Terkena FUP Smartfren Ketika Masih di Jam Paket Malam Unlimited Full Speed

Saya Ramdan Azis, pengguna Smartfren sejak tahun 2014. Tentu tidak luput dari yang namanya komplain mengenai jaringan baik via live chat, telepon ke CSR, maupun DM Twitter. Namun kali ini saya mengalami kendala yang sangat mengganggu. Sudah 3 hari berturut-turut saya mengalami kendala terkurasnya FUP harian ketika penggunaan internet di jam Paket Malam Unlimited Full Speed. Ketentuan waktu untuk menggunakan benefit Paket Malam Unlimited Full Speed di sini adalah dari pukul 1:00 sampai pukul 5:00 WIB (ketika tulisan ini dibuat).

Berikut saya tuliskan secara kronologis:

Sabtu, 10 Juli 2021

Kendala tersedotnya FUP pertama kali pada hari Sabtu, 10 Juli 2021.

Saya sudah lakukan restart koneksi dengan menyala-matikan mode pesawat selama 1 menit sebanyak 1 kali sebelum jam 1:00, dan 2 kali setelah jam 1:10, diikuti restart perangkat agar memastikan saya sudah memasuki durasi Paket Malam Unlimited Full Speed.

Namun pada jam 1:59 saya menerima SMS notifikasi FUP telah tercapai. Saya heran, padahal saya sudah melakukan semua saran yang dikatakan oleh CSR, admin di Twitter, maupun CS di Live Chat.

(Sabtu, jam 10:43) Saya menanyakan perkembangan keluhan via twitter pada @smartfrencare

Dengan inisiatif saya menanyakan kembali perkembangan informasi dari keluhan saya sebelumnya, ternyata belum ada sama sekali.

Minggu, 11 Juli 2021

Saya lakukan reset koneksi dengan menyalakan lalu mematikan mode pesawat selama 2 menit pada sekitar jam 2 pagi. Seperti biasa pada restart koneksi yang kedua, saya juga lakukan restart perangkat. Benar saja, FUP terkuras lagi ketika di jam Paket Malam Unlimited Full Speed

SMS notifikasi FUP diterima pada Minggu, jam 2:34

Saya juga bertanya via DM Twitter untuk minta penjelasan lebih detail, tetapi jawabannya sama saja seperti kemarin, “Belum mencapai FUP”. Padahal sudah jelas, dari kecepatan internet turun dan tidak pulih setelah beberapa kali reset koneksi merupakan indikasi kalau FUP sudah tercapai.

Chat dengan @smartfrencare pada hari Minggu jam 4:39, disertai hasil speedtest

Saya lakukan reset koneksi 2 kali sesuai saran yang dianjurkan admin @smartfrencare. Seperti biasa, saya restart perangkat juga untuk memastikan agar koneksi bisa benar-benar refresh. Setelah saya lakukan beberapa kali, hasilnya sangat tidak memuaskan, bahkan membuat saya sangat kecewa.

(Minggu, jam 4:57) Hasil speedtest saya berikan setelah saya restart koneksi dua kali

Senin, 12 Juli 2021

Pada pagi ini, saya bertanya langsung ke DM @smartfrencare untuk menanyakan sekaligus memastikan apakah internet saya sudah benar-benar memasuki Paket Malam Unlimited Full Speed, tetapi admin hanya membalas dengan memberi saran seperti biasanya.

(Senin, jam 1:20) chat via DM twitter dengan @smartfrencare untuk memastikan penggunaan Paket Malam

Tidak lama setelah saya menanyakan tentang FUP harian, tiba-tiba Saya menerima SMS notifikasi FUP pada durasi jam Paket Malam Unlimited Full Speed, yang pada saat itu saya seharusnya sudah menggunakan Paket Malam seperti yang dikatakan  sebelumnya oleh admin @smartfrencare.

(Senin, jam 2:59) SMS notifikasi FUP diterima

 

Saya mengkonfirmasi kendala terpakainya kuota FUP harian tidak pada waktu yang seharusnya via DM @smartfrencare.

(Senin, jam 3:00) Komplain mengenai terkurasnya FUP via DM twitter @smartfrencare

Dan benar saja, FUP harian saya terkuras di jam Paket Malam Unlimited Full Speed. Padahal saya sebelumnya sudah menanyakan tentang kondisi internet di nomor saya, me-restart koneksi 3 kali dan perangkat sebanyak 2 kali.

(Senin, jam 3:14) Saya memberikan data berupa screenshot penggunaan data saya

Kali ini, saya menggunakan software untuk memantau penggunaan jaringan. Pada DM twitter dengan @smartfrencare, saya mengirim berbagai data detail berupa screenshot yang berisikan penggunaan data saya di komputer. Saya bisa pastikan segala auto update di perangkat Redmi 6 saya sudah dimatikan, dan hanya mode sinkron email yang menyala agar bisa meminimalisir data jaringan yang tidak tercatat oleh software di komputer.

Mohon bantuannya dari tim Smartfren, kalau bisa adakan fitur untuk monitor jaringan di aplikasi mySmartfren agar pengguna bisa lebih nyaman dan leluasa menggunakan layanan Smartfren dengan informasi yang lebih transparan.

Barangkali tim Smartfren membutuhkan laporan penggunaan data saya, bisa akses link berikut: Laporan Penggunaan Data.

Ramdan Azis
Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Smartfren:
[Total:10    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Smartfren untuk Bapak Ramdan Azis

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com Sehubungan dengan keluhan dari Bapak Ramdan Azis di MediaKonsumen.com pada 13 Juli 2021 di kolom...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Terkena FUP Smartfren Ketika Masih di Jam Paket Malam Unlimited Full Speed

  • 13 Juli 2021 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Kadang emang gitu smartfren error.
    jam 12:05 tetiba ada sms suda mencapai fup.
    Soalnya di aplikasi mySF ga ada tulisan FUP/kuota, cuma tertulis sepuasnya aja, jadi ga bisa kontrol pemakaian.

    • 15 Juli 2021 - (08:18 WIB)
      Permalink

      saya lebih parah tidak melakukan apa2 tiba2 berlangganan paket game berbayar… sudah banyak pulsa terpotong. entah apa yg terjadi? tidak cuma sekali tapi beberapa kali… tanpa ada klik persetujuan atau pembelian tiba2 ada notif berlangganan…
      sekarang saya sudah mulai mengganti akun tertaut ke smartfren ke operator lain… rencana akan menonaktifkan nomor smartfren…. pengalaman sebagai konsumen smartfren cukup buruk

  • 17 Juli 2021 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Sudah solved. Ternyata karena ada paket promo yang menyebabkan bentrok dengan prioritas penggunaan paket data lainnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Smartfren?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Terkena FUP Smartfren Ketika Masih di Jam Paket Malam Unlimited Full S…

oleh Ziii dibaca dalam: 3 menit
6