Mediasi Shopee yang Aneh dan Ajaib

Salam, saya ingin berbagi cerita dengan pembaca MK yang budiman. Saya seller di Shopee, tanggal 23 April 2022, saya dapat pesanan 5 unit barang di toko saya. Setelah dikirim, buyer mengajukan pengembalian 1 unit barang. Saya minta bukti video unboxing, tapi buyer tidak dapat memberikannya (terlampir).

Waktu mediasi berjalan, Shopee minta waktu tambahan untuk buyer memberi bukti. Namun sampai waktu habis, tetap tidak ada bukti, dan Shopee meminta waktu kembali. Lalu saya mendapat hasil bahwa saya lalai dalam pengemasan. Padahal tiap unit sudah di-bubble wrap, dimasukkan ke dalam kardus dan di-bubble wrap lagi. Namun saya malas berpanjang lebar, jadi pembayaran akan dipotong 1 unit yang terkendala (terlampir) dan buyer harus mengirim kembali unit yang terkendala.

Waktu saya terima, ternyata semua unit dikembalikan (5 unit). Saya ajukan banding, Shopee minta saya mengirim 4 unit yang tidak terkendala (terlampir). Paket diterima buyer tanggal 8 Mei 2022. Setelah lebih dari 48 jam, yaitu hari ini tanggal 10 Mei 2022, pihak Shopee memberitahu saya 4 unit tersebut dikirimkan kembali dan saya disarankan untuk tidak menolak.

Saya tidak mengerti lagi, maksudnya apa? Sudah rugi packing, repacking, ongkir, waktu, dll, untuk mendapatkan hak saya saja susah sekali di Shopee.

Saya diberitahu bahwa chat di luar mediasi tidak berlaku. Namun saya melihat indikasi chat yang terjadi antara buyer dan Shopee terjadi di luar forum mediasi. Terima kasih MK dengan dimuatnya cerita saya, dan juga untuk pembaca.

Leny Mulyana
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pusat Resolusi Shopee:
[Total:49    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Mediasi Shopee yang Aneh dan Ajaib

  • 12 Mei 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Dalam berjualan memang ada saja pembeli nakal. Semoga masalah anda & pembeli tersebut cepat selesai dan anda segera mendapatkan hak anda sebagai penjual

  • 12 Mei 2022 - (17:52 WIB)
    Permalink

    Update per tanggal 12 Mei, shopee meminta saya mengirimkan bukti ( entah bukti apa lagi), yg bila tdk dikirimkan sampai tanggal 13 Mei jam 14.00 maka dana akan dilepas ke pembeli dan kasus dianggap selesai.

  • 13 Mei 2022 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Itulah salah satu alasan kenapa saya tidak berjualan lagi di shopee, kalo penjual non official pembeli adalah raja, biasanya apapun kesalahan pembeli bisa dipastikan yang dimenangkan sebagian besar adalah pembeli, beda halnya kalo official biasanya seller adalah raja, pembeli biasanya di repotkan dengan blabla dan biasanya sebagian besar dimenangkan seller.

    *itu pengalaman pribadi saya yang pernah bermasalah baik sebagai seller maupun sebagai buyer.
    Kalo yang lain mungkin bisa jadi sama.???

    9
    1
  • 13 Mei 2022 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Sudah bukan hal aneh lagi kalau tim mediasi shopee itu nggak waras. Saya sebagai seller sering mendapat solusi yang tidak mengenakkan di shopee (terbilang tidak masuk akal). Hati2 berjualan di shopee. Lebih baik membesarkan nama di toko hijau. Drpd si oren ini.

    6
    1
  • 13 Mei 2022 - (08:08 WIB)
    Permalink

    Iya, betul sekali. Admin shopee dikiit-dikit main putuskan retur ke penjual. Dan betul kata penulis, tim shopee sendiri komunikasi dgn buyer via telpon koq, ga berkomunikasi di diskusi komplain. Dan ,kayak nya tiap admin nya tidak ada SOP nya juga.

    Saya penjual dan juga jadi pembeli di shopee. Baik mau jadi penjual maupun pembeli pernah dirugikan tim resolusi shopee. Tapi beda nya kalau pas saya dirugikan sbg pembeli, saya langsung di kasi voucer penggantian, kalau sebagai penjual mah boro-boro, apes aja. Harus di blow-up di fesbuk, twitter, MK, biar di perlakukan adil

  • 13 Mei 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Oh gitu ya klw official seller walau barang tidak sesuai pembeli mau ajukan pengembalian pasti si tolak. Padahal jelas2 pembeli dirugikan. Pengalaman saya belanja ditoko oranye beli celana jeans 2pcs sizenya enga sesuai ada yg kegedean banget ada yg pinggangnya kecil banget akhirnya buang2 duit doank kapok eui 😁🤣.Mana seller saya ajukan pengembalian ditolak cuma terima 95 perak aja barang dia sendiri itu dihargai 95 perak bisa kebayangkan kualitas barang yg dijual oleh tuh seller tidak bertanggung jawab.Semoga jangan ada lagi pembeli yang tertipu oleh penjual seperti itu.

    • 13 Mei 2022 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Knp masih jualan disitu? Kalau masih jualan dan ada kendala mending jngn lagi koar koar,karena udah tau seperti itu masih ajah bertahan,resiko nya juga udah tau

      2
      3
  • 13 Mei 2022 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Mulai dr bulan² lalu sopi, minggu² lalu sopi, hari ini sopi, sopi everyday komplain 😅

  • 15 Mei 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Update per tanggal 15 Mei, pihak shopee telah menghubungi saya dan telah memberikan apa yg menjadi hak saya, maka permasalahan ini telah selesai. Demikian saya ingin menyampaikan terima kasih kepada :
    1. Media Konsumen yg telah sangat membantu dengan memuat surat saya
    2. Shopee yg telah menyelesaikan permasalah saya
    3. Bpk. Maul, Bpk. Ahmad dan Bpk. Agung (maaf apabila ada kesalahan penulisan nama) yg telah memediasi, sehingga permasalahan ini dpt selesai dgn baik
    4. Para pembaca yg telah memberikan perhatian dan dukungan.
    Salam.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Mediasi Shopee yang Aneh dan Ajaib

oleh Leny dibaca dalam: 1 menit
11