Beli Laptop di Akulaku, Setelah 22 Hari Menunggu Ternyata Barang Tidak Sesuai Pesanan

Saya akan menceritakan kronologi pesanan saya di Akulaku. Pada tanggal 29 Juli 2021 saya order laptop Dell Latitude E6420 di Akulaku, dengan nomor pemesanan: 162757394781223763040. Sebelumnya saya sudah menanyakan ke pihak penjual (Family Computer) kalau barangnya ready.

Keesokan harinya, saya dihubungi melalui pesan whatsapp dengan nomor 0815179905** dari pihak penjual, yang mengatakan bahwa barangnya kosong dan menawarkan untuk diganti dengan barang yang lain. Lalu saya meminta detail tipe dan spesifikasi pengganti untuk barang yang saya pesan. Namun pihak penjual tidak membalasnya.

Saya juga sudah mencoba mengirim pesan chat melalui aplikasi, tapi hasilnya sama, tidak ada jawaban. Saya mulai curiga, melihat katalog untuk barang yang saya pesan harganya sudah naik. Karena saya menunggu lama, akhirnya saya meminta ke pihak penjual untuk membatalkan pesanan saya. Namun tetap tidak ada balasan dan tidak dibatalkan.

Akhirnya dengan menguras pulsa, saya menghubungi call center Akulaku di nomor 1500920. Jawaban dari pihak Akulaku, katanya harus menghubungi pihak penjual dan harus menunggu 2 minggu (14 hari). Setelah berulang kali mengirimkan feedback dan setelah menunggu 2 minggu tetap saja tidak ada informasi mengenai pesanan saya.

Saya masih berusaha positive thinking dengan mengecek nomor seri pengiriman. Namun hasilnya nomor seri tidak terdaftar. Akhirnya saya pasrah menunggu kiriman yang terkesan dipaksakan. Hingga pada akhirnya pada tanggal 20 Agustus 2021 sekitar kurang lebih pukul 18.00 pesanan saya terima.

Benar saja sesuai perkiraan saya, kalau barangnya tidak sesuai dengan yang saya pesan. Dell Latitude tipe E6410 adalah barang yang dikirim oleh penjual.

Saya segera menghubungi penjual, walau saya yakin tidak akan dibalas dan memang benar. Akhirnya dengan kembali menguras pulsa saya menghubungi call center Akulaku (tidak bisa whatsapp atau email) dan jawaban dari Akulaku agar saya menghubungi penjual, yang sudah jelas-jelas tidak dapat dihubungi/tidak respon.

Pihak Akulaku baru akan membuat laporan setelah 2×24 jam dan saya harus melaporkannya kembali dengan menghubungi call center Akulaku. Sekarang saya masih menunggu 2×24 jam untuk menghubungi kembali pihak Akulaku untuk dapat membantu menyelesaikannya.

Saya berharap pihak Akulaku dapat menyelesaikan masalah ini dengan memberikan sanksi kepada penjual yang terindikasi membodohi pembeli dengan mengirimkan barang di bawah spesifikasi dari pesanan pembeli. Dengan pengalaman ini saya berharap kepada teman-teman Media Konsumen agar lebih teliti memilih penjual yang berjualan di Akulaku.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang yang sudah dapat mewadahi keluhan saya.

Hormat saya.

Salimin
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Salimin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Salimin pada tanggal 22 Agustus...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Orang-orang pada dodol apa gmn sihh ? jelas2 toko atau penjual di Akulaku itu hampir semuanya PENIPU masih juga beli atau belanja barang di marketplace AKULAKU, kan sudah sering kasus serupa terjadi di MEDIA KONSUMEN. Berarti yang salah siapa? kalian kan... klo mau beli dan belanja barang ya di MARKETPLACE seperti TOKOPEDIA, BUKALAPAK, LAZADA, SHOPEE dll lalu bayar nya bisa tuh menggunakan AKULAKU. AKULAKU itu bukan Marketplace tapi pinjaman Uang Online tanpa Kartu Kredit.

    • Toko online, seperti Tokopedia, lazada, Bukalapak juga tidak ada jaminan barang bagus. saya beli baterai hp yang dikirim baterai bekas dan sudah bunting.

      • ya disana pun ya tetap harus jadi smart buyer dong, pilih penjual terpercaya, lihat review, dan yang pasti videokan unboxingnya, dan klaim kalo memang tidak sesuai, jangan di klik barang telah diterima saja..

        yang dimasalahin diakulaku ini kan kalo ada masalah, tidak dijawab dan tidak diselesaikan(kalo iya pun lama), kalau di tokopedia shopee dll kan ya pasti ada masalah juga, tapi yang penting kan penyelesaiannya(iya saya tahu tidak semua puas, tapi kan jelas lebih baik drpd akulaku)

  • Akulaku bukan tempat yang aman untuk beli barang secara daring, sudah banyak korban dari akulaku, dan tiap hari jatuh korban baru. Jangan pernah tergiur dengan harga murah, apalagi barang elektronik seperti laptop, hp, dll. Hindari beli barang di akulalu.

    Kepada Anda, costumers akulaku, jika mau utang di akulaku, ambil uangnya, beli barangnya di marketplace lain atau beli offline. Jangan pernah beli barang apapun di seller akulaku, meskipun cuma keset!

  • Sangat di sayangkan fintek sebesar akulaku jadi tempat penampungan penipu, sebenarnya sangat banyak kasus yg serupa, tapi anehnya pihak akulaku tidak berbenah menyapu bersih pedagang tukang tipu

  • Heran pihak akulaku gak pernah nindak seller penipu, buktinya seller penipu masih pada aktif sampai sekarang.

  • Utk yg sering belanja di marketplace atau punya akun marketplace agar sering baca berita / info di media konsumen agar bisa nambah ilmu /wawasan , biar ga gampang di kibulin orang.. jgn klo udh terjadi baru ngadu di Mk

    • Org berkunjung ke MK kalo udh dapet masalah mas hhe, minimal kalo belanja marketplace paling liat review org dan rating tokonya(bukan patokan juga). Gua aja baru tau MK pas lagi ada problem.