Anteraja Asal Antar Saja?

Sudah sering ya rasanya ternyata mendengar semboyan dari konsumen tentang “Yang penting anter aja”. Yang sebenarnya merujuk pada kecerobohan dan tidak bertanggungjawabnya Anteraja. Ya, artikel saya ini tentang Anteraja yang sudah memicu kemurkaan saya. Berikut kronologi pengalaman saya:

Pada tanggal 8 November 2021, saya kecelakaan, tangan kiri saya tersiram minyak panas. Pada hari yang sama, dokter menyarankan untuk membeli salep pengobatan merk MEBO. yang ternyata adalah obat yang sudah langka di Indonesia. Tidak ada di Bandung di apotek mana pun, sudah dicari oleh 3 staf saya. Hingga ke rumah sakit terbesar di Bandung pun out of stock.

Baiklah, akhirnya saya membelinya di sebuah marketplace, dengan term PO 3 hari. Untuk sementara tangan saya diobati dengan Burnazin dan Bioplacenton.

Tanggal 12 November 2021, barang dikirim, dan tertulis maksimal tiba tanggal 14 November 2021. Memang ada jaminan dari marketplace itu, berupa uang pengiriman kembali. Namun apalah artinya, karena gratis ongkir dengan Anteraja.

Tanggal 15 November 2021, paket akhirnya menuju ke lokasi rumah saya, pada pukul 16:52. Namun toh saya pulang kantor jam 17:00, dengan lama perjalanan hingga ke rumah adalah 1 jam. Pukul 18:00 cuaca hujan, sehingga saya masih di tol. Namun obat yang diantar oleh Anteraja ini, tiba-tiba saja muncul di notifikasi sudah tiba.

Bagaimana bisa? Siapa yang menerima? Ketika saya melihat ke marketplace, dikatakan diterima oleh “Ba*****s Ja****io”, alias nama saya sendiri. Ketika saya lihat CCTV, ternyata anjing saya sedang mengoyak paket saya. Rupanya kurir Anteraja menganggap anjing saya, adalah saya. Kejadian ini tidak hanya terjadi pada saya, ternyata juga ke banyak teman-teman saya. Yang paling lucu, ditulis diterima oleh “TERAS”.

Cerita tidak berakhir di sini. Anjing saya tentu tidak hanya mengoyaknya, tapi juga mengunyah obat luar saya ini. Dia juga menelan 30 gram dari 40 gram salep ini. Tak berbekas. Walau segala upaya sudah saya lakukan lewat CCTV, saya panggil, saya alarm. Namun namanya juga binatang, apa mengerti ketika rasa penasarannya lebih tinggi?

Inilah yang saya khawatirkan. Anjing saya memakan obat luar. Malamnya saya konsul dengan dokter hewan di Halodoc, dan saya berikan obat norit. Syukurlah masalah tidak semakin berat. Obat untuk tangan saya? Sisa 10 gram saja yang bisa saya selamatkan. Udah kayak seonggok wasabi di sushi. Udah langka, makin langka aja.

Saya ada menghubungi pihak Anteraja, mention dengan kemurkaan saya kepada Anteraja. Namun demikianlah sebuah perusahaan yang sepertinya tidak memiliki investasi tinggi terhadap customer service. Hanya begitu saja balasannya.

Moral of the story, Jangan pakai Anteraja untuk keselamatan paket Anda. Kecuali memang gapapa kalau paketnya lenyap, hancur lebur, atau nyasar. Tanya saja pada sekitar Anda pengalaman menggunakan Anteraja, memang cuma di Anteraja.

Barnabas Januario
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Barnabas Januario

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Barnabas Januario yang berjudul: “Anteraja Asal Antar Saja?” di mediakonsumen.com pada tanggal 18 November...
Baca Selengkapnya

86 komentar untuk “Anteraja Asal Antar Saja?

  • 19 November 2021 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Budi membeli ikan di online. Budi mempunyai kucing peliharaan. Budi menggunakan gratis ongkir AnterAja. AnterAja menaruh paket ikan di teras.
    Kucing Budi mencium aroma bau ikan. Kucing Budi mendekati bau ikan.
    Kucing Budi merobek paket Budi yang berisi ikan.
    Kucing Budi berhasil membuka paket Budi dengan giginya.
    Kucing Budi memakan semua Ikan Budi.
    Budi sudah datang di rumah komplain ke Cs. AnterAja.
    Budi lalu komplain ke M.K

    Apakah Kurir AnterAja Salah?

    Jadi begini, memang ekspedisi AnterAja itu jelek sangat² jelek. Dan bahaya jika anda memesan barang yang mahal anggap diatas 1 juta. Jangan menggunakan ekspedisi AnterAja, pasti ada aja masalah.

    Pakai kurir AnterAja sah-sah saja jika barang tersebut tidak terlalu penting/mahal tentunya.

    Kesimpulannya adalah anda itu salah ToIoI. Walaupun saya juga benci kepada ekspedisi AnterAja ya elu tetep salah ***”” naruh anjing disana. ****””.

  • 19 November 2021 - (19:08 WIB)
    Permalink

    Selama saya dan keluarga pake anteraja aman2 aja, sekarang malah hr ini kirim besok sampe walaupun dari jakarta…
    Sistemnya kurir anteraja itu satu kurir ya itu terus yg ke lingkungan mu jd kalo biasa sudah pasti sudah kenal, dan apalagi saya selalu di WA bila ada kiriman… Lebih aman menurutku untuk rumah ku , kalo kurir yg lain yg anter ganti2 malah bahaya kalo pencurian di daerah rumah tidak bisa segera tau…
    Ya emang dulu anteraja agak telatan tp sekarang saya rasa sudah diperbaiki untuk jd lebih cepat…
    Tp untuk barang hilang /rusak tidak pernah sama sekali…

    1
    1
  • 20 November 2021 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Saya sering pake anteraja buat kirim paket ke keluarga di kampung yang daerahnya termasuk pelosok, semua paket aman. Malah termasuk yang paling cepet dibanding ekspedisi lain.

    1
    1
    • 20 November 2021 - (05:16 WIB)
      Permalink

      anterAja itu ada sistim pinalty potong gaji(klo blm berubah)..jdi,jika paket sudh brd di area atau hub alamat sesuai wilayah kerja kurir,maka hrus sampai d hri itu jg..jk tertunda 1hri,siap2 potong gaji…jk paket bnyk,ya biasana dtaruh diteras atau nitip tetangga bergantung si kurir..slama pakai anterAja,blm pernh masalah sih,krn walo dktaruh d teras,biasa dia kirim foto posisi…
      ya,si kurir memang hrus kereaktip sja..tpi yg jlas,brg yg mihil dan penting,klo sy biasa kirim k alamat kantor,krn pasti jam kantor dtgna…

  • 20 November 2021 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk…liat kondisi tangannya udah kayak gitu kenapa ga pake opsi kirim sameday atau instant grab atau gojek bos, malah pake reguler karena gratis ongkir (sebenernya hak penulis juga sih).
    Tapi ya gua disini ga maksud mojokin penulis agar bisa fleksibel dan ga terpaku sama saran dokter dan ga harus beli merk itu, ente kan bisa ke apotik langsung dan ketemu sama apoteker yang pasti juga paham obat dan ngasih solusi obat apa yang cocok selain obat yang disaranin dari halodoc, jadi ga ada tuh yang namanya kejadian telat nganter dan dimakan sama si anjing, malah jadi panjang kan ???

  • 20 November 2021 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Apakah ada org d rmh?
    Jika tidak apakah disediakan tmpt khusus menaro paket?
    Jika tidak semua lalu apakah kurir konfirm dlu paket mau d titip kmna? Apakah d perumahaannya ada satpam?
    Setau saya itu SOP kurir anter paket. Jika bapak tidak ada smua diatas lalu kurir mau gmn? Bawa plg lg? Menunggu bapak plg?
    Spertinya tidak mgkn, jd kdg memang d letakan aja di dpn rmh or balik pagar.
    Jika sop diatas ada yg d langgar sama kurir menurut sya baru kurirnya bisa d salahkan..
    Saya pun pernah kcewa sama expedisi tsb krna paket bolak balik antar kota sih gak smpe2..
    Smoga cpt diperbaiki servicenya ?

  • 20 November 2021 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya pakai anteraja, kurirnya gk sopan banget. Waktu itu saya pas lagi di ruang tamu nunggu paket saya. Kemudian kurir anteraja dateng. Baru aja nyampek bahkan belum turun dari motor, dia teriak² manggil nama saya, bahkan manggilnya gak pakek mas atau pak. Seperti itukah cara melayani customer? Tidak berhenti di situ, dia nyerahin paket diam aja kayak orang habis bertengkar, bahkan saya bilang terimakasih ke dia pun gk dijawab. Sudah 2 kali begitu. Ini kurir g*l@ apa gimana ya? Apa di anteraja gak punya SOP?

    • 20 November 2021 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Ya mas, bisa jadi dia sudah gila karena setres ditekan target dan deadline dari perusahaan.

  • 20 November 2021 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya, saya turut prihatin terkait musibah yang bapak alami.

    Disini saya tidak bermaksud untuk membela siapapun pihak manapun pada artikel ini. Mungkin ini bisa jadi pembelajaran untuk kita semua. Selama ini saya menggunakan jasa pengiriman antaraja tidak pernah bermasalah soal barang yang dikirim. Ya, mungkin yg saya keluhkan dari antaraja itu cuma masalah estimasi pengiriman dan sistem tracking paket. Tp, itu bukan masalah besar buat saya karena sebagian besar barang yang saya beli bukan barang penting/urgent.

    Biasanya, jika saya tidak ada di rumah, saya biasanya menitipkan paket yg akan datang kepada orang yang ada di rumah. Tetapi, saya tetap jaga2 ketika tidak ada orang di rumah, saya tetap menempelkan kertas pemberitahuan untuk petugas ekspedisi agar menghubungi saya via WA agar saya bisa memberi instruksi selanjutnya kepada petugas ekspedisi. Dan apa yang saya lakukan selalu berhasil dan paket diterima dengan baik dan selamat. Semua petugas ekspedisi yang mengirimkan paket ke alamat saya (semua agen ekspedisi yang ada di e-commerce) selalu menghubungi saya ketika tidak ada penerima di rumah. Kalau dlu belum ada WA, petugas ekspedisi biasanya menelepon kalau mau datang ke rumah. Tp sekarang jaman sudah pakai WA sehaeusnya semuanya bisa jadi gampang. Tinggal kitanya aja yang perlu berpikir dan menyesuaikan supaya semuanya menjadi lancar.

    Semoga bisa membantu. Terima kasih…

    Semoga

  • 20 November 2021 - (23:21 WIB)
    Permalink

    SAYA PUN SEBAGAI SELLER TOKOPEDIA SANGAT MENISTAKAN ANTERAJA! BARANG SAYA SUDAH DITERIMA PEMBELI NAMUN SUDAH 2 MINGGU DI KETERANGAN PAKE MASIH ON THE WAY TO BUYER DETINATION! BUYER TIDAK BISA MENYELESAIKAN ORDER KARENA DARI KURIR TIDAK SCAN BARANGNYA, SUDAH TELFIN CS TOKPED SAMPAI CS ANTER AJA RESPON NYA ” BAIK AKAN KAMI SEGERA TANGANI MENGENAI PERIHAL ITU DIKARENAKAN KURIR KAMI MUNGKIN LUPA SCAN BARANGNYA MAAF YA” GAK LAGI2 SAMA ANTER AJA GARA2 PAKE MODE GRATIS ONGKIR JADINYA ORANG PILIH ANTERAJA SECARA OTOMATIS CKCKCK

  • 30 November 2021 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Biasanya, rumah yg ada anjingnya itu ada pagarnya, dan biasanya di pagarnya ada bel karena gak semua orang berani masuk klw ada anjing. Positif thinking aja ..Mungkin si kurir sdh pijit bel tp gak ada yg keluar, dan kondisi hujan jd gak bisa chat/telpon.

    Kedua, ts itu kerja sampe sore dan ga ada orang di rumah. Kenapa gak buat pesan yg ditempel misal.

    Jadi klw mau nyalahin, ini sih salahnya MK kenapa ada rubrik ginian, kalian jadi pada ngumpul disini, wkwkwk…

  • 10 Desember 2021 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Paket saya saja biasa pke sicepat 3hr sampai. gra2 dri pihak olshopnya join sama anteraja pket baru sampe 8hr dan nyasardlu diluar daerah dan gak jelas trackingnya . Emang anjing sih jasa kurir anteraja udah 3 x ya ngalamin begitu akhir2 ini . Kurir bangsat

  • 18 Desember 2021 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Buat TS, menurut saya ini bisa dijadikan sebagai “belajar dari pengalaman”.

    Semisal si kurir ada WA ke bapak : “pak ini rumahnya kosong, gimana ?”
    Jelas bapak tidak pas apabila (misal) respondnya berupa “TUNGGU… saya lagi diperjalanan pulang”.

    Jadi lain kali sebaiknya kasih catatan (misal berupa) :
    A. apabila rumah kosong, tolong taruh paketnya di box kayu yang ada di sebelah kiri pagar.
    B. apabila rumah kosong, tolong titip paketnya ke tetangga sebelah – disitu selalu ada orang.
    C. dll

  • 19 Desember 2021 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Kocak kali koment2 yg menyalahkan dan merundung penulis, sudah jelas mau dilihat dari sudut pandang manapun dan dengan alasan apapun tetap salah si kurir, gak pakek komunikasi/konfirmasi main taroh paket padahal gak ada orang dan memalsukan status pengiriman paket received by penerima asli.
    Di mana-mana yang namanya penjual barang/jasa harus menyesuaikan produknya seperti keinginan konsumen supaya dagangannya laku, bukan sebaliknya. Masak penulis disalahin punya anjing dilepas di halaman rumah, trus apa gunanya dong punya anjing penjaga rumah (kalau dilihat dari fotonya macam dobberman atau rottweiler) kalau diikat, dikurung atau dikunci dalam rumah pas gak ada orang di rumah?

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 86 komentar sampai saat ini..

Anteraja Asal Antar Saja?

oleh Barnabas dibaca dalam: 2 menit
86