Klarifikasi Surat Pembaca Keadilan “Buta” dari Shopee

Klarifikasi atas surat pembaca saya, yang dimuat di mediakonsumen.com pada tanggal 4 November 2021 yang berjudul: “Keadilan “Buta” dari Shopee“. Saya nyatakan bahwa permasalahan tersebut sudah selesai. Pihak Shopee langsung menelepon saya di hari itu juga, serta memulihkan akun saya langsung sekitar jam 2 siang, sehingga saya dapat berjualan kembali.

Terima kasih banyak kepada Media Konsumen yang sudah memuat surat pembaca saya dan “membukakan mata keadilan” dari pihak Shopee. Terima kasih pula kepada pihak Shopee, dengan kebijaksanaan dan keadilannya, yang sudah cepat merespon dan menanggapi keluhan saya dengan baik.

Namun ada tiga hal yang harus saya garis bawahi sebagai masukan yang membangun, serta pembenahan yang lebih baik untuk Shopee. Pertama, dimana pembukaan akun ini diharapkan akan bertahan seterusnya, selama saya tidak melanggar ketentuan kebijakan Shopee ke depannya.

Kedua, hendaknya Shopee apabila ingin menjatuhkan sanksi terkait merchant yang melanggar kebijakan, selama pelanggaran tersebut bukan pelanggaran berat, penipuan/fraud, maka hendaknya kebijaksanaan Shopee bisa menurunkan produk yang melanggar atau memberikan sanksi lainnya. Misalnya pembekuan sementara, bukan dengan pembekuan permanen.

Tentunya banyak di luar sana, pihak-pihak merchant yang tidak menyuarakan gundah-gulananya terkait permasalahan ini ataupun belum tersentuh sama sekali dengan media. Sehingga harapan saya yang kedua ini hendaknya benar-benar diperhatikan oleh pihak Shopee.

Yang ketiga, pihak Shopee hendaknya memberikan alasan yang jelas apabila suatu merchant melakukan pelanggaran dan memberikan sanksi kepada merchant tersebut. Bagaimana mungkin logikanya orang tua memarahi anaknya, kemudian anak tersebut menanyakan di mana letak kesalahannya, dan jawaban orang tua hanya “Saya tidak bisa memberitahukan letak kesalahan kamu nak”. Yang ada anak tersebut bukannya malah memperbaiki dirinya, tapi malah semakin menjadi-jadi dan brutal.

Begitu pula dengan fakta real di lapangan. Apabila pihak Shopee tidak memberitahukan titik/letak kesalahan merchant dengan jelas, maka kemungkinan besar merchant tersebut akan melakukan hal yang sama, dan bahkan lebih parah. Selain itu dengan memberitahukan letak kesalahan, hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi merchant-merchant Shopee lainnya agar tidak terjatuh ke lubang yang sama.

Mohon maaf jika ada kesalahan kata, dengan surat klarifikasi ini saya nyatakan bahwa kasus saya selesai.

Muhammad Adri Setyawan
Kota Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Shopee:
[Total:16    Rata-Rata: 3.2/5]

Satu komentar untuk “Klarifikasi Surat Pembaca Keadilan “Buta” dari Shopee

  • 8 November 2021 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Mudah mudahan shopee benar benar membuka mata, dan merubah kebijakannya sesuai saran di atas.. Saya pun salah satu korbannya, sudah mencoba mengajukan banding, sudah mencoba memuat keluhan saya di media konsumen, hanya saja belum di terbitkan. Mudah mudahan shopee melihat komentar saya di surat ini..

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Shopee?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Klarifikasi Surat Pembaca Keadilan “Buta” dari Shopee

oleh Adri Setyawan dibaca dalam: 1 menit
1