Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

Pada hari Jumat, 3 Juni 2022, seperti biasa saya membuka aplikasi Shopee untuk mengecek toko saya dengan username @gadgetloungestore. Akun saya tiba-tiba sudah ter-logout dan saya mencoba login kembali. Namun terdapat pop-up notifikasi : Gagal Login (F02).

Saya membuka email dan ada pesan dari info@shopee.co.id pada pukul 10.33, bahwa akun Shopee saya dibatasi sementara waktu karena adanya aktivitas mencurigakan. Hal yang sama juga terjadi pada akun Shopee suami saya, tidak bisa login dengan status Gagal Login (F02).

Transaksi ShopeePay yang terakhir adalah saya dan suami berbelanja seperti biasa di Superindo Taman Kopo Indah, Kab. Bandung pada hari Kamis, 2 Juni 2022 sekitar pk.20.30. Saya dan suami membayar dengan ShopeePay menggunakan promo cashback Superindo Rp6.000, yang sudah diklaim sebelumnya pada masing-masing akun Shopee kami.

Tanggal 3 Juni 2022, saya mengisi lengkap form Pengajuan Pengaktifan Akun (Naik Banding). Terdapat balasan email oleh tim Shopee bernama Hania pada 4 Juni bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi ShopeePay saya.

Saya sudah cek Syarat Layanan Shopee, namun apakah ada ketentuan yang menyatakan bahwa suami istri dengan alamat KTP yang sama hanya boleh memiliki 1 akun Shopee saja? Apakah 2 akun yang berbeda tidak boleh menggunakan jaringan internet yang sama padahal tinggal serumah?

Status akun ShopeePay saya sudah terverifikasi. Toko saya sudah beroperasi selama +/- 3 tahun di Shopee dan tidak pernah melakukan Fake Order. Pihak Shopee sendiri juga berinisiatif mengikutsertakan toko saya dalam Program Ekspor Shopee dan menjadi Penjual Terpilih dengan cakupan ekspor hingga Amerika Selatan.

Masalahnya terdapat Saldo ShopeePay dan Saldo Penjualan yang belum saya tarik ke rekening pribadi. Saya juga masih memiliki Saldo Penjualan yang belum cair dari transaksi yang masih berlangsung, sebagian besar dari order luar negeri. Tanggal 4 Juni, saya meminta akses untuk menarik seluruh dana di ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya sebagai konsumen. Namun sama sekali tidak ditanggapi sampai sekarang.

Berikut saya lampirkan screenshot email dan foto setruk pembelanjaan saya di Superindo. Saya meminta pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun dan mengembalikan semua dana ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya.

Terima kasih Media Konsumen dan Shopee.

Tatat Haryati
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan…

oleh Tatat Haryati dibaca dalam: 1 menit
52