Sistem Berlangganan Paket Indosat IM3 Pasca Bayar “Error”, Muncul Tagihan Berjalan

Saya sebagai pelanggan Indosat (Ooredoo) IM3 pasca bayar selama 15 tahun lebih, dengan nomor 0815747669**, merasa telah dibohongi dan dikerjai oleh call center atau pegawai Indosat. Hal ini terkait adanya tagihan berjalan, karena sistem error dari Indosat. Hal itu bukan kesalahan pelanggan, tetapi biaya tagihan justru ditagih ke pelanggan. Sebagai pelanggan, saya meminta koreksi biaya, untuk tidak membayar tagihan berjalan tersebut.

Singkat cerita, pada Jumat (27 Mei 2022) siang, muncul tagihan aneh sekitar Rp110.000, untuk biaya internet (tagihan berjalan) di nomor saya. Merasa ada yang janggal, Jumat malamnya saya menelepon call center Indosat di nomor 185. Dari pembicaraan saya dengan pegawai Indosat (pria), diketahui bahwa paket Rp150 ribu internet unlimited yang sudah saya pakai bertahun-tahun tersebut, ternyata sudah log out/berhenti dari paket. Padahal paket itu sudah saya pakai lebih dari 3 tahun lamanya.

Call center Indosat mengakui bahwa ada sistem error yang menyebabkan saya tidak bisa memakai paket Rp150 ribu tersebut. Sungguh disayangkan memang, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kemudian petugas call center menyarankan saya untuk memakai paket internet Indosat Freedom dengan budget Rp150.000. Call center mengatakan bahwa nanti saya mendapatkan paket internet unlimited. Semua pembicaraan tersebut terekam dalam sistem Indosat dan itu fakta, bukan hoax.

Karena hari itu saya butuh sekali kuota internet, saya mengiyakan permintaan call center untuk langganan paket internet Indosat Freedom. Kuota internet pun saya pakai semalaman untuk mengerjakan tugas.

Namun demikian, betapa terkejutnya saya, bahwa pada Minggu (28 Mei 2022) dini hari, tagihan paket internet saya berubah melonjak jadi Rp250 ribu. Tentu ini tidak masuk akal, karena saya menggunakan paket internet unlimited dan baru dipakai sehari. Tagihan berjalan dari Rp110.000 berubah menjadi Rp250 ribu.

Tentu saya protes, dengan kembali menelepon call center pada Minggu dini hari, meminta koreksi biaya tagihan berjalan. Mirisnya, call center yang saat itu diterima pegawai wanita mengatakan bahwa jaringan Indosat lagi error (dan sering error), jadi tidak bisa koreksi biaya tagihan berjalan.

Tentu alasan jaringan sering error ini bikin kecewa pelanggan lama. Anehnya, jaringan error, tetapi call center bisa mengakses alamat lengkap Gerai Indosat di Pondok Indah Jaksel melalui internet Dimana saya ingin bertemu langsung, karena saya tidak puas dengan pelayanan Indosat dengan munculnya tagihan berjalan.

Akhirnya, pada Senin (30 Mei 2022) pagi, saya mendatangi Gerai Indosat Pondok Indah, Jaksel. Di depan, ada sekitar 10 pegawai yang bertugas, tetapi parahnya hanya ada 3 loket yang aktif dengan banyaknya antrean pelanggan. Saat bertemu dengan Customer Service (CS), saya meminta untuk koreksi biaya tagihan berjalan. Saya tidak mau membayar tagihan berjalan tersebut, karena paket sebelumnya yang sudah saya pakai bertahun-tahun sign out by system.

Anehnya, Customer Service Indosat tidak mau melakukan koreksi biaya tagihan saya. Alasannya, baru tanggal 30, menunggu terlebih dahulu tanggal 10 Juni 2022. Namun CS justru menawarkan saya paket baru lagi, yaitu IM3 Pro. Paket itu dipastikan CS ke saya, tidak akan kena tagihan berjalan lagi ke depannya. Dengan terpaksa, karena trauma dengan tagihan berjalan beberapa tahun lalu karena sistem error Indosat, saya pun berlangganan.

Yang ingin saya tanyakan, saya hanya ingin minta koreksi biaya dan tagihan berjalan saya sebesar Rp250 ribu itu dihapus. Karena itu bukan kesalahan pelanggan, tetapi sistem Indosat yang sering error, dimana paket yang sudah saya langganan berhenti/sign out sendiri.

Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indosat Ooredoo Hutchison:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Sistem Berlangganan Paket Indosat IM3 Pasca Bayar “Error”, Muncul Tagihan Berjalan

  • 2 Juni 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    tinggal di Indonesia itu lebih menguntungkan pakai kartu prabayar. lebih banyak promo dan diskon.
    pelanggan pasca bayar adalah pelanggan loyal, mustinya lebih diperhatikan.. tapi nyatanya tidak demikian.

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo Hutchison?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Sistem Berlangganan Paket Indosat IM3 Pasca Bayar “Error”,…

oleh Ferro dibaca dalam: 2 menit
2