Keberadaan Paket Tidak Jelas, Anteraja Tidak Serius Menanggapi Komplain Penjual di Shopee

Halo, kami dari toko Angel’s Wardrobe, dan ini kedua kalinya kami menuliskan surat pembaca tentang pelayanan Anteraja yang telah mengecewakan kami. Dalam surat pembaca sebelumnya, paket kami pernah dirusak oleh Anteraja, tapi akhirnya pihak ekspedisi mau bertanggung jawab.

Dalam surat kali ini, paket yang kami kirimkan stuck di gudang transit Jakarta Utara dan tidak ada perubahan status pengiriman sama sekali sejak 29 April 2022. Berikut kronologi lengkapnya:

  • Minggu, 24 April: Pembeli membuat pesanan di Shopee dengan nomor pesanan: 220424E9FHEG2X untuk sebuah baju renang senilai Rp339.000 dengan tujuan Jakarta Utara (pengiriman dari Jakarta Barat).
  • Senin, 25 April: Paket sudah di-pickup kurir Anteraja pukul 11:18 pagi dengan nomor resi: 10004404885674.
  • Selasa, 26 April: Paket sudah tiba di SS Kota Jkt Utr – Semper Barat untuk proses delivery.
  • Jumat, 29 April: Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Utara dan tidak ada lagi perubahan status pengiriman hingga surat pembaca ini ditulis per tanggal 20 Mei 2022.

 

Pembeli tentunya sudah menanyakan kepada kami perihal paketnya yang tak kunjung sampai pada tanggal 29 April 2022. Kami juga sudah menghubungi CS Anteraja via WhatsApp, karena email kami dari beberapa hari sebelumnya tidak pernah ditanggapi. Kami akhirnya mendapatkan nomor TICKETS-4877910 dengan estimasi maksimal 3×24 jam, sejak tanggal 30-04-2022.

Karena tetap tidak ada perubahan dengan status tracking paketnya dan pihak ekspedisi pun hanya bisa meminta kami (penjual dan pembeli) untuk menunggu investigasi penyebab keterlambatan pengirimannya, pada tanggal 3 Mei pembeli pun akhirnya mengajukan pengembalian dana di Shopee. Karena kami masih menunggu hasil investigasi pihak Anteraja sampai hari itu, kami pun menyanggah pengembalian dana tersebut dan Shopee menolak pengajuan pengembalian dana pembeli.

Pembeli kembali mengajukan pengembalian dana pada tanggal 4 Mei, dan memang sudah sewajarnya karena pembeli pun sudah lelah menghubungi pihak Anteraja. Kami pun mencoba mengajukan kepada Shopee untuk meminta Anteraja meretur paketnya ke kami dan mengembalikan dana ke pembeli. Namun Shopee hanya menolak pengajuan pengembalian dana pembeli sekali lagi. Dari sini kami sadar bahwa Shopee tidak bisa menjadi perantara antara pembeli, penjual, dan ekspedisi, dan hanya meminta kami (pembeli dan penjual) untuk menghubungi langsung ekspedisinya.

Oleh karena itu, ketika pembeli sekali lagi mengajukan pengembalian dana pada tanggal 5 Mei 2022. Kami langsung menyetujuinya agar dana segera diterima kembali oleh pembeli, dan kami pun mengurus retur langsung dengan CS Anteraja via WhatsApp.

Pada tanggal 9 Mei 2022, kami kembali menanyakan proses retur tersebut dan mereka menjawab akan menyampaikan kembali pelaporannya kepada Tim Resolusi untuk dimaksimalkan proses returnya. Nomor laporan: TICKETS-4532943, tanggal 11-05-2022. Namun tidak ada suatu hal apa pun yang terjadi hingga tanggal tersebut berlalu.

Pada tanggal 14 Mei 2022, kami kembali menanyakan update tentang proses returnya, dan entah kenapa nomor tiketnya berubah ke nomor TICKETS-4921332, yang update terakhirnya tanggal 04 Mei 2022 dan sedang dalam proses retur, seperti terlihat di screenshot ini:

Kami pun sudah lelah menunggu pihak Anteraja yang tidak pernah menghubungi kami terlebih dahulu dan selalu hanya menjawab “mohon menunggu proses retur terlebih dahulu ya kak” setiap kali ditanyakan tentang update returnya. Hari Rabu kemarin (18 Mei), mereka malah menjawab “Jika kami cek, paket kamu dengan nomor AWB 10004404885674 sedang diproses retur, namun terkait alasan retur tersebut kami belum mengetahuinya dan akan kami ajukan investigasi terkait alasan retur tersebut ke Tim Resolusi kami.” Kenapa alasan retur saja masih belum tahu? Dari sini saja sudah jelas ekspedisi tidak serius menanggapi masalah kami.

Paket tersebut sudah kami kirimkan di tanggal 25 April 2022 dan masih dalam wilayah Jakarta saja. Dari statusnya, paket itu sempat hampir dikirimkan kepada pembeli di tanggal 26 April 2022, yang berarti sudah ada kurir yang memegang paket tersebut bukan? Kalau memang paketnya rusak atau hilang, mohon segera ganti rugi nilai paketnya kepada kami dan berhenti mengulur-ngulur waktu, mau sampai tahun depan pun akan kami tanyakan. Mohon jangan berharap akan kami lupakan begitu saja kalau kalian diamkan ya. Kami tunggu responsnya, Anteraja.

Terima kasih Media Konsumen yang sudah menjadi wadah untuk kami menyuarakan keluhan dan pendapat kami.

Best regards,

Angela P.
Angel’s Wardrobe
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Shopee:
[Total:23    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Angela

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Angela yang berjudul: “Keberadaan Paket Tidak Jelas, Anteraja Tidak Serius Menanggapi Komplain Penjual di...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Keberadaan Paket Tidak Jelas, Anteraja Tidak Serius Menanggapi Komplain Penjual di Shopee

  • 24 Mei 2022 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Dua kali saya dikadali kurir ini. Makanya saya beritahukan untuk semua konsumen bila bertransaksi online via market place harap jangan memilih atau memakai kurir Anteraja, karena kurir ini sdh terbukti bermasalah. Tidak cocok sebagai kurir, cocoknya jadi tukang antar bubur ayam

  • 24 Mei 2022 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Sama halnya pengalaman saya sebagai seller di tokopedia, dengan produk makanan. Pengiriman dalam kemasan yg menurut saya packingan aman sampai di konsumen. Akan tetapi sampai tanggal seharusnya paket diterima konsumen, belum diantarkan dan di komplain. Setelah itu baru dikabarkan kalau paket kemasannya rusak. Seharusnya kalau seperti itu kenapa tidak diberikan saja ke konsumen biar ada bukti ? Ini malah barang gak dikirimkan, dan gak ada tindak lanjut entah dikirimkan kembali kepenjual atau ganti rugi. Sudah 2 tahun gak ada solusi. Seller online kalau pake anteraja menurut saya akan sangat dirugikan baik waktu maupun mengenai kecemasan nasib produk yg kita kirim. Semenjak itu saya hapus pilihan kurir anter aja dari toko saya.

    • 28 Mei 2022 - (10:36 WIB)
      Permalink

      Dari pengalaman saya pakai AnterAja kak, sudah ribuan paket yang saya kirim baru 2 yang bermasalah dan dua2nya diganti full oleh mereka (tapi yang ke 2 ini masih pending). Kakak harus usaha extra dengan mem-posting surat pembaca di Media Konsumen ini supaya mereka fokus dengan masalah kakak. Kalau hanya telpon/email/wa hanya akan dapat jawaban template yang diulang2 seperti robot.

      Sukses selalu kak, semangat terus, kalau saya masih tetap pakai kurir ini karena kurirnya paling rajin pickup setiap hari di toko saya, ada ekspedisi lain (yang tidak perlu saya sebut) yang malah kalau tidak sempat pickup, paket saya tidak diambil dan kurirnya minta pickup besoknya, yang seperti itu yang saya matikan dari toko ^-^”

  • 28 Mei 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Update dari owner 28 Mei 2022 :
    Akhirnya paket dinyatakan hilang oleh AnterAja dan akan diganti klaim senilai full harga produk dalam 2-5 hari kerja sejak hari ini ke saldo penjual di Shopee.

    Terima kasih banyak Shopee untuk bantuannya menghubungi ekspedisi (yang hingga saat ini tidak menghubungi saya sama sekali), khususnya untuk Ingga yang sangat cepat merespons masalah saya, hanya dalam 1 jam sejak surat pembaca ini dipublikasikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Keberadaan Paket Tidak Jelas, Anteraja Tidak Serius Menanggapi Komplai…

oleh Angela dibaca dalam: 3 menit
5