Barang Retur COD Tidak Diterima, J&T dan Shopee Saling Lempar Tanggung Jawab

Saya menulis ke Media Konsumen, karena JNT dan Shopee saling lempar tanggung jawab atas barang retur COD yang belum diterima oleh penjual. Mungkin hal ini juga bisa membantu sesama penjual Shopee yang mengalami masalah yang sama. Nomor Resi: JP2091886493 dan Nomor Pesanan: 210710HB3MS9X3.

Agar lebih mudah, saya akan menjelaskan kronologinya:

  • Tanggal 10 Juli 2021, saya menerima pesanan COD di Shopee, barang tersebut dikirim melalui ekspedisi JNT.
  • Tanggal 19 Juli 2021, pesanan dinyatakan batal karena pembeli gagal melakukan pembayaran.
  • Tanggal 24 Juli 2021, menurut status dari JNT, barang sudah dikembalikan kepada penjual. Namun pada kenyataannya barang belum dikembalikan sama sekali.
  • Tanggal 28 Juli 2021, saya cek ke JNT CP Sedayu Square (tempat pertama paket di-pickup dari gudang dan dikirim), tapi menurut mereka paket tidak ada di tempat mereka. Saya kira itu wajar karena mungkin belum diantar ke JNT CP Sedayu Square.
  • Tanggal 3 – 6 Agustus 2021, paket COD returan saya masih belum ada kabar, jadi saya menghubungi pihak JNT Call Center untuk dibuatkan laporan. Beberapa hari kemudian, mereka menjelaskan jika paket saya sudah dikembalikan ke JNT CP Sedayu Square. Sekali lagi saya menanyakan perihal ini ke JNT CP Sedayu Square, tapi paketnya TIDAK ADA.
  • Tanggal 10 Agustus 2021, saya kembali menghubungi JNT melalui email untuk menanyakan perihal paket returan ini, dan saya dibantu oleh customer service atas nama Lut*** Sa*****. Saya diinfokan jika permasalahan ini dalam masa investigasi. Namun 2 minggu berselang, saya tidak mendapatkan hasil investigasi keberadaan paket saya.
  • Tanggal 27 Agustus 2021, saya kembali email ke Lut*** Sa*****(CS JNT), untuk menanyakan perihal hasil investigasi. Namun tidak dijawab sama sekali.
  • Tanggal 27 Agustus 2021, di hari yang sama, saya juga email ke CS Shopee, menjelaskan situasi.
  • Tanggal 29 Agustus 2021, saya juga kembali menghubungi call center JNT, dan menurut mereka paket returan ada di JNT CP Sedayu Square. Saya kembali menanyakan hal ini ke staf JNT CP Sedayu Square, tapi hasilnya paket tidak ada. Intinya saya di-PING-PONG sana sini.
  • Tanggal 31 Agustus 2021, saya mendapatkan email dari Shopee menjelaskan jika paketnya ada di JNT Sedayu Square. Namun pada kenyataannya TIDAK ADA. Saya sudah jelaskan ke pihak Shopee bahkan dengan bukti screenshot whatsapp dari JNT Sedayu Square. Namun pihak Shopee tetap saja tidak memperdulikannya. CS Shopee identik dengan ROBOT yang tidak peduli dengan pelanggan.
  • Tanggal 1 September, saya menghubungi JNT call center dan menjelaskan semuanya, CS JNT hanya menjawab dengan enteng, “Kakak bisa klaim kehilangan ke pihak Shopee”. Pada hari yang sama, saya menghubungi CS Shopee kembali, dan saya mendapatkan kejutan luar biasa “Informasi yang kami terima dari pihak J&T Express, bahwa saat ini pihak J&T Express tidak dapat memproses pengecekan kembali, karena telah melebihi batas maksimal pelaporan“.

Kesimpulan:

  • Jika paket sudah saya terima, saya juga tidak perlu menghabiskan waktu untuk telepon dan email sana-sini untuk menanyakan keberadaan paket.
  • Saya sharing permasalahan ini kepada sesama penjual, agar lebih berhati-hati dengan layanan COD JNT yang sangat tidak bertanggung-jawab dalam hal ini. Shopee juga bersikap melempar tanggung jawab tidak peduli.
  • Sebagai tambahan, setelah berjuang mencari tahu keberadaan paket selama 1 bulan lebih, sampai detik ini saya TIDAK PERNAH DIHUBUNGI oleh JNT / SHOPEE via telepon sama sekali. Sungguh memalukan, saya pernah menghadapi permasalahan yang mirip dengan JNE, dan diselesaikan dalam waktu tidak lebih dari 10 hari.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada Media Konsumen yang sudah sangat membantu untuk mempublikasikan permasalahan ini.

David
Medan, Sumatera Utara


Catatan redaksi (diperbarui 8/9/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Barang Retur COD Tidak Diterima, J&T dan Shopee Saling Lempar Tanggung Jawab

  • 5 September 2021 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Sekarang harus lbh hati2 kalo mau belanja online… Sdh banyak korban yg tertipu, dan konsumen rata2 dipojokan tdk dibantu semestinya jika melakukan pengaduan.

    1
    1
    • 5 September 2021 - (15:48 WIB)
      Permalink

      Belanja online solusi di saat pandemi tapi koq jadi riskan masalah yah , ihhhh jadi takut belanja online ??????

  • 5 September 2021 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga beberapa kali kena retur. Ambilnya tidak di tempat kita kirim pakaet, tp ada di pusat atau cabang pusat. Saya tidak pernah tanya barang retur ada dimana dll, krn menurut saya pastinya ada di pusat, saya datangi ternyata ada.

    • 6 September 2021 - (10:07 WIB)
      Permalink

      1. benar, max 6 hari menurut tnc shopee… namun dalam kenyataan, 6 hari kalendar adalah waktu yang sangat singkat untuk trace paket…

      paket retur COD, biasanya dikembalikan tidak tepat waktu seperti yg tertera tgl di status..

      • 24 September 2021 - (22:42 WIB)
        Permalink

        permisi pak david izin bertanya mengenai konsumen yang gagal melakukan pembayaran, apakah dalam hal ini konsumen tidak mengetahui bahwa dalam sistem pembayaran cod pembeli harus membayarkan produk yang dipesan?

        • 30 Juni 2022 - (15:15 WIB)
          Permalink

          byk konsumen yg hanya mencoba utk checkout.. dan lagi tipe pembeli yg co dl walaupun dana blm ada… jd byk tipe nya

  • 24 November 2021 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Cuma J&T / JNT yg tidak tanggung jawab dg barang Retur penjual.
    Bolak balik nanya dan ambil barang returan.

    Klo ekspedisi lain, diantar kerumah.

    Dan pembeli di Shopee dan Lazada byk yg kere2 dan ngak cerdas.

  • 29 Juni 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Saat ini sy jg mengalami hal yg sm dgn 2 paket returan,,, sampai saat ini blm jg ada kabar dmn posisi paket sy,,, sdh tanya ke cp j&t pengiriman awal katanya barang blm ada,,, pdhl sdh hampir 2 minggu sejak paket dinyatakan sdh berhasil diretur…

    • 30 Juni 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      iya kak. ini mmg permasalahan yg saya hadapi dr jnt sampai saat ini, dan akhirnya saya tdk lagi mengunakan layanan jnt untuk keperluan cod.. karena beda informasi di status shopee dan di lapangan…

      di status dijelaskan jika paket telah diterima oleh seller, padahal di lapangan, jgnkan seller, kantor dropoff jnt aja blm menerima paket retur cod tersebut… dan jika sdh melewati 6 hari calendar (bukan hari kerja), kita tdk bs lagi komplain ke shopee.. hanya bs komplain ke jnt..

  • 11 November 2022 - (20:03 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal serupa nih. ada 2 paket di beda agen. kemudian di lempar ke DC. lalu mereka hanya mengulur waktu. sampai seminggu blm ada ketemu barang retur tersebut katanya. bagaimana ini tanggung jawabnya J&T ?

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Barang Retur COD Tidak Diterima, J&T dan Shopee Saling Lempar Tan…

oleh David David dibaca dalam: 2 menit
12