Saldo Penjual Mendadak Hilang, Pihak Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab

Saya sebagai salah satu penjual star seller di Shopee, sangat kecewa dengan Shopee. Pada tanggal 16 Juni 2022 pukul 8:14 pagi, ada yang menarik saldo penjual saya sebesar Rp6,3 jutaan dan ditransfer ke ShopeePay saya, kemudian dibelanjakan seluruhnya untuk pulsa dan juga voucher game. Itu semua dilakukan tanpa PIN, yang seharusnya sebagai pengaman ketika transaksi ShopeePay dilakukan.

Terlampir screenshot dari rentetan transaksi yang tidak saya lakukan, dan dilakukan melalui ShoppePay saya. Saya tidak pernah memberikan PIN ShoppePay, mengeklik link apa pun, hp juga selalu saya bawa. Nomor HP yang saya gunakan 0856******, sedangkan untuk nomor telepon isi pulsa adalah nomor TRI dengan detail transaksi:

Saya sudah berkali-kali chat pihak Shopee, tapi tidak ada kabar. Hanya janji manis akan ditelepon oleh tim investigasi, dari tanggal 16 Juni sampai tanggal 29 Juni 2022 (saya menulis artikel ini). Wajarkah jika kami mencurigai bahwa ada oknum pihak dalam Shopee sebagai dalang di balik hilangnya saldo kami? Karena semua dilakukan tanpa PIN sama sekali.

Terlampir beberapa chat yang telah kami lakukan sebagai bentuk follow up kami ke pihak Shopee. Namun dengan seenaknya pihak Shopee menutup laporan yang terkait dengan hilang saldo kami, tanpa adanya jawaban apa pun.

Saya sebagai penjual merasa sangat dirugikan. Dengan saya melakukan ini, saya harap bisa mendapatkan jawaban dari pihak Shopee atas kasus saya ini. Saya sangat berharap dengan saya speak up di sini, maka kasus saya bisa mendapatkan jawaban dari Shopee. Karena kalau saya chat, hanya diminta menunggu dihubungi oleh pihak investigasi. Mengingat nominal uang yang sangat besar dan harga barang yang saya jual hanya mulai dari Rp5 ribu sampai Rp120 ribu.

Jully Wijaya / Edwin Kurniawan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem Keamanan Shopee:
[Total:180    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

90 komentar untuk “Saldo Penjual Mendadak Hilang, Pihak Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawab

  • 2 Juli 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Hai Mohon bantu tanda tangani petisi di website Change ini, supaya secepatnya mendapat banyak tanda tangan utk menutup Pinjaman Online yang menyengsarakan masyarakat.
    Kami masih butuh 9.000 tanda tangan utk naik ke DPR.
    Makasih.

    https://chng.it/HB86Kpr6ns

    17
    34
      • 2 Juli 2022 - (21:04 WIB)
        Permalink

        Saya ga belain Shopee tapi kurang lebih sedikit tau tentang sistemnya. Setiap transaksi dana, tidak mungkin tidak pakai pin. Kalo pun diaktifkan transaksi tanpa pin itu cuma untuk nominal dibawah 50rb / 100rb saja. Lebih dari itu tidak mungkin tanpa pin. Coba ditelusuri pernah klik link scam atau mungkin pegawai / orang kepercayaan anda. Jangan hanya menyalahkan sistem tapi koreksi untuk diri sendiri juga apakah kita sudah benar dalam menjaga keamanan akun milik kita sendiri.

        16
        8
        • 5 Juli 2022 - (09:53 WIB)
          Permalink

          Pffttt… Belom pernah aja ngalamin kehilangan kayak gitu. Saldo Ovo w pernah hilang dan menurut history ovo w orang yang ngambil lewat tokped. Itu dua perusahaan yang besar yang w yakin sistem keamanan mereka bukan abal2, tapi bener emang ada kejadian. Pihak ovo gk mau tau dan tanggung jawab. Tp setelah wa naekin ke twitter dan IG, pihak tokped merespon dan mau tanggung jawab. W sebagai orang yang lebih dari 80% transaksi yg w lakuin itu transaksi online tentu tau mana link yang gk boleh disentuh dan w juga tau tentang otp dll, tp emang ada kebocoran sistem keamanan entah dari pihak ovo atau tokopedia yang memungkinkan orang untuk mencuri uang kita. Jadi, jangan asal aja jalo gk tau apa2 terus bilang gk mungkin terjadi. Kalo masih ngotot ya silahkan saja, tapi kalo sampe kejadian ini menimpa anda, paling w cmn bilang, “kan dah w bilang” sambil w ketawain.

          • 7 Juli 2022 - (00:55 WIB)
            Permalink

            w itu apa 🗿🙏

        • 3 Juli 2022 - (13:03 WIB)
          Permalink

          Kayanya bukan utang pinjol deh ts nya. Itu saldo penjualan tiba2 hilang. Knp ngga dibaca??

          16
          1
          • 5 Juli 2022 - (03:16 WIB)
            Permalink

            Kerja dpr ngapain nunggu petisi, anda sangatlah mencurigakan mau nipu org awam

    • 2 Juli 2022 - (18:29 WIB)
      Permalink

      Feeling ane sih kena phising ini. Pernah ga sengaja ngeclick link dari sms ato dari msg yg saya reply ini. Ati2 jgn sembarangan click ini lg marak bgt.

      12
      1
      • 3 Juli 2022 - (12:44 WIB)
        Permalink

        iya, di shopee sering ada chat spam yang isinya suruh pura2 nanya barang jualan tapi ada dikasih link untuk diklik

    • 2 Juli 2022 - (23:11 WIB)
      Permalink

      jaka sembung bawa golok
      kurang kerjaan ya? klo ga mau ada pinjol ya ga usa dipake, emang klo ga diinstal bisa nongol sendiri di hape.

      5
      7
      • 4 Juli 2022 - (23:44 WIB)
        Permalink

        Klo sprti itu kronologisnya kemungkinan besar msh orang orang dr pihak sellernya atau yg mengetahui pasword akunnya.
        Proteksi shopee sdh makin ketat coba sja saat kita ngelogout akun saat masuk kembali harus pake otp.
        Atau bisa jd kena pishing sering kali ada yg ngechat bwt ngeklik link yg bkn asli dr shopee

  • 2 Juli 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Hampir bisa dipastikan username dan password nya sudah diketahui oleh pihak lain. Meskipun HP nya dibawa terus tp kalo ada pihak yang mengetahui username dan password, pelaku bisa login dari website.

    Kemungkinan pertama adalah pemilik akun secara tidak sengaja memberikan informasi username dan passwordnya ke pihak lain. Baik dari Phising atau dikontak oleh pihak yang mengaku Shopee seperti yang dijabarkan oleh Admin Shopee.

    Kemungkinan kedua adalah orang yang diberi kepercayaan untuk bisa mengakses akun tersebut. Akunnya sudah STAR+ hampir bisa dipastikan sebuah entitas bisnis besar yang memiliki pegawai. Bisa jadi orang yang Anda beri kepercayaan untuk bisa mengakses akun tersebut yang melakukan tindakan seperti itu.

    Kalo ada niat jahat secara berkelanjutan, setelah bisa masuk ke akun Anda, pelaku pasti mengganti username dan password akun Anda agar Anda tidak bisa masuk lagi. Tapi kalo username dan password nya tidak diubah, kemungkinan yang ingin diambil alih hanya uang Anda. Bukan bisnis Anda.

    24
    2
    • 2 Juli 2022 - (17:39 WIB)
      Permalink

      Jangan asal bilang anjay dan tinggalkan shopee, jelaskan alasannya, apakah karena:
      1. Berat produk tidak tercantum
      2. Keamanan sistem tidak terjamin
      3. Banyak hal tidak transparan
      4. Ataukah karena memang anjay.

      15
      2
    • 2 Juli 2022 - (17:47 WIB)
      Permalink

      Simplenya sih, kenapa berani2 meninggalkan saldo sebanyak itu di platform market place manapun? , itu barang jualannya nilainya kecil, berarti saldonya sudah dikeep lama mendem dengan jumlah penjualan besar, saran sih kayak Saya tiap habis jualan langsung tarik, untuk menghindari kejadian yg TS alami.

      2 apa ngga cek internal dulu selain agan siapa yg tau pin dan password akun agan, karena kemungkinan besar pelaku malah dari pihak agan bukan shoppe

      17
      • 2 Juli 2022 - (18:30 WIB)
        Permalink

        Saya pun punya toko, saldo 100 rb pun saya tarik atau dijadijan shoppe pay.

      • 3 Juli 2022 - (04:48 WIB)
        Permalink

        Kalau gak paham dunia hacker jngn merasa sok tau si korban ngasih link atau kena scam ,udah tau kalau di underground jual beli data yg bocor dari ecomerce bnyk sekali dan juga apk medsos lain nya yg bisa dengan gampang menjebol akun orang ,jadi jngn sotoy ,gw ngecek data gw bocor disitus dengan masukin email atau no hp ternyata bnyk bgt bocor di ecomerce dan lain nya ,cuma pihak ecomerce gak mau jujur dan mereka diam saja ,hati hati terhadap oknum orang dalam

        9
        4
    • 2 Juli 2022 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Ga usah capek2 jualan di sopi, saya cuma jualan di tokoijo aman bgt, tapi di sopi tetep banyak yg dropshipin dagangan saya 😅

      2
      5
      • 3 Juli 2022 - (17:14 WIB)
        Permalink

        Shopee lg…shopee lg. saingan lg marak komplain di media konsumen. klo ga shopee, pinjol2an. kemarin rame jg sicepat.

      • 4 Juli 2022 - (17:32 WIB)
        Permalink

        Klo pendapat q tu akun anda ada yg bbol, dan aq sarankan klo komplain jangan via chat, emang respon cepat tp anda akan ditinggal kabur sebelum selesai, mending via email atau medson biar agak lambat tp pasti, via chat ma paling buruk klo pendapat aq

  • 2 Juli 2022 - (18:10 WIB)
    Permalink

    Bosan sering liat di media konsumen masalah mulu sm shopee…bnyk kasus yg ngga jelas penyelesaiannya dan akhirnya ujung2nya merugikan pembeli atau penjual…entah adminnya pada makan gaji buta mgkn…saran saya sebaiknya tinggalin shopee,beralih ke platform lain yg jauh lbh aman sblm kerugian yg lbh besar menimpa anda👍

    17
    3
    • 2 Juli 2022 - (23:12 WIB)
      Permalink

      Shopee tidak amanah, hanya cari untung sendiri, merugikan kurir, pembeli maupun penjual. Harusnya bisa dibantu dengan periksa IP address sign in dari mana. Lalu bantu follow up ke Menkominfo, nomor hp yang diisikan pulsa itu terdaftar atas nama siapa. Dll.

      8
      2
  • 2 Juli 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Setau sy kasus macam ini tdk pernah diganti dananya, pencairan dana kan ada notifnya dan beli pulsa itu harus pake pin mungkin sope mengangap kejadian ini janggal mungkin juga orang terdekat yg hack

  • 2 Juli 2022 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Hati2 sama link2 takutnya pishing. Saya juga penjual di shopee sudah 2 atau 3 kali saya dapat chat (kotak masuk) seperti pembeli yang nanyain “barang ini” ada gak, tapi bentuknya link setelah saya perhatikan linknya tulisannya shope.e …….saya lupa. Saya curiga bentuknya link udah gitu tulisan shopeenya gak nyatu. Saya curiga itu pishing saya abaikan chat itu dan ada yang saya langsung blokir juga. Coba cek di history chat shopee apa ada yang nanyain produk kakak tapi bentuknya link ?

    18
    • 2 Juli 2022 - (21:16 WIB)
      Permalink

      komentar seperti ini bagus dan membantu untuk seller lain lebih waspada. terima kasih sudah berbagi masukannya.

    • 2 Juli 2022 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Iya sering masuk inbox dengan link http:shopee.ee. web shopee itu shopee.co.id bukan shopee.ee hati hati kalau di inbox chat ada yg pura2 tanya barang dengan ikutserta link

    • 2 Juli 2022 - (21:46 WIB)
      Permalink

      Sama, saya jg pnah dapat.
      Krn takut link phising.
      Saya bilang lgsung cek etalase saja.
      Dan g ad balasan lg.

      Musti berhati2 jaman skg.
      Skali klik..bisa berbahaya

      8
      1
    • 2 Juli 2022 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Fyi: Kalau yg punya akun shopee terdaftar sbg affiliate jika share link akan jadi shope.ee , itu bukan phising, itu link resmi dari shopee. Soalnya saya juga terdaftar sbg affiliate jd jg kyk gitu.

      1
      1
  • 2 Juli 2022 - (20:53 WIB)
    Permalink

    kn setiap narik saldo ada notifikasi di hp …emang ya situ gak dpt notifikasi …sy juga penjual di shopee,, sy juga jualan harga murah receh segitu tp sy gak pernah naro saldo banyak di situ setiap hari saldo yg masuk langsng sy tarik ke rek bank … meskipun dibawah 100 rb pun setiap hari sy tarik ….

  • 2 Juli 2022 - (21:20 WIB)
    Permalink

    pembelajaran untuk seller-seller lain, kalau bisa setiap dapat penjualan setiap hari ditarik saja. meski dikit-dikit. toh penarikan gak kena biaya admin segala.

    Untuk TS, saya doakan semoga cepat kelar masalahnya.

  • 2 Juli 2022 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Hati hati kalo punya accaunt dengan dana yang lumayan jangan main sambung WiFi ditempat umum.alih cari untung bisa bikin buntung

    • 3 Juli 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Nah ini sy juga setuju. Di hp byk mobile acc: banking, marketplace, trading, dll. Di tempat umum ga perlu gatel sibuk nanya free wifi, modal dikit cari aman langganan data provider bulanan, atau yg harian juga ada utk provider tertentu. Hindari juga yg namanya titip hp ke temen dsb kalo ke toilet, dibawa aja!

  • 2 Juli 2022 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Mungkin pernah pake wifi orang lain mungkin, karena kalo yang punya wifi punya ilmu tentang jaringan, itu bisa dibaca entah itu wifi yang biasa dipasang ataupun wifi hotspot, nah yang punya bisa ngeliat aktivitas yang udah kita lakuin lewat Komputer. Makanya sebisa mungkin jangan masuk aplikasi yang sekiranya penting kayak mobile banking dll.
    Aku gak paham si cuma pas kuliah pernah dibuktiin kakak tingkat dulu, dan bener sandi dan username facebook nyangkut dilaptopnya karena pake hotspot dari dia.

    • 4 Juli 2022 - (14:35 WIB)
      Permalink

      Ga faham dunia hacking koq mungkin-mungkin!!! dasarnya kalo ga bisa bedain link asli sama yg phising or scaming biar pake koneksi apapun jg ttp bobol. saran klo ada direct link yg minta login user sama pasword, jangan di isi. buka ulang ja dari awal and pastikan itu link asli. Jgn instal aplikasi sembarangan, biasanya disisipin pop up2 habis iklan/direct aplikasi dan dipaksa untuk diinstal, kalo terlanjur diinstal, segera diuninstal, cuci hp anda pake tanah 7x dan air 7x. 😂😂

  • 3 Juli 2022 - (00:45 WIB)
    Permalink

    Ini baru aja saya alamin beberapa hari yang lalu. Karena terkena virus malware, sekaligus mungkin terkena session hijacking. Saldo Penjual disedot 2jt untuk beli Pulsa. Dari penjelasan Anda, bagaimana Anda tau bahwa si pencuri tidak menggunakan PIN saat melakukan transaksi Shopee Pay? Apakah Anda ada di samping si pencuri saat itu? Karena tidak masuk akal jika melakukan pembayaran Shopee Pay tanpa PIN. Dari pengalaman saya, coba cari jawabannya dari penjelasan yang saya sebutkan:
    1. Jika Anda merasa memang tidak pernah terserang virus, atau klik link sembarangan dan semacamnya, kemungkinan pelakunya bukan dari orang yang tidak dikenal, melainkan orang internal. Yang punya akses terhadap komputer/hp yang digunakan untuk login akun tsb. Karena meskipun jika ada orang yang tau id password Anda tapi login di tempat baru (komputer/hp lain), maka tidak akan bisa masuk tanpa verifikasi.
    2. Jika Anda pernah terkena virus seperti saya, maka sudah besar kemungkinan diambil oleh pihak lain, mungkin Anda bertanya, “Tadi katanya meskipun tau id password tapi jika login di tempat baru tetap harus verifikasi), betul, tapi jika kita terkena Session Hijacking, maka si pencuri tidak perlu verifikasi, karena Server Shopee akan menganggap komputer si pencuri sebagai milik kita karena Session tsb. Untuk lebih lengkapnya bisa baca sendiri di google penjelasan mengenai Session Hijacking.
    3. Melanjutkan poin ke 2, meskipun si pencuri bisa login tanpa verifikasi. Pihak pencuri tetap membutuhkan PIN untuk melakukan pembayaran Shopee Pay, kesalahan umum yang terjadi adalah kita menyisipkan angka PIN di dalam password akun Shopee kita. (Sama seperti yang saya lakukan, jika Anda merasa seperti itu, segeralah diganti, bedakan antara PIN dan Password. Sekedar tips, jangan gunakan tanggal lahir, karena bisa saja pencuri menebak PIN tsb)

    Kemudian untuk solusi dana yang sudah terlanjur disedot pencuri, ikhlaskan saja. Anggap saja sebagai biaya pembelajaran. Karena pihak Shopee tidak akan mengembalikan dana tersebut. Kenapa? Anggap saja begini, Anda dan saya bersengkokol, kita transaksi Shopee Pay 10jt, Anda pura” bilang akun dihack. Padahal aslinya tidak, tentu akan merugikan pihak Shopee. Bayangkan jika 1.000 atau 1 juta pengguna melakukan hal tsb, apa jadinya? Sudah pasti Shopee akan bangkrut. Itulah mengapa kita sebagai penjual juga meminta video unboxing paket untuk klaim retur, tidak bisa foto/video setelah paket telah dibuka (untuk menghindari pemalsuan).

    Lalu ada yang menyalahkan Shopee? Kenapa tidak memvalidasi IP adress, atau lapor ke pihak terkait atau lapor ke polisi? Coba saja Anda laporkan hal tsb ke kepolisian. Ini bukan seperti di film-film, bisa diatasi dengan mudah. Kenyataannya kalian tau sendiri bagaimana hukum di negeri ini.

    6
    1
    • 3 Juli 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      Halo kak, itu jg yg menjadi consent sya, dan itu jg yg pihak shoppe tidak mau jawab..
      Kl lapor polisi, semua jg tau kak kl lapor polisi bearti ada duit juga yang harus di keluarkan.. bearti saya harus keluar duit lagi dan belom tentu jg bsa balik duit nya

  • 3 Juli 2022 - (04:34 WIB)
    Permalink

    Sy jualan brg 2rb an sampe puluhan ribu… Kadang saldo terkumpul 5jt jg emg ga sy tarik.. alasannya apa sy begitu ? Ya krn emg ga narik aja , ga ada alasan khusus..

    2
    4
  • 3 Juli 2022 - (06:37 WIB)
    Permalink

    Astaga di endepin sampai 6jt dg nilai barang yg kecil-kecil berarti ada rentang waktu utk sampai nominal 6jt.
    Saya aja mau di marketplace manapun kalau bisa langsung tarik ya tarik aja.

    1
    1
  • 3 Juli 2022 - (11:17 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopee harusnya bisa memberikan riwayat login dari akun yg bersangkutan biar penjual yg merasa dirugikan dapat informasi darimana transaksi² yg menghabiskan saldonya terjadi. Jangan hanya kalimat² default seperti diatas yg seolah² melepas tanggung jawabnya sebagai platform penyedia jasa jual beli online.

    • 3 Juli 2022 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Halooo..
      Iyaa ka, itu yg saya kejar dari shoppe.. sya butuh bukti nya, kl pun ada yg mereka tuduhkan, setdknya mereka harus punya buktiii kalau tdk ada maka semua nya hanyaa omong kosong belaka yang inti nya : MEREKA GA MAU RUGI, GA MAU TAU,

  • 3 Juli 2022 - (14:06 WIB)
    Permalink

    Saya udah bilang dari dulu bahwa Shopee itu tidak aman, ditambah lagi di Shopee tak ada perubahan sistem keamanan bagi pelanggan dan pengguna nya alias sudah banyak keluhan dan laporan tapi tak berubah juga, tidak ada perbaikan sistem keamanannya bahkan terkesan sengaja dibiarkan seperti itu…………… Ini sangat tidak baik bagi para pengguna nya baik si penjual maupun si pengguna.

    2
    2
    • 3 Juli 2022 - (19:05 WIB)
      Permalink

      Gak ada tempat yang aman, kejahatan bisa terjadi dimana pun dan kepada siapapun. Sekelas ebay dan Alibaba saja masih kecolongan.

  • 3 Juli 2022 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Halo semua, terima kasih atas komentar dan jg saran” nya, sya ingin mengupdate kasus sya ini

    Hari ini pada tanggal 3 July 2022, jam 15:05 Shoppe akhirnya menelpon saya.. tetapi yg sangat di sayangkan tanggapan yang di luar logika saya..

    Jawaban dari pihak shoppe yang saya kutip melalui email :
    “Sesuai dengan informasi yang kami sampaikan melalui telepon hari ini pada tanggal 3 Juli 2022, dapat kami sampaikan kembali berdasarkan pengecekan sistem, berikut kronologi kejadiannya:

    -Berdasarkan pengecakan, aktivitas pelaku yang melakukan penarikan dana ke ShopeePay akun Anda, terdeteksi dilakukan oleh orang yang sama dengan orang yang sudah login ke akun pada 04 Feb 2022 pukul 9:56 pagi

    -Login ke akun pada 04 Feb 2022 pukul 9:56 pagi menggunakan Password

    -Pelaku terindikasi melakukan aktivitas admin dalam hal ini aktivitas seperti membalas chat, memproses pesanan dan menambahkan produk ke etalasi akun

    -Kami sarankan Anda melakukan pengecekan internal akun Anda

    -Dana yang sudah digunakan untuk transaksi tidak dapat dibatalkan

    Mengenai permintaan detail perangkat dan alamat IP, mengingat kami memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan data, maka sesuai dengan prosedur yang berlaku, kami hanya dapat memberikan informasi tersebut apabila terdapat permintaan resmi dari pihak kepolisian.

    Adapun dalam hal ini kami dapat membantu dalam penyediaan seluruh data-data pendukung terkait transaksi tersebut untuk kepentingan proses investigasi di kepolisian. Apabila Anda telah melaporkan permasalahan ini kepada pihak kepolisian, nantinya pihak kepolisian akan meminta data tersebut kepada kami secara langsung. Jika sudah ada permintaan dari pihak kepolisian, kami akan berkomitmen untuk segera menyampaikan data-data tersebut secara langsung kepada pihak kepolisian“

    Hal ini di ibaratkan jika ada maling yang masuk ke rumah kita, dan tertangkap oleh cctv tetangga dan kita meminta bantuan tetangga utk melihat cctv tsb, tp tetangga tsb menolak dan minta surat dari kepolisian jika mau lihat cctv nya..

    Spt yg kalian bsa baca, dengan kata lain ada yang masuk ke shoppe saya (kataaa nyaaa tp ntah siapa??dan ketika sya minta bukti nya di minta surat polisii???) dan bsa melakukan aktivitas admin saya (suami saya yang selalu melakukan aktivitas admin spt upload product dll) tp tdk melakukan aktifitas apapun sampai tgl 16 Juni 2022?? Jika memang ad yang masuk ke shoppe saya, semua terhubung dengan email, dan ada verifikasi dan sya sudah cek tidak ada verifikasi email apapun di tgl 4 Februari 2022 spt yg di infokan.. (bicara tanpa bukti yang tidak bisa di buktikan kepada saya selaku pemilik toko!!)

    Sedangkan sya harus meminta surat kepolisian di mana, semua juga tahu jika berurusan dgn kepolisian maka tidak mungkin akan “gratis” pasti akan timbul biaya” yg di keluarkan lagi.. bukan kah lucu jika sya harus meminta surat polisi untuk urusan di dalam toko saya??itu toko saya lho bukan toko punya orang lain..

    Jujur sya amat sangat kecewa dengan pihak shoppe yang td menelpon yang jg tdk sopan, karena memotong semua kata” yang hendak saya ucapkan..kalian perlakukan saya seakan” sya mencoba menipu kalian??

    4
    4
    • 3 Juli 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Pengkhianatan atas kepercayaan yang kita berikan kepada orang lain memang sulit diterima. Beberapa orang lebih memilih metode “in denial” dan tidak bisa menerima fakta tersebut. Sebagai informasi hal ini pernah dialami oleh semua pengusaha dimana orang yang kita beri kepercayaan berkhianat dan melakukan tindakan tercela kepada kita, bahkan setelah kita memberikan penghidupan kepada mereka.

      Notifikasi “login dari perangkat yang berbeda” di email biasanya muncul apabila akunnya diakses dari perangkat asing. Justru tidak adanya notifikasi email pada tanggal 04 Feb 2022 pukul 9:56 malah membuktikan login tersebut dilakukan dari device yang sudah sering digunakan login. Anda tinggal mengecek pada jam tersebut siapa yang memegang HP Anda, mengoperasikan laptop Anda, atau menggunakan Komputer yang Anda gunakan untuk operasional bisnis. Maka Anda akan tahu siapa pelakunya. Semoga bisa membantu 🙂

      • 3 Juli 2022 - (20:49 WIB)
        Permalink

        Halo.. saya tidak “denial” karena memang kami tdk menggunakan admin, admin yg akses komputer itu suami saya, admin akses hp itu saya.. jadi buat apa saya ataupun suami saya hilangin duit kami sendiri??😂😂 saya di rumah jg menggunakan komputer, tdk menggunakan laptop serta wifi jaringan pribadi yang menggunakan password, jd sya tdk pernah nebeng wifi siapapun..

        Saya sebenarnya sudah agak “merelakan” duit ini bisa DIPASTIKAN 100% tidak akan kembali.. tp yg saya herankan kenapa pihak shoppe dengan gampang nya mengatakan bahwa yg bersangkutan (melakukan penarikan dana ilegal) itu bertindak sbg admin yang itu artinya saya maupun suami saya?? Bukankah itu fitnah?kl memang tdk mau balikin duit kami, ga apa tp jangan dengan alasan yang tidak masuk akal seperti itu..

        1
        2
        • 3 Juli 2022 - (21:01 WIB)
          Permalink

          Memang faktanya seperti itu kog, kita pernah mengalaminya juga sampai tingkatan disajikan data terkait aktifitas seperti itu. Dalam kasus kami data tersebut berupa nomor IMEI dari perangkat yang digunakan untuk login. Sampai ke level pengadilan pun memang fakta tersebut valid. Tapi kita tidak melangkah sejauh itu, setelah melihat fakta yang tidak terbantahkan tersebut.

          Setelah kejadian seperti itu, kehidupan kita sebagai pengusaha berubah drastis. Kita mengganti semua password, pin ATM dan kode brankas untuk menanggulangi kejadian sama terulang kembali. Informasi kredensial tidak pernah dibagi lagi kepada siapapun itu bahkan ke keluarga kita sendiri. Akhirnya menjadi sebuah pelajaran kehidupan yang berharga.

          4
          1
    • 3 Juli 2022 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Semua data internal harus melibatkan pihak berwajib, contoh penipu Rekening Bank meski sesama Bank tetep tdk diksh alamat pemilik kan harus melalui polisi, entah itu berlaku juga utk MP atau gak kurang paham sama UUD

      • 8 Agustus 2022 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Halo. Saya pun alami hal yg sama, tiba2 jam setengah 3 pagi saldo penjual saya dipindahkan ke shopeepay dan dibelanjakan pulsa 3(three) total sampai 1,9 jutaan. Saya juga tidak pernah klik link, kasih otp dsb. Pemindahan saldo pun sudah dilengkapin dengan PIN. Saya juga kaget saldo penjual yg saya kumpulkan dengan kerja keras dengan mudah dicuri pihak lain. Saya pun tidak mempunyai pegawai dan cuma satu perangkat saja untuk akses ke akun shopee. Ternyata bukan saya saja yg alami ini dan waktu nya juga berdekatan dengan khasus ibu, baru kemarin tanggal 07/08/22 saya alami. Saat ini akun saya diblokir sementara oleh shopee untuk penyelidikan lebih lanjut. Yg ditulis ini bukan omong kosong, saya salah satu korban juga dari sistem shopee yg ternyata TIDAK AMAN untuk penjual. Akhirnya saat ini saya hanya bisa menunggu penyelidikan shopee. Mengecewakan, saya jadi tidak bisa bekerja dan menunggu entah sampai kapan, dan tidak tau juga uang yg dicuri bisa kembali atau tidak.

      • 4 Juli 2022 - (22:20 WIB)
        Permalink

        Halo kaak..
        Iya kak, spt yg bs kk liat melalui email mereka..
        sebenar nya sya dan suami jg sudah merasa tdk akan di ganti dan sudah mengikhlaskan, hanya saja, kami tdk menerima dr balasan email yg mengatakan bahwa ternyata “org yg merugikan kami sudah login dr bulan februari dan bertingkah sbg admin”

        Pdhl admin nya adalah saya dan jg suami.. bearti mereka mengakui bahwa, shoppe kami di “susupi” oleh orang tapi karena SYSTEM PENGAMAN SHOPPE yang sangat luar biasa nya, maka double login itu di biarkan bgtu saja berbulan” (dr februari sampai Juni) sehingga bsa menarik saldo dari kami sewaktu”

        1
        2
    • 6 Juli 2022 - (01:44 WIB)
      Permalink

      Bikin saja laporan kehilangan ke kantor kepolisian, tidak akan ada biaya apapun.

      Ceritakan dengan jelas kronologi dan fakta dengan rinci, pasti akan diterbitkan surat kehilangan dari kepolisian.

      Namun jika ingin, buat saja laporan penipuan atau tindaknkriminal, tenang ga akan dimintakan dana apapun oleh kepolisian.

    • 8 Agustus 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Halo. Saya pun alami hal yg sama, tiba2 jam setengah 3 pagi saldo penjual saya dipindahkan ke shopeepay dan dibelanjakan pulsa 3(three) total sampai 1,9 jutaan. Saya juga tidak pernah klik link, kasih otp dsb. Pemindahan saldo pun sudah dilengkapin dengan PIN. Saya juga kaget saldo penjual yg saya kumpulkan dengan kerja keras dengan mudah dicuri pihak lain. Saya pun tidak mempunyai pegawai dan cuma satu perangkat saja untuk akses ke akun shopee. Ternyata bukan saya saja yg alami ini dan waktu nya juga berdekatan dengan khasus ibu, baru kemarin tanggal 07/08/22 saya alami. Saat ini akun saya diblokir sementara oleh shopee untuk penyelidikan lebih lanjut. Yg ditulis ini bukan omong kosong, saya salah satu korban juga dari sistem shopee yg ternyata TIDAK AMAN untuk penjual. Akhirnya saat ini saya hanya bisa menunggu penyelidikan shopee. Mengecewakan, saya jadi tidak bisa bekerja dan menunggu entah sampai kapan, dan tidak tau juga uang yg dicuri bisa kembali atau tidak.

      • 8 Agustus 2022 - (11:07 WIB)
        Permalink

        Halo pak, ternyata jg ad yg mengalami nya ya.. jadi sya tdk d blg halu atau krn klik link nee 🤣🤣 tp percuma pak, sya kasus dr bulan Juni jg ga ada kejelasan sampai sekarang..malah kami d tuduh melakukan smua nya utk menipu pihak shoppe, lah utk apa kami melakukan hal tsb?? Kalau saya menduga hal ini di lakukan oleh “orang dalam shoppe” karena dengan mudah nya saldo penjual di pindahkan tanpa PIN lho,sapa lg kl bukan org shoppe nya pak..padahal tiap kita pindahkan saldo penjual aja memasukan PIN tp ini bs tanpa PIN

        Kalau sya bener pak, sudah “mengikhlaskan” krn emg ga akan kembali..saya tngu investigasi aja ga d gubris pak, dan baru d tlp pihak shoppe setelah sya menulis artikel ini (kurang lebih 1 bulan sya telpon dan email, mereka seakan” tidak mengerti yg saya komplain kan dan bpk bs liat dr capture chat oleh cs mereka) 😊 jadi bsa di bayangkan pihak shoppe tidak peduli selama tidak “viral” dan merusak nama baik mereka 😁

        Utk mengenai blokir akun, bpk bs minta mereka segera mengaktifkan akun jualan bapak dengan telpon dan email mereka terus, kemarin saya spt itu krn masi terdapat pesanan yg harus sya proses dan di pulihkan dalam waktu 2 hari dr blokir shoppe.. tp sayang nya sya terkena penalti krn terdapat pesanan yg tidak saya kirimkan (krn terblokir) cuma yauda lah 😂
        semoga membantu yaa pak utk masalah akun nya..

  • 3 Juli 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saya kalau setiap transaksi dengan pembayaran shopeepay selalu di minta pin shoopepay. Pin itu kita yang tau dan tidak tersimpan. Jadi tidak mungkin orang lain.

    • 3 Juli 2022 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Halooo.. memang stiap transaksi shoppepay itu pakai PIN, krn kalau sya sbg pembeli pun memakai PIN..
      Spt yg sudah sya jelaskan di atas, posisi admin komputer (suami saya) admin hp (saya) kami be2 tau PIN Shoppepay nya.. tapi masa kami be2 yang melakukan hal itu agar uang kami hilang??buat apa pak?😂😂 cari masalah aja kl kami be2 yg lakukan itu, kan kami be2 yg di rugikan..

      Maka nya sya menanyakan knp shoppe, knp bs ad transaksi tanpa PIN??krn kl pun PIN, masa kami be2 merugikan diri sendiri pak?😅

      1
      3
      • 4 Juli 2022 - (20:28 WIB)
        Permalink

        Sepertinya TS masih belum paham, coba baca kembali poin nomor 2 dan 3 dari penjelasan saya di atas. Atau sederhananya coba jawab pertanyaan saya:
        1. Tau dari mana pihak pencuri akses Shopee Pay tanpa PIN?
        2. Apakah di dalam password ada angka PIN? Contoh PIN Anda 123456, password Anda “Ayam123456”

        1
        1
        • 4 Juli 2022 - (20:31 WIB)
          Permalink

          Apakah hanya karena Anda mengganggap PIN Shopee tersebut hanya Anda dan Suami Anda yang tau, maka bisa langsung berasumsi bahwa pencuri mengakses Shopee Pay tanpa PIN? Maka jawabannya 100% salah.

          Lalu kenapa pihak Shopee bilang bahwa pelaku bertindak sebagai admin? Baca kembali penjelasan poin ke 2.

          • 4 Juli 2022 - (22:10 WIB)
            Permalink

            Haloo..
            Spt nya anda jg belom mengerti, shoppe info bertindak sbg admin, admin yg d maksud adalah suami saya, kami tidak ada memakai karyawan sbg admin yg kami gaji..
            Jika memang di sebutkan bgtu, bearti dalam 1 perangkat, ada penyusup yg menyusup ke dlm shoppe saya?jika bgtu bagaimana dgn keamanan dr pihak shoppe?harus nya bisa mendeteksi ada 2 pengguna dlm 1 IP Address yg sama, dan memberikan kami “peringatan” bahwa ad penyusup.. harus nya bsa lho kami di peringatkan, krn “info dari shoppe” yang tidak ada bukti nya, bahwa ad penyusup dr bulan Februari.. Sama spt tokped, jika ada yg double login, maka ada pemberitahuan yg masuk ke no hp yg terdaftar, tp ini tidak ada sama sekali..
            perlu di ketahui, bahwa saya menggunakan komputer, bukan laptop yang bs di bawa ke mana”, jd tdk memakai wifi pinjaman, wifi gratisan dll.. sya ada memasang wifi sendiri di rumah..

            Jika yg menjadi admin adalah saya dan jg suami, dengan info spt shoppe tsb, apakah mnrt anda, apakah wajar kami melakukan nya?jika kami memakai karyawan sbg admin, saya masi bs terima alasan nya, mgk di lakukan oleh karyawan, tp admin di sni adalah owner, please di garisbawahi OWNER bukan KARYAWAN..

            2
            2
          • 5 Juli 2022 - (15:46 WIB)
            Permalink

            Halo kak..
            Kl gtu “admin” nya sapa ka??admin shoppe kah?karena spt yg saya bilang, ga ada yg akses slain kami be2.. kami hanya tinggal be2 di rumah lhoo, bersama 3 ekor anjing kami..
            Apakah anjing kami?? Trs admin sapa ka?😆

            2
            2
          • 5 Juli 2022 - (22:18 WIB)
            Permalink

            Masih ga ngerti juga ya, padahal udah dijelasin panjang lebar bahasa baku. Kalau saya hacker nih, saya hacker. Saya hack Anda dengan Session Hijacking, dan ketika saya login akun Anda di komputer di belahan dunia manapun, mau di rumah tetangga atau tempat manapun, server akan mengganggap saya sebagai Anda, Anda sebagai saya. Analogi sederhananya, saya curi topeng wajah Anda, maka satpam akan mengira saya adalah Anda. Session itu seperti topeng, pertama kali login Anda perlu mendaftarkan topeng tersebut ke server. Nah jika sudah terdaftar, lain kali Anda datang, server tidak perlu lagi daftar topeng Anda (verifikasi kode), karena topeng Anda sudah diingat oleh server mereka. Sekarang Anda mengganggap topeng tersebut hanya ada di rumah yang ditinggali 3 anjing dan sepasang suami istri. Lalu saya membuat duplikasi topeng tersebut karena Anda lupa menutup pintu di malam hari. Anda memang masih punya topengnya, begitu pula saya juga punya duplikatnya. Nah ketika saya (sebagai pencuri) datang (login) ke server tersebut, maka server akan mengijinkan saya masuk, karena saya menggunakan topeng yang sama dengan Anda. Maka saya juga di anggap Admin (Anda mau disebut Admin, maka saya juga disebut Admin). Apa masih tidak paham juga?

        • 4 Juli 2022 - (22:02 WIB)
          Permalink

          Halo..
          1. Jika pakai PIN, bearti kami be2 yg melakukan nya?bikin duit kami hilang sendiri?
          2. Pin yg kami pakai tdk ad masuk ke dalam password

          1
          2
          • 5 Juli 2022 - (16:06 WIB)
            Permalink

            ya jujur kalau anda terus memaksakan bahwa anda tidak memberikan data ke siapa pun, OTP tidak memberi, pin tidak memberi, password tidak memberi, tidak klik link apa pun, opsi nya ya cuma 2

            1. anda sendiri yang melakukan/ suami anda yang membelanjakan saldo nya, dengan harapan ada imbalan/kompensasi dari shopee
            2. tim shopee yang melakukan

            apakah kedua nya ada potensi? jelas ada, opsi nomor 1 banyak yang melakukan, opsi nomor 2 pasti ada aja oknum, itu semua kemungkinan yang BISA TERJADI. lebih besar lagi kemungkinan opsi tersembunyi

            3. ngakunya tidak memberi data, tidak klik link, dll padahal iya

        • 4 Juli 2022 - (22:22 WIB)
          Permalink

          Oiyaaa PIN saya dan jg password tidak ad hubungan nya dengan tanggal lahir jugaa ya ka 😁😁 ga prnh pake tgl lahir sebagai pin

          • 5 Juli 2022 - (15:13 WIB)
            Permalink

            Admin yang dimaksud Shopee hanya “Admin” intinya orang yang memiliki akses penuh ke akun tsb, bukan berarti Admin = suami Anda, jika saya tau id dan password Anda, serta bisa verifikasi pun saya akan di cap sebagai Admin. Memangnya Anda ada laporan/daftar ke Shopee kalau Adminnya hanya Anda dan suami Anda? Seperti daftar sensus penduduk? Tentu tidak. Siapapun yang Anda berikan akses ke akun Anda, akan dianggap sebagai Admin, mau anak Anda, cucu Anda, Orang Tua Anda, siapapun, bahkan termasuk pencuri. Session Hijacking akan menggunakan Session Anda yang tersimpan, dan pihak Shopee atau pihak manapun, mau tokped atau marketplace lainnya juga sama. Mereka akan mengganggap kalian itu sama, itulah gunanya Session. Shopee ataupun marketplace lain tidak akan tau toko Anda mau dikelola berapa orangpun itu terserah. Coba saja kasih id dan pw toko Anda ke anak Anda. Suruh dia login di komputer Anda, apakah Anda ingin Shopee bilang bahwa ada 3 orang yang mengakses akun Anda? Tentu tidak, Shopee akan menganggap itu Anda sendiri yang login. Intinya orang yang punya akses terhadap akun tersebut. Tidak mungkin setiap kali login, Shopee akan melihat wajah penggunanya. “Oh ini suaminya, kasih masuk”, “Oh ini Orang Tuanya kasih masuk”, “Eh ini belum pernah liat, mungkin keluarga jauhnya, jangan kasih masuk”. Tidak logis bukan?

            Kalaupun Anda tidak menggunakan kata sandi yang berisi PIN Anda, coba pikirkan apakah ada akun di toko lain, misalnya di lazada/tokped/facebook atau apapun yang Anda pernah login di komputer tersebut mengandung angka PIN tersebut.

            Ada banyak cara yang bisa digunakan hacker untuk mencuri data Anda. Melalui virus, malware, software, dll. Cara penyaluran virusnya pun banyak macam. Jadi jangan hanya karena “Saya tidak pakai wifi umum” sudah pasti bebas dari hacker. Contohnya saya juga tidak pakai wifi umum, dan terkena virus malware.

            Mungkin Anda menyalahkan toko lain aman, hanya Shopee yang keamanannya buruk (karena Saldo yang diambil hanya di Shopee). Masalahnya pencuri memang hanya bisa mengambil saldo Shopee, karena akun Shopee penjual dan Shopee pembeli itu terhubung dalam satu akun. Berbeda dengan tokopedia, saldo penjual tidak bisa digunakan, jika ditarik otomatis ke bank terdaftar, jika di ubah tujuan banknya butuh verifikasi nomor hp (pencuri akan stuck/berhenti di sini, tidak bisa melewati tahapan ini). Sama halnya dengan Lazada, Blibli. Makanya jarang sekali membaca laporan saldo marketplace lain dicuri. Hanya yang sering Shopee. Sehingga mayoritas menyalahkan sistem keamanannya yang lemah, padahal sistem keamanannya sudah mumpuni.

          • 5 Juli 2022 - (15:18 WIB)
            Permalink

            Ah satu lagi, Bukalapak akun penjual dan pembeli juga menyatu, makanya kita sering lihat laporan akun bukalapak belanja pakai kredivo, atau pembayaran cicilan lainnya. Itulah persamaannya.

  • 4 Juli 2022 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Kok saya keinget ada yang kehilangan uang di rekeningnya,ternyata yang ngambil suaminya…jangan2????????

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem Keamanan Shopee?

Ada 90 komentar sampai saat ini..

Saldo Penjual Mendadak Hilang, Pihak Shopee Tidak Mau Bertanggung Jawa…

oleh Jully Wijaya dibaca dalam: 1 menit
90