Klaim Barang Rusak di Shopee Ribet Banget

Ada yang pernah mengalami kasus seperti saya ini tidak ya? Mudah-mudahan tidak ya?. Jadi begini, saya beli TV dari salah satu online shop besar di Shopee, tapi ketika barangnya rusak, seller seperti lepas tangan saja.

Saya membeli TV 4K 60 inch merek Sharp + packing kayu + asuransi di Shopee, dari seller terkenal: My Hartono Official, dengan nomor resi JNE: 0321292200003411. Saat barang datang, ternyata panelnya rusak. Kemudian saya komplain dan pilih pengembalian dana di aplikasi Shopee dan diarahkan untuk mengikuti langkah-langkahnya.

Setelah diikuti langkah-langkahnya, sampailah pada pengembalian barang melalui kurir J&T Express sesuai dengan resi yang telah ditentukan oleh Shopee. Kemudian saya bawa barangnya ke J&T. Setelah saya perlihatkan resi tersebut, pihak J&T menimbang TV tersebut dan ternyata beratnya 48 Kg, sementara dari resi tersebut, yang ditanggung cuma 1 Kg.

Pihak J&T mengatakan “Untuk pengiriman sesuai resi ini tidak bisa dilakukan, karena yang diakomodir oleh pihak Shopee/seller cuma 1 Kg. Sementara beratnya 48 Kg dan untuk pengiriman TV + packing kayu tidak bisa dilakukan dengan J&T Express, melainkan melalui J&T Cargo“. Lalu pihak J&T memberikan saran untuk kasih tahu seller-nya agar mengganti pengiriman melalui J&T Cargo dan menginputkan berat 48 Kg sesuai berat barang.

Setelah itu saya konfirmasi ke seller dan katanya barangnya tidak perlu saya bawa ke J&T, karena barang tersebut akan dijemput oleh JNE, selaku kurir yang bertanggung jawab atas kerusakan barang tersebut. Barang tersebut katanya sudah diasuransikan, jadi kurir yang mengirim dengan kurir yang diarahkan untuk pengembalian barang berbeda.

Setelah 5 hari menunggu, ternyata pihak JNE tidak datang juga untuk menjemput barang tersebut. Lalu saya pergi ke kantornya di Padang untuk menanyakan solusi permasalahan ini. Ternyata kasus ini belum sampai ke mereka.

Saya chat lagi seller-nya dan jawabannya beda lagi, katanya kirimkan unit yang rusak sesuai dengan resi pada aplikasi menggunakan J&T. Kemudian saya sampaikan untuk mengubah pengiriman dari J&T Express menjadi J&T Cargo dengan berat 48 Kg. Namun sampai sekarang masih belum dilakukan.

Akhirnya saya telepon CS Shopee untuk menanyakan terkait masalah ini. Kemudian saya disarankan untuk segera mengirimkan unit ini melalui resi yang telah ditentukan, karena merupakan hari terakhir pengembalian barang. Saya sampaikan kendala saya dalam pengiriman barang tersebut, tapi belum ada kejelasan. Operator Shopee cuma menyatakan akan di tindaklanjuti pihak terkait.

Kapan ya akan ditindaklanjuti pihak Shopee, sementara hari ini batas pengembalian barang?? Mohon pihak-pihak terkait untuk segera menanggapi keluhan konsumen seperti saya ini. Sudah seminggu, tapi tidak ada kepastian terkait permasalahan ini. Adakah bapak/ibu di sini yang mengalami kejadian serupa? Lalu kira-kira apa solusinya? Mohon infonya ya, please.

Terima kasih.

Dodi Candra
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Dodi Candra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 12 Juni 2022 berjudul “Klaim Barang Rusak di...
Baca Selengkapnya

54 komentar untuk “Klaim Barang Rusak di Shopee Ribet Banget

  • 13 Juni 2022 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Beli barang elektronik emg terlalu riskan apabila lewat online seperti ini meskipun pake asuransi yg biasanya hanya 10x ongkir dan paking kayu yg cuman gimmick apalagi ini barang nya termasuk besar dan rawan rusak apalagi jarak tempuh nya jauh,, mending offline saja kalo barang nya kyk gini. Semoga masalah nya cepat selesai

    • 14 Juni 2022 - (00:47 WIB)
      Permalink

      Berbagi itu indah….
      1. Unboxing dengan video dan foto
      2. Ajukan pengembalian barang
      3. Chat CS shope
      4. Pihak terkait shope akan menangani (Pembeli jangan chat penjual/toko) biarkan pihak terkait dari shope yang menangani prosesnya ke toko/penjual.
      5. Penting!!! Pantau proses perkembangan pengembalian barang biasanya ada diskusi disitu. (pembeli —> shope <—- penjual/toko) posisi shope ditengah jadi tidak ada pembicaraan pembeli dengan penjual/toko.

      Untuk kasus DCe hanya alurnya saja yang kurang tepat jadi banyak waktu terbuang. terkesan mengulur2 waktu jadinya ,,, hingga batas waktunya hampir habis.

    • 14 Juni 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Itu udah jelas ada di aturan tata cara klaim, bos. semua marketplace emg jelasin gitu.
      Ini lg bahas kirim jauh tv 60inch, lagi bahas barang yg riskan untuk pengiriman jarak jauh, kalo belum paham baca lagi dari awal.

  • 13 Juni 2022 - (18:34 WIB)
    Permalink

    Tidak ada masalah membeli barang elektronik online selama kita memahami prosedurnya. Dalam kasus ini biaya pengiriman yg jadi masalahnya karena berat dan dimensi barang yang besar dan jarak yang jauh saja. Sebaiknya segera dikirim pak TV nya pakai kurir apa saja nggak masalah yang penting ada resi pengiriman yg nantinya di upload ke diskusi komplainnya sebagai bukti otentik bahwa anda sudah meretur barang tsb… fungsinya agar dana anda yg dipegang pihak Shopee di hold dulu sampai kasusnya selesai.

  • 13 Juni 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Mau hemat malah keblondrok. Alias rugi, beli di toko terdekat udah beres. Resiko di tanggung pemain ?

  • 14 Juni 2022 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Wah!! TV nya kegedean 60 ” meskipun packing kayu tapi nggak nutup semua body tv nya. Karena cuma dibingkai aja…lain kali beli tv offline aja.

  • 14 Juni 2022 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Terima kasih pada penulis telah berani membagikan masalahnya pada publik sehingga dapat membantu calon pembeli lain dalam membeli. Meskipun itu hak anda untuk membeli TV dari Surabaya ke Padang, jujur kalau saya pribadi mendengarnya jadi khawatir karena barangnya elektronik, besar pula.

    Saya jadi tambah was-was wkwkw, karena kebetulan sekarang lagi ada transaksi laptop di T*kopedia pengiriman Jakarta-Bandung, dan pertama kali beli laptop online. Mana pakai J*E Trucking pula, sama seperti penulis 🙂

  • 15 Juni 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    mulai ada titik terang dari shopee, barang telah dikirimkan balik sesuai alamat yg telah ditentukan pihak shopee menggunakan j&t kargo. yang mana ongkir saya bayar dulu namun katanya nanti akan diganti oleh pihak shopee..semoga refund dananya bisa cepat kelar?

  • 16 Juni 2022 - (12:16 WIB)
    Permalink

    *Anda terlalu berani dengan resiko yang tinggi
    *Pihak ekspedisi yang tidak hati-hati karena emang ganti ganti orang padahal sudah packing kayu
    *Pihak toko sebaiknya jangan merekomendasikan/menyediakan jasa selain kargo otomatis pembeli(yg irit) memilih yg murah (Dikirim lewat ekspres bisa direktur ga bisa)
    *Toko ga mau mempermudah karena kalau berhasil toko yg rugi

  • 22 Juni 2022 - (13:50 WIB)
    Permalink

    alhamdulillah pengembalian dana saya sebesar 7 jutaan telah diterima dan penggantian ongkir sejumlah 255.000 juga telah dilakukan pihak shopee..terima kasih kepada mediakonsumen dan pihak-pihak terkait..be smart buyer

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Shopee?

Ada 54 komentar sampai saat ini..

Klaim Barang Rusak di Shopee Ribet Banget

oleh dodi dibaca dalam: 2 menit
54