ga masalah gan dikirim pas mendekati lebaran karena ga akan rusak.

    Kalau benda hidup dan makanan lebih baik dihindari. Kecuali kemungkinan rusaknya rendah.

  • 17 Mei 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Itu dipotong terus sampai minus sampai dana tanggungan buat biaya event freeongkirnya boss…

    Jadi jgn mau ikut program free ongkir dah potongan Segede gaban untuk free ongkir dan biaya admin nya bs sampai 3% dr tiap transaksi lebih besar dibandingkan di toped hanya 1% dan BL cmn 0.5% dr tiap transaksi sukses, soalnya ikut jualan juga di shopee tp skg dah jrg post produk jualan LG kecewa dg sistem komplain nya dan biaya admin nya soalnya saya jualan brg gadget

    1
    2
  • 26 Mei 2021 - (04:09 WIB)
    Permalink

    Salam mba.., hanya saran aja karena barang jualannya rentan kerusakan, ada baiknya mba memperbaharui kebijakan toko, seperti resiko2 layu dijalan, keterlambatan, atau tanaman mati, apakah mba menjanjikan ganti baru atau bagaimana, kalau mendekati libur sebaiknya sampaikan resiko telat tiba tsb ke customer termasuk resiko kerusakannya, lebih baik pending daripada sama2 merugi, karena potensi kerusakan dan penanganan paket dalam pengiriman tidak dapat diukur, lama pengiriman aja selalu pake estimasi, kasian mba nya kalau nanti tiap telat tanaman rusak yang disalahkan mba juga, udah rugi produk, rugi tenaga dan tentu reputasi toko, utk luar kota buat kebijakan khusus misalnya jangan aktifkan pengiriman hemat dan kargo, wajib minimal reguler dan harus difilter mana jasa pengiriman yang paling cepat , semoga bisnisnya makin lancar Amin..

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Pelayanan Shopee

oleh manuli adi dibaca dalam: 1 menit
13