Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

Saya adalah pelanggan yang sudah beberapa kali belanja di Blibli, tetapi baru kali ini mengalami hal cukup aneh terkait keputusan Blibli.

Pada tanggal 29 April 2022 saya melakukan pembelian 1 unit produk smartphone Samsung Galaxy note 10 Plus 256 GB SNAPDRAGON Aura white, melalui metode VA Mandiri karena ada Edisi Snapdragon pada produk tersebut.

Pada tanggal 28 April 2022, saya menerima paketnya yang dikirim oleh kurir JNE Cashless. Seperti biasanya saya unboxing paket tersebut sambil direkam, agar punya bukti jika paket tidak sesuai yang dipesan.

Begitu saya cek IMEI-nya, ternyata smartphone sangat meragukan tidak sesuai dengan Website Samsung yang saya lihat unboxing aksesorisnya warna putih akan tetapi warna hitam semuanya dan sudah diaktivasi garansinya. Yang berarti saya dikirimkan barang hasil repack dan bisa dikatakan sebagai barang second karena segel sudah pernah dibuka dan garansinya sudah aktif. Padahal saat ditanya ke toko, dikatakan itu barang baru bukan repack.

Berikut hasil video unboxing dari saya:

Lalu saya langsung berniat mengajukan pengembalian produk yang tidak sesuai tersebut ke Blibli dengan pilihan refund voucher. Karena pilihan yang ada hanya ada “Refund Voucher” atau “Penukaran Produk”. dengan Nomer Pengembalian RMA542417

Saya tidak memilih penukaran produk, karena tidak ada jaminan bahwa produk akan diganti dengan yang benar-benar baru dan saya tidak mau direpotkan untuk membuat video unboxing berkali-kali.

Berikut hasil screenshot dengan toko sebelum barangnya dikirimkan:

dan berikut screenshot dari tokonya yang mau retur 1 juta karena mengaku barang repack:

Seharusnya dari pihak Blibli.com sudah bisa memutuskan bahwa totokeren sudah mengakui barang repacking dan bahwa totokeren mau mengembalikan uang saya 1 juta rupiah akan tetapi dari hasil tinjauan Blibli.com menyatakan:

Saya mengajukan komplain ulang agar ditinjau ulang, karena ini merugikan pihak pembeli, dimana unit tersebut telah terbukti adalah repack dan saya jawab semua pernyataan Blibli.com:

Blibli sebaiknya bijaksana dalam mengambil keputusan jangan mau percaya kepada penjual yang tidak jujur karena saya sudah mempunyai bukti dan sudah di cek juga oleh QC dari blibli.com dengan bukti email dari blibli.com sebagai berikut:

Ini adalah bentuk kekecewaan berat saya sebagai pihak konsumen Blibli yang telah dirugikan oleh totokeren kemungkinan besar saya tidak akan pernah belanja lagi selamanya di Blibli.com.

Semoga jangan sampai terjadi kejadian ini lagi untuk konsumen berikutnya.

Yoyok Prasetyo
Kabupaten Mempawah, Kalbar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

Pertama-tama kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Yoyok Prasetyo sudah mempercayakan pemesanan smartphone di Blibli.com. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

    • 20 Mei 2022 - (06:32 WIB)
      Permalink

      Kami selalu konsumen olshop akan ikut memonitor kasus ini. Apabila tidak diselesaikan, kami akan menyampaikan boikot Blibli karena tidak mampu menjamin konsumen. Pasti… 2×24 jam saham hancur..

      28
      1
  • 19 Mei 2022 - (19:08 WIB)
    Permalink

    dusun blibli, dari pihak penjual saja sudah ngaku rekond dan siap return 1jt. berarti hpnya bukan segel dan new dan bisa dibawah harga 7jtaan. refund full sajaa gan

    11
    • 23 Mei 2022 - (05:44 WIB)
      Permalink

      Tokonya namanya rosanshop? Di toko ijo juga ada itu.. Memang jualan nya hp non resmi setahu saya..

  • 19 Mei 2022 - (21:46 WIB)
    Permalink

    @Blibli,
    Kembalikan dana konsumennya. Jangan bentuk voucher karena blm tentu yg bersangkutan belanja lagi di platform tsb setelah kejadian yg menyakitkan ini.
    Penjualnya curang. Besar kemungkinan refurbished.

    15
  • 19 Mei 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Jadi ragu belanja di Blibli, mending uninstall nie aplikasi daripada ketipu dikemudian hari

    15
    2
    • 20 Mei 2022 - (22:11 WIB)
      Permalink

      Setiap ada yg complain soal olshop, selalu muncul komen “jadi ragu belanja di bli2/sopi/toped/dll”
      Sebenarnya tergantung kita memilih toko sih, jujur atau gk,, lihat review2nya, apalah harga relatif mahal..

    • 20 Mei 2022 - (02:47 WIB)
      Permalink

      Saya sering belanja hp di sana, selama tokonya pilih yang disediakan Blibli aman, ga pernah ada masalah. Ini jelas ts belanja bukan dari toko yang dikelola sama Blibli langsung, namanya penipu macam ini mau di online atau offline pasti ada. Kamu beli hp di konter pun belum tentu dapat barang segel baru, apalagi yang cod dari komunitas fjb setempat. Jangan salahkan cara belanjanya.

      10
      • 22 Mei 2022 - (13:59 WIB)
        Permalink

        PINTAR. Saya juga demikian.
        Soalnya saya pakai Blibli dari 2015 sampai sekarang aman. Pernah retur sekali karena kesalahan penjual itupun cepat dan lancar tanpa biaya tambahan.

    • 20 Mei 2022 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Semua ada resikonya Bos… Baik Offline maupun Online. Meskipun kalau Offline itu resikonya minim. Tapi kalau online harga jauh lebih murah, asal pintar-pintar aja… Selama ini saya udah beli hp puluhan kali, baik di Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku, Alhamdulillah semua aman. Sebelum membeli pastikan dulu, official store apa bukan, kalau bukan official store, di teliti dulu, baca deskripsi baik-baik, lihat feedback dari pembeli, barang apa aja yg dijual oleh seller, apakah barang-barang yg dijual ada hubungannya dg hp, dan sudah berapa tahun seller berjualan di e-commerce tsb, dan satu lagi, pilih yg lokasinya deket, dg estimasi pengiriman 1-2hari.

    • 21 Mei 2022 - (00:29 WIB)
      Permalink

      Lah tetangga saya yg gaptek beli hp di offline
      Ditipu ama toko katanya ibox

      pas dibawa plg suruh saya cek ternyata 10000% inter, pas dibalikin ketoko nya, si toko malah bilang ga bisa terima kembali barang yg sudah dibeli, kmudian si gaptek tadi mau jual kembali, malah dihargai 50%. Jadi gak slama nya blanja hp online selalu rugi. Mgkn situ aja yg awam

      Usahakan beli di official store walaupun online, atau jika di toko personal, liat & baca bintang 1 nya paling banyak krn masalah apa.

      Jdi orang harus melek teknologi, dunia sudah maju masih saja nyalahi sistem yang sudah online. Semua balik ke orangnya lagi, jika apes ya bearti memang lagi belum beruntung. Ga harus di online, di offline juga banyak yg apes klo emg lagi sial

      Mohon maaf jika ada salah kata

  • 20 Mei 2022 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Pernah belanja di shop dengan kejadian yg sama malah memenangkan penjual, ternyata beli juga sama, untung ngak pindah kesana. Alasan international dan dikirim dari luar negeri itu sering banget alasan seller untuk menolak refund.

  • 20 Mei 2022 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Semua ada resikonya Bos… Baik Offline maupun Online. Meskipun kalau Offline itu resikonya minim. Tapi kalau online harga jauh lebih murah, asal pintar-pintar aja… Selama ini saya udah beli hp puluhan kali, baik di Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku, Alhamdulillah semua aman. Sebelum membeli pastikan dulu, official store apa bukan, kalau bukan official store, di teliti dulu, baca deskripsi baik-baik, lihat feedback dari pembeli, barang apa aja yg dijual oleh seller, apakah barang-barang yg dijual ada hubungannya dg hp, dan sudah berapa tahun seller berjualan di e-commerce tsb, dan satu lagi, pilih yg lokasinya deket, dg estimasi pengiriman 1-2hari.

  • 20 Mei 2022 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Harus diViralkan. Saya dukung anda, karena bukti-bukti sudah sangat jelas dan kuat. Semoga masalah anda cepat terselesaikan dengan hasil yg memuaskan.

  • 20 Mei 2022 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Lah minggu minggu kemarin ada kasus beginian, sekarang ada lagi kasus beginian, ditangani gak sih kalo ada kasus begini sama blibli, kok terulang lagi

  • 21 Mei 2022 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Malah saya sebaliknya,saya pernah jual HP Xiaomi 11T fullset,mulus seperti baru pemakaian pribadi 2 bulanan,awal orderan saya jelasin sejelas2nya kepada pembeli,setelah orderan sampai sampai pembeli chat kalau handphone aman ga ada masalah,tapi setelah lebih 1×24 jam tepatnya 32 jam setelah lacak resi di terima pembeli minta retur,apa ga aneh??? Habis chat hp aman,tapi setelah lebih1x24 minta balikin padahal di deskripsi etalase sudah saya jelaskan sejelas2nya harus ada video unboxing,dan garansi pribadi 1×24 setelah barang sampai menurut pelacakan resi,saya jelas ga mau dong,karena setelah 1×24 jam itu pembeli ngapain aja tuh HP? Dengan berbagai alasan pembeli minta retur,tapi dengan berat hati saya menolak retur tersebut, karena hp selama 2 bulan saya pakai ga ada masalah dan bekerja secara normal,setelah berdiskusi sana-sini sampai kena sumpah serapah si pembeli dari A-Z akhirnya pihak shopee menolak pengembalian barang,tapi ya gitu tambah lagi kena sumpah serapah si pembeli,baik di chat shopee atau WhatsApp toko saya,dia bandingin Xiaomi 11T dengan Reno 9 pro kalau baterai lebih awet daripada Xiaomi 12T yg dia beli,ya jelas lah lihat spek dulu kalo bandingin hp??? “Be a smart buyer”,saya curiga dengan pembeli ini karena di awal chat dia ngakunya cewek,dan dia juga jualan di shopee,tapi kenapa di WhatsApp dia ko jadi laki2? Tolong buat pembeli juga,baca deskripsi dengan baik dan jelas,kita seller baru mau jualan jadi kapok,memang sih toko masih belum banyak feedback nya.

  • 21 Mei 2022 - (02:51 WIB)
    Permalink

    Wah kejadiannya sma kaya gw..
    Beli oli yg dikirim oli palsu
    Mengajukan pengembalian tpi di tolak dgn alasan produk sudah sesuai pesanan
    Alasan yg gak masuk akal..
    Blibli lebih memihak ke penjual curang seperti itu, atau memang sekongkol?
    Untuk produk pertamina yg asli, ada nomor batch di leher botol dan di tutup botol tiap kemasan, namun yg gw dapat no batch hanya di leher botol saja, di tutup botol nya tidak ada no batch nya.
    di tahun 2022, blibli pelayanan nya sangat mengecewakan buat gw..

  • 21 Mei 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Hampir semua toko online sama aja…selalu KL pembeli di tipu pengembalian uangnya susah minta ampun…begitu juga dgn barang COD,begitu dibuka barang ga sesuai alias di tipu penjual yg kirim ga mau tau dgn alasan mrk cm sebatas ngirim aja..padahal KL pihak pengiriman mau kerjasama dgn customer yg di tipu,ga akan ada itu petugas COD yg dimaki2 atau di bawain golok SM customer…JD kesimpulannya belanja online keseringan customer yg di RUGIKAN baik oleh pedagang online,jasa pengiriman,dan platform aplikasinya…awalnya aja iklannya manis manis…begitu barang jelek minta refund,semuanya pada belaga bego….HINDARI BELANJA ONLINE KL systemnya msh SPT ini…kita SBG customer yg bakal di rugikan…

    • 21 Mei 2022 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Gak semua boss……budayakan chat penjual sebelum membeli, budayakan nyimak diskusi chat pembeli dengan cara skroll kebawah….. Kalo banyak jeleknya jangan belanja di toko itu,
      Beda toko beda pelayanan, kalo kamu anggap semua toko sama, kasihan juga bos toko2 yg jujur mereka juga cari nafkah,gak ikut2 kau senggol depak juga…..

  • 21 Mei 2022 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Gw belanja d official store pernah ada kendala cuma chat toko aja dengan sopan ga pk marah dan d respon dengan baik juga sama tokonya, besoknya bagian CR dari perusahaannya langsung call gw n sampai kirim orang ke rumah buat tukar barang dengan yg baru.. ga pakai ribet ajuin pengembalian barang lewat marketplacenya.. sampai sekarang gw ga tertarik belanja d toko lain walaupun harga lebih murah dari harga di official store..

    • 21 Mei 2022 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Iya kamu pas gak apes…..lain toko lain orang, Coba kalo kamu apes….dapat toko dan barang yg gak sesuai apalagi harganya 7 juta….. Gak marah? Gak kesel? Mustahil…………..!!!!

  • 21 Mei 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya blibli segera perbaiki, yang lain pada bersaing memberikan pelayanan yg terbaik untuk konsumen, ini malah sebaliknya, yg lain aja pengembalian nya berupa dana(uang/duit) cepat lagi proses refundnya……
    Blibli masak gak bisa???????????

  • 22 Mei 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Tidak soal di platform mana kita berbelanja secara online, menurut saya kualitas produk akan lebih terjamin jika kita belanja di toko official store. Memang, harganya mungkin lebih mahal. Tapi menurut saya itu sebanding dengan jaminan kualitas produknya.

    Tapi saya setuju agar semua platform belanja online, khususnya Blibli di sini, bisa menindak tegas penjual yang tidak jujur agar tidak sampai merugikan customer.

  • 23 Mei 2022 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Ijin koment
    Mohon maaf sebelumnya
    Saya selaku pengusaha jual beli hp di semarang pun kena imbas dari orang2 yang tidak bertanggung jawab seperti barang repack ulang atau barang refurbis

    Udah rahasia umum toko besarpun melakukan hal yang sama demi keuntungan tersebut

    Alangkah baiknya jika sebagai costumer lebih teliti dan tidak tergiur barang murah

    Saya juga memiliki toko online ataupun offline karena saya menerapkan kejujuran di depan agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari

    Barang yang saya jualpun fresh bukan barang garansi jalan

    Terkadang saya juga agak heran dengan costumer yang sok2 an paling ngerti

    Di bilang barang saya repack lah saya nipu dia dll

    Di satu sisi harga online lebih murah ketimbang harga offline dan menjadikan patokan bagi costumer untuk membandingkan harga

    Saya selalu bilang ke costumer kalo beli di toko offline tinggal datang ke counter dan minta pertanggungjawaban dari pihak counter bila terjadi kerusakan tetapi saja jelaskan lagi bahwa bila kerusakan itu di akibatkan kelalaian dari costumer makan garansi itu tidak berlaku

  • 23 Mei 2022 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Aneh juga liat cara kerja tim analis Blibli dikasus ini, kok bisa nggak faham gitu ya? LOL

  • 24 Mei 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Ini murni kesalahan blibli bukan pembeli, sudah ada bukti barang tidak sesuai tapi memihak seller. Oke kita mulai hindari belanja di blibl

  • 26 Mei 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Lain kali jangan beli barang elektronik di toko abal2 pak beli yang sudah ada label Mall aja lebih terjamin

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Blibli Memihak Kepada Penjual Tidak Jujur

oleh Yoyok dibaca dalam: 1 menit
31