Tokopedia Membatasi Akun untuk Menggunakan Promo, Tanpa Alasan yang Jelas

Perkenalkan, nama saya Ikhsan Budiyanto. Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih kepada redaksi Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menyampaikan hak tanya dan komplain saya sebagai pengguna Tokopedia sejak tahun 2017. Hampir semua pembelian online kebutuhan pribadi, tagihan-tagihan, hingga barang dagangan untuk usaha sampingan saya lakukan di Tokopedia. Tak bisa dipungkiri salah satu alasan utamanya karena benefit promo yang saya dapatkan.

Namun tepat pada tanggal 10 Juni 2022 akun saya dibatasi tidak dapat menggunakan promo, karena dianggap melanggar ketentuan. Saat itu juga saya menghubungi chat Customer Care Tokopedia untuk menanyakan penjelasan terkait masalah yang saya alami dan dibalas oleh CS bernama Lexa. Namun tidak memberikan jawaban yang memuaskan.

Saya menduga masalah ini muncul karena pada hari itu saya meminjam akun Tokopedia ibu saya di ponsel beliau untuk membeli keperluan usaha saya. Karena saat itu promo voucher yang ditawarkan lebih besar dibandingkan akun pribadi saya. Pembayaran transaksi saya lakukan melalui saldo GoPay, yang saat itu saya top up melalui rekening saya, karena memang transaksi itu untuk kebutuhan saya.

Jika memang penyebabnya itu, apakah kasus tersebut dapat dikatakan melanggar ketentuan yang berlaku di Tokopedia? Ini yang menjadi pertanyaan terbesar saya. Perlu diketahui jika kedua akun telah terverifikasi dengan KTP masing-masing dan ter-install di ponsel masing-masing.

Melalui surat ini saya memohon kepada Tim Tokopedia untuk menjelaskan dengan detail terkait masalah yang saya alami dan besar harapan saya akun saya dapat dipulihkan kembali, sehingga tetap dapat menikmati benefit promo yang Tokopedia tawarkan.

Mengingat saat ini pula pengajuan Tokopedia Card yang diluncurkan Tokopedia baru-baru ini di akun saya telah disetujui dan sedang dalam pengiriman. Jika akun saya tidak dapat menggunakan promo, tidak ada artinya lagi saya menggunakan Tokopedia Card untuk transaksi-transaksi saya selanjutnya.

Demikian surat ini saya sampaikan, atas perhatian Tim Tokopedia dan para pembaca saya mengucapkan terima kasih.

Ikhsan Budiyanto
Sleman, DI Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:26    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Tokopedia Membatasi Akun untuk Menggunakan Promo, Tanpa Alasan yang Jelas

  • 13 Juni 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Karena top up menggunakan rekening anda atau dikirim ke alamat yang sama jadi diamggap 2 akun adalah milik 1 orang

  • 13 Juni 2022 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Setelah seminggu didiamkan akun topednya coba belanja tanpa kupon promo biasanya balik lagi

    • 13 Juni 2022 - (15:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih Pak infonya, semoga saja bisa balik lagi. Setelah surat ini tayang saya dm Twitter Tokopedia Care dan jawabanya masih tetap sama persis, sepertinya kalo sistem sudah memutuskan tidak bisa diganggu gugat. Ya mungkin emng belum rejekinya.

      1
      1
      • 13 Juni 2022 - (17:16 WIB)
        Permalink

        Kalau sistem yg sudah berperan ga akan ada pengecualian pak, makanyq jangan coba2 mencurangi sistem, gara2 pengen dpt cashback lebih besar akhirnya malah kena masalah….

      • 14 Juni 2022 - (09:26 WIB)
        Permalink

        Tapi bagusnya Tokopedia, meskipun sistem yang memblokir, tapi CS masih bisa tau apa yang salah dan kliru. Karna saya pernah klaim cashback tiket pesawat yang tidak masuk, kata CS karna dianggap melakukan kecurangan dan terindikasi org yang sama, sampai akhirnya harus kirim foto KTP suami dan bapak. Setelah diverifikasi baru cashback masuk.
        Kalau shopee, akun terindikasi melakukan kecurangan pdhl akun baru buat dan sebelumnya belum pernah buat akun, waktu tanya ke cs jawabannya itu sistem, kami juga nggak tau alasannya… Wahhh susahh kalo gitu doang jawabannya..

  • 14 Juni 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Di klausul tokopedia memang tidak ada kewajiban tokopedia memberikan jawaban yg memuaskan. Hanya memberikan jawaban robot saja. Pada saat bikin akun toped kita sudah setuju.. Sabar saja..

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membatasi Akun untuk Menggunakan Promo, Tanpa Alasan yang Je…

oleh Ikhsan dibaca dalam: 1 menit
10