Produk Hilang dalam Pengiriman, Penjual di Shopee yang Menanggung Kerugian

Perkenalkan saya Mariana, seller lampu LED (uniqo16) di Shoopee. Kejadiannya pada tanggal 27 Juli 2022, pembeli memesan 8 pcs lampu LED, menggunakan kurir J&T dengan ongkir Rp509.000 dan nomor resi: JP4715995906. Ternyata paket dinyatakan hilang tanggal 12 Agustus 2022.

Akan tetapi dana yang dikembalikan oleh Shopee hanya sebesar Rp1.000.000, dengan alasan tidak memakai jasa asuransi. Setelah saya cek di aplikasi seller, tidak ada kolom yang mengharuskan ada jasa asuransi.

Saya berjualan di marketplace bukan hanya di Shopee, tapi ada di Tokopedia juga. Hal yang sama pun pernah terjadi, tapi dana penggantian full senilai harga produk. Barang sudah saya cek satu per satu, saya bungkus bubble wrap satu per satu, berharap untung malah rugi.

Saya tidak berharap penggantian 10 ongkir (10 xRp509.000). Saya cuma berharap, klaim kerugian sesuai nominal penjualan saya atau kembalikan barang saya. Suruh pihak J&T cari sampai ketemu, karena barang saya ukurannya besar, gak mungkin bisa hilang.

Semoga pihak Shopee membaca artikel ini dan segera kembalikan dana sesuai penjualan saya.

Mariana
Medan, Sumatera Utara


Update (20 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:62    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Produk Hilang dalam Pengiriman, Penjual di Shopee yang Menanggung Kerugian

  • 15 Agustus 2022 - (18:54 WIB)
    Permalink

    parah. saya juga ada returan J&T 3 paket belum balik ke saya. katanya di nyatakan hilang oleh pihak counter nya. tapi status masih ga jelas. dana dana penggantian pun belum masuk. bener”🤦🏻‍♂️

    6
    1
    • 16 Agustus 2022 - (07:59 WIB)
      Permalink

      Wah parah ini mah , bisa jadi kesengajaan barang pecah/rusak jadi pura2 hilang . Kalau barang pecah/rusak pasti bakal jelas menyalahkan ekpedisi.

      1
      1
      • 16 Agustus 2022 - (08:25 WIB)
        Permalink

        Klw paketnya besar gak mungkin ilang kak , sudah2 lah itu mah permainan pihak ekspedisi nya, ada salah satu oknum yang nakal dari pihak J&T saran aku untuk ke depan lebih baik matikan saja pengiriman J&T lebih baik gunakan shopee standar expressen karna lebih aman
        Paket retur ku aja ada 20 paket gak jelas sampe skrg gak di balikin , katanya gak ada di konter dicari2 gak ada , siapa yg mau ganti pihak kurir yang bagian pikup tdk mau ganti jadi aku ikhlaskan sajalah, skrg toko aku pengiriman paket J&T sudah aku matikan
        Sebab paket retur suka ilang gak di balikin ,udah gitu kurir yg bagian antar barang ke pembeli apalagi yang COD ,suka sengaja membatalkan paket dengan alasan pembeli menolak menerima paket, padahal si kurir tadi tu gak datang ke alamat pembeli tau2 paket di retur, udah gitu saat direktur barang ilang gak balik ke penjual. Dahlaaaah

        9
        1
        • 16 Agustus 2022 - (13:48 WIB)
          Permalink

          Biasa klo soppee mahh emg ga nyediakan asuransi jd klo paket hilang soppee ga rugi wkwkkwkkw

          1
          2
      • 16 Agustus 2022 - (10:27 WIB)
        Permalink

        Setahu saya bagusan barang rusak daripada hilang, kalo rusak, tpi ga di asuransiin, ekspedisi berhak ga ganti rugi apapun selama barang berhasil tiba/dibalikin. Tapi kalo barang hilang, ekspedisi wajib ganti rugi seenggaknya 10x ongkir klo barang ga di asuransiin.

        1
        1
    • 16 Agustus 2022 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Tiap baca media konsumen, isinya shopee lagi, j&t lagi
      Tapi orang masi pada betah pakek 2 nama ini ya?

  • 15 Agustus 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Lah, Admin Shopee begitu kualitasnya (kalau di bilang bobrok, di bilang kita kasar). Permasalahan barang hilang sudah konsekuensi Shopee mengganti karena mereka sendiri yang “Menyediakan Layanan” kalau ada orang yang Menyediakan Layanan” ya harus berani bertanggung jawab dong.

    Kurir dan Shopee ada Klausul perjanjian pergantian barang barang.

    10
    2
      • 15 Agustus 2022 - (20:17 WIB)
        Permalink

        Bukan berat, mereka sudah ada perjanjian ke kurir. Gini, tiap bulan pembayaran Shopee ke kurir atas layanan ongkir gratis, semua di akumulasi. Nah, jika ada yang hilang, biaya pembayaran bulanan otomatis di potong. Mereka pembukuan.

        • 16 Agustus 2022 - (04:21 WIB)
          Permalink

          Ngga ada hubungannya. Sekarang saya tanya, kenapa Bukalapak, Tokopedia, Blibli bisa sedia fitur asuransi pengiriman sementara Shopee tidak?

          Secara logika, mereka juga punya gratis ongkir, mereka juga punya klausul dengan kurir, tapi mereka mau kerjasama dengan perusahaan asuransi untuk melindungi transaksi di platform mereka sendiri. Sementara Shopee, udah kegedean gengsi, menganggap transaksi di platformnya aman tanpa resiko. Ingat email dari Shopee? selalu ada kalimat “Yuk, Belanja Aman di Shopee!”

          Dari kalimat itu udah menandakan rasa kepedeannya Shopee, padahal platform yang ngga ada asuransi itu justru tingkat keamanan transaksinya paling rendah.

          19
          1
          • 16 Agustus 2022 - (08:56 WIB)
            Permalink

            Iya, return” lewat j&t di aku juga gitu….
            Barang returnan belum nyampe ke saya ( penjual ) tp statusnya paket telah diterima penjual.

            3
            2
          • 16 Agustus 2022 - (09:34 WIB)
            Permalink

            Bukan tidak ada hubungan. Lah pihak asuransi emang ada yang mau rugi juga? Hanya bayar 4ribu misalnya (banyak transaksi di atas 3 juta yang hilang ada 20 transaksi). Minus kan?

            Untuk mengatasi keminusan mereka, biayanya ada kerjasama untuk mengatasi ini dengan cara (pihak asuransi juga dapat menolak klaim secara brutal atau bahasa na-asnya dapat pembeli yang bermetode “Ya sudah iklasin aja)

            Bukan gitu juga. Ini masalah perjanjian antara Shopee dan Kurir. Jangan terbang terbang ke kata lu, harus gini, itu. Telaah dulu, itu tercantum antar perjanjian mereka.

          • 16 Agustus 2022 - (09:36 WIB)
            Permalink

            Oh iya, dalam perjanjian antar Asuransi juga mereka tahu ada perjanjian dengan salah satu pihak, Asuransi hanya bisa mengcover 70persen kehilangan barang dan kerusakan. Hahahah makanya biasanya mereka kata kasarnya “Rugi bagi tiga tidak boleh bagi perseorangan doang”

  • 16 Agustus 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Semenjak dusbox sepatu (Dus standart sepatu) yang saya kirim dinyatakan kena volume,saya sudah menonaktifkan jasa pengiriman ini, ngeri banyak oknum

    3
    1
  • 16 Agustus 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Hati2 pake j&t sekarang. 3 paket returan saya total kerugian 500rb hilang entah kemana tiap kali ditanya ke agen tempat kirim selalu masih di gudang. Tanya ke gudang jawabnya ga ada suruh telpon cs j&t. Telpon cs j&t harus diselesaikan secara internal sedangkan bagian agen pengiriman gamau ganti rugi. Beda sama jasa kirim lain kalau ada returan selalu diantar ke alamat pengirim. Sejak kejadian ini saya matikan jasa kirim j&t.

    7
    1
    • 16 Agustus 2022 - (13:08 WIB)
      Permalink

      Saya suka ubah ubah opsi pengiriman kurir. Semua tergantung penjual. Kemarin saya minta toko aktifkan JNE, matikan yang kurir aneh aneh. Pas ane beritahu aktifkan JNE malah tak digubris.

      1
      1
  • 18 Agustus 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Saya kirim barang dengan asuransi aja masih bisa hilang padahal ukurannya besar dan packing kayu juga, apalagi ini tanpa asuransi dan nominal barangnya lumayan lagi

  • 19 Agustus 2022 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Shopee kayaknya emang gamau ada fitur asuransi ya atau gamau ada yg kerjasama dlm hal asuransi? Ntahlah

  • 19 Agustus 2022 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada media konsumen dan seluruh pembaca.

    barang saya sudah ditemukan tgl 18 agustus 2022 dan masalah sudah selesai.

    Terima kasih….🙏

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Produk Hilang dalam Pengiriman, Penjual di Shopee yang Menanggung Keru…

oleh mariana mariana dibaca dalam: 1 menit
22