Team Dispute Shopee Menyetujui Komplain Tanpa Adanya Bukti Jelas dari Pembeli

Saya admin dari Kim Shop di Shopee. Tanggal 4 Maret 2022, kami menerima komplain Shopee dengan pengaduan nomor: 220304163739955 dari pembeli. Menurut pembeli, produk tersebut tidak berfungsi dan saat dicoba ada kebocoran. Produk tersebut telah kami tes, baik menggunakan kabel charge maupun tanpa kabel charge sebelum dikirim.


Pada gambar yang dilampirkan pembeli, produk masih bisa menyala. Kami meminta bukti tambahan berupa video unboxing dan video testing supaya lebih jelas permasalahannya. Hingga tanggal 7 Maret 2022, video belum diberikan oleh pembeli. Sehingga kami mengajukan banding dan menolak komplain pembeli dengan melampirkan video (pihak Shopee bisa cek melalui nomor pengaduan)

Sesuai gambar terlampir, 07-03-2022 11:13 pihak Shopee meminta pembeli memberikan bukti tambahan.

Pada tanggal 08 Maret 2022 12:40, pihak Shopee menyetujui retur, dimana pada kolom diskusi sama sekali tidak ada bukti tambahan yang diberikan oleh pihak pembeli.

Apakah seperti ini cara kerja team dispute, demi mengejar KPI closing case sampai mengabaikan (mengorbankan) pihak seller? Apakah ini memang SOP Shopee atau memang kualitas SDM-nya yang sangat minim? Sangat disayangkan kalo yang MP termasuk 3 besar membuat seller sangat tidak nyaman berjualan di sana.

Fifi Widyawati
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Team Dispute Shopee Menyetujui Komplain Tanpa Adanya Bukti Jelas dari Pembeli

  • 10 Maret 2022 - (08:47 WIB)
    Permalink

    Shopee memang sangat menurun kualitas pelayanan nya, ini saya juga akan menulis pelayanan paylater nya dan spinjam nya. Yang seminggu jatuh tempo tidak dapat di gunakan lagi dan spinjam membeku tanpa alasan uang jelas. Intinya hanya sampai ke titik kita berhutang dengan bunga.

  • 10 Maret 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    lucu ada sapi nya

    apa mungkin karena ini orderan ke 2 dari pembeli, ia komplain dan retur barang yang lama?
    udah rusak, beli baru, yang lama dikembalikan wkwkwkwk.. buyer nakal

    tim dispute shopee tidak konsisten dan tidak profesional

    • 18 Maret 2022 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Haloo.. saya juga mengalami yang dirasakan, sy juga sebagai seller, akan mengunggah permasalahan yg kurang lebih sama.
      Total kerugian sy senilai Rp. 4.929.000 dan itu diakibatkan tim mediasi shopee yang lalai dan tidak cermat membaca bukti valid dan dapat dipertanggungjawabkan, malah memilih meloloskan pengembalian yg di minta penipu, Secara otomatis.

      Mana yg katanya diprioritaskan???

  • 11 Maret 2022 - (00:44 WIB)
    Permalink

    “Apakah ini memang SOP Shopee atau memang kualitas SDM-nya yang sangat minim?”
    Sepertinya indikasi minim kualitas SDM. Kemungkinan screening karyawannya ga pake psikotest

  • 12 Maret 2022 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Shopee telah menghubungi saya berkaitan dgn masalah ini. Bukti tambahan dari pembeli berupa video hanya bisa diakses oleh team dispute & hanya diberikan setelah saya menulis di media konsumen (yang menurut saya kurang fair, krn penjual yang kirim barang tidak bisa mengecek bukti dari pembeli). Saat ini permasalahan dengan pembeli telah selesai. Terima kasih

  • 18 Maret 2022 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Haloo.. saya juga mengalami yang dirasakan, sy juga sebagai seller, akan mengunggah permasalahan yg kurang lebih sama.
    Total kerugian sy senilai Rp. 4.929.000 dan itu diakibatkan tim mediasi shopee yang lalai dan tidak cermat membaca bukti valid dan dapat dipertanggungjawabkan, malah memilih meloloskan pengembalian yg di minta penipu, Secara otomatis. Yg dimana bukti dr penipu hanya asal2 an unggah. Dan ditengah mediasi, produk saya tiba2 dihapus begitu saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Team Dispute Shopee Menyetujui Komplain Tanpa Adanya Bukti Jelas dari …

oleh Fifi Widyawati dibaca dalam: 1 menit
8