Tokopedia Tidak Adil dalam Menengahi Komplain dari Pembeli

Saya seorang seller yang menjual hp second milik pribadi, tipe iphone X. Pada tanggal 25 Desember 2021, masuk transaksi pembelian (terlampir pada gambar).

Lalu pada tanggal 27 Desember 2021, paket sudah diterima pembeli. Pada tanggal 29, Desember 2021 pembeli melakukan komplain dengan alasan “LCD terangakat, LCD tidak original”, berikut no invoicenya: INV/20211225/MPL/1885924068

Pembeli melampirkan hasil 3utools yang mana di sana tertulis bahwa yang pernah diganti hanya batre saja (terlampir pada gambar).

Hp yang saya jual, saya beli second di konter yang artinya saya sebagai tangan kedua. Hp tersebut masih segel, artinya saya belum pernah service sekali pun. Semua fungsi normal tanpa kendala (true tone, face id, icloud, signal, dll aman). Bahkan segel dari awal saya beli, masih tertempel seperti di gambar.

Saya merasa dirugikan oleh pembeli yang asal menuduh LCD tidak original. Adapun LCD terangkat bisa dipengaruhi karena lem yang kurang merekat.

Setelah saya mengkonfirmasi bukti dari pembeli lewat kolom diskusi, pihak TokopediaCare malah tidak tegas. Padahal bukti sudah jelas, pembeli kurang literasi dan asal menuduh. Sampai sekarang, diskusi masih menunggu konfirmasi pembeli, saya merasa sangat dirugikan baik dari segi waktu dan materi. Pembeli juga tidak sportif, tolong Tokopedia lebih tegas apalagi sudah terbukti mana yang benarnya.

Terima kasih.

Gusmira
Sleman

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 2.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Tokopedia Tidak Adil dalam Menengahi Komplain dari Pembeli

    • 1 Januari 2022 - (16:40 WIB)
      Permalink

      Saya buyer reguler dan juga seller musiman di Toped. Saya banyak beli barang seken di Toped dan sejauh ini no komplain karena saya perhatikan foto, uraian dan T&C yang diberlakukan oleh seller dan Toped.
      Saya jual barang seken juga.
      Salah satu transaksi harus retur karena buyer tak paham barang tsb dan maunya barang plug & play.
      Saya tak masalah dan tak mau pusing, karena saya berhasil jual ulang barang tsb dengan harga lebih tinggi berhubung saya kenal baik barang milik saya sendiri.
      Buyer pertama yg rugi.
      Karena berikutnya barang serupa makin langka di pasaran dan harganya baik terus.
      Semoga bermanfaat.

      1
      2
      • 1 Januari 2022 - (16:57 WIB)
        Permalink

        packing depan kurir ? kalo paket cuma 1 its ok. lha kalo bnyak ? kurir juga sibuk bosqyu wkwk

    • 3 Januari 2022 - (13:35 WIB)
      Permalink

      MAsih mending. GW JUAL SPAREPART VGA KOMPUTER KONDISI RUSAK. DI KOMPLAIN BARANG RUSAK. SAMA ADMIN D ACC PENGEMBALIAN BARANG LAGI

  • 1 Januari 2022 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Namanya saja barang second. Pasti ada cacatnya
    Kalau mau ori beli barang baru.

  • 1 Januari 2022 - (09:44 WIB)
    Permalink

    gampang ae kalau mau retur mah suruh lampirin bukti video unboxing, karena kalo diotak atik si pembeli kita jg gak tau, kalau gambar doang bisa saja itu bkn iphone seller, pembeli kelihatannya punya iphone banyak wkwk

  • 1 Januari 2022 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Ini kenapa saya mikir 2x beli barang bekas di marketplace, waktu unit sampe dan ngerasa ga cocok, saya bisa kasih alasan jelas atas ketidak tertarikan saya terhadap barang yang dijual
    Namun di marketplace, pembeli harus terima apapun kondisi dari barang yang diterima dengan dalih ” NAMA NYA JUGA BARANG SEKEN ” menurut saya sebagai buyer, alangkah lebih baiknya seller menuliskan minus barang yang dijual sekalipun hanya lecet setitik di bezel, apalagi LCD yang sudah terangkat. Namun untuk lebih amannya, seller bisa melakukan rekam video ketika packing & usahakan lakukan di dpan kurir. Jadi ketika unit sampai kepada buyer & ngerasa unitnya tidak sesuai dengan apa yang seller kirimkan. Seller masih memiliki bukti yang cukup kuat. Walaupun pada akhirnya semua kembali kepada keputusan dari marketplace sendiri. Jalan terbaik jika anda ingin menjual hp bekas, laptop bekas. Saya sangat mnyarankan lebih baik jual di marketplace fb ataupun olx saja. COD an, cek, cocok, bayar. No komplain walaupun setelah 1 jam pembelian. Karena unit sudah dicek sampai puas oleh buyer sendiri
    Smoga masalah di tokped nya cepat selesai gan

    4
    6
  • 1 Januari 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    “saya merasa sangat dirugikan baik dari segi waktu dan materi.”

    yah manusia G0VL0K lagi. Lu rugi materi apaan? Kalau retur kan gak rugi lu blok.

    rugi waktu, ya lu sebelum jualan di marketplace, itu ada ketentuan retur. Kalau pembeli gak puas, ya retur.

    jangan manja dah lu seller. Kalau lu gak mau rugi waktu dan materi, lu jual aja ke konter hp yg terima hp bekas.

    otak otak

    7
    18
  • 1 Januari 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Sorry kalau saya coba koreksi, ada kesalahan info dari penjual yang meyakini lcd ori, padahal kenyataannya penjual sendiri memberi barang bekas yang mungkin pas beli juga gak ngeh kalau ternyata LCD gak ori. Apa lagi dilihat dr pembeli ada beberapa Iphone jadi ada bahan compare. Beda ceritanya kalau penjual beli baru langsung dr ibox jadi history pemakain 100% yakin ori.

    “Hp yang saya jual, saya beli second di konter yang artinya saya sebagai tangan kedua. Hp tersebut masih segel, artinya saya belum pernah service sekali pun. Semua fungsi normal tanpa kendala (true tone, face id, icloud, signal, dll aman). Bahkan segel dari awal saya beli, masih tertempel seperti di gambar.”

    Semoga ada jalan tengah

    • 2 Januari 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Harusnya kalo bisnis jualan barang bekas, sebelum dikirim, video call-an dulu sama calon pembelinya.
      “Ini kondisinya begini ya, silakan dilihat² dulu. Jangan sampe ntar nyampe, dikomplen. Nih layar udah ga ori. Bezel udah lecet. Colokan udah jebol. Tapi semua masih normal”
      Tunjukin tuh tiap bagiannya ke muka dia. Bilang ga ada garansi retur ya!

      1
      1
      • 2 Januari 2022 - (10:00 WIB)
        Permalink

        Bang. Jualannya dimana dulu. Kalau secara pribadi boleh2 aja video call. Tapi ini di marketplace, e-commerce online. Nggak ada fasilitias/fitur video call antara penjual dan pembeli. Bahkan di dalam aturan dilarang komunikasi di luar jalur yang di sediakan marketplace.

  • 2 Januari 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf ni..
    Klo saya dukung buyer nya.
    Karna khan dia jg dan kasih note apa aja requestnya.
    Selama pesanan diterima ya tanda seller setuju dan menyanggupi
    Next lebih transparan aja..
    Bilang ada minus lcd terangkat..
    Jadi sama sama open..

  • 3 Januari 2022 - (15:39 WIB)
    Permalink

    3utools itu GAK bisa baca LCD pernah dibongkar apa gak. Kalau batere, kamera, body semua bisa kecuali LCD gak ke detect.
    Jadi kalau alasan seller bukti 3utools lcd masih ori, ya itu aja seller sendiri gak paham cara pengecekan originalitas iphone gimana pakai 3utools.
    Kalau LCD bisa ketauan kalau udah cek fisik. Ganti LCD juga gak ngerusak truetone dan face id kalau yang diganti LCD bagus dan teknisinya bagus.
    1 lagi, seller kan juga beli second. Otomatis ane yakin, ente juga ada keraguan ‘jangan jangan bener lcd nya gak ori tapi gue nya aja gak tau’.
    Kalau ngeliat buyer nya, kayaknya itu pedagang musiman, yang sedang restock barang. Itulah kenapa, dia paham betul mana LCD asli mana gak. Kalau keterangan seller ,seluruh part asli termasuk LCD dan buyer dapatnya LCD bongkaran, wajar buyer retur. Seller gak salah, buyer gak salah, CS toped gak salah juga. Cuma yang kurang, pengalaman aja

  • 6 Januari 2022 - (00:55 WIB)
    Permalink

    Sepertinya bukti buyer lbh valid kalo takut barang dituker kan ada nomor imei lagian ada segel mana mungkin dituker sama buyer, dah terima aja selama barang dikembalikan dgn baik

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Tidak Adil dalam Menengahi Komplain dari Pembeli

oleh Theo dibaca dalam: 1 menit
23