Barang yang Dikirim Berbeda, dengan Alasan Kesalahan Sistem Harga Shopee

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah membantu menerbitkan surat pembaca ini. Dalam surat ini, saya ingin mengungkapkan kekecewaan saya terkait pembelian produk flash sale Shopee di official store Zola Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 2022, saya sedang mencari wireless mic untuk keperluan review Youtube saya. Kemudian saya menemukan halaman produk Zola dan sedang ada flash sale wireless mic dengan tipe 1RX-2 Mic, dengan harga Rp106.900 dari harga asli Rp1.199.000.

Setelah itu, saya menyiapkan pre-take video untuk membahas microphone Zola ini, karena saya yakin sekali sekelas Official Store tidak akan melakukan penipuan atau dalih apa pun terkait flash sale. Saya sedang beruntung saja.

Singkat cerita, produk sampai pada tanggal 25 Oktober 2022 dan sempat kaget paket yang saya terima berdimensi kecil. Karena curiga, saya langsung melakukan video unboxing dan betul saja, yang dikirimkan ke saya adalah produk seri paling murahnya dengan hanya satu buah mic, tentunya berbeda dengan jenis SKU produk.

Saya langsung meminta klarifikasi via chat dengan toko tersebut. Dan yang I think, it’s kind of funny, dan menurut saya tidak profesional adalah mereka bilang:

“mohon maaf ka, ada kesalahan harga dari sistem shopee , dan kami mengirim barang sesuai dengan harga yg di terterakan oleh shopee , dikarena kesalah sistem harga yg di keluarkan shopee, kaka bisa ajukan pengmbalian saja kalu tdk berkenan . terimakasih”

 

Update info: Chat saya dibalas oleh Zola Indonesia, dan mereka bilang kesalahan penuh ada di pihak Shopee:

mohon maaf ka justru kita sudah mempush shopee untuk meberikan konpensasi dan tdk ada tanggapan dari piahk shopee atas pertanggung jwb an nya ka , disni pun kami berkorban ya akan dpt komentar seperti kk ini , dan sekali lagi mohon maaf atas ketidak nyamannya , bisa lngsung ajukan pengembalian saja

Mungkin ada yang bilang, “Ya udah kembalikan aja kan kelar masalahnya“, tapi tidak begitu bro, jika memang terjadi kesalahan seharusnya diinfo sebelum proses. Dan di sini saya sudah pre take video karena merasa trust dengan penjual yang notabene official ya. Di sini saya merasa dirugikan.

Jika mengacu pada chat dari Zola, ini kesalahan karena Sistem di Shopee yang error di harga. Kenapa jadi customer yang dirugikan? Harusnya jika Shopee yang salah, maka kompensasi Shopee diberikan ke seller. Sekali lagi mohon profesionalismenya.

Untuk yang bekerja di bidang pemasaran mungkin paham ya, yang namanya marketing itu bisa menyedot anggaran yang lumayan. Enak sekali kan kalau bisa gimmick seperti ini, misal saya kasih contoh ya:

Ada toko yang menjual Mercedes GLS-Class dan mereka buat flash sale untuk 5 orang harganya dari 2,7 Milyar jadi cuma 100 juta misalnya. Kenceng dong traffic ke toko dan exposure juga dapat, tapi ketika barang sampai, yang dikirim sepeda motor, dengan alasan kesalahan sistem dan dikirim sesuai harga, kalau mau komplain ajukan pengembalian saja.

Apakah profesional? Menurut saya tidak. Video Youtube yang awalnya review, akan saya jadikan video kekecewaan dan reaction. Kadung sudah saya take beberapa scene-nya.

Terima kasih sudah berkenan menyampaikan unek-uneknya. Maju terus konsumen Indonesia.

Rakhmat Kurnia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Belanja online di Shopee:
[Total:57    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Barang yang Dikirim Berbeda, dengan Alasan Kesalahan Sistem Harga Shopee

  • 26 Oktober 2022 - (08:37 WIB)
    Permalink

    Official store gak jd jaminan service bgs, kang .
    Toko official cm dpt support aja dr master dealer (2nd Tier Distri).
    Kl prinsipal/distri langsung “nganvas” ke retail bisa digebukin reseller rame2 😂.

    Kl kesalahan sistem sih agak janggal ya. Biasanya kan yg set harga baik normal ataupun “sale” itu ya penjual

    • 26 Oktober 2022 - (11:48 WIB)
      Permalink

      UPDATE CASE

      Terkait permasalahan ini, sudah ada konfirmasi bahwa kesalahan terjadi di pihak shopee, terkait pemasangan harga dan SKU produk, bukan dari pihak Zola Indonesia dengan kronologi sbb:

      25 Okt 2022
      Sore hari pihak zola chat saya lagi dan menjelaskan bahwa kesalahan harga tersebut bukan dari pihak zola, melainkan kesalahan SKU dari shopee, dan saya balas email ke mediakonsumen terkait hal ini

      Malam hari saya melakukan pengembalian barang yang tidak sesuai tersebut, karena saya sudah punya juga untuk single mic, jadi redundant dan merasa ya sudahlah, just not my day pikir saya

      26 Okt 2022
      Pagi tadi istri saya (pembelian dilakukan dengan akun shopee istri saya) dihubungi terkait permasalahan dari pihak Shopee, dan mereka sudah klarifikasi dan meminta maaf, serta akan melakukan konfirmasi dengan pihak yang terkait. Sampai sini clear permasalahan bukan dari Zola Indonesia ya.

      Dan saat sedang menulis komentar ini, saya ditelepon Bpk. Beni selaku GM dari pihak Zola yang menjelaskan bahwa pihak shopee akan bertanggung jawab, dan pihak Zola malah akan mengirimkan barang yang sesuai tersebut, dan meminta saya untuk membuat klarifikasi case ini setelah produk yang sesuai dikirimkan.

      Saya apresiasi dari pihak Shopee dan Zola terkait klarifikasi kesalahpahaman hal ini. Sampai disini dulu, nanti akan saya update melalui SP terkait case ini. Terima Kasih.

      5
      3
    • 26 Oktober 2022 - (11:52 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas informasinya mas bro terkait Official Store 👍.

      Terkait permasalahan ini sudah saya buat update di komentar yang menjelaskan bahwa kesalahan dalam harga dan SKU ternyata betul ada di pihak Shopee, bukan dari Zola Indonesia. Dua duanya malah mau bertanggung jawab terkait hal ini

  • 26 Oktober 2022 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Dari beberapa postingan di MK, ada indikasi marketplace tertentu memaksakan prosedur flash sale (atau promo lain) tanpa persetujuan seller bersangkutan. Dalam kasus ini, ada kemungkinan seller tidak bisa berbuat apa-apa karena edit harga tetap tidak berubah. Bisa terjadi seller tidak tahu satu atau beberapa produknya masuk dalam promo flash sale karena tidak ada pemberitahuan dan tidak ada informasi yang berubah pada aplikasi (untuk sisi penjualan). Jika seller tahu, mudah saja stok dikosongkan dan status produk habis.

    Untuk kasus TS, seller TERPAKSA menggunakan trik mengurangi atau mengganti produk dengan harapan produk di retur dan dana dikembalikan, seller tidak hilang modal, buyer tidak hilang duit, everyone’s happy.

    Saya berharap untuk kasus TS tidak memojokkan seller dengan menayangkan video unboxing dengan produk yang tidak sesuai. Sebagai YT-er, gunakan pengaruh anda untuk mempublikasikan praktik curang konglomerasi besar penguasa cuan. Apa yang anda lihat tidak selalu menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi. Publikasi dan reportase tanpa dilatar-belakangi investigasi cuma setara gosip sampah dengan clickbait.

    9
    6
    • 26 Oktober 2022 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Terkait masalah ini sudah saya tulis updatenya di komentar atas, dan mekanisme promosi / potongan itu (kebetulan pernah ada kerjasama terkait kelas di shopee) kita mengirimkan list produk dengan minimum harga jual dsb dst.

      Terkait video YT, justru disini, saya menunggu tanggapan, dan melakukan publish video jika dirasa tidak ada tanggapan, disini saya berhati-hati karena harus jelas kesalahan dari pihak mana tanpa langsung publish dengan judul clickbait dan menjadikan ini sebagai konten.

      dan terkait everyone happy, SP ini tidak akan tayang jika sebelum kirim seller info chat terlebih dahulu kesalahan ini sehingga saya tidak expect barang berbeda. Sekali lagi case ini sedang dalam penyelesaian karena pihak Shopee dan Zola juga ingin bertanggung jawab.

      Terima kasih tanggapan dan informasinya terkait masalah FS

  • 26 Oktober 2022 - (11:54 WIB)
    Permalink

    IMHO, untuk kasus ini seller tidak sepenuhnya *innocent* & *berkorban* seperti claim.

    Langkah paling *innocent*:
    -Langsung cancel & notifikasi ke pembeli (meskipun kemungkinan besar pembeli tetap akan komplain).
    -Bila kena potongan marketplace akibat cancel, silakan diklaim ke marketplace.
    -Malah merepotkan pembeli yang notabene tidak ada hubungannya dengan error dengan retur, etc.

    Pak @dhan :
    Pengalaman saya juga biasanya team marketplace akan konfirmasi dulu kepada seller sebelum membuat diskon atau sejenisnya untuk event promosi. Bila ditolak seller, ya harga tidak akan diutak-atik.

    Namun pernah juga mendengar beberapa seller official yang mengeluh bahwa marketplace bisa sepihak memberikan diskon besar-besaran tanpa konfirmasi. Barangkali untuk level official, ada *keharusan* untuk men-support event?
    Who knows.

    1
    1
    • 26 Oktober 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Betul, kalau seller nya fair pasti kirim pesan ke pembeli utk memberitahu kendala nya, tidak main kirim barang saja. Kalau tidak mau kena pengurangan reputasi dari markpetplace pun tinggal bilang ke pembeli aja baik2 untuk pembeli yg ajukan cancel (bila pembeli yg ajukan cancel, penjual tidak akan ada pengurangan reputasi)

  • 26 Oktober 2022 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Gua setuju sama lu bang gua juga pernah dapet flash sale barang murah cumak 5 Doang stok nya setelah di tunggu dikirimnya kerdusnya doang complin gak perna di kawab di ulet uletin mulu di anjurkan pengembalian dana tanpa ada jawaban yang memuaskan konsumen
    Sekarang enak ada media konsumen kalo dulu mah mau ngelu gak bisaaaa dijawab boot mulu

    Ong gua beli barang di Indomaret aja salah harga konsumen tetep di kasih harga yang paling murah meski sistemnya
    yang bermasalah

    Emang si orange ni kadang kadang

  • 27 Oktober 2022 - (07:40 WIB)
    Permalink

    Mw pedagang ato aplikasi ribet buat d komplen dh gt banyak pedagang nakal foto sm brang yg di kirim tidak sesuai…..

  • 27 Oktober 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Udah ga pernah pakai Shopee lagi buat belanja. Banyak penipuan trik marketingny dr mereka. Kalo flash sale kadang suka di ijo aja yg memang real. Tp ga ngejar flash sale jg si drpd sakit hati

    2
    1
  • 27 Oktober 2022 - (14:37 WIB)
    Permalink

    UPDATE 20-10-2022

    Mic sedang diantar dalam rangka pengembalian ke Zola, dan pihak Shopee memberikan saya voucher 100rb sebagai permintaan maaf. Terima kasih Shopee atas atensinya.

    Dari pihak zola selaku pak Beni mengatakan bahwa akan mengirim produk yang dijanjikan setelah saya mentransfer uang sebesar pembelian flash sale kemarin yaitu sebesar Rp106.900. Saat ini masih menunggu pihak Zola memberikan step by step mekanismenya

 Apa Komentar Anda mengenai Belanja online di Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Barang yang Dikirim Berbeda, dengan Alasan Kesalahan Sistem Harga Shop…

oleh Riki dibaca dalam: 2 menit
12