Akun ShopeeFood Diblokir dengan Alasan Transaksi Fraud untuk “Boost Sales”

Halo,

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat keluhan saya. Saya sudah sangat kesal dan sangat kecewa dengan Shopee, perihal penanganan akun ShopeeFood merchant saya, yang tak kunjung selesai selama 3 bulan terakhir sejak dinonaktifkan.

Berbagai cara sudah saya tempuh, baik itu dari mulai telepon ke CS, email ke CS, yang mana jawabannya seperti robot, hanya menjawab “Maaf untuk sementara permintaan Anda tidak dapat diproses”. Saya juga sudah menghubungi sales yang membantu pendaftaran akun saya. Sales menjanjikan ingin membantu, tapi 1 bulan tidak ada kabar.

Lalu kemarin terakhir saya ke kantor Shopee, berniat untuk menyelesaikan masalahnya. Namun akhirnya hanya disuruh isi form, dan diminta menunggu. Karena akan ditelepon oleh CS dan katanya akan diprioritaskan.

Saya pun menunggu sampai 1 hari kemudian, tanpa ada telepon dari CS Shopee. Kemudian saya menelepon ke CS Shopee kembali dan akhirnya mengetahui alasan pemblokiran akun merchant saya. Namun tetap saya tidak mendapatkan solusi dan jawaban yang tidak enak. Saya juga merasa direndahkan oleh CS Shopee tersebut.

Ternyata permasalahannya menurut Shopee adalah dikarenakan owner membeli kopi melalui aplikasi Shopee ke toko kami yang ada di Shopee.

Beberapa hal yang saya sesali dengan tindakan Shopee sepihak yang langsung menonaktifkan akun ShopeeFood kami adalah:

  1. Tidak adanya identifikasi masalah dan MEMBERIKAN PERINGATAN terlebih dahulu mengenai masalah ini, dan main langsung menonaktifkan akun merchant begitu saja.
  2. Pihak CS Shopee sangat tidak profesional terhadap penyelesaian dari masalah ini, dengan jawaban seperti robot dan tidak memuaskan. Ada juga beberapa CS Shopee yang menelepon kami untuk memberikan alasan kenapa merchant kami diblokir. Sangat merendahkan kami, dibilangnya kami melakukan ini sengaja untuk mem-boost sales toko kami.
  3. Sebagai catatan, tolong untuk pihak Shopee cek terlebih dahulu background usaha kami. Kami sudah berdiri kurang lebih selama 2 tahun, dan rating di Grab maupun Gojek sudah melebihi 1.000 rating. Apakah menurut pihak Shopee kami melakukan ini untuk mem-boost sales?
  4. Menurut saya ini salah satu cacat dalam sistem peraturan Shopee. Dimana tidak adanya peringatan terlebih dahulu, ketika ada terjadi kesalahan dalam pihak merchant/partner. Kita tahu misalkan sebagai karyawan saja jika karyawan ada salah tidak langsung dikeluarkan oleh perusahaannya, melainkan diberikan SP 1, SP 2 dulu.

Besar harapannya akun merchant saya bisa diaktifkan kembali. Saya sudah capek 3 bulan telepon CS, email CS, menghubungi sales, datang ke kantornya Shopee, membuang waktu dan tenaga, dan juga menelan kerugian juga, karena 3 bulan akun dinonaktifkan. Semoga dengan saya up masalah ini ke Media Konsumen, masalah ini bisa selesai.

Berikut juga saya lampirkan, screenshot aplikasi dinonaktifkan, toko kami di merchant Grab sebagai bukti tidak ada indikasi menaikkan sales. Transaksi ShopeePay agar pihak Shopee tahu coffee shop kami ada transaksi ShopeePay juga, screenshot kualitas sales dan CS Shopee dalam menangani merchant.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memuat surat saya.

Hendra
Jakarta Utara


Update (13 Oktober 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee Food:
[Total:10    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Akun ShopeeFood Diblokir dengan Alasan Transaksi Fraud untuk “Boost Sales”

  • 11 Oktober 2021 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Info yang sangat membantu sebagai sesama pemilik resto, memang hampir di semua platform ecommerce atau online food delivery pihak owner ga boleh beli di resto sendiri, entah alasan boost sales atau penyalahgunaan promo. Sangat disayangkan juga pihak Shopee lngsung menonaktifkan permanen, seharusnya hny beberapa hari saja sebagai peringatan. Apa mungkin mereka begitu karena promo ShopeeFood 100% pihak Shopee yg tanggung ? Kl d Grab Gofood resto masih nanggung promo sebagian.. Ya semoga ada jalan keluar dan bisa jualan lagi

    • 11 Oktober 2021 - (14:24 WIB)
      Permalink

      terima kasih pak, iyah seharusnya diberi peringatan terlebih dahulu,
      masalah sudah di respon pihak Shopee. semoga ada jalan keluar dan bisa berjualan kembali.

  • 11 Oktober 2021 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Terkait masalah ini, pihak Shopee langsung gerak cepat merespon keluhan saya sebagai Merchant, dan memprioritaskan penyelesaian masalah ini.

    Saya berharap sekali akun Merchant toko saya dapat aktif kembali, agar kami bisa berjualan kembali, apalagi sekarang sedang pandemi.

    Terima kasih Shopee untuk kecepatan respon dan tindaklanjutnya. Dan terima kasih juga untuk media konsumen telah memuat permasalahan ini sehingga di respon cepat oleh Shopee.

  • 11 Oktober 2021 - (17:25 WIB)
    Permalink

    Coba mba main ke Facebook..ada salah satu Grup namanya Pencari promo gojek/grab..disana berkeliaran yg sengaja membuat jasa ..Untuk Order gofood/grabfood/shopeefood ..dengan akun Baru,,karen akun baru ada di diskon tertentu….mereka Sangaja pake software khusus untuk buat akun baru terus menerus agar mendapatkan diskon ..nah diskonnya mereka jual lagi ke orang yg mau order dengan selisih harag tertentu…
    Dan dari situ lah sebab akun merchant anda kena banned

  • 11 Oktober 2021 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Media Konsumen yang telah memuat keluh kesah saya.
    Terima kasih juga kepada Shopee, akun merchant saya sudah aktif kembali hari ini jg.
    Untuk ini permasalahan saya tutup. Terima kasih

  • 12 Oktober 2021 - (02:15 WIB)
    Permalink

    Sekarang saya sedang mangalami hal yang sama dan sumber masalahnya pun sama, saya membeli dari merchant saya sendiri, tapi bukan untuk tujuan menaikan rating, alhamdulillah rating saya selama ini sudah bagus karena pure konsumen. Saya sendiri sudah menjalankan usaha lebih dari 10 tahun, tidak butuh begitu begituan. Yang saya sesalkan sama seperti pendapat mas nya, tidak ada peringatan dari shopee tiba tiba merchant sudah tidak aktif. Mudah mudahan bisa di aktifkan kembali seperti mercant Mas julius. Saya baru menghubungi sales nya dan belum mendapat pencerahan sama sekali, katanya mau di kirimkan form nya tapi sampai saat ini belum ada kabar lagi. Barangkali ada masukan dari mas julius yang sudah lebih berpengalaman mengatasi masalah di atas. Terimakasih.

    • 12 Oktober 2021 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Halo Pak Reza,
      terkait masalah ini bapak coba hubungi CS Shopee dulu aja via telpon, jelaskan kendalanya, liat dulu bagaimana responnya dan alasan kenapa merchant bapak di nonaktifkan, mungkin jg bisa via twitter shopeecare, jika tidak ada jalan lain, bisa menempuh jalan seperti yg saya lakukan.

      Untungnya masalah ini sudah selesai dan saya bisa berjualan kembali di Shopee.
      Smoga pak Reza juga ya

      • 13 Oktober 2021 - (07:13 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah.. akunnya sdh diaktifkan kembali pak, disini saya cuma mau mengingatkan saja klo yg namanya merchant dan driver itu cuma lah mitra saja dan bkn karyawan dr Shopee nya jd jgn disamakan antara mitra dgn karyawan. Maka dr itulah mereka (Shopee) ataupun jg aplikator2 lainnya main seenaknya saja memberikan sanksi bahkan jg sampai putus mitra. Sepertinya memang para CS nya diberikan kebebasan utk memutuskan mitra, dan sepertinya jg keputusan si CS nya itu tergantung dr moodnya mereka, klo moodnya lg jelek ya udh main memutuskan mitra bgtu aja. Saya berpikir bgtu karena melihat betapa mudahnya pihak aplikator memutuskan mitranya, kadang hanya karena laporan dr 1 customer aja langsung main memutuskan mitra padahal blm tentu laporan itu benar adanya bahkan jg ada yg tanpa ada kejelasan yg pasti sampai2 mitranya tsb kebingungan akan dmn letak kesalahannya.

  • 13 Oktober 2021 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Saya punya akun shopee tiba tiba dapet notif aktifitas mencurigakan padahal cuma buat beli pulsa doang aneh ajah gitu

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Food?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Akun ShopeeFood Diblokir dengan Alasan Transaksi Fraud untuk “Bo…

oleh Julius dibaca dalam: 2 menit
9