Kecewa dengan Kebijakan Lazada yang Menonaktifkan dan Menahan Saldo Seller dengan Alasan yang Tidak Sesuai

Dear Tim Lazada,

Saya Lusi Nurakhmawati, seller Toko Grosir Murah Cirebon 1607404114 di Lazada dengan ID: ID67XF8D0P sudah berjualan sejak tahun 2019 ingin menyampaikan keluhan saya melalui www.mediakonsumen.com agar kiranya bisa ditanggapi oleh pihak Lazada.

Pada tanggal 23 September 2022 Pukul 18:05:24 WIB mendapatkan E-mail masuk yang berisi point penalti sebanyak 48 dan toko Grosir Murah Cirebon 1607404114 dinonaktifkan, karena alasan pelanggaran Kebijakan Perdagangan yang Adil, menganggap telah mengirimkan produk tidak sesuai foto.

Selama berjualan kami selalu mengirimkan barang real pict dan kami selalu melakukan pengecekan sebelum barang dikirim. Review yang kami terima dari customer selama ini belum pernah menandakan adanya indikasi kecurangan. Bisa di cek penilaian dalam 8 minggu terakhir hampir sempurna 99% memberikan ulasan positif bahwa barang yang dikirim sesuai dengan foto.

Saya sudah merekam video terkait ulasan positif Berdurasi 4:24 yang isinya terbukti bahwa semua customer merasa puas karena pesanannya sesuai. Untuk cek videonya di link bawah ini:

Dan bukti foto screenshot lewat HP karena Lewat PC atau Laptop tidak bisa buka ulasan, setelah toko di nonaktifkan semua customer yang memesan pun memberikan ulasan positif:

Kami juga memiliki toko offline di Jl. Gotrok Blok Tower Dusun Dua, Kejiwan, Kec. Susukan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45166, yang sudah lama berdiri dari tahun 2018, bisa dicek di google maps samping Lendi Colection dan baru kali ini mendapatkan musibah seperti ini.

Selain toko dinonaktifkan, dana dari hasil penjualan juga ditahan total Rp20.326.806.

Dari informasi live chat, saya mendapatkan informasi selama pengajuan banding toko ditolak maka proses pembayaran tidak bisa dilakukan.

Saya juga bingung bagaimana caranya menghubungi pihak Lazada karena melalui email yang saya kirim tidak ada respons sedangkan dari customer service chat Lazada menyuruh email ke policyappeal@care.lazada.com.

Saya sudah berusaha kirim banding ulang akan tetapi selalu gagal:

Semoga melalui surat pembaca yang saya tulis ini pihak Lazada membaca dan membantu menyelesaikan masalah saya mengenai pembayaran saldo penjualan toko saya.

Tolong penjelasannya mengenai aturan pembayaran saldo toko Lazada yang dinonaktifkan bagaimana SOP-nya? Saya sudah kehilangan toko Lazada yang sudah saya bangun dari 2 tahun dengan penilaian kepuasan konsumen di atas 99%, tetapi apakah saya harus kehilangan saldo toko penjualan di mana hasil penjualan tersebut adalah hak saya.

Terima kasih.

Lusi Nurakhmawati
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Lazada:
[Total:7    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Ibu Lusi Nurakhmawati

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 20 Oktober 2022, mengenai “Kecewa dengan Kebijakan Lazada yang Menonaktifkan...
Baca Selengkapnya

32 komentar untuk “Kecewa dengan Kebijakan Lazada yang Menonaktifkan dan Menahan Saldo Seller dengan Alasan yang Tidak Sesuai

  • 20 Oktober 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Ibu korban yg kesekian.Tuh yg pada punya toko di lazada Segera tutup sebelum Toko anda di Nonaktifkan kayak ibu ini dan saldo nya Tertahan.Entah apa enak nya belanja di laza mending shopee atau toped.

    • 20 Oktober 2022 - (15:28 WIB)
      Permalink

      iya betul pak, di anggap melakukan tindakan penipuan karna produk tidak sesuai di foto tapi bukti ulasan yang saya screen record semua customer memberi ulasan positif yang dimana produknya sesuai semua, kan aneh..

      4
      1
  • 20 Oktober 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Yeee oknum karyawan lazada ini yang punya kerjaan.
    Diindikasikan dana partner digelapkan dengan dalih partner melakukan pelanggaran.

    Untungnya partner mempunyai data yang lengkap.

    Bisa dilaporkan ke BPSK atau ke LBH setempat ataupun OJK. Bisa kena pidana & perdata ini si Lazada-nya.

    Sudah sering kejadian, kalau tidak diproses secara hukum ya ngelunjak terus.

    Jadi inget jaman VOC 🙄

    6
    1
    • 20 Oktober 2022 - (16:07 WIB)
      Permalink

      uda gitu tanpa ba-bi-bu langsung di nonaktifkan, sangat-sangat kecewa emang sama kebijakannya..

      6
      1
  • 20 Oktober 2022 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Saya sarankan:

    1. Segera rekam screen record semua halaman akun toko lazada anda, termasuk halaman akun dsb milik anda di lazada, termasuk halaman ulasan pembeli semuanya. Rekam pakai screen record aja drpd screenshot satu-satu. Simpan juga bukti komunikasi dengan lazada saat anda komplain kondisi tsb.

    2. Dari screen record itu anda nanti bisa screenshot bagian data-data yang penting untuk anda ajukan sebagai bahan untuk menuntut hak konsumen (anda) ke lazada dengan cara melaporkan lazada ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional, anda bisa buat laporan di web resmi di https://bpkn-apps.com atau download aplikasinya BPKN 153 di playstore.

    3. Hasil penjualan itu berapapaun 1 rupiahpun adalah hak anda, toko online yang memfasilitasi tidak berhak menahan dana itu kecuali memang pembeli melakukan klaim tertentu, semisal: tukar / pengembalian barang dengan uang transaksi pembeli (jika ada klaim), jika tidak ada klaim maka itu murni hak milik ibu. Anda bisa gugat lazada ke jalur hukum, mudahnya sih anda buat laporan ke bpkn bu.

    4. Anda bisa hubungi si pembeli terakhir ketika ibu dapati akun dibekukan lazada, dapatkan langsung tanggapan pembeli apa barangnya bermasalah, itu bisa jadi bukti kuat utk ibu bahwa tidak ada pelanggan ibu yg mempermasalahkan brg yg ibu jual.

    Saran saya, ibu buat laporan ke bpkn, itu duit 20jt jaman skrg udah sangat gede, jng mau jadi sekedar user terima nasib doank! setelah dpt hasil dana ibu, tutup akun di lazada!

    10
    • 20 Oktober 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      baik terimakasih banyak sarannya, tp di atas saya uda screen record termasuk halaman ulasan pembeli..

      5
      1
  • 20 Oktober 2022 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat terselesaikan dan lazada segera mengembalikan hak seller sepenuh nya….
    Menahan / mengambil hak orang lain adalah perbuatan dzolim…

    • 20 Oktober 2022 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Aamiin mudah2an toko di aktifkan kembali dan saldo yang tertahan hampir 1 bulan segera di transfer.

      3
      2
    • 21 Oktober 2022 - (10:50 WIB)
      Permalink

      saya baru di telfon oleh pihak lazada hari ini, untuk toko yang sudah di nonaktifkan tidak bisa di aktifkan kembali dan untuk permasalahan saldo yang tertahan masih dalam proses investigasi kembali sampai tanggal 23 Desember 2022 haduhhh dan itu belum pasti di transfer atau tidaknya. saya disini merasa di permainkan karena teralu bertele2 sangat kecewa sekali dengan kebijakan lazada..

  • 20 Oktober 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya jangan terlalu banyak mengendapkan dana di toko online karena toko online bukan bank, lebih baik jualan ke marketplace lebih valid seperti si ijo atau si oren. kabarnya si merah bukapalak juga sering banyak masalah saldo ditahan tahan. saran saya kalau saldo sudah diatas 1 juta langsung saja tarik rutin jangan nunggu banyak2 nanti bisa terjadi kecurangan oknum marketplace seperti ini, semoga uang segera kembali, jika tidak segera kembali maka harap ke kantor OJK dan viralkan di media sosial biar tim pusat lazada kebakaran jenggot dulu maka uang bisa segera kembali

    3
    1
  • 20 Oktober 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    biasanya penarikan otomatis pak tiap hari senin, cuma minggu itu orderan agak banyak..

    4
    1
  • 20 Oktober 2022 - (17:58 WIB)
    Permalink

    Jika posisi anda kuat, polisikan saja. Menahan uang dan barang berharga yang bukan miliknya adalah pelanggan hukum.

    • 21 Oktober 2022 - (10:14 WIB)
      Permalink

      iya pak untuk banding uda di usahakan tapi banding tidak di teima, lg di usahan lewat media konsumen dulu mudah2an cepet terselesaikan toko di aktifkan dan saldo segera di transferkan..

  • 20 Oktober 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Lazada bisa tarik manual sekatang. Gak perlu tunggu Senin yg otomatis. Kalo banyak mah langsung tarik

  • 20 Oktober 2022 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Fitur penarikan manual tidak tersedia dan penarikan saldo secara otomatis pun gagal bisa di lihat bukti di atas..

    2
    1
  • 21 Oktober 2022 - (05:39 WIB)
    Permalink

    gak di Lazada ajah,tokped,shopee juga begitu ,dan penjual ditahan dan toko dibanned ,jadi ga berani main online karena resiko nya terlalu besar ,selain dana ditahan di shopee gak ada jaminan garansi kalau barang kita hilang di kurir ,makanya kalau jual barang sangat aman di offline ga ada resiko dari hacker,garansi barang dan lain nya ,sales offline juga sering datang kalau ada barang returan

    • 21 Oktober 2022 - (10:11 WIB)
      Permalink

      iya pak kebetulan bulan2 kemaren trafik penjualan lg agak naik eh tanpa ba-bi-bu toko langsung di nonaktifkan..

  • 21 Oktober 2022 - (09:14 WIB)
    Permalink

    Semoga saldo penjualan bisa segera ditarik. Kalo bertele-tele adukan ke pihak berwenang.

    • 21 Oktober 2022 - (11:00 WIB)
      Permalink

      saya hari ini baru di telfon oleh pihak lazada, dan emg benar bertele-tele. masih dalam proses investigasi kembali sampai tgl 23 Desember 2022 itu pun belum dapat kepastian apakah saldo bisa di trasferkan atau engganya haduhh..

  • 21 Oktober 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Aamiin mudah2an toko di aktifkan kembali dan saldo yang tertahan hampir 1 bulan segera di transfer.

  • 21 Oktober 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    brtambah lagi korban lazada. moga cepat beres n saran sy jika saldo penjualan 1jt d WD az jgn sape usaha anda tutup gegara saldo penjualan d pending oleh oknum lazada.

    • 21 Oktober 2022 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Iya Pak sudah hampir 1 bulan ga jualan di lazada, info terakhir sedang di lakukan investigasi estimasi investigasinya 90hari.

      • 22 Oktober 2022 - (15:30 WIB)
        Permalink

        @Lusi
        3 hari saja sudah tidak bisa ditolerir. Apalagi ini 90hr investigasi? Keterlaluan!! Emangnya itu tim Lazada minta tlg divisi labfor IT polri sampe selama itu?
        Jangan2 modal ibu diputar dulu itu alesan 90hr ngulur waktu. Janjinya tgl 23 okt kan? Itu pun hr Minggu mana mau karyawan nya hr libur gitu.

        Laporkan saja ke pihak berwenang. Cc: Kemendag, OJK & Kementrian Investasi supaya dikeluarkan rekomendasi blokir NIB nya Lazada.

        • 26 Oktober 2022 - (15:05 WIB)
          Permalink

          alhamdulillah info terakhir toko baru di aktifkan kembali cuma sayang saldo tetap di tahan sampai 23 Desember 2022, ya gimana ya percuma dong saldonya tetep di tahan mah 🙁

          • 26 Oktober 2022 - (22:25 WIB)
            Permalink

            @Lusi
            Gak ada jalan lain, bu. Laporin ke pihak berwajib.
            Masa iya hak anda disalahgunakan oleh Lazada tanpa ada dasar hukumnya?

            Jangan-jangan mereka cari alesan “investigasi”, padahal diputerin dulu.
            Mungkin oknum2 ini gengsi mau pinjem dulu dana via partner. Dicarilah kesalahan yg mengada-ada.

          • 1 November 2022 - (09:00 WIB)
            Permalink

            Klo toko udh diaktifkan kembali,berarti tidak ada masalah/pelanggaran… Seharusnya Lazada mengembalikan Uang yang menjadi hak seller… Uang modal dan keuntungan milik seller harus segera dikembalikan oleh Lazada secepatnya…@Lazada

          • 22 November 2022 - (23:37 WIB)
            Permalink

            Allhamdulilah bu saya bisa mencairkan dana yg di tahan di lazada bu

  • 23 Oktober 2022 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Ampun memang berjualan di lazada.
    saya new seller aja merasa sangat dirugikan
    -biaya ongkir ditanggung sebagian seller
    -hasil transaksi penjualan hanya hari selasa baru cair
    -data pengiriman harus di print
    -persentase potongan hasil penjualan yg besar.
    maka dari itu langsung saya tutup penjualan di seller lazada

  • 22 November 2022 - (08:50 WIB)
    Permalink

    Apa saldo yang ditahan sudah bisa dicairkan kak? Saat ini saya juga dalam keadaan ditahan saldonya. Sedih.

    • 23 November 2022 - (11:57 WIB)
      Permalink

      sudah kak seminggu setelah di up ke media konsumen saldo di bayarkan cuma trafic dan produk di batasi hanya bisa upload 10 produk

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Kebijakan Lazada yang Menonaktifkan dan Menahan Saldo Se…

oleh Lusi Nurakhmawati dibaca dalam: 1 menit
32