J&T dan Shopee Tidak Sinkron Terkait Pembatalan Pesanan

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memuat keluhan saya. Perkenalkan saya Gufron, saya adalah pelanggan setia Shopee. Kronologi keluhan yang saya mau sampaikan adalah sebagai berikut:

  • Tanggal 27 April 2022 06:25 pagi, saya melakukan pemesanan berupa Infinite Watch 7 Black dengan nomor pesanan: 220427MSN6C4N3, nomor resi J&T: JP9177964174, dibayarkan saat itu juga menggunakan SPayLater. Sengaja saya melakukan pesanan jauh hari sebelum mendekati Idul fitri, karena saya tahu pasti akan terhambat dengan alasan overload.
  • Tanggal 27 April 2022 23:42 malam, paket diserahkan ke J&T oleh seller Infinite Watch.
  • Tanggal 30 April 2022 06:47 pagi, status paket dengan keterangan “Paket telah sampai di gudang DEPOK”. Lama tidak ada update hingga pada akhirnya tanggal 05 Mei 2022 18:47 malam, terdapat keterangan ” Paket sedang dibawa kurir menuju ke lokasi Anda”
  • Tanggal 6 Mei 2022 17:49 sore, saya mendapatkan pesan WhatsApp dengan maksud mengkonfirmasi bahwa paket pesanan saya mengalami keterlambatan dan tidak ada SLA pasti yang diberikan kapan paket akan diantarkan, hanya sebatas konfirmasi keterlambatan.
  • Tanggal 7 Mei 2022 15:01 sore, terdapat keterangan “Percobaan pengiriman paket gagal sudah reschedule dengan customer. Pengiriman akan dilakukan kembali hari berikutnya”.

Dikarenakan lamanya proses pengiriman yang tidak jelas, saya melakukan pengaduan ke Shopee via live chat dan memutuskan untuk membatalkan pesanan tersebut. Namun saya tetap disarankan menunggu. Karena saya sudah sangat hard complaint, akhirnya pada tanggal 11 Mei 2022 Shopee menyetujui pembatalan dan pengembalian kredit SPayLater kembali. Namun pada tanggal 12 Mei 2022 11:30 siang terdapat keterangan “Paket sedang di bawa kurir menuju ke lokasimu”.

Tanggal 12 Mei 2022 20:32 malam, paket datang ke tempat saya. Saya langsung informasikan kepada kurir bahwa paket tersebut sudah dibatalkan (saya tolak). Namun kurir menyatakan “Silakan bapak konfirmasi ke Shopee, kurir hanya mengantarkan dan tidak bisa membawa paket kembali”. Akhirnya saya terima, saya mencoba melakukan komunikasi via live chat dan telepon Shopee, tapi tak kunjung masuk. Karena kesibukan pekerjaan akhirnya saya lupa dan barang pun hanya saya taruh di rumah.

Kemudian pada tanggal 12 Agustus 2022, seseorang yang mengaku pihak J&T mengirimkan pesan WA dengan konfirmasi  apakah saya sudah menerima pengembalian dana untuk pesanan jam tersebut. Hingga saat ini saya belum merespons.

Saya sangat menyayangkan:

  1. Komunikasi informal via WA yang dilakukan selalu oleh J&T.
  2. Tidak ada CS yang menghubungi via call untuk memastikan memang benar WA tersebut adalah dari pihak J&T.
  3. Proses settlement antara Shopee dan J&T yang buruk, sehingga sudah 3 bulan baru ter-audit bahwa ada paket yang sudah dibatalkan tapi tetap dikirimkan.
  4. Kurir J&T yang memaksa saya menerima paket tersebut walaupun sudah dibatalkan.

Saya akan membayarkan pesanan tersebut dengan catatan:

  1. Pihak J&T membuatkan kronologi dengan kop surat perusahaan beserta tanda tangan manager/PIC level tertinggi agar memastikan masalah ini akan selesai nantinya dan tidak ada lagi penagihan dikemudian hari.
  2. Kompensasi atas waktu yang sudah terbuang hanya untuk masalah receh seperti ini.

Terima kasih.

Gufron
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir J&T Express di Shopee:
[Total:6    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “J&T dan Shopee Tidak Sinkron Terkait Pembatalan Pesanan

  • 18 Agustus 2022 - (11:57 WIB)
    Permalink

    ajukan pengembalian? apa barangnya sudah dibalikin/dikirim ulang? agak rancu saya baca nya.

    memang bisa setelaj barang diterima bisa di batalkan, nanti diproses kirim ulang oleh customer.

  • 18 Agustus 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Media Konsumen yang sudah membantu menyelesaikan masalah ini. Terima kasih Shopee yang sangat cepat tanggap dan langsung menghubungi saya via call setelah tulisan ini dimuat. Untuk J&T pun terima kasih sudah menyelesaikan masalah ini. Harapan saya kedepannya tidak ada lagi masalah seperti ini yg sangat mengganggu customer journey dari pelanggan setia kalian. Satu pesan saya, Whatsapp adalah platform yang tidak semua komunikasi dapat disampaikan disana, ada kala nya komunikasi harus dilakukan via call atau email, karena dari sanalah terlihat profesionalitas perusahaan Anda dan masalah pun lebih cepat di selesaikan guna meningkatkan CSAT perusahaan Anda. Terima kasih atas kolaborasi yang baik dan cepat dalam menyelesaikan permasalahan ini.

    Salam

    Gufron
    Depok, Jawa Barat

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir J&T Express di Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

J&T dan Shopee Tidak Sinkron Terkait Pembatalan Pesanan

oleh Gufron Alfaridzie dibaca dalam: 2 menit
2