Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadungan

Kepada yang terhormat pihak DANA, saya Nur Ayni Makrufa, ingin menceritakan kronologi transferan dari teman saya menuju rekening saya lewat aplikasi DANA, yang sampai sekarang belum masuk ke rekening pribadi saya. Sehingga berujung saya dan teman saya kena tipu CS gadungan.

Pada tanggal 23 Agustus 2021 pukul 21.52, teman saya mentransfer uang sebesar Rp950.000 ke nomor rekening pribadi saya 1400020237*** atas nama Nur Ayni Makrufa. Namun sampai saat ini belum masuk ke rekening pribadi saya. Saat itu karena panik dan khawatir, sebagai orang awam yang masih baru dengan aplikasi e-wallet seperti ini, saya memutuskan untuk searching di Google nomor CS DANA. yang muncul saat itu di portal paling atas adalah nomor +62816248561.

Tanpa pikir panjang dan tanpa melihat itu asli atau bukan, saya langsung menelepon pihak tersebut dan pihak tersebut menyarankan banyak sekali, mulai dari buka website hingga meminta kode OTP. Karena saya pada saat itu sibuk dan CS DANA gadungan ini menyarankan saya untuk menghubungi teman yang mentransfer uang ke rekening pribadi saya untuk refund.

Pada saat itu teman saya langsung menghubungi CS DANA gadungan tersebut. Teman saya juga karena panik dan khawatir uang belum masuk ke nomor rekening saya, langsung mengiyakan saat dimintai kode OTP DANA hingga rekening, yang membuat uang yang tersisa di DANA-nya sebesar Rp950.000 dan uang ATM-nya sebesar Rp2.900.000 ikut terkuras.

Di sini saya sangat menyayangkan kenapa nomor tersebut terpampang di  urutan atas Google saat proses pencarian nomor CS DANA, yang justru makin banyak orang awam seperti saya mudah tertipu. Saya sangat menyayangkan kinerja aplikasi DANA yang lambat.

Saya pun tidak menyerah, saya email akun DANA asli, whatsapp juga, tetapi responnya sangatlah lambat. Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

Semoga surat terbuka saya ini dibaca oleh pihak DANA karena saya dan teman saya yang kena teras sangat membutuhkan uang tersebut.

Nur Ayni Makrufa
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:51    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa di Media Konsumen “Masalah Saat...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadungan

  • 28 Agustus 2021 - (13:37 WIB)
    Permalink

    Sekarang punya pengalaman buat nanti dan kalau mau lihat nomer cs bisa dilihat di web atau akun resmi nya yang ada centang biru tentu nya

    27
    • 29 Agustus 2021 - (22:48 WIB)
      Permalink

      Sarah saya lain kali jika berurusan dengan uang apapun bentuknya misalnya saat transaksi di ATM, Transaksi M Banking, Transaksi e-wallet dll usahakan konsentrasi penuh pada transaksi yg sedang dilakukan jangan sambil panik apalagi sibuk akan fatal akibatnya. Sekali lagi kode OTP bersifat sangat rahasia jadi jika sampai diketahui orang lain dan disalahgunakan yg berakibat kerugian maka 100% kesalahan ada pada kita sendiri yang lalai menjaga kerahasiaan OTP.

    • 30 Agustus 2021 - (00:26 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga kirim uang ke BRI, thl kirim 270821 tatus pertama menunggu, sampai besoknya masih menunggu. Pas tgl 280821 status berhasil, terus saya cek ke atm. Uang belum juga masuk. Nelpon cust care dana yg dipusat bantuan susah, dialihkan ke wa dana ( dana care ) terus dialihkan lagi ke email dana help@dana.id. sampai sekarang uang saya belum masuk juga.

      Klo saya searching google emang yg muncul paling atas nomor penipu. Saya test di wa, dia ngasih formulir yg minta data diri, kode otp, pin. Tapi gak saya isi.
      Karna saya tau itu penipuan.

      Walaupun otp dan pin gk saya kasih. Kok uang saya gak masuk juga ya? Parah dana

      • 28 Agustus 2021 - (16:32 WIB)
        Permalink

        Percakapan di wa, history transaksi dana diprint, terus datang ke kantor polisi terdekat, setelah dapat surat tinggal ke kantor bca, soalnya kl dilihat dr historynya ditransfer ke bca, minta diblokir rekening berbekal surat dari kepolisian

      • 29 Agustus 2021 - (18:12 WIB)
        Permalink

        Chat nya SS, mutasi SS, kronologi siapkan.
        Lanjut bikin laporan ke Polsek Terdekat.

        CS Dana yg resmi Nama Kontaknya Otomatis DANA CARE dengan Ceklis HIJAU khas WHATSAPP RESMI.

        Kalo nemu nomer CS apapun dengan awal 0838 itu wajib cek ulang.

      • 30 Agustus 2021 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Lapor polisi penipuan online minimal polda, polsek dan polres belum ada fasilitas utk menangani kasus spt ini. selain itu kalau lapor kepolisian barang bukti akan disita.
        ini pernah saya alami.

  • 28 Agustus 2021 - (14:54 WIB)
    Permalink

    Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

    ==>> diretas oleh penipu atau ditipu oleh penipu?

    10
    • 29 Agustus 2021 - (10:13 WIB)
      Permalink

      Hahahah saya ga sendirian…ga bakal bisa balik..kl udah OTP..saya juga dari OVO ya bgtulah…intinya buat prlajaran..itung2 kuliah bayar 3 juta saya…jadi paham bahwa di sekitar kita banyak kejahatan yg ga terduga yang selama ini selalu berfikir positif…bahwa org2 itu baik..

  • 28 Agustus 2021 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Semua ada di aplikasi dana mbak..klik profilnya dan klik’bantuan aja..dr nomor telepon email,dan nomor whsap lengkap.. sebenarnya GK usah panik kalau GK masuk,asal ada bukti transfer mah aman

  • 28 Agustus 2021 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Mau orang awam atau bukan, kalo dia pinter pasti ga akan ketipu. Harusnya kalo ada yg minta kode OTP jangan dikasih, sekalipun itu CS asli. Karena kalo ada orang tidak dikenal yg minta kode OTP atau yg mengaku2 CS suatu instansi, itu jelas2 mau nipu dan harusnya anda sadar. Dan pihak Dana yg asli tidak bisa bertanggungjawab dan mengembalikan uang anda karena transaksi tersebut dianggap sah yg menggunakan kode OTP. Intinya, kesalahan ada pada anda dan semoga kedepan nya anda jadi lebih pintar lg agar tidak tertipu lg.

    21
    1
  • 28 Agustus 2021 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah menyangkut OTP harusnya paham jika itu penipu… orang jelas tertulis jangan berikan OTP ini ke siapapun…ya sudah final dong

  • 28 Agustus 2021 - (16:54 WIB)
    Permalink

    kelihatannya saya tahu masalahnya ada dimana… nomor yg muncul itu tampilan dari iklan
    dan iklan ini seperti analytic/tracker / apalah istilahnya. dan muncul dipaling atas saat pakai browser di HP.
    tapi saat dicoba di komputer dengan Adblock aktif, iklan tidak bisa muncul, klo adblock dimatikan iklan muncul ditengah page.

    saya sempat coba klik link iklannya memang tampilan tulisannya call center dana dengan 2 pilihan form pengaduan, WA.
    mungkin panik kali yah jadi nyasar ke iklan web ga jelas dengan metode phising.
    padahal dipage 1 dibawah iklan ada banyak link milik web resmi loh.

    • 28 Agustus 2021 - (21:38 WIB)
      Permalink

      Mungkin krn “panik” dan “sibuk” Sehingga kurang fokus dan berasumsi bahwa yg dihubungi benar2 Dana.. Padahal Dana sendiri kalo gk ada recordnya mohon maaf mau di refund gimana.. Jadikan ajaa pembelajaran dan jgn terburu2 memakai app kalo belum tahu sistem payment dan transfer serta refundnya.. Kalo gk app bs dicoba dl dg nilai2 kecil mis. 10rb agar paham dl..

  • 28 Agustus 2021 - (19:15 WIB)
    Permalink

    Ngapain susah susah nyari di DALAM APLIKASI ada menu pusat bantuan mba. Tiap tiap aplikasi pasti ada menu bantuan. 💯% kesalahan dari mbanya, nihil juga untuk kembali, secara sah dan sadar memberikan data dan kode otp kpd penipu tersebut dengan leluasa mengakses secara LEGAL aplikasi nya.

    pelajaran berharga untuk mbanya, semoga case cepet beres ya.

    5
    1
  • 28 Agustus 2021 - (19:36 WIB)
    Permalink

    saya search di google “CS DANA”

    yang keluar paling atas:

    Mulai dari kemudahan akses DANA Customer Care 24 Jam yang bisa dihubungi di 1500 445, via WhatsApp di 08191 1500 445, atau email help@dana.id, sampai fitur & platform yang menunjang transaksi bisnis.Mar 9, 2021

    Cara Mudah Daftarin Bisnis di Merchant Portal – DANA

    7
    1
  • 28 Agustus 2021 - (21:01 WIB)
    Permalink

    Anda search google mana? Sy coba search google dengan key “cs dana” yg muncul teratas nomornya 1500 445, via WhatsApp di 08191 1500 445, atau email help@dana.id. Gak tau anda lihat barisan ke berapa??

  • 28 Agustus 2021 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Jaminan uang kembali jika memang kesalahan sistem mbak
    Kalo krologi mbak pasti dianggap transaksi sah karna setiap transaksi dana dilindungi dengan one time password (OTP)

    3
    1
  • 29 Agustus 2021 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Saya coba search memang betul paling atas ada link iklan yang mengarah ke wa no itu.
    Minimal dengan kejadian ini pihak2 yang terkait, khusus nya pihak dana, harua bisa “menertibkan” karena sampai sekang masih keluar di search google

    • 29 Agustus 2021 - (01:04 WIB)
      Permalink

      ini hasil pencarian saya dengan keyword “cs dana”

      ==============================================

      Mulai dari kemudahan akses DANA Customer Care 24 Jam yang bisa dihubungi di 1500 445, via WhatsApp di 08191 1500 445, atau email help@dana.id, sampai fitur & platform yang menunjang transaksi bisnis.Mar 9, 2021

      Cara Mudah Daftarin Bisnis di Merchant Portal – DANA

      ========================

      kalau keluar beda dari itu artinya perangkat handphone / komputer / laptopnya itu udah disusupi phising… sebaiknya dibackup datanya lalu di format ulang …. jadi ini bukan masalah dari pihak dana ataupun mesin pencarian google… tapi ada masalah di perangkat user yang kemungkinan besar ada malware nya ..

    • 29 Agustus 2021 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Betul terimakasih sudah berkomentar positif. Karena mohon maaf banyak yang negatif pafahal mereka tidak tau apa yang saya alami

      1
      6
      • 29 Agustus 2021 - (23:27 WIB)
        Permalink

        Saya pernah yg tf 10 jt via DANA so aman² aja, pernah mau coba tf 15 jt tapi di batasi max 10 jt.
        Yang jadi pertanyaan saya, OTP itu kan kunci rumah ibaratnya ya namanya maling di kasih kuncinya tentu sudah di persilahkan masuk sama owner nya 😅😅 sudah sering di bahas masalah OTP di sini, masih ada saja yang kebobolan
        Jangan kalah dengan smartphone mba’e, yang pegang hp itu harus lebih smart.
        So Mudah²an masalahnya cepat selesai

  • 29 Agustus 2021 - (02:15 WIB)
    Permalink

    emang ada iklan di page one google mengarah ke whatsapp tapi bukan cs dana resmi.

    untuk menghilangkannya gampang , semau yang baca artikel ini ketik aja cs dana nanti kalo muncul iklan tersebut langsung klik aja tp nggak usah di chat ,biar biaya iklannya terus terpotong karena banyak yang klik

    jadi si penipu keluar biaya iklan tapi tidak bermanfaat karena yang ngeklik iklan orang yang tidak punya kepentingan untuk menghubungi kecuali cuma iseng aja

  • 29 Agustus 2021 - (08:29 WIB)
    Permalink

    yang begini-begini mending ngga usah nulis di media konsumen deh. Yang ada bikin kesel yang baca.
    Heran gue, nulis disini bisa panjang lebar, tapi ditipu ama anak sekolah dan penipu pengangguran kelas teri gampang banget.
    Ya kali ngasih kode OTP ke orang lain, jelas-jelas itu OTP (One Time Password). Logika aja ngasih password koq ke orang lain, kan BEGO.

    10
    • 29 Agustus 2021 - (08:44 WIB)
      Permalink

      asli gregetan liatnya, dia yg ngasih kode otp ke orang lain, yg di salahin malah pihak DANA, luar biasa 😂🙏

  • 29 Agustus 2021 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Kenapa harus marah? Disini saya cuman ceritakan pengalaman saya. Kata kata anda membuat saya semakin down. Padahal masalahnya bukan cuman itu . Tapi coba baca atas transferan syaa belom masuk. Apakah kalian hanya fokus pada kejelekannya saja? Semoga tuhan memaafkan kalian

    1
    11
    • 29 Agustus 2021 - (17:44 WIB)
      Permalink

      kalo kode OTP ngga dikasih, dan menghubungi bantuan CS di dalam aplikasi DANA:
      – kemungkinan uang yang ditransfer yang bermasalah itu bisa di refund apalagi ada bukti transfernya.
      – 100% akun dana beserta isinya masih aman tidak diobrak abrik ama penipu kacangan yang “minta kode OTP”

      so itung² kerugian itu sebagai biaya “kuliah” untuk mata kuliah Security/Pengamanan akun dan data pribadi elektronik, yang salah satu isi materinya:
      – menghubungi official CS aplikasi dari dalam aplikasi (DANA) tersebut.
      – tidak memberi kode OTP kepada siapapun termasuk ke (DANA) CS resminya.

      mungkin nanti kalo ketipu lagi di situs phising,
      berati itu dapet lagi meteri tentang web and email security.

      terimakasih telah berbagi ilmu berdasarkan pengalaman yang berbayar.

    • 22 September 2021 - (20:41 WIB)
      Permalink

      Sangat prihatin dengan kejadian tersebut, dan juga sebagai info teman saya juga mengalami hal yang sama, namun diteruskan menggunakan Link BCA abal-abal dengan iming2 akan dikembalikan, ternyata melalui link BCA abal2 tersebut dapat menarik dana di rekening bca yang dimiliki teman.
      Nah saya coba membantu menelusuri, ternyata pelaku pinter nih, dia membuat iklan google Ads mengatasnamakan DANA CARE langsung terhubung Whatsapp, dengan logo DANA, dan bisa mengatur ads ini ada di posisi teratas.
      Nomor yang telah dilaporkan ke pihak DANA dan kepolisian adalah sebagai berikut:
      1. 0816248561
      2. 0816261520
      3. 081397773337
      4. 083168620708
      5. 0816277190
      6. 082151207981

      nomor-nomor tersebut mengatasnamakan DANACARE, sedangkan nomor resmi DANACARE whatsapp adalah 081911500445

      ke enam nomor diatas telah saya laporkan ke google untuk di band/ditake down, dan google sudah realisasikan hal tersebut.
      semoga mereka sindikat itu tidak lagi coba-coba dengan cara2 nya yang picik.

      buat temen2 yang mentertawakan, silakan ANDA mungkin merasa cerdas, namun perlu diketahui, DANACARE juga kurang tanggap dalam memberikan respon kepada keluhan pelanggan 3×24 jam juga belum ditangani, hal ini sangatlah buruk. meskipun aturan OJK batas keluhan harusnya 20 hari.

      ikut prihatin ya mba

  • 29 Agustus 2021 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Kasus diatas itu kasus “bunuh diri”. Bagaimana bisa orang bunuh diri kemudian menuntut orang lain dihukum? Salah sendiri memberikan kode OTP kepada CS abal-abal kemudian kena tipu, mau menuntut DANA untuk mengembalikan uangnya?

    Alasan panik atau sibuk bukan sebuah pembenaran untuk meminta ganti rugi kepada pihak DANA atau Bank. Itu murni kesalahan sendiri. Konsekuensi atas kesalahan sendiri, harus tanggung jawab sendiri. Minimal jadikan pelajaran, jangan mudah percaya kepada orang yang ngaku CS atau siapapun yang sifatnya online. Jika ingin tahu nomor kontak resmi, cek di situs resmi atau di aplikasi resmi, jangan dikit-dikit searching di Mbah Google.

  • 29 Agustus 2021 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Lain kali klu cari d google baca tulisan kecilnya d bawa judulnya,klu msih polos lsung aja ke banknya,.alih alih hemat 6500,jdinya kehilangan lbh dri itu,dn kedua kgn pernah menghubungkan kartu bank utk keamanannya,aplgi OTP.aplgi cerita d sini ..bukan komplen malah d buli..dpt nya,.

  • 29 Agustus 2021 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

    Emang iya jargonnya gitu???

  • 29 Agustus 2021 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Saya kutip satu kalimat dalam surat Anda diatas:

    “Saat itu karena panik dan khawatir, sebagai orang awam yang masih baru dengan aplikasi e-wallet seperti ini, saya memutuskan untuk searching di Google nomor CS DANA. yang muncul saat itu di portal paling atas adalah nomor +62816248561.”

    Menurut keterangan Anda diatas, nomor CS Anda dapatkan dari google search, jadi yang paling pantas Anda tuntut ganti rugi adalah Mbah Google bukan? 😀🙏

    Oh ya, saya bukan bela DANA ya, akun DANA saja saya gak punya. Saran saja, lain kali kalau terjadi trouble lagi, jangan panik, cari nomor kontak atau email resmi dan sampaikan masalahnya. Terkait OTP, sudah ada keterangan “jangan diberikan kepada siapapun”, itu sifatnya rahasia. Jika OTP diberikan kepada orang lain, habis sudah semuanya!

  • 29 Agustus 2021 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Beberapa hari yg lalau saya memliki
    Kejadian yang sama.. transfer untuk pembayaran CC tp gk masuk pdhl status berhasil dan baru tau pas cs CC nya telp kalo saya belum bayar..
    Berarti sudah 2 minggu lama nya Uang saya gantung..
    Baru lah saya telp ke cs dana dan disuruh konfirmasi ke bank tujuan bahwa uang saya sudah berhasil terkirim..
    Kemudian saya telp ke bank tujuan dan info nya nominal tersebut masih belum masuk..
    Jadi berasa di bolak balik jadi pusing sendiri..
    Saya balik telp dana dana saya di minta untuk buat email dengan mengirimkan mutasi rekening bank tujuan ke email dana..
    Bank tujuan jg meminta saya kirim
    Bukti transfer dengan mencantumkan norek tujuan sedangkan rek tujuanya dibuat alias XXX oleh dana dan hnya tersisa 4/5 digit akhir tp saya tdk peduli saya kirimkan saja apa adanya..
    Kemudian saya di minta menunggu 3-5 hari oleh dana..
    Dan terpaksa karna sudah di tagih kembali untuk tagihan cc nya saya jadi trnsfer lagi walaupun transfer yg sebelumnya masih belum jelas hasilnya.. akhirnya saya pasrah..
    Namun setelah hari ke 6 saya cek di mutasi rek bank tujuan uangnya masuk dan nominal bunga keterlambatan jg di kembalikan..

    Intinya kita harus sabar dan tidak panik dalam menyelesaikan masalah apalagi masalah uang..

    Mudah2an jadi pelajaran untuk kita semua..

    • 30 Agustus 2021 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Makasih infonya mas. Walau udh 2 minggu masih bisa diproses ya mas? Saya kejadian tgl 27 agustus kemaren. Sampai sekarang uang belum masuk juga. Kirim uang 100rb ke bri. Telpon ke cust care dana abis pulsa 25rb. Jadi tekor deh. Mau diikhlasin gimana gitu. Dana emang sial

  • 29 Agustus 2021 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Sy pernah juga uang sy nyangkut begitu mbak. Ketika itu transfernya ke Bank BRI. Ketransfer nya baru 2 hari kemudian. Sy sempet chat via wa lama bales, trus sy lewat email. Skrg seharusnya jangan asal nge wa. Ada email cust care nya di aplikasinya kok

  • 30 Agustus 2021 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Ikhlaskan saja, anggap musibah dan buat pelajaran.
    Fokus penyelesaian masalah saja.
    Jangan perdulikan komentar negatif, kecuali memang saran yg baik…

  • 31 Agustus 2021 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Yg sabar ya mbak… Komentator disini emang pedes-pedes, bahkan lebih pedes dr cabe rawit.,,😇 Jadikanlah peristiwa/kejadian ini sebagai pengalaman yg berharga, sabar dan ikhlas, karena dibalik semua peristiwa ini pasti ada HIKMAHNYA.

  • 31 Agustus 2021 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Pokoknya kalau udah minta OTP sudah pasti penipu. Lain kali korban pulsa saja hubungi hotline DANA langsung atau pastikan hubungi CS yang sudah terverifikasi atau ada tanda centang. Semoga jadi pelajaran buat semuanya ya.

  • 31 Agustus 2021 - (10:22 WIB)
    Permalink

    komplain y ke google sana mba, anda yg BEGO ko DANA yg disalahkan.
    dimana-mana klo cari no CS itu dari app langsung atau web resminya

  • 22 September 2021 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Sangat prihatin dengan kejadian tersebut, dan juga sebagai info teman saya juga mengalami hal yang sama, namun diteruskan menggunakan Link BCA abal-abal dengan iming2 akan dikembalikan, ternyata melalui link BCA abal2 tersebut dapat menarik dana di rekening bca yang dimiliki teman.
    Nah saya coba membantu menelusuri, ternyata pelaku pinter nih, dia membuat iklan google Ads mengatasnamakan DANA CARE langsung terhubung Whatsapp, dengan logo DANA, dan bisa mengatur ads ini ada di posisi teratas.
    Nomor yang telah dilaporkan ke pihak DANA dan kepolisian adalah sebagai berikut:
    1. 0816248561
    2. 0816261520
    3. 081397773337
    4. 083168620708
    5. 0816277190
    6. 082151207981

    nomor-nomor tersebut mengatasnamakan DANACARE, sedangkan nomor resmi DANACARE whatsapp adalah 081911500445

    ke enam nomor diatas telah saya laporkan ke google untuk di band/ditake down, dan google sudah realisasikan hal tersebut.
    semoga mereka sindikat itu tidak lagi coba-coba dengan cara2 nya yang picik.

    buat temen2 yang mentertawakan, silakan ANDA mungkin merasa cerdas, namun perlu diketahui, DANACARE juga kurang tanggap dalam memberikan respon kepada keluhan pelanggan 3×24 jam juga belum ditangani, hal ini sangatlah buruk. meskipun aturan OJK batas keluhan harusnya 20 hari.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadun…

oleh Ifa dibaca dalam: 1 menit
49