Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadungan

Kepada yang terhormat pihak DANA, saya Nur Ayni Makrufa, ingin menceritakan kronologi transferan dari teman saya menuju rekening saya lewat aplikasi DANA, yang sampai sekarang belum masuk ke rekening pribadi saya. Sehingga berujung saya dan teman saya kena tipu CS gadungan.

Pada tanggal 23 Agustus 2021 pukul 21.52, teman saya mentransfer uang sebesar Rp950.000 ke nomor rekening pribadi saya 1400020237*** atas nama Nur Ayni Makrufa. Namun sampai saat ini belum masuk ke rekening pribadi saya. Saat itu karena panik dan khawatir, sebagai orang awam yang masih baru dengan aplikasi e-wallet seperti ini, saya memutuskan untuk searching di Google nomor CS DANA. yang muncul saat itu di portal paling atas adalah nomor +62816248561.

Tanpa pikir panjang dan tanpa melihat itu asli atau bukan, saya langsung menelepon pihak tersebut dan pihak tersebut menyarankan banyak sekali, mulai dari buka website hingga meminta kode OTP. Karena saya pada saat itu sibuk dan CS DANA gadungan ini menyarankan saya untuk menghubungi teman yang mentransfer uang ke rekening pribadi saya untuk refund.

Pada saat itu teman saya langsung menghubungi CS DANA gadungan tersebut. Teman saya juga karena panik dan khawatir uang belum masuk ke nomor rekening saya, langsung mengiyakan saat dimintai kode OTP DANA hingga rekening, yang membuat uang yang tersisa di DANA-nya sebesar Rp950.000 dan uang ATM-nya sebesar Rp2.900.000 ikut terkuras.

Di sini saya sangat menyayangkan kenapa nomor tersebut terpampang di  urutan atas Google saat proses pencarian nomor CS DANA, yang justru makin banyak orang awam seperti saya mudah tertipu. Saya sangat menyayangkan kinerja aplikasi DANA yang lambat.

Saya pun tidak menyerah, saya email akun DANA asli, whatsapp juga, tetapi responnya sangatlah lambat. Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

Semoga surat terbuka saya ini dibaca oleh pihak DANA karena saya dan teman saya yang kena teras sangat membutuhkan uang tersebut.

Nur Ayni Makrufa
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa di Media Konsumen “Masalah Saat...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadungan

  • 31 Agustus 2021 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Pokoknya kalau udah minta OTP sudah pasti penipu. Lain kali korban pulsa saja hubungi hotline DANA langsung atau pastikan hubungi CS yang sudah terverifikasi atau ada tanda centang. Semoga jadi pelajaran buat semuanya ya.

  • 31 Agustus 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    komplain y ke google sana mba, anda yg BEGO ko DANA yg disalahkan.
    dimana-mana klo cari no CS itu dari app langsung atau web resminya

  • 22 September 2021 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Sangat prihatin dengan kejadian tersebut, dan juga sebagai info teman saya juga mengalami hal yang sama, namun diteruskan menggunakan Link BCA abal-abal dengan iming2 akan dikembalikan, ternyata melalui link BCA abal2 tersebut dapat menarik dana di rekening bca yang dimiliki teman.
    Nah saya coba membantu menelusuri, ternyata pelaku pinter nih, dia membuat iklan google Ads mengatasnamakan DANA CARE langsung terhubung Whatsapp, dengan logo DANA, dan bisa mengatur ads ini ada di posisi teratas.
    Nomor yang telah dilaporkan ke pihak DANA dan kepolisian adalah sebagai berikut:
    1. 0816248561
    2. 0816261520
    3. 081397773337
    4. 083168620708
    5. 0816277190
    6. 082151207981

    nomor-nomor tersebut mengatasnamakan DANACARE, sedangkan nomor resmi DANACARE whatsapp adalah 081911500445

    ke enam nomor diatas telah saya laporkan ke google untuk di band/ditake down, dan google sudah realisasikan hal tersebut.
    semoga mereka sindikat itu tidak lagi coba-coba dengan cara2 nya yang picik.

    buat temen2 yang mentertawakan, silakan ANDA mungkin merasa cerdas, namun perlu diketahui, DANACARE juga kurang tanggap dalam memberikan respon kepada keluhan pelanggan 3×24 jam juga belum ditangani, hal ini sangatlah buruk. meskipun aturan OJK batas keluhan harusnya 20 hari.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadun…

oleh Ifa dibaca dalam: 1 menit
49