Tokopedia Memenangkan Pembeli yang Menolak Barang yang Sudah Dikirim Sesuai Pesanan

Saya sebagai penjual di Tokopedia merasa tidak fair dengan hasil Tim Resolusi Tokopedia. Singkatnya, pembeli memesan produk dengan invoice: INV/20210910/MPL/1576376085. Saat produk diproses dan dikirimkan, tiba-tiba pembeli berubah pikiran dan ingin membatalkan transaksi.

Seller sudah memproses dan mengirimkan produk sesuai dengan pesanan. Ketika barang diterima, pembeli tsb mencari alasan untuk mengembalikan produk tsb, karena memang sudah berubah pikiran dari awal.

Hasil penyelesaian pertama tanggal 12 September 2021, seller menang karena produk yang dikirimkan memang sudah sesuai dengan pesanan pembeli. Pembeli tsb banding dan hasil keputusan kedua, Tokopedia memenangkan pembeli.

Bagaimana ini Tokopedia, apakah fair barang dikembalikan dengan alasan pembeli berubah pikiran? FYI, produk tsb berupa makanan dan memiliki tanggal kedaluwarsa sehingga seller merasa dirugikan karena ketika produk tsb dikembalikan, seller sudah tidak bisa menjual produk tsb.

Ai Sartika
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:85    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Tokopedia Memenangkan Pembeli yang Menolak Barang yang Sudah Dikirim Sesuai Pesanan

  • 19 September 2021 - (11:34 WIB)
    Permalink

    sedih ya ternyata di toko ijo sama juga di toko oren, saya kena masalahnya di toko
    oren, pembeli ajukan pengembalian
    tanpa bukti video unboxing.
    Untuk pembeli smoga lebih bijak ya apabila ga yakin beli dari awal tidak usah lanjut transaksi, apabila sudah terlanjur beli ya sudah, jangan merugikan seller dengan pengembalian dana, yuk bisa yuk jadi pembeli yang bijak.

    10
    1
    • 19 September 2021 - (12:08 WIB)
      Permalink

      Hati-hati isi susu nya ditukar dengan palsu ka. Modus baru memanfaatkan celah pusres tokped. Pas nanti retur nya datang, cek dengan teliti.

      14
      1
    • 19 September 2021 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Tanpa video unboxing seharusnya tidak sah karena konsumen bisa saja menukar barang penjual. Banyak kasus yang seperti itu namun sepertinya pihak tokopedia care lalai disini

      13
  • 19 September 2021 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Berjarak 2 hari saja sudah 2 seller yang melapor kasus Penjualan Susu.

    Jangan jangan memang benar yang di ungkap @herry. Modus Baru memanfaatkan Celah Pusat Resolusi Toped.

    12
    2
    • 19 September 2021 - (15:21 WIB)
      Permalink

      Payah nih tokopedia! Konsumen skrg licik suka menukar produk jika tidak ada video unboxingnya

  • 19 September 2021 - (13:09 WIB)
    Permalink

    Tanpa video unboxing saat produk diterima dan dibuka seharusnya tidak sah karena pembeli bisa saja menukar barang tersebut loh @tokopediacare

    10
  • 19 September 2021 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Waktu minta untuk dibatalkan apa barang
    masih diproses atau sudah di kurir ? Kurang jelas. Kalau masih diproses ya seharusnya dituruti saja daripada ribet belakangan.
    Produknya juga susu cair atau segar ya kok udah expired beberapa hari ? Kalau susu bubuk ya lama kan expirednya.

    7
    1
  • 19 September 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Pihak tokopedia sekarang pelayanannya payah. Banyak komplainnya. Baru kemarin saya baca berita tentang komplain tokopedia sekarang sudah ada lagi kasusnya.

  • 19 September 2021 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Seharusnya jika barang sudah dalam proses pengiriman dan resi sudah diupdate oleh kurir, pembeli tidak bisa semudah itu membatalkan pesanan, apapun alasannya. Beda ya, kecuali kalau barang belum dikirim. Ntah apa yg dipikiran CS Tokped, memenangkan pembeli.

  • 20 September 2021 - (06:16 WIB)
    Permalink

    @ai ….. mkn ditambahkan term-condition di description productnya. Di pengantar toko atau di buat otomatis message…yg menjelaskan aturan maen belanja dan pengembalian ditoko anda. Klo kga ada aturan maen yg dijelaskan yah semuanya memungkinkan.

    Semoga bermanfaat.

  • 20 September 2021 - (06:21 WIB)
    Permalink

    Alasan si pembeli apa ya kak? Kayanya ga mngkn kalo cm karna berubah pikiran di terima sama tokped

  • 20 September 2021 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Aturan gak jelas memang Toped ini, seharusnya semua order yang sdh diproses baik sdh dikirim atau belum TIDAK BISA DIBATALKAN kecuali disetujui oleh kedua belah pihak, kalo kaya gitu enak dong mempermainkan penjual, order aja yg banyak terus komplen berubah pikiran. Jadi teringat pembeli yang kaya gitu sudah dipaking rapi pake buble ngabisin lakban selang brp jam ajukan batal alasan salah alamat bilang mau order lagi sy iyakan aja. Ehh,, Bener aja dia gak order lagi padahal sy berhak menolak karna sudah diproses tapi takut kejadian seperti yg dialami penulis apalagi barang mahal 2 hp hampir 7jt semoga Toped berbenah diisi sama adm berpendidikan yang tau sistem jual beli bukan adm magang mungkin juga jurusan gak jelas makanya asal ambil keputusan sepihak sering salah pula šŸ„“

  • 21 September 2021 - (13:06 WIB)
    Permalink

    Hdeuuuh pusat resolusi tokped lagi…,udah berapa hari ini banyak yang mengeluh melalui MK namun belu mada tanggapan resmi dari pihak tokpednya., pura2 tidak tahu, harus diposting juga lewat tiktok, ig, atau twitter kayanya biar masuk berita, jadi viral, baru ada tanggapan resmi

  • 22 September 2021 - (00:10 WIB)
    Permalink

    Coba sebelumnya kirim yg lengkap chatnya agar penilaian lebih adil. Imo, bukannya nuduh, right now anything can be fabricated. Bukan gak mungkin ada orang “sebelah” sengaja bikin ulah utk jatuhin nama toped. Aneh aja kalau alasan dia krn berubah pikiran terus diiyakan.

    Stay frosty, stay sharp. Kalau mmg tidak setuju baiknya dilengkapi lagi semua screenshot dan tanggal pembelian/transfer/pengiriman agar bisa dinilai lebih adil. Kita sebagai pembaca utk menentukan tentu harus wise juga.

  • 30 September 2021 - (16:46 WIB)
    Permalink

    mungkin dilihat pembelinya susunya udah basi… ya jelas diretur lah…, ya jelas dimenangkan pembelinya kalau misal tuh susu dijual lagi ama yang beli pada keracunan semua gimana ?

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Memenangkan Pembeli yang Menolak Barang yang Sudah Dikirim Sā€¦

oleh Ai Sartika dibaca dalam: 1 menit
16