Refund Lazada untuk Debit Online BCA Melebihi 4 Bulan

Sekitar 5 bulan yang lalu, tepatnya tanggal 23 April 2022, saya belanja online di Lazada untuk pembelian barang dari Merchant Luar Negeri, Order ID Lazada: 858058127768814. Setelah melakukan pembayaran via Debit Online BCA sukses dan terkonfirmasi, tiba-tiba beberapa hari berikutnya secara sepihak entah dari seller atau sistem, order tersebut dibatalkan dan langsung ada inisiasi refund di sistem.

Di situ tertulis “Pengembalian dana melalui Kartu Kredit”, sehingga saya curiga, bagaimana proses refund-nya? Setelah ke sana kemari mencari info refund via Debit, akhirnya saya mengetahui untuk debit online prosesnya memakan waktu kurang lebih 3 bulan. Saya sempat berbincang dengan CS Lazada dan memang demikian prosesnya memakan waktu cukup lama untuk debit online, dan saya juga sempat meminta diberikan kode ARN untuk dibawa ke Bank BCA.

Setelah lama dan sabar menunggu, akhirnya 3 bulan telah terlalui. Setiap seminggu sekali saya mengecek mutasi rekening dan memang belum ada dana dari pihak Lazada masuk ke rekening (total kurang lebih Rp1 juta), hingga surat pembaca ini saya tulis 25 Agustus 2022. Hal ini menyebabkan saya berpikir, bagaimana jika saya tidak melakukan pengecekan di Bank BCA, apakah dana saya akan otomatis ditransfer ke rekening, atau selamanya mengendap entah di mana?

Oleh karena itu, dengan saya menulis surat pembaca ini, kepada Pihak Lazada agar dapat mempersingkat proses refund yang menggunakan metode debit BCA agar pembeli lebih lega menunggu proses refund. Dikarenakan menurut saya, jika refund melibatkan bank dan harus melakukan pengecekan ke bank terkait, maka proses ini sebenarnya sudah di luar batas di sisi pembeli. Karena kita membeli sesuatu bukan dari sistem kartu kredit dan tidak semua pembeli juga bisa sempat ke bank (barangkali).

Sekaligus mohon untuk pihak Lazada, segera memproses refund dana saya dengan pihak Bank BCA. Terima kasih.

M Khoirul Huda
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak M. Khoirul Huda

Menanggapi keluhan Bapak M. Khoirul Huda di Redaksi Media Konsumen tanggal 27 Agustus 2022 dengan judul “Refund Lazada untuk Debit...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Refund Lazada untuk Debit Online BCA Melebihi 4 Bulan

  • 27 Agustus 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    [Update Informasi] kemarin setelah ke CS Lazada kembali, masalah ini sudah diselesaikan dengan baik tanpa perlu ke BCA. Dana sudah ditransfer ke rekening.
    Terima kasih untuk CS Lazada yang sudah membantu.

  • 29 Agustus 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Problem solved ya. Thanks buat Lazada dan pihak-pihak yang sudah membantu.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Lazada untuk Debit Online BCA Melebihi 4 Bulan

oleh Huda M Khoirul dibaca dalam: 1 menit
3