Shopee Menolak Pengembalian Barang yang Rusak

Pada tanggal 19 Juli 2022, saya membeli barang (Tip Top CBL-038 380W Electric Blower) di toko online teknikmart.com yang ada di Shopee, nomor pesanan: 220719U2XK6TUD dan barang datang pada tanggal 24 Juli 2022. Saat saya unboxing, saya menemukan pecahan plastik bodi produk di dalam kardus produk, tapi di luar plastik pembungkus. Walau begitu, saya tidak terlalu mempermasalahkannya dan langsung test fungsi dengan harapan produk bekerja dengan baik.

Namun harapan tersebut tidak terwujud, karena fungsinya sebagai peniup dan penyedot tidak bisa bekerja dengan baik. Setelah saya teliti, ternyata ada bagian pengunci yang pecah yang mengakibatkan kebocoran sirkulasi angin dan membuat produk tidak bekerja dengan baik. Setelah proses record video unboxing, saya periksa lagi video tersebut dan ternya produk memang sudah rusak saat saya menerimanya. Bahkan jika mengingat ada serpihan plastik bodi produk di dalam kardus dan dil uar kantong plastik pembungkus, itu menunjukkan jika barang sudah rusak sebelum dikirim.

Karena saya merasa sangat dirugikan dan memiliki bukti yang cukup jelas, maka saya mengajukan pengembalian barang ke Shopee. Namun penjual berkilah dan malah menyalahkan saya yang melakukan test fungsi produk, seolah-olah kerusakan diakibatkan oleh saya. Namun saya berusaha mengekspos dengan screenshot bagian video yang menunjukkan kerusakan produk ada sebelum saya melakukan test fungsi.

Usaha saya sia-sia, karena Shopee menolak pengajuan saya dengan alasan bukti belum mendukung klaim. Saya rasa alasan penolakan Shopee tidak relevan, karena di dalam video unboxing dan foto terlihat jika produk dalam kondisi rusak.

Perlu diingat jika produk tersebut adalah sebuah blower, yang berfungsi sebagai peniup sekaligus penyedot. Sebagai perbandingan jika kita meniup sedotan yang bocor/bolong di tengah maka tiup dan sedotannya tidak akan bisa bekerja dengan baik. Dalam foto di bawah ini terlihat jika pengunci yang seharusnya menjadi tempat sekrup pengunci pecah.

Tidak sampai di situ, setelah saya menerima penolakan klaim garansi Shopee tersebut, saya melakukan klaim kembali dengan bukti screenshot yang menunjukkan bagian video, di mana kerusakan produk terlihat. Namun kembali ditolak oleh penjual (teknikmart.com) dan Shopee secara otomatis meminta bukti tambahan.

Saya tidak memberikan bukti tambahan, karena bukti yang saya berikan sebelumnya berupa link video unboxing dan screenshot bagian video yang menampilkan kerusakan dan juga foto produk yang rusak sudah jelas. Namun sepertinya pihak Shopee tidak objektif dalam menilai dan menolak klaim pengembalian barang saya.

Hal ini membuat saya sangat kecewa dengan pihak Shopee

Slyzi Purva Misbakhul Hadi
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:65    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Shopee Menolak Pengembalian Barang yang Rusak

  • 13 Agustus 2022 - (11:24 WIB)
    Permalink

    beli offline itu lebih menyejukan,garansi jelas kalau produk gagal atau cacat ,langsung datang ke toko ,ga ada embel embel takut ditolak Ama penjual atau pihak ketiga …jadi orang pintar akan membeli offline mas bro

    7
    18
    • 13 Agustus 2022 - (19:43 WIB)
      Permalink

      iya bro bener banget, beli langsung ketoko lebih afdol.. dulu saya juga lebih milih beli ketoko terdekat. tapi itu duluuuu sebelum saya didiagnosa RP. walaupun begitu saya masih suka beli ketoko kalo ada yang mau anter

      • 14 Agustus 2022 - (08:21 WIB)
        Permalink

        Nah itu cerdas belanja offline lebih puas dari online walau banyak promo2 yg menggiurkan. Susah sih untuk membuktikan rusaknya apa sebelum dikirim atau dalam perjanan.

    • 14 Agustus 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Ma’af bro… Beli online pun termasuk orang pintar… Pertahankan keyakinan dan pendirian anda, karena orang seperti anda sangat dibutuhkan bagi para pedagang di sekitar anda. Tapi saya yakin, pedagang disekitar anda pasti ada yg jualan online.

  • 13 Agustus 2022 - (15:23 WIB)
    Permalink

    Sayangnya anda tidak mencantumkan link video unboxing, sehingga kami pembaca tidak bisa menilai apakah keputusan marketplace tepat atau tidak. Foto tidak bisa menjadi bukti bahwa kerusakan sudah terjadi SEBELUM barang dibongkar dari kemasan pengiriman.

    Semoga masalahnya cepat selesai.

    12
    2
    • 13 Agustus 2022 - (19:47 WIB)
      Permalink

      Di baca rajin rajin gan. “karena bukti yang saya berikan sebelumnya berupa link video unboxing dan screenshot bagian video”

    • 13 Agustus 2022 - (19:47 WIB)
      Permalink

      tadinya mau tak cantumkan, tapi saya khawatir nanti bukannya diskusi barang cacat malah bahas saya yang cacat.. jadi saya urungkan

      • 13 Agustus 2022 - (22:50 WIB)
        Permalink

        Lha terus gimana bisa kita objektif menilai kasusnya. Bagaimana dengan respon toko penjualnya? Masa ga coba negosiasi? Atw mungkin pihak asuransi? Dan ke semuanya openingnya ada di video unboxing saudara. Baik sertakan biar bisa menilai.

        • 15 Agustus 2022 - (11:04 WIB)
          Permalink

          Video unboxing nya mulai dari dus Blum dibuka Kan? Karena video unboxing itu mulai nya dari saat barang masih dibungkus Blum dibuka lalu di record saat buka gt

    • 14 Agustus 2022 - (19:43 WIB)
      Permalink

      Kalo urusan klaim produk lebih bagus tokopedia, tapi ada biaya tambahan dan minimal pembelian, kurangnya shopee komplainnya ga menyediakan fitur upload video

      fyi: ingat jangan beli proteksi produk, itu hoax, syaratnya jelas, kerusakan jelas, tapi pasti ditolak

  • 13 Agustus 2022 - (19:45 WIB)
    Permalink

    karena bukti yang saya berikan sebelumnya berupa link video unboxing dan screenshot bagian video

    Lah kan sudah memenuhi. Masa dimenangkan penjual? Aneh itu shopee. Saya juga ada kasus seperti itu. Dimenangkan penjual. Sepertinya SDM Admin Shopee rendah. Malas menganalisis.

    • 13 Agustus 2022 - (21:07 WIB)
      Permalink

      itulah, saya juga bingung mau gimana lagi.. padahal suah saya ekspose bagian yang rusak.
      saya juga setuju jika dibilang sdm shopee kurang teliti dan malas menganalisa. nmun, saya berharap dengan adanya surat pembaca di media konsumen ini mereka mau memperbaiki permasalahan tersebut.

      4
      2
    • 13 Agustus 2022 - (21:08 WIB)
      Permalink

      itulah, saya juga bingung mau gimana lagi.. padahal suah saya ekspose bagian yang rusak.
      saya juga setuju jika dibilang sdm shopee kurang teliti dan malas menganalisa. nmun, saya berharap dengan adanya surat pembaca di media konsumen ini mereka mau memperbaiki permasalahan tersebut.

      2
      1
      • 13 Agustus 2022 - (21:50 WIB)
        Permalink

        Emang gan, SDM admin shopee malas malas dan pemalas. Tidak tahu inti persoalan dan apa yang dipersoalkan. Biasanya itu tanggungan penjual barang pecah belah harus ada fragile. Atau packing harus aman lah. Biasanya ada SOP Klausul Shopee. Emang SDM Admin Shopee sangat rendah. Sekelas anak SD yang dilatih berbahasa robot.

  • 13 Agustus 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Cukup lampir kan foto resi dalam paket foto bagian yg rusak Vidio kalau yg di lampir kan cuma foto dan vidio tanpa ada foto resi ya kalah

  • 14 Agustus 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Kalo urusan klaim produk lebih bagus tokopedia, tapi ada biaya tambahan dan minimal pembelian, kurangnya shopee komplainnya ga menyediakan fitur upload video

    fyi: ingat jangan beli proteksi produk, itu hoax, syaratnya jelas, kerusakan jelas, tapi pasti ditolak

    • 14 Agustus 2022 - (21:43 WIB)
      Permalink

      Lah, kan jelas barang yang pecah belah harus ada tulisan Fragile. Kalau Shopee Mall pasti wajib kertas “Fragile”

    • 14 Agustus 2022 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Gan, ada fitur pause video. Tak mungkin unboxing video sekelas 2K. Emang adminya pada malas menganalisa. Tamatan SD ditatar bahasa robot.

  • 14 Agustus 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    apakah video unboxing dari awal buka paket? atau saat sudah dibuka baru divideo? karna biasanya kalo video tapi sudah dalam keadaan bukan dari awal buka bisa jadi tidak bisa pengembalian karna ada oknum yang sengaja menukar produk rusak dan itu pernah terjadi, pastinya kepurusan ditolak bisa saja terjadi karna itu video bukan dari awal buka paket. kalo awal buka paket rusak fix pasti diterima shopee. saya juga seller jadi saya juga sering mengalami penipuan bahkan kami terima barangnya retur beda dg merk yg kita punya barang serupa. belanja online jangan lepas unboxing dari awal dan tampakkkan resinya lalu open sampai test jangan putus.

  • 14 Agustus 2022 - (22:50 WIB)
    Permalink

    Shoppe aneh juga penilaian untuk pengembalian. Saya justru kebalikan, saya sebagai seller kirim barang kondisi baik berfungsi foto2 sangat jelas saat diiklankan..sampai di pembeli mengeluh rusak tanpa ada bukti video unboxing nya. jd ga jelas kerusakannya saat dimana. mungkin bs jd di kurirnya. tp pembeli ttp ga memiliki video unboxing tp saya bener2 kecewa keputusa shoppe membenarkan pembeli tanpa video unboxing. akhirnya barang dikembalikan ke saya dalam keadaan rusak fisik dan tdk berfungsi. saya bener2 rugi berjualan di shoppe. baru sekalinya laku bukan untung malah kerugian yg saya dpt. biasanya saya jualan di tokped aman2 aja.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Shopee Menolak Pengembalian Barang yang Rusak

oleh Slyzi dibaca dalam: 2 menit
30