SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konfirmasi kepada Seller

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com yang memberikan wadah bagi saya untuk mengadu atas sengketa dengan ekspedisi SiCepat yang belum ada solusinya.

Saya seller Shopee dari Surabaya. Pada tanggal 19 September 2022 mendapatkan orderan masuk di Shopee dengan nomor pesanan: 2209208V5GXEBV, berupa pijakan kaki motor matic Beat FI Tahun 2012-2015, dengan berat sekitar 1 Kg seharga Rp85.000. Pesanan tersebut oleh Shopee ekspedisinya dipilihkan ke SiCepat Reg dengan nomor resi: 004089131100, tujuan ke Purwokerto – Jawa Tengah.

Barang yang terhitung 1 Kg, menggunakan layanan SiCepat Reg dari Surabaya ke Purwokerto, Jawa Tengah, seharusnya ongkosnya tidak lebih dari Rp20.000. Faktanya, pada tanggal 23 September 2022, barang saya yang dikirim oleh SiCepat sudah diterima konsumen, tapi ongkos kirimnya menjadi Rp144.000. Kemudian ongkos kirim senilai Rp144.000 tersebut dibebankan ke akun Shopee saya, sehingga penjualan saya menjadi MINUS.

Kasus tersebut saya laporkan ke Shopee ,karena saya sebagai seller merasa dizalimi oleh SiCepat. Shopee sudah menyampaikan keluhan saya ke SiCepat, tapi jawabannya tidak memuaskan. Oleh SiCepat paket saya tercatat beratnya 9 Kg, maka pantas saja jika ongkos kirimnya menjadi Rp144.000.

Hal itulah yang saya sayangkan. Bagaimana bisa barang seberat 1 Kg dicatat 9 Kg oleh SiCepat? Bahkan mereka asal meng-input penambahan berat tanpa konfirmasi kepada saya. Ini kezaliman yang merugikan.

Jika mereka konfirmasi ke saya, saya pasti akan mematahkan argumentasi mereka yang menyatakan berat barang saya mendadak jadi 9 Kg. Jika SiCepat merasa barang saya benar-benar 9 Kg, maka saya minta bukti foto barang saya menjadi 9 Kg di atas timbangan.

Sekali lagi, saya merasa dizalimi. Entah kasus tersebut terjadi karena keteledoran peng-input di bagian penerimaan barang, ataukah kesalahan peng-input di bagian sortir, atau sengaja mencurangi saya. Saya tidak tahu dan saya tidak peduli. Yang saya tahu, barang saya yang saya packing sendiri, lalu di-pick up oleh kurir SiCepat ,tidak mungkin melebihi 1,2 Kg.

Tulisan ini saya buat dengan harapan Ekspedisi SiCepat mengembalikan biaya ongkos kirim Rp144.000 yang dibebankan ke akun Shopee saya. Di sini saya adalah pihak yang dizalimi dan dirugikan. Uang Rp 144.000 mungkin bukanlah uang yang berarti bagi perusahaan besar sekaliber SiCepat. Namun bagi saya, jika uang saya tidak dikembalikan maka itu akan menjadi tanda tanya, apakah SiCepat masih memiliki integritas?

Mochamad Hasyim As’ari
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Mochamad Hasyim As’ari

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Mochamad Hasyim As’ari dengan judul “SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konfirmasi...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

SiCepat Seenaknya Menaikkan Ongkos Kirim Berkali-kali Lipat Tanpa Konf…

oleh Mochamad Asari dibaca dalam: 1 menit
27