Perbedaan Nilai Transaksi (Checkout) dengan Tagihan pada Shopee SPayLater

Teruntuk seluruh pengguna Shopee SPayLater. Saya ingin membagi pengalaman yang sangat mengecewakan dalam menggunakan Shopee PayLater (SPayLater).

Pada tanggal 23 Mei 2022, saya melakukan transaksi pada e-commerce Shopee untuk pembayaran tagihan berlangganan TV kabel saya, menggunakan SPayLater. Dengan nilai checkout tertera, yang sudah termasuk biaya-biayanya, untuk tenor 1 bulan saja (terlampir).

Nilai Transaksi

Hingga pada tanggal 25 Mei 2022 (selang 2 hari), muncul tagihan SPayLater dengan nilai yang berbeda (lebih besar) dibandingkan nilai checkout sebelumnya. Tentu saya komplain, dan menghubungi Pusat Bantuan Shopee (via email dan chat).

Nilai Tagihan

Permintaan (berharap solusi) saya sebagai berikut:

  1. Nilai tagihan sesuai dengan nilai checkout dengan tanggal jatuh tempo di 5 Juni 2022; atau
  2. Nilai tagihan ++ sesuai tagihan tersebut dan jatuh tempo pada 5 Juli 2022.

Pelaporan (terlampir).

Detail Laporan

Agen Shopee menjelaskan (berulang tanpa solusi) S&K SPayLater yang berlaku untuk transaksi saya:

  1. Biaya penanganan dengan memotong limit, sebesar 1%;
  2. Biaya transaksi sekecil-kecilnya sebesar 2,95%
  3. Dsb.

Detail chat (terlampir).

Chat Agen Shopee

Dalam hal ini saya sebagai pengguna Shopee SPayLater sangat menyayangkan dan sangat kecewa dengan perbedaan nilai tersebut. Dengan adanya rincian tambahan di akhir biaya penanganan sebesar Rp84.000, dari yang seharusnya Rp28.000.

Hal ini sangat berbeda dari PayLater lain pada e-commerce lain yang lebih JUJUR dari awal. Contoh transaksi PayLater lain (terlampir):

Untuk Shopee yang telah menjadi e-commerce nomor 1 di Indonesia, apakah seperti ini? Fasilitas SPayLater-nya tidak bisa mengestimasi (fix) nilai total tagihan di awal (pada saat) sebelum konsumen akan checkout? Sehingga konsumen tidak perlu menghitung apalagi menebak berapa nanti tagihan (fix) nya.

Hal ini tentu menjadi pertimbangan matang konsumen sebelum memutuskan untuk mengambil PayLater dengan segala benefit-nya (tanpa terjebak di akhir) sesuai S&K PayLater dimaksud dan selalu diawasi oleh OJK.

Konklusi Saran dan Kritik

Hari ini tanggal 29 Mei 2022 telah saya lunasi seluruh SPayLater tersebut, meskipun baru akan jatuh tempo nanti tanggal 5 Juni 2022. Hal ini setelah menunggu lama dan saya anggap tidak ada solusi dari Shopee SPayLater apa pun selama ini dan hanya dianggap sebagai masukan saran dan kritik saja oleh agen Shopee.

Sebagai konsumen yang bijak, saya hanya ingin membagikan pengalaman terburuk ini kepada seluruh pengguna SPayLater agar lebih berhati-hati dalam “men-checkout” transaksi di Shopee menggunakan SPayLater, agar tidak sampai “terjebak” kecewa seperti yang saya alami ini.

Demikian agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Salam kebajikan,

Ahmad Alfianto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:71    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Perbedaan Nilai Transaksi (Checkout) dengan Tagihan pada Shopee SPayLater

  • 31 Mei 2022 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Lebih jangan pakai paylater, supaya tidak kena biaya penanganan. Saya selalu membayar dengan shopeepay atau virtual account jadi tidak kena biaya2 aneh2

  • 31 Mei 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    anda minta solusi kan ya, tapi itu kan sudah sesuai aturan yang anda setujui sendiri dalam S&K shopee maupun Spaylater(2 S&K yang jelas berbeda-karena sejatinya mereka 2 perusahaan terpisah) dan itu sampai sekarang bisa anda cari dan memang tertera tanpa ada unsur ketidakjujuran..ya, pastinya ada unsur “menyembunyikan” tapi perusahaan-perusahaan normal melakukan itu, karena secara LEGAL masih DAPAT DILAKUKAN, percayalah apabila TIDAK LEGAL pasti pihak-pihak customer ataupun KOMPETITOR jelas tidak akan tinggal diam, karena ada kesempatan menjelekkan shopee

    bukan membela shopee ya, saya sendiri anti dan tidak mau pakai shopee, tapi itu kenyataan pahit yang sudah jelas, maka nya itu juga bingung kenapa masih banyak yang pakai shopee, siramin pohon sampai autis

    solusi apa yang anda minta? tidak perlu bayar biaya nya? kan jelas tidak fair bagi semua pelanggan lain yang sudah bayar dan akan bayar.. sama seperti rambu-rambu di jalan ya, kalau anda melanggar padahal anda tidak lihat, anda tentu tetap ditilang, dalam arti hanya karena anda “tidak tahu” bukan berarti anda bisa tidak membayar

    tidak ada solusi dong? ya solusinya ditelan biayanya DAN TIDAK PAKAI SHOPEE lagi, ada pilihan ecommerce lain, banyak, yang lokal aja banyak, ngapain pakai shopee

    27
    6
    • 31 Mei 2022 - (22:16 WIB)
      Permalink

      Wah anda semakin kesini semakin bijak bang Ivan… Dulu ngeselin sekali he he he…. Saya juga sudah lama tidak nengok sophee, cari yang Indonesia saja, saya pelanggan setia Toped he hehe

      1
      4
      • 2 Juni 2022 - (06:55 WIB)
        Permalink

        Sayangnya tokped produk2 untuk wanita seperti baju, make up atau barang2 rumah tangganya kurang lengkap.

      • 1 Juni 2022 - (00:24 WIB)
        Permalink

        Hidup bak org berada dgn langganan tv kabel, tp bayar tagihan pake ngutang by paylater (mgkn lbh bergengsi kalau bayar pake CC) Wkwkwkwkwk, kalo sy mah malu kalo jd TS.

        2
        3
    • 31 Mei 2022 - (23:29 WIB)
      Permalink

      Suka suka dia bro itu hak dia mau ngapain kek dia kemari mau berbagi pengalaman ngapain lu katain

      • 1 Juni 2022 - (07:59 WIB)
        Permalink

        Kalau hidup sesuai kemampuan, ga akan ada keluh kesah spti ini. Mgkn sy bs maklumi kalau dia belanja barang (bkn yg mahal) pake paylater, tp bayar tagihan tv kabel pake paylater? terdengar seolah olah ga mampu tp maksa.

  • 31 Mei 2022 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Kagak mau rempong kena biaya ini itu paylater shopi ya simpel, apply mandiri shopi. Toh sama2 ngutang jg kan, tp biaya cc lebih make sense drpd paylater, gitu lho mblo..

    3
    1
    • 31 Mei 2022 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Tiap e-commerce punya s&k sendiri jangan kau samaratakan semua aturan nya baca yg jelas biar paham, setahu saya di metode pembayaran shopeepaylater sudah jelas antara yang di bayar dan ditagih kemudian hari itu sudah sesuai tertera di awal saat mau pilih kapan bayar nya, gaya kok pakai paylater, ga smart pula, hadeeh

      5
      1
    • 31 Mei 2022 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Saya dulu mengiranya juga begitu, ketika pakai S-paylater saya kira hanya ditambah biaya penanganan 1% saja, ternyata memang ada yg “di sembunyikan” yg 2.95%itu. Emang kesalahan saya yg kurang teliti dan tidak pernah membaca S&K yg berlaku (mungkin kebanyakan orang juga nggak baca S&K). Dulu saya juga bertanya-tanya, kok bisa tagihannya lebih besar dari biaya saat chekout. Setelah sadar, saya langsung berhenti pakai S-paylater hingga sekarang. Semoga kalian yg masih pakai S-paylater bisa segera melunasi tagihannya dan menutup fitur S-paylater.

      16
    • 31 Mei 2022 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Memang begitu skema paylater secara umum.
      Khusus shopee saya juga punya akun. Dikenakan 1% penanganan dan 2,95% bunga. Dulu 1-2 tahun pertama layanan rilis memang gak ada bunga kalo gak dicicil. Sampai skrg sudah fixed skemanya demikian.

      Kalo punya CC ya mending bayar pakai CC daripada paylater sih. Apalagi promo produk digital selain di shopee juga setahu saya lebih oke deh

      • 2 Juni 2022 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Kalo pake cc mending belinya di tokped supaya dapet gratis ongkir 🤭 kalo si shopee gratis ongkir khusus paylater/shopeepay/cod jadi kalo pake cc kena ongkir. Tapi terserah mo di ijo atau oren sama aja, sama2 ngutang 😅

  • 31 Mei 2022 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Seharusnya shopee juga fair dan cantumkan utk yg 1% adalah biaya penanganan atau admin dan yg 2.9%nan adalah biaya bunga.

    Itu yg mungkin dikeluhkan oleh penulis.

    Saya juga pernah chat cs dan berikan saran jgn biaya penanganan terkesan customer terkena 2x,
    Cantumkan semua biaya sebelum customer check out,
    Dan cs shopee hanya bilang terima kasih utk sarannya.

    Memang ini resiko saat customer menggunakan paylater,
    Tp Jk shopee fair dan bijak detail total biaya dicantumkan sebelum check out pasti kedua belah pihak akan sama sama enak.

    Ini bisa masuk kedalam kategori penipuan krn pengertian biaya penangan dan bunga adalah sesuatu yang berbeda,
    dan customer berhak mendapatkan keadilan akibat kekurang jelasan informasi walau ending nya ada kalimat di shopee term and condition apply.

    Semoga keluhan tsb bisa di perbaiki oleh shopee demi menuju ke arah yang lebih baik lagi.

    Intinya harus ada niat baik dan kejelasan detail informasi dari pihak shopee,
    Dan dari pihak customer juga harus bisa menerima resiko jika menggunakan pilihan pay later.

    11
    1
  • 31 Mei 2022 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Saya baru kejadian barusan…ga habis pikir kok bisa..9800 kena bunga 980+ admin 2920 ga habis pikir

  • 31 Mei 2022 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Awal awal belanja online, saya suka toped dan lazada. Shopee ratingnya bagus, tapi engga lah, makasih, secara pribadi kurang suka. Kalau masalah paylaternya, emang segitu udah, biayanya setau saya. Makanya saya tetap lazada dan toped. Di lazada paylaternya beneran gratis.

  • 31 Mei 2022 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Solusinya gampang, kalau berat pakai Spaylater, jangan pakai Spaylater!

    Namanya juga ngutang, tentu ada biaya bunganya, disampinh biaya penanganan. Kalau gak mau dikenakan beban bunga, jangan pakai Spaylater, bayar cash aja!

    Masing-masing e-commerce punya S&K masing-masing, tidak bisa dibandingkan satu sama lainnya, apalagi menyangkut fasilitas pembiayaan.

    Bagi yang lain, enjoy -enjoy aja pakai Spaylater, meskipun ada beban bunga dan penanganan. Daripada ngutang ke tetangga, lebih praktis pakai Spaylater bukan?

    Jaman now mana ada yang gratis, semuanya ada cost-nya.

    11
    4
  • 1 Juni 2022 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Yaaa gimana yaa namanya juga ngutang pasti ada bunganya dan biaya lain2, makanya sebelom mau ngutang cek dulu S&K nya, surat perjanjiannya, kan udah klik SETUJU jadi gak bisa komplain macem2. Sekarang mau nyicil beli barang di e-commerce pake kartu kredit juga kena biaya penangan, sekarang mo ngutang kena biaya. Kalo mau free ya bayar pake VA atau shopeepay 🤭😆

  • 2 Juni 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Oh kalau ini saya sudah tahu. Mungkin karena pakai paylater dgn nominal besar ya jadi lebih berasaa bunganya. Kalau saya sih pakai paylater cuma kalau lagi pengen belanja tapi shopeepay saya sedang kosong dan males ke atm buat ngisi. Pakainya juga gak pernah lebih dari 200rb😂

  • 3 Juni 2022 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Shopi tu bukan eccomerce no 1 di Indonesia pak…maaf apa bpk baru tau paylater sopi tu sebenarnya kena biaya 2x. 1x biaya penanganan (1%), 1x biaya bunga (2.95%) utk 1bln saja. Jika utang 1bln total bunga 3.95% , gmna menurut bpk, mengerikan bukan ?? Sayangnya bnyak masyarakat yg maaf, kurang kritis melihat hal ini, tergiur dgn gencarnya iklan,promo, dsb. Padahal msh bnyak paylater lain yg lbh manusiawi jika utang sebulan cuma dikenakan 1% saja lho tanpa ada biaya² siluman yg menjebak ke awaman konsumen. Apa sih yg transparan di sopi ? Mau beli barang aja kita ga tau pake ekspedisi apa, dcek tarif dsopi dgn tarif real ekspedisi via web malah lbh mahal tarif sopi, lucu ya …

    1
    1
  • 4 Juni 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Emang begitu makanya saya enga mau pakai slater lagi tapi tetep akun s..p.. saya enga bisa ditutup dengan berjuta alasan.Dan saya tidak pakai lagi akun itu karena tutup akun tidak bisa alasannya sudah pernah 3x tutup akun padahal akunitu tidak pernah saya tutup seingat saya sejak awal sp ada.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Perbedaan Nilai Transaksi (Checkout) dengan Tagihan pada Shopee SPayLa…

oleh Ahmad-Alfianto dibaca dalam: 1 menit
28