Barang Jualan di Shopee Hilang Saat Pengiriman dengan JNE, Siapa yang Harus Ganti Rugi Penuh?

Izinkan saya menceritakan mengenai kasus yang terjadi kepada saya, mengenai barang hilang saat pengiriman menggunakan ekspedisi JNE dan melalui e-commerce Shopee. Saya mendapat order laptop di e-commerce Shopee dengan rincian:

Judul: PROMO LAPTOP MURAH BARU HP STREAM 11 N4020 RAM 4GB 64GB + 128GB 11INCH WIN10HOME WHITE

Harga: Rp4.799.000,-.

Tujuan: Kab. Musi Banyuasin, Lais, Sumatera Selatan

Nomor order: 211009DFQMH2T5

Nomor resi JNE_TR: JT15632238024, menggunakan ekspedisi JNE Trucking (cashless)

Tanggal pengiriman : 9 Oktober 2021.

Saya mengirimkan pesanan tersebut dengan packing bubble wrap (keterangan gambar di bawah).

Tanggal 21 Oktober 2021, barang statusnya sudah dinyatakan HILANG oleh kurir JNE dan saya hanya mendapat uang ganti senilai 10 kali dari ongkos kirim, yaitu sejumlah Rp720.000 dari pihak Shopee.

Saya sudah mengajukan komplain ke CS Shopee, baik via telepon ataupun live chat. Namun alasan Shopee tidak bisa mengganti full, karena barangnya tidak diasuransi. Padahal saya tidak bisa menambahkan asuransi sendiri, karena sistem resinya sudah otomatis dari Shopee (cashless).

Pembeli pun tidak menambahkan asuransi di pembelian barang tersebut, karena Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi. Berbeda halnya dengan di e-commerce lain, contohnya Tokopedia, dimana asuransi kehilangan ditanggung oleh Tokopedia jika sistemnya cashless.

Tanggal 9 November 2021, saya ditelepon kembali oleh pihak JNE Pusat, yang menyatakan bahwa barang HILANG dan sudah melakukan INVESTIGASI. Pihak JNE menginfokan untuk mengklaim ke pihak Shopee, bukan ke JNE. Karena pihak JNE dan Shopee memiliki perjanjian untuk urusan refund dana hilang, sepenuhnya diberikan ke Shopee, bukan ke JNE.

Yang membuat saya bingung dan sekaligus masih menjadi ambigu, TIDAK ADA FITUR ASURANSI di menu Shopee. Lalu bagaimana caranya untuk mengasuransikan pengiriman melalui Shopee?!

Saya merasa sangat kecewa dan merasa sangat dirugikan oleh pihak Shopee maupun JNE. Jadi sekarang saya merasa waswas untuk menjual barang di Shopee lagi, karena Shopee sama sekali tidak kooperatif dan lepas tangan begitu saja.

Saya berharap ada itikad baik atau jalan tengah, antara pihak Shopee atau JNE, terkait kasus ini. Sampai dengan surat ini masih tayang, kasus masih belum selesai. Terima kasih.

Putra Talenta
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Siang Kak, terkait info lengkapnya sdh admin sampaikan via DM. Yuk dicek dahulu DMnya. Thanks ^Aily

      • Admin JNE :
        Info selengkapnya sudah di DM.
        Penulis :
        DM apa?
        Awwwoooohhh! ini platformnya MK, nggak ada DM DM. Admin JNE dari antah berantah langsung balas . Ada DM Ghoib, Jangan jangan barang hilang dengan Ghoib juga, alias Raib.
        Enak sekali ya, aku hilangin laptop empat jutaan ,tinggal bayar sejuta ke kantor, toh kantor bayar sejuta kantor masih sisa dua aratus delapan puluh.

      • Izinn memberikan tanggapan..Sya juga menjual beberapa barang termasuk hp di shopee dengan pengiriman beberapa ekspedisi.. Namun khusus untuk hp sy menyarankan pembeli menggunakan jne..

        Kenapa? Karena waktu mengirimkan kiriman cashless saya tanya ke petugas counter jne.. Apakah bisa di tambahkan asuransi walaupun cashless.. Jawabannya bisa 100% dan petugas counternya memang menawarkan asuransi dan packing kayu untuk kiriman bernilai mahal..

        Karena saat penginputan resi cashless jne ada kolom untuk tambah asuransi dan beratnya bisa di revisi apabila saya minta packing kayu.. Jadi sejak saat itu, hp yg saya jual sy up sedikit harganya untuk tambah asuransi pas pengiriman..

        Sebagai seller tentunya saya harus survey ekspedisi yg sy pakai.. Karena sy tau kalau barang sy hilang hanya akan digantikan 10x ongkos kirim.. Sebagai seller sy mencarikan yg terbaik buat konsumen sy..

        Ini hanya curhat sja yah sebagai seller shopee.. Wkwkkwk

        • kenapa dari shopee nya tidak membuat fitur asuransi seperti tokopedia ?apakah tidak memikira betapa repotnya penjual harus mengurus asuransi dan maaf jne tiap2 kota mungkin berbeda ya..ditempat saya tidak bisa tambah asuransi kalau kata petugas jne nya karena udah cashless

        • Ternyata sudah banyak yang kejadian ya..
          Saya juga baru saja paket 4 juta dihilangkan JNE, lapor JNE lempar ke shoppe cuman diganti 100ribu
          #nangisdeh

      • Kenapa ya JNE seringkali kejadian seperti ini.
        Beberapa bulan yg lalu saya juga pernah punya pengalaman pahit dgn JNE, barang orderan saya dari Tokopedia hilang, tapi dana saya dikembalikan 100% oleh tokopedia walaupun proses nya agak lama. (Untungnya wkt saya centang kolom asuransi, terimakasih tokopedia karna sudah kasih fasilitas pilihan itu), tetapi saya ttp saja mengalami kerugian, pasalnya gara-gara barang orderan itu hilang kerjaan saya jadi molor, karna barang itu adalah alat peranti kerja saya.

        sejak saat itu jika masih memungkinkan pakai SICEPAT, saya pribadi lebih pilih pakai SICEPAT.

    • Di sisi lain, salut sama JNE karena customer carenya aktif sampe berkeliaran di MK. Ada lho e-commerce yang malah meminta si penulis menghapus tulisannya.

      • setiap surat pembaca yang terbit dimedia konsumen, otomatis akan di twit di akun twitter media konsumen dengan tag phak-pihak yang berhubungan dengan isi surat pembaca tersebut. bukan berkeliaran

    • Jawaban basa basi dari jne. Saya juga seller disemua market place. Jne dan anteraja sudah tdk saya pakai lagi. Sicepat sekarang sudah ada cargo. Pakai sicepat gokil

    • Barang hilang biasanya adalah dari oknum. Jika tidak diasuransikan memang sulit barangnya bisa kembali. Saran saya, coba minta tolong kepolisian untuk ditindaklanjuti. Semoga membantu. Terima kasih.

    • Karena inilah gwe ga mau belanja²an lagi lewat shopee..
      Setelah liat kejadian kyak gini saya takut saya juga kena, apalagi saya suka belanja barang² elektronik
      Lebibbaik uninnstal jualan mendi di BL atau Tokped aja..

  • Memang begitu, ntah kenapa nggak ada fitur asuransi.

    Kalau saya, tetap saya asuransikan, walaupun pembeli tidak bayar asuransi. Trus nanti input resinya bisa hubunngi CS mereka. Agak repot, tapi lebih aman, tapi resikonya kalau CS lama input resi, ya bisa batal transaksinya.

    Baiknya sih, kalau jual barang mahal, mending di Tokopedia aja.

    • Undang artis Korea ratus² juta, bayar kerugian ga bisa. Mending jangan jualan lagi di shopee.
      #boikotshopee

  • jangan mau, tolak lalu bilang mau lapor ke kepolisian. pernah ada kejadian waktu sepeda lagi booing, krim sepeda dari bali ke jkt dinyatakan hilang. logika aja sepeda segede gitu bisa ilang. buyer kekeuh gak mau isi form penggantian, mau lanjut aja ke hukum. akhirnya gak lama status nya diterima oleh pembeli. oknum nya berharap penjual isi form terus ganti cuma 10x lipat ongkir

    • Hallo kak saya juga mengalami hal yang sama ya kak , ayok kita ramaikan kasus ini , menurut saya ini adalah permainan kurir sebab kejadian di saya, saya juga penjual di shopee jelas2 paket sdh diterima oleh pembeli saya , tetapi status di shopee dibuat hilang oleh pihak kurir J&T, paket saya tu COD sebesar 280.000 paket sudah diantar ke pembeli dan pembeli sudah terima dan bayar ke kurir, tapi status dishope paket dinyatakan hilang , laludibatalkan otomatis oleh sistem shopee dan barang saya hilang uang saya juga gak tau diganti apa tidak oleh pihak shopee , ini skrg sedang saya laporkan juga sampai saat ini.

  • Ya Tuhan 4 juta lebih digani kurang dari 1 juta, pedih rasanya, semoga masih rejeki anda, semua direfund utuh

  • Jelas2 barang hilang ketika sudah diserahkan ke JNE tapi mereka malah lempar tanggung jawab ke Shopee. Logikanya bagaimana itu.

  • saya pernah beli laptop di shopee via jne barangnya datang dengan packing kayu dan asuransi meski waktu order tidak ada opsi packing kayu dan asuransi. ternyata seller memasukkan biaya asuransi di harganya dan ternyata tetap bisa diasuransikan. menurut seller dia drop di counter terus minta asuransi langsung ke jne bisa.

  • Bisa pake asuransi tapi manual agak ribet memang penjual yg ajukan ke konter nanti hasil uang penjualan dipotong sama shope, pake jtr lbh rawan hilang ketimbang jne Reg karna kurang pengawasan, bisa dibilang ada oknum yg bermain masa barang gede bisa hilang apalagi dia tau gak pake asuransi

  • 🇷 🇮 🇧 🇪 🇹  🇯 🇺 🇬 🇦  🇯 🇺 🇦 🇱 🇦 🇳  🇴 🇳 🇱 🇮 🇳 🇪  🇾 🇦 🇨 🇭