Pembayaran Tagihan di JD.ID Gagal, Pengembalian Dana Tidak Ada Kejelasan

Kepada Tim Finance JD.ID,

Saya sekeluarga merupakan pelanggan setia dari JD.ID dan kembali lagi mengalami kekecewaan ketika melakukan pembayaran tagihan di JD.ID. Pada tanggal 17 Januari 2021, adik saya menggunakan QRIS saya untuk membayar tagihan di JD.ID dan mengalami kegagalan dengan nomor pesanan: 1084242282 dan 1084252831.

Menurut pihak JD.id, dana sudah dikembalikan pada tanggal 17 Januari 2022. Berulang kali, antara tanggal 17 Januari hingga hari ini 9 Februari, saya sudah menghubungi CS (dibantu CS Tifa, Mike, Jemi, Afa, Ahmad, Pambudi) karena dana belum juga diterima.

Sementara saya sendiri juga mengalami kegagalan pembayaran tagihan di JD.id, dengan nomor pesanan: 1084444017 dan 1085175591, dan hingga saat ini dana belum diterima. Untuk keempat pesanan tersebut, kami telah berulang kali meminta nomor ARN yang merupakan bukti bahwa JD.id sudah me-refund.

Namun hingga saat ini pihak JD.id tidak pernah dapat memberikan nomor ARN yang dimaksud, sehingga tidak bisa di-trace ke bank asal QRIS saya (CIMB Niaga). Jika memang benar sudah dilakukan refund oleh JD.id, seharusnya tidak sulit untuk memberikan nomor ARN yang merupakan referensi refund tersebut. Yang lebih parah sekarang layanan email CS JD sudah tidak bisa digunakan, sehingga sangat sulit untuk menghubungi JD.

Saya sungguh kecewa, karena total dana yang tertahan hampir Rp20 juta untuk keempat transaksi yang sebenarnya harus digunakan untuk pembayaran. Bahkan, kami tidak menggunakan kupon diskon untuk pembayaran transaksi ini. Saya tidak tahu harus menunggu berapa lama lagi mengingat banyaknya kasus serupa di JD.ID belakangan yang saya lihat di surat pembaca.

Mohon bantuan pihak JD.ID untuk segera mengembalikan dananya, karena sudah melebihi estimasi JD.ID 15 hari kerja (dan bahkan sebenarnya SLA dari payment gateway untuk QRIS refund hanya 1 hari kerja).

Terima kasih.

Peter Alimin
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Peter Alimin

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Peter Alimin pada hari Kamis, 10 Februari 2022 lalu...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Pembayaran Tagihan di JD.ID Gagal, Pengembalian Dana Tidak Ada Kejelasan

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Tagihan di JD.ID Gagal, Pengembalian Dana Tidak Ada Kejelas…

oleh peter alimin dibaca dalam: 1 menit
5