Klaim Paket Retur COD Shopee via J&T, yang Dalam Keadaan Patah Saat Kembali ke Penjual

Saya mempunyai 1 transaksi penjualan di Shopee menggunakan sistem COD untuk item sebagai berikut:

  • Roof rail kaki 3 Ertiga lama (dengan bahan aluminium)
  • Nomor Pesanan: 220625QJUD5YEU
  • Ekspedisi: J&T Express
  • Nomor resi: JP2387804878
  • Pembayaran: Sistem COD.

Sesuai info yang saya terima, order tersebut dibatalkan karena gagal dikirim dan barang dikirim kembali ke kami selaku penjual. Pada saat barang kembali, ternyata barang dalam keadaan patah.

Saat itu juga saya langsung chat dengan CS mengenai masalah yang saya alami dan disarankan sama customer service untuk mengisi form retur dengan alasan “Barang Rusak pada saat diterima” dan lampiran gambar dan video unboxing.

Setelah saya mengajukan form tanggal 06 Juli 2022 (waktu yang sama juga pada saat saya terima barang returan dari ekspedisi ). Namun per hari ini (7 Juli 2022), saya mendapat jawaban dari Shopee bahwa permintaan saya ditolak, karena packaging tidak sesuai prosedur packaging, yaitu packaging dalam bubble wrap, packing luar harus ada dus dan label khusus.

Memang untuk barang kita di-packaging menggunakan dus tebal dan ada label fragile, dikarenakan bahan barang tersebut adalah aluminium. Logika kami dengan dus tebal dan label fragile pastinya sudah cukup, apalagi materialnya aluminium tidak mungkin bisa patah. Jika sampai patah kan berarti itu adalah kesalahan dari ekspedisi, mau 3 lapis bubble wrap pun pasti akan patah juga, karena pasti barang ini tertimpa barang yang sangat berat.

Saya sangat kecewa dengan keputusan Shopee ini. Menurut saya, Shopee seakan-akan menghindar dari penggantian barang saja, dengan berdalih tidak sesuai dengan SOP packaging mereka. Seharusnya dari pihak Shopee bisa menjadi jembatan untuk penjual ke ekspedisi J&T untuk melakukan penggantian, karena ini jelas-jelas kesalahan ekspedisi, apalagi ada program asuransi 100% COD. Menurut saya itu bullshit aja programnya.

Andy Frandesar
Jakarta Pusat


Update (14 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan J&T Express atas Surat Pembaca Bapak Andy Frandesar

Sehubungan dengan surat pembaca Bapak Andy Frandesar dengan judul “Klaim Paket Retur COD Shopee via J&T, yang Dalam Keadaan Patah...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Klaim Paket Retur COD Shopee via J&T, yang Dalam Keadaan Patah Saat Kembali ke Penjual

  • 11 Juli 2022 - (10:51 WIB)
    Permalink

    [Logika kami dengan dus tebal dan label fragile pastinya sudah cukup, apalagi materialnya aluminium tidak mungkin bisa patah. ]

    memang kadang antara logika dan aturan yang diterapkan sering tidak bisa sama, mungkin ke depannya yang diikuti SOP mereka saja agar claim bisa lancar. untuk kali ini kejar terus dan kedepannya packing sesuai kemauan mereka. dan karena sudah tayang di surat pembaca ini biasanya shopee akan cepat bergerak

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Klaim Paket Retur COD Shopee via J&T, yang Dalam Keadaan Patah Sa…

oleh Andy Frandesar dibaca dalam: 1 menit
2