Surat Pembaca

Menunggu Itikad Baik XL

Pada tanggal 6 September 2022 Media Konsumen, menerbitkan tulisan saya yang berjudul “Fitur Kontrol Pulsa XL Tidak Berfungsi Lagi“. Saya ingin membeberkan fakta, jauh sebelum ada Fitur kontrol pulsa XL sudah melakukan blacklist global pada nomor saya. Blacklist global yang dilakukan XL di nomor saya membuat nomor saya tidak bisa melakukan pembelian layanan berbayar Google. Tentu saja kalau yang membeli layanan berbayar Google adalah nomor, pembayarannya pakai pulsa.

Pada tanggal 11 Juni 2020 XL menawarkan kembali blacklist global ke saya. Kalian bisa lihat cs secara terang-terangan memberikan informasi “tapi ke depannya tidak bisa mendaftarkan layanan RBT dan melakukan pembelian melalui google play” faktanya memang tidak bisa, bahkan sebelum tanggal 11 Juni 2020 nomor saya memang tidak bisa membeli layanan SMS konten apa pun, termasuk layanan berbayar Google.

Namun, bodohnya pada tanggal 09 September 2022 XL mengatakan blacklist global baru dilakukan di bulan September. Apaan itu? Jelas-jelas jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa kalian melakukan blacklist global di nomor XL saya, bahkan kalian pun menawarkan kembali blacklist global dan kalian melakukan blacklist global kembali di nomor saya.

Sebenarnya kronologi tangkapan layar yang saya share di atas itu panjang, kalau saya jelaskan akan memakan banyak sekali waktu. yang jelas jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa XL sudah melakukan blacklist global di nomor saya, bahkan kalian menawarkan kembali blacklist global di nomor saya.

Kalian minta bukti lewat telepon bahwa kalian sudah melakukan blacklist global, saya sudah mengirimkan buktinya lewat email ke kalian, tanpa sensor malah. Oh iya ngomong-ngomong kalian pernah mengatakan ini ke saya

Saya tunggu itikad baik kalian karna memang jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, nomor XL saya memang tidak bisa membeli layanan konten apa pun, termasuk layanan berbayar di google karena kalian sudah melakukan blacklist global. Coba jawab dengan jujur pertanyaan saya, jika XL melakukan blacklist global di tahun 2020, apakah akan membuat nomor tidak dapat membeli layanan konten?

Saya kecewa dengan cs kalian, pada tanggal 7 September 2022 CS kalian bilang nomor XL saya emang sudah dilakukan blacklist global, tapi XL mengubah kebijakan, layanan berbayar google tidak diblokir lagi tanpa memberitahu saya sebelumnya.

Saya minta agar layanan berbayar google diblokir lagi. Pada tanggal 09 September 2022 XL malah bilang blacklist global baru dilakukan di bulan September. XL juga kasih tahu nomor saya tidak bisa membeli layanan berbayar google lagi, tapi saya masih belum coba beli layanan berbayar google menggunakan metode pembayaran XL/AXIS, saya tidak merekam pembicaraan saya dengan cs. Saya takutnya nantinya pihak XL kalau saya beli layanan berbayar google lagi, lalu pulsa saya terpotong lagi, terus saya protes, XL malah jawab pemotongan pulsa sudah sesuai.

Fajar Firdaus
Serang, Banten


Update (14 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata atas Keluhan Bapak Fajar Firdaus

Jakarta, 21 September 2022 Ref.CM/CU/E/006/0922/OS Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Berikut tanggapan kami atas keluhan Bapak Fajar Firdaus melalui Mediakonsumen.com tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • dia sendiri yang minta diberi tagihan oleh google, kemudian kaget ketika tagihannya dibayar oleh XL, dari awal jangan ada pakai layanan google kalau tidak mau bayar dan ditagih

    " Saya takutnya nantinya pihak XL kalau saya beli layanan berbayar google lagi, lalu pulsa saya terpotong lagi, terus saya protes, XL malah jawab pemotongan pulsa sudah sesuai."

    kalimat ini terutama, bikin orang bingung, sana yang beli, sana yang pulsa nya dipotong, sana yang protes

    LOGIKANYA DIMANA KALAU ANDA BLACKLIST, TAPI ANDA MINTA DITAGIH KE SITU? KAN TIDAK PAHAM KAN YA

    • kalau emang udah di blacklist oleh xl dari layanan berbayar google, harusnya gak bisa beli. dari dulu jg nomor gw emang gak bisa beli layanan berbayar google jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa. lu tahu fitur kontrol pulsa bisa melindungi pulsa dari internet, terus kalau gw youtubean dalam keadaan gak punya kuota utama, apakah gw salah? kagak salah. kalau pulsa gw terpotong oleh internet dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data, siapa yg salah? xl lah yg salah.

      • bang, BELI sama TAGIHAN itu beda, anda akan selalu bisa BELI, pertanyaan saya adalah, anda memblokir TAGIHAN, tapi tetap terus BELI, kan TIDAK MASUK AKAL?

        • gw coba beli untuk melakukan pengetesan. sama kaya dulu waktu fitur kontrol pulsa gak berfungsi untuk data, lalu xl memperbaikinya, lalu gw melakukan pengetasan mengaktifkan data seluler dalam keadaan fitur kontrol pulsa aktif untuk data dan ternyata berfungsi dgn baik. lagian, dari dulu jg jauh sebelum ada fitur kontrol pulsa, udah gw tes berkali kali nomor gw gak bisa beli layanan berbayar google, nomor gw jg gak bisa memperpanjang langganan berbayar google. itu udah gw coba berkali kali gak bisa, tp di tanggal 2 september 2022, malah jadi bisa.

          • anda minta saya kunci pintu nih, terus anda minta masuk k pintu itu, tapi minta saya tidak boleh buka pintu nya, dan itu anda minta berkali-kali tapi ekspektasinya anda saya tetap tidak buka kan

            apa masuk akal?

      • Bocil kah ini yang nulis artikel? 2 Kata GAK JELAS! Anda Kalau gak mau ada tagihan google play ya gak usah beli item in purchase google play + metode pembayaran di google play via XL di non aktifkan di playstore, lu di tagih kok komplain ke XL, Anda Gaptek Ya? Kalau gak gaptek seharusnya nulis artikel yg bener!

        • baca yg benar bocah, layanan berbayar google itu sebelumnya sudah di blokir dari nomor xl gw, wajarlah gw protes. biasanya jg gak bisa memotong pulsa. namun, tanggal 2 september 2022 pulsa gw terpotong oleh layanan berbayar google.

          • Wkwk situ kali bocah, kalau udah di nonaktikan ya seharusnya gak ada tagihan yg kluar, kok masih? , ? ups yg di google play dah di matikan belum

        • bocah2, jelas2 xl memblokir layanan berbayar google, harusnya gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. kalau bisa, berarti ada yg salah dgn sistem xl.

          • Yang bocah itu anda! di google play sudah dihapus belum metode pembayaran makek XL? Kalau sudah ya aman dong. walaupun xl udah blacklist kalau metode pembayaran google play di aplikasi google play store masih menggunakan XL ya sama aja, yang bocah itu anda kalau gaptek mending gak usah mainan hape deh

        • si ak gak paham, pahami yg benar, biasanya jg pulsa di nomor si penulis gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google. lu paham atau kagak? jelas2 cs sendiri bilang kedepannya gak bisa melakukan pembelian melalui google play.

          • Apaan sih emang faktanya itu,

            1. Jika XL sudah Blacklist By Sistem Kenapa Masih Bisa? Di tagih? Konten Berbayar Google Play Gak Serta Merta Bisa Di Matiin Lewat Sistem Internal XL, User Juga Harus Menghapus Metode Pembayaran XL di Aplikasi Google Play Store! WALAUPUN CS XL UDAH BLACKLIST LAYANAN KONTEN BERBAYAR BUAT GOOGLE PLAY, JIKA KARTU XL MASIH DI JADIIN METODE UTAMA PEMBAYARAN DI APLIKASI GOOGLE PLAYSTORE YA SAMA AJA KEK MENGAKTIFKAN LAGI! Pintar Dikit Napa

            2. Emang Salah? Ngatain GAPTEK? Anda Yang Berlangganan DI TAGIH malah nyalahin penyedia layanan
            YANG HARUS INTROSPEKSI DIRI YA USER / PENGGUNA! KALAU GAK MAU DI TAGIH YA GAK USAH NGUNAIN APLIKASI BERBAYAR HAPUS METODE PEMBAYARANNYA MENGGUNAKAN XL APLIKASI GOOGLE PLAY STORE! GAK PAHAM? Masuk Google Play Store Masuk Menu Pembayaran & Langganan trus hapus metode pembayaran XL! Trus masuk menu langganan buat lihat LANGGANAN BERBAYAR YG LU GUNAIN! Gunain Logika dan Pengetahuan Jangan Gunain Modal Bacot Doang Gak Tahu Apa Apa! Dikit dikit adu di mediakonsumen.com padahal masalah sepele, jadinya SPAM Aduan

        • bocah gaptek ngatain orang lain gaptek. jelas2 sebelumnya pulsa di nomor si penulis gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google karna nomor si penulis sudah di blacklist global. malu gw baca komen lu, sok tahu, sok benar. upss, jangan2 lu kagak paham pemblokiran pembayaran google play oleh xl lagi? wkwkwkwk

          • si ak gak paham dgn blacklist global. biasanya jg emang gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google, pembayaran akan tertolak. lalu kenapa di tanggap 2 september 2022 pulsa bisa terpotong oleh layanan berbayar google? itu karna xl tidak lagi memblokir layanan berbayar google di nomor saya tanpa pemberitahuan saya. untung saja layanan berbayar google sudah di blokir lg sama xl, saya coba beli pakai pulsa, gak bisa. ada keterangan pembayaran tidak berhasil.
            https://drive.google.com/file/d/1Op3ghk76qRtzYk9CVASDsguFjJVK-h5o/view?usp=drivesdk

            tentu saja pulsa di nomor xl saya mencukupi. bocah2 ak. gak paham, sok paham.

          • si ak gak paham dgn blacklist global. biasanya jg emang gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google, pembayaran akan tertolak. lalu kenapa di tanggal 2 september 2022 pulsa bisa terpotong oleh layanan berbayar google? itu karna xl tidak lagi memblokir layanan berbayar google di nomor saya tanpa memberitahu saya. untung saja layanan berbayar google sudah di blokir lg sama xl, saya coba beli pakai pulsa, gak bisa. ada keterangan pembayaran tidak berhasil.
            https://drive.google.com/file/d/1Op3ghk76qRtzYk9CVASDsguFjJVK-h5o/view?usp=drivesdk

            tentu saja pulsa di nomor xl saya mencukupi. bocah2 ak. gak paham, sok paham.

        • hahaha, si ak bocah sok paling paham it, sok paling gak gaptek. kalau layanan berbayar google sudah di blokir sama xl, itu gak bisa memotong pulsa di nomor xl. lalu kenapa pulsa si penulis terpotong layanan google? itu karna xl tidak lagi memblokir layanan berbayar google tanpa memberitahu si penulis, kan biasanya jg gak bisa motong pulsa. lu kalau gak paham, gak usah komen, kelihatan banget bodohnya.

        • bingung mau komen apa gw sama nih manusia. gak paham konteks, lu paham atau kagak sih arti layanan berbayar google di blokir sama operator? lu paham atau kagak bahwa itu pulsa bisa terpotong oleh layanan berbayar google karna xl tidak lg memblokir layanan berbayar google tanpa memberitahu si pemilik nomor? jelas2 sebelumnya gak bisa, tp kok tiba2 jadi bisa?

        • sok paham it, ngatain orang gaptek, tp lucu dirinya gak paham, berani banget ngatain orang gaptek. lu paham atau tidak bahwa seharusnya pulsa itu gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google kalau nomor xl sudah di blacklist global oleh xl? kalau masih bisa, ada yg salah dgn xl.

        • ak@ woy bocah gaptek, lu paham apa kagak arti pembelian di google play di blokir sama xl dari nomor telepon? nilai bahasa indonesia lu berapa? anda tahu kalau masih di blokir pembelian di google play sama xl itu harusnya gak bisa motong pulsa. kalau suatu saat nanti bisa, itu berarti gak di blokir lg sama xl. pakai logika lu, logika lu itu jangan2 logika anak sd yg tingkat kecerdasannya di bawah rata2. lu kerja di alfamart, yah? kok orang sebodoh lu bisa lolos tes sih?

          xl itu emang punya kebiasaan tidak lg memblokir yg sebelumnya mereka blokir

        • ak, bocah bego, gak paham blacklist global, ngatain orang gaptek. lu yg gaptek bego, lu paham atau tidak dgn kata2nya kedepannya tidak dapat melakukan pembelian di google play? lu kerja di alfamart, kok bodoh? dengar, yah bocah gaptek, itu kalau pembelian di google play di blokir sama xl, pulsa di nomor xl gak akan bisa terpotong oleh google play meskipun mencoba membeli sesuatu di google play pakai pulsa, kecuali kalau pembelian di google play gak di blokir lg sama, pulsa bisa terpotong oleh google play kalau melakukan pembelian di google play pakai pulsa, tentu pulsa harus mencukupi.

          lu itu otaknya kaya anak yg punya gangguan jiwa, siapa yg salah, siapa yg di salahkan. coba lu pikir pakai logika, atm yg di blokir bisa atau tidak di pakai tarik tunai? gak bisa, kalau bisa, berarti itu atmnya gak di blokir lg. jadi kalau misalkannya ada kasus atm hilang, lalu korban minta blokir atm ke bank, lalu keesokan harinya ada transaksi tarik tunai lewat atm, lalu korban protes ke mediakonsumen, lu mau komentar "bocah kagak jelas, ada tarik tunia di atm gara2 hilang, malah nyalahin bank." otak itu pakai bocah ak. gw curiga jangan2 lu lulus tes kerja di alfamart hasil nyogok lg, orang sebodoh lu bisa lulus tes kerja di alfmart. benar2 aneh.

        • ak@ lu otaknya di taruh di dengkul, yah? jelas2 xl yg salah karna tidak lagi memblokir pembelian di google play, eh lu malah nyalahin si penulis? lu gaptek, yah? kalau gaptek, gak usah komen cuk, malu maluin. oh iya gw dengar lu karya alfamart, yah? kok orang sebodoh lu bisa jadi karyawan alfamart? dengar, yah bocah, kalau xl sudah blokir pembelian di google play, itu pulsa gak akan bisa terpotong oleh google play meskipun mencoba membeli sesuatu di google play pakai pulsa, kecuali kalau pembelian di google play gak di blokir lg sama, pulsa bisa terpotong oleh google play kalau mencoba sesuatu di google play pakai pulsa.

          lu pernah atau tidak nomor xl lu di blacklist global oleh xl? jangan2 gak pernah lg, jangan2 lu gak pakai xl lg? dengar, yah bocah bego, gw pengguna xl, gw pernah punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global, gw coba beli youtube premium seharga 59 ribu gak bisa motong pulsa meskipun pulsa gw ada 100 ribu. kalau gw coba yg gratis, di perpanjangan akan tertolak bego. dari komen lu, kayaknya intelektual lu itu rendah, sekolah lg, karyawan alfamart kok bego? semoga lu cepat di phk, gak ada gunaya jg mempertahankan karyawan sebodoh lu.

        • ak@ wajarlah komplain, wong xl tidak memblokir lg layanan berbayar google tanpa persetujuan tanpa pemberitahuan. woy ak bocah iq rendah, lu itu otaknya di taruh di dengkul, yah? lu karyawan alfamart, yah? kok orang sebodoh lu bisa jadi karyawan alfamart. moga lu cepat di phk, alfamart malu kali punya karyawan sebodoh lu.

          lu yg gak paham blacklist global, sok ngatain orang gaptek. lu yg gaptek bego, kalau xl tetap memblokir layanan berbayar google, pulsa gak akan terpotong oleh layanan berbayar google bego. gw pengguna xl, gw punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global, gw coba beli youtube premium seharga 59 ribu pakai pulsa xl gak bisa meskipun pulsa ada di atas 100 ribu.

          kalau sudah terlanjur coba yg gratis, nanti di perpanjangan akan tertolak bego kalau masih tetap di blokir dari layanan berbayar google. otak itu di pakai. ini jelas xl yg salah seenaknya tidak lagi memblokir pembelian di google play tanpa persetujuan dan tanpa pemberitahuan.

          moga lu baca komentar gw, gw harap lu kagak matiin notif.

        • ak, lu kalau komen yg benar, dasar bocah iq rendah, jelas2 xl yg salah karna tidak memblokir lg layanan berbayar google tanpa persetujuan tanpa pemberitahuan. ngatain orang gaptek seenaknya, padahal lunya yg gak paham

          lu tahu apa sih tentang blacklist global xl? asal lu tahu dulu itu kalau nomor xl di blacklist global, pulsa di nomor xl jadi gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di google play. bahkan jikapun pengguna mencoba membeli sesuatu di google play, tetap pulsa gak bisa terpotong oleh pembelian di google play, kecuali kalau gak di blacklist global lg sama xl.

          oh iya, lu karyawan alfamart, yah? di alfamart bukannya ada tes kecerdasan, kok lu bisa lulus tes, yah? iq rendah kaya lu aja bisa lulus tes, apalagi gw. cuman gw gak mau jadi karyawan kaya lu, dasar manusia rendahan, iq jongkok, bodoh tingkat dewa, gw doain semoga lu kena phk, hidup lu susah.

        • ak, karyawan alfamart, kok bodoh, yah? gw heran kenapa lu bisa lulus tes masuk kerja ke alfamart. lu paham atau tidak sih bahwa kalau xl sudah melakukan blacklist global pada nomor telepon itu menyebakan pulsa di nomor telepon tidak bisa terpotong oleh google play, kecuali kalau gak di blacklist global lg. udah mah lunya yg bodoh, ngatain orang lain gaptek lg.

          lu salah ngatain orang lain gaptek karna lunya yg gak paham. anda tahu sekalipun nomor telepon mencoba membeli sesuatu di google play, pulsa di nomor telepon gak akan terpotong selama masih di blacklist global. jelas2 xl yg salah tidak lagi memblokir pembelian di google play, tp lu malah nyalahin penulis. otak itu di pakai, yah.

        • ak, woi bocah alfamart, lu otaknya di taruh di dengkul, yah? kok gak paham selama nomor xl masih di blacklist global sama xl, harusnya pulsa di nomor xl gak bisa terpotong oleh sms konten apapun, termasuk pembelian di google play? kok lu gak paham itu pulsa bisa terpotong karna nomor xl tidak lagi di blacklist global oleh xl tanpa memberitahu pengguna dan persetujuan pengguna.

          siapa yg salah, siapa yg lu salahkan. dengar, yah bego selama pembelian di google play di blokir dari nomor xl sama xl, pulsa di nomor xl gak akan bisa terpotong oleh pembelian di google play, kecuali kalau pembelian di google play gak di blokir lg sama xl . lu sampai sini paham atau tidak? jangan2 lu gak paham lg.

        • ak, lu nyuruh gw gunakan logika dan pengetahuan, tp komen lu gak menggunakan logika dan pengetahuan. dengar, yah bocah alfamart yg iqnya di bawah rata2, gw itu punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global, lu tahu apa tentang blacklist global?

          asal lu tahu gw udah coba berkali kali beli youtube premium menggunakan metode pembayaran xl/axis dan berkali kali jg gagal karna nomor xl gw udah di blacklist global. kalau sebelumnya gw coba yg gratis, di perpanjangan akan tertolak bego. asal lu xl itu bisa membuat pulsa gak bisa terpotong oleh google play tidak peduli pengguna mencoba membeli sesuatu di google play ataupun kagak. gw harap lu baca komen gw dan menyadari kesalahan lu bocah gaptek.

          faktanya aja xl udah ganti rugi pulsa gw, kenapa xl ganti pulsa gw? karna gw protes dan xl yg salah. mereka kan tidak lg memblokir pembelian di google play tanpa persetujuan, tanpa memberitahu gw. gw harap lu baca surat klarifikasi gw bocah alfamart.

        • ak, bocil kah ini yg komen, kok gak paham sih kalau xl sudah blokir pembelian di google play harusnya pulsa gak bisa terpotong oleh pembelian di google play, upss, emang gak paham. lu mepermalukan diri lu sendiri.

          btw gw pengguna xl, gw pernah punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global sama xl, gw coba beli youtube premium seharga 59 ribu menggunakan metode pembayaran xl/axis gak bisa loh meskipun pulsa gw ada di atas 100 ribu.

          kalau gw coba yg gratis, di perpanjangan akan tertolak. gw pernah coba youtube premium gratis 1 bulan paket yg 59 ribu menggunakan metode pembayaran xl/axis, eh di perpanjangan pembayaran tertolak loh walaupun pulsa gw ada di atas 100 ribu.

          lu nyuruh orang gunakan pengetahuan dan logika, sementara komen lu sendiri gak menggunakan pengetahuan dan logika, lu kan asal bacot. gak punya pengalaman di blacklist global oleh xl, sok tahu tentang pemblokiran pembelian di google play oleh xl.

          kalau gaptek, jangan ngatain orang lain gaptek. kalau gak paham, jangan sok paham. kelihatan banget bodohnya.

        • ak@ gw pengguna xl, pernah punya pengalaman nomor xl gw di blacklist global sama xl, lu tahu gw pernah coba beli youtube premium seharga 59 ribu menggunakan metode pembayaran xl/axis, pulsa xl gw ada di atas 100 ribu, lu tahu apa yg terjadi? pembayaran gagal.

          gw jg pernah coba youtube premium gratis 1 bulan yg seharga 59ribu/bulan menggunakan metode pembayaran xl/axis, lu tahu apa yg terjadi di perpanjangan? gagal di perpanjang, padahal pulsa gw ada di atas 100 ribu.

          lu kalau komen, mikir dulu, resapi surat pembaca ini baik2, jelas2 cs xl bilang "tapi ke depannya tidak bisa mendaftarkan layanan RBT dan melakukan pembelian melalui google play" nilai bahasa indonesia lu berapa ngomong2?

          enak banget, yah lu udah komen sembarangan, merasa paling paham, ngatain orang gaptek, kabur tanpa minta maaf, padahal jelas2 lu yg salah. lu menyakiti pengguna xl yg nomor xlnya pernah di blacklist global.

          gw gak tahu lu baca tulisan gw atau kagak, gw harap lu suatu saat nanti di hujat oleh banyak netizen atas kebodohan lu yg merasa sok paling paham, udah gitu salah lg.

          lu kasih tahu orang gunakan logika dan pengetahuan, sementara komen lu tidak pakai logika dan pengetahuan. gw sih lihatnya lu yg gaptek, kadang2 orang yg ngatain orang lain gaptek itu lebih gaptek daripada yg di katain.

          lu bahkan gak bisa membedakan metode pembayaran xl di matikan oleh pengguna dgn xl memblokir pembelian di google play, lu kira itu sama? kagak, itu beda.

        • ak, lu nyuruh orang gunain logika dan pengetahuan, sementara komen lu sendiri tidak menggunakan logika dan pengetahuan, ngaca bodoh. dengar, yah blacklist global yg dilakukan oleh xl itu membuat pulsa di nomor xl gak bisa di potong oleh google play, sampai sini paham atau kagak? jangan2 gak paham lg.

          sok tahu lu tentang blacklist global, terbukti dari komentar lu. ngatain orang modal bacot, tp lunya sendiri modal bacot, ngaca.

          lu salah ngatain orang gaptek karna lunya gak paham. tahu apa lu tentang blacklist global xl? emangnya lu pernah punya pengalaman nomor xl lu di blacklist global? emangnya lu pernah punya pengalaman mencoba membeli sesuatu di google play menggunakan pembayaran xl/axis di nomor xl yg sudah di blacklist global?

        • ak, bocah lu nyuruh orang gunain logika dan pengetahuan, tp komentar lu gak menggunakan logika dan pengetahuan. dengar, yah bego selama pembelian di google play masih di blokir sama xl harusnya pulsa di nomor xl gak bisa terpotong oleh pembelian di google play, kecuali kalau pembelian di google play gak di blokir lg sama xl. lu komentar nyalahin si penulis setelah masalahnya selesai. gw harap lu baca komentar gw, gunakan logika dan pengetahuan kalau komentar bocah alfamart, jangan modal bacot doang, kesannya lu kaya punya otak kera, tahu artinya, iq lu sama bodohnya dgn iq kera

        • nyuruh orang gunain logika dan pengetahuan, tp komentar dirinya sendiri gak pakai logika dan pengetahuan. dengar, yah selama layanan berbayar google masih di blokir sama xl, pulsa di nomor xl gak akan bisa terpotong oleh google play tidak peduli apakah metode pembayaran xl/axis masih terhubung ke google play atau kagak.

          kalau mau hujat orang itu, gunain logika dan pengetahuan, jangan modal bacot doang. ngatain orang lain gaptek, dirinya sendiri yg gaptek. lu kerja di alfamart, yah? alfamart bukannya ada tes kecerdasan, yah? kok orang sebodoh lu bisa keterima kerja di alfamart, yah?

        • bocah *****, baca yg benar, itu pembelian di google play sudah di blokir sama xl. kok gak paham sih kalau xl melakukan blacklist global, harusnya pulsa di nomor telepon gak bisa terpotong oleh pembelian di google play.

    • @ ivan, coba lu pikir blacklist global itu harusnya membuat pulsa gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google, sudah sewajarnya pulsa gak bisa terpotong oleh layanan berbayar google meskipun pengguna mencoba membeli layanan berbayar google menggunakan pulsa. lu tahu blokir atm atau tidak? sudah sewajarnya atm yg diblokir tidak bisa melakukan transaksi meskipun atm yg diblokir di coba untuk melakukan transaksi. gw rasa gak ada yg salah coba beli layanan berbayar google, itu kan untuk pengetesan. kalau misalkannya gak lulus tes, berarti gak sesuai dong dgn apa yg di janjikan cs, gak bisa beli layanan google?

    • ivan, mencoba membeli di google play untuk melakukan pengetesan apakah pembelian di google play benaran sudah di blokir sama xl? saya rasa gak salah, saya rasa otak anda harus di benahi agar bisa sedikit pintar.