Mau Tutup Akun Shopee, Lapor via Live Chat Malah Diputus Sepihak

Saya memiliki 2 akun Shopee, yang waktu saya buat dengan maksud satu untuk berjualan dan satu lagi untuk pribadi. Namun karena sudah lebih dari satu tahun akun saya lama tidak digunakan, maka saya memutuskan berhenti saja, toh akunnya sudah tidak digunakan.

Ketika saya coba login, ternyata pilihannya hanya ada satu cara verifikasi melalui WhatsApp. Tentu saja saya tidak terima notifikasi tersebut, karena nomornya sudah hangus. Setelah itu saya coba login lagi menggunakan akun yang satu lagi, untuk memastikan verifikasi seperti apa. Ternyata Shopee memberikan link, yang jika kita klik ini akan masuk ke akun Shopee.

Loh gimana, akun saya sudah tidak digunakan, sedangkan aturan dari operator itu jika nomor sudah tidak digunakan, maka nomor hp akan dijual kembali. Bagaimana jika ada pengguna baru nomor lama saya yang terima WhatsApp dari Shopee kemudian digunakan login?

Di Shopee itu ada data saya, mulai dari data diri, alamat dan kartu kredit. Oleh karena itu saya coba hubungi live chat Shopee untuk berhenti berlangganan. Namun dinyatakan tidak bisa, paling saya hanya bisa mengganti nomor hp untuk akun yang ingin diberhentikan. Saya informasikan bahwa saya hanya memiliki 1 nomor hp dan itu pun sudah terdaftar di akun Shopee.

Ternyata tetap tidak bisa, saya harus beli nomor hp baru, sedangkan pemerintah sendiri sudah menetapkan 1 NIK maksimal 3 nomor. Tujuannya agar masyarakat tidak sembarangan gonta-ganti nomor hp dan agar lebih terjaga keamanannya. Akhirnya keluhannya saya dibuatkan laporan dengan ID: 1558784022856708146.

Kemudian saya ada notifikasi melalui email, bahwa ada data yang kurang. Padahal saya sudah memberikan data saya, bahkan foto KTP dan foto selfie sambil memegang KTP. Ini buat berhenti berlanggannya saja sampai butuh foto selfie, kan aneh. Namun tetap saya berikan.

Pada tanggal 17 Agustus 2022, saya chat kembali untuk menanyakan data apa yang kurang. Ternyata tetap harus memberikan nomor hp yang tidak terhubung dengan akun Shopee. Kan sudah saya informasi dari awal, bahwa saya tidak memiliki nomor lain. Untuk apa dibuatkan laporan jika tindakannya saya butuh nomor?

Jika untuk keamanan, kan bisa validasi data saya. Bahkan saya juga sudah kirim foto KTP dan foto selfie, ini cuma buat tutup akun saja. Saya tidak diberikan solusi, cuma dijanjikan akan dihubungi. Saya tanyakan jam berapa saya akan dihubungi, agar saya tidak mantengin hp cuma menunggu telepon dari Shopee. Namun agen tersebut tidak menjawab dan chat diakhiri sepihak tanpa kesopanan. Hingga tanggal 20 Agustus 2022 tidak ada dari pihak Shopee yang menghubungi saya, malah laporan saya ditutup tanpa solusi.

Pertanyaan untuk Shopee:

  1. Jika ada pelanggan ingin berhenti kenapa dibuat susah? Jika alasan keamanan, kenapa tidak validasi data saya?
  2. Untuk berhenti berlanggan memang membutuhkan foto selfie? Untuk apa?
  3. Kenapa Shopee tidak memiliki layanan dengan baik? Ini kejadian yang kedua. Jika pelanggan tidak diberikan belum diberikan solusi, kenapa chat harus diputus? Ini sangat tidak sopan, apalagi di dunia pelayanan, ini sangat tidak diperbolehkan. Beberapa bulan yang lalu ketika chat saya diputus, lalu saya komplain Shopee mengenai pelayanan tersebut, saya minta dihubungi oleh team leader. Prosedur Shopee, jika pelanggan chat lebih dari 50 menit akan diputus, walaupun belum ada solusi untuk pelanggan.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memuat keluhan saya.

Taofan
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Mau Tutup Akun Shopee, Lapor via Live Chat Malah Diputus Sepihak

  • 23 Agustus 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    meski akun shopee ada data2 seperti kartu kredit, tetep saja seharusnya aman krn ketika mau belanja menggunakan kartu kredit, akan diminta kembali mengisikan CVV yg ada di belakang kartu. Dan apakah nomor yg akan dikirimkan OTP merupakan nomor yg hangus tadi? kalo iya, berarti anda yg ceroboh/lalai. ubah no hp di bank penerbit kartu kredit tsb utk mengantisipasi kebobolan. hal yg sederhana sebenernya.

    • 23 Agustus 2022 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Penulis mungkin salah pemahaman, di shopee pembuatan akun tidak bersifat berlangganan. mungkin yang di maksud oleh penulis ingin melakukan penghapusan akun bukan pemberhentian. Dari solusi chat sudah di infokan penghapusan akun hanya bisa dilakukan pengguna tidak dapat langsung dari sistem. kalau dibaca lagi permintaan data KTP dan selfi digunakan untuk kendala selanjutnya agar bisa login menggunakan verifikasi email. Kalau saran saya jika penulis mau melakukan penghapusan data ya login dulu, buat login y ubah nomor handphone dengan nomor yg belum pernah terdaftar. kalau penulis bilang punya 2 akun berarti ada 2 nomor handphone masih bisa beli 1 nomor lagi kan belum 3 anjuran pemerintah.

  • 23 Agustus 2022 - (10:43 WIB)
    Permalink

    Semenjak Syopi ini berhubungan dgn aktivitas pinjol, maka apa2 dipersulit kalau soal data pelanggan.
    Syopi tolong kembali ke fungsi dulu aja, jual beli bukan pinjamin duit.

    6
    1
  • 23 Agustus 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Penulis mungkin salah pemahaman, di shopee pembuatan akun tidak bersifat berlangganan. mungkin yang di maksud oleh penulis ingin melakukan penghapusan akun bukan pemberhentian. Dari solusi chat sudah di infokan penghapusan akun hanya bisa dilakukan pengguna tidak dapat langsung dari sistem. kalau dibaca lagi permintaan data KTP dan selfi digunakan untuk kendala selanjutnya dari penulis agar bisa login menggunakan verifikasi email. Kalau saran saya jika penulis mau melakukan penghapusan data ya login dulu, buat login y ubah nomor handphone dengan nomor yg belum pernah terdaftar. kalau penulis bilang punya 2 akun berarti ada 2 nomor handphone masih bisa beli 1 nomor lagi kan belum 3 anjuran pemerintah.

  • 23 Agustus 2022 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Membingungkan. Terlalu ribet mengurus penutupan akun. Kesalahannya juga membuat 2 akun dengan ktp, email, dan no.dan HP yang sama itu sdh melanggar syarat dan ketentuan kenapa jg shopee membolehkan.

    • 23 Agustus 2022 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Shopee mengijinkan 1 ktp utk 5 akun.makanya banyak toko punya 100 akun yg dia dia juga. Shopee itu spammer toko toko. Penjualnya itu itu aja klonengannya banyak.

  • 23 Agustus 2022 - (18:26 WIB)
    Permalink

    Saya hapus akun shopee saya ko lancar2 aja? ngga ribet tekan pengajuan aja isi alasan dan kirimkan abis itu otomatis kehapus setelah itu pas daftar dengan ktp yg sama masih bisa daftarko masih ter acc

  • 23 Agustus 2022 - (21:51 WIB)
    Permalink

    Verifikasi lewat WhatsApp malah lebih mudah Boss… Biarpun nomer udah hangus, kalau di WhatsApp masih bisa dipake, kecuali nomer WhatsApp anda udah ganti nomer baru. Verifikasi sebenarnya juga bisa lewat email sebenarnya, tapi apakah anda waktu pendaftaran dulu udah verifikasi email juga?
    Biarpun orang lain punya nomer anda, tapi tidak semudah itu juga bisa masuk ke akun Shopee anda, karena dia juga harus tahu email anda, kecuali jika anda hanya pakai nomer hp untuk verifikasi. Intinya adalah orang AWAM tidak akan bisa semudah itu menggunakan akun anda.
    Semoga masalah anda bisa cepat selesai.

  • 23 Agustus 2022 - (23:19 WIB)
    Permalink

    heran dah sama penulis padahal udah di jelasin sama CS nya udah mau dibantu juga tapi kurang paham. perlu diluruskan juga pembuatan akun di shopee itu tidak berlangganan. sebetulnya pertanyaan penulis ke shopee sudah dibantu jawab oleh cs nya.
    saya bantu perjelas:
    1. sudah dijelaskan untuk penghapusan akun hanya bisa dilakukan oleh pengguna tidak bisa dilakukan melalui sistem. kenapa gak bisa cukup verifikasi data kalau baca di help center y shopee ada beberapa kondisi akun gak bisa di hapus mulai dari ada pesanan berjalan, ada saldo, masih ada hutang atau lainnya yang seharunya bisa di selesaikan dulu oleh pengguna. ini sumber artikel nya https://help.shopee.co.id/portal/article/72901-%5B%3Cem%3EAkun%3C%2Fem%3E-Saya%5D-Bagaimana-cara-menghapus-%3Cem%3Eakun%3C%2Fem%3E-Shopee-saya?previousPage=search%20recommendation%20bar.
    2. foto selfi dan ktp digunakan bukan untuk penghapusan akun atau yang di maksud penulis sebelumnya untuk berhenti berlangganan. tapi data yg diminta untuk permintaan penulis agar verifikasi dikirim ke email. disini sebelumnya sudah disarankan untuk mengganti nomor hp dulu agar nanti otp bisa di terima, namunya dengan berbagai alasan penulis tidak mau mengganti nomor hp. padahal klw pihak operator merecly nomor pasti data ktp yg di daftar akan akan terhapus juga. kalau alasan cuma 3 nomor hp karena aturan pemerintah, penulis punya 2 akun berarti 2 nomor hp masih bisa daftar ktp untuk satu nomor lg atau takut gak bisa daftar lg kan sebenernya bisa juga penghapusan data ktp untuk regis nomor.
    3. kalau yang ini saya gak bisa berkata banyak terkait chat yang di akhiri sepihak karena saya gak tau prosedur shopee, tapi biasanya sih 5 menit tidak ada respon bakal diakhiri dan itupun pasti csnya nanya masih bersama kami atau semacamnya kalau 55 menit yg penulis bilang gak mungkin juga. kalau dari respon cs berikan sudah diberi penjelasan baik cuma penulis yang tidak menanggapi dengan baik karena ketidak mengertiannya. cs sudah menjelaskan penghapusan hanya bisa oleh pengguna, sudah di sarankan ganti nomor tapi gak mau dengan berbagai alasan sudah dibantu diteruskan agar bisa verifikasi di kirim ke email tinggal kirim data yg kurang doang padahal.

    sungguh disayangkan sudah diberi penjelasan dan solusi tapi penulis yang gak mau nerima dengan alasan ribet dan lain2. coba kalau penulis paham dan bisa ikutin penjelasan dan saran selesai itu. Ganti nomor, login, hapus beres

  • 27 Agustus 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Pada tanggal 26 Agustus 2022 pukul 13:03 saya dihubungi oleh pihak shopee yang menginformasikan bahwa Akunmu Telah Dihapus dan saya cek email pun sudah saya terima bahwa akun saya sudah dihapus, permasalahan penutupan akun di shopee sudah selesai, terima kasih kepada pihak media konsumen yang sudah membantu menerbitkan permasalahannya saya sampai permasalahan saya bisa diselesaikan dengan baik dan pihak shopee terima atas penyelesaian permasalahannya, namun untuk saran dari saya, tolong jangan pernah ada customer service yang memutuskan percakapan dengan pelanggan karena itu sangat tidak sopan dan agar pelayanan shoppee menajdi lebih baik

  • 27 September 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Saya juga sebagai pengguna lama shopee kecewa dan merasa dirugikan , saya pribadi sudah lama mnggunakan akun shoppe untuk online shop hanya dlm bbrapa hari ini saya iseng daftar spaylater teryata saat saya mau verifikasi NIK ktp sudah digunakan di akun shopee lain, sedangakan akun shopee saya asli saja hanya satu dan ga ada akun shopee lain. Setelah saya complain k pihak shopee teryata benar akun lain ada yg mnggunkan ktp saya, saya sempat ga habis pikir bgaiamana bisa keamanan data konsumen semudah itu di bobol shopee. Sampai saat ini saya masih menunggu klanjutan kasus, ga memungkinkan saya bisa akan tuntut langsung mungkin oknum2 shopee atas penyalah gunaan data konsumen yang tidak sesuai dan tidak ada ijin pemilik data

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Mau Tutup Akun Shopee, Lapor via Live Chat Malah Diputus Sepihak

oleh Taofan dibaca dalam: 2 menit
14