Pembayaran Tagihan IndiHome yang Tak Kunjung Terposting

Saya ingin menyampaikan komplain terbuka untuk IndiHome, terkait permasalahan saya. Kronologinya, pada tanggal 19 Oktober 2022, saya akan membayar 2 tagihan IndiHome untuk ID 121202209951 dan 143458104111, dengan nominal masing-masing Rp288.600, melalui aplikasi MyIndiHome, menggunakan debit BCA saya.

Awalnya saya membayar tagihan untuk ID 121202209951, tapi ternyata di aplikasi tertulis tidak berhasil. Namun setelah saya cek di rekening saya ternyata dana saya di bank terpotong. Kemudian saya coba untuk cek kembali di aplikasi MyIndiHome, dengan harapan dana yang terpotong tersebut sudah terposting pada tagihan saya. Setelah saya melihat di aplikasi, ternyata tidak juga terposting.

Bodohnya saya, saya mencoba untuk kedua kalinya menggunakan ID 143458104111. Status tertulis di aplikasi berhasil, tetapi setelah saya cek pun di histori pembayaran pun tidak ada. Kembali saya cek di rekening saya apakah dana terpotong atau tidak, dan benar saja dana saya terpotong untuk kedua kalinya.

Menyadari ada yang salah, saya coba langsung komplain ke Call Center 147, guna menanyakan apakah ada trouble pada aplikasi MyIndiHome. CS menyampaikan tidak ada. Kemudian saya ceritakan permasalahan saya tadi, sehingga Call Center meminta untuk dapat email ke Costumer Care IndiHome serta melampirkan bukti-bukti.

Saat itu juga saya lampirkan bukti pembayaran saya dan capture aplikasi MyIndiHome dengan tagihan “BELUM TERBAYARKAN”. Untuk bukti-bukti terlampir. Setelah beberapa kali saya komplain, dari baik-baik sampai keras, dan sampai akhirnya saya menuliskan surat terbuka ini belum ada penyelesaian dari pihak IndiHome terkait pembayaran saya.

Terhitung sudah 7 hari dari tanggal saya komplain, IndiHome hanya melakukan pembukaan akses penggunaan jaringan internet dan tv kabel saja. Namun untuk permasalahan utama pembayaran tagihan yang belum terposting sampai sekarang belum juga berubah statusnya.

Ketika saya cek laporan saya, betapa kagetnya saya, mereka menyelesaikan laporan saya. Padahal masalah belum terselesaikan, tagihan dan denda pun masih muncul serta email dan WA reminder dari pihak mereka.

Di sini saya jujur mempertanyakan kinerja pegawai IndiHome dalam melakukan penyelesaian masalah ini. Integritas kalian di mana? Permasalahan belum selesai kalian sudah main selesaikan. Kalau memang perlu saya datang ke kantor kalian. Kantor mana yang bisa saya datangi? Saya mau saat itu juga permasalahan saya solved.

Mohon bagi pihak Telkom atau IndiHome dapat menindak lanjutkan komplain saya dengan cepat.

Ukky Primaya Sita
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:7    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Pembayaran Tagihan IndiHome yang Tak Kunjung Terposting

  • 26 Oktober 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Semoga pembayaran dobel segera teratasi, atau minta informasi CS jikalau sistem sudah terlanjur update kelebihan pembayaran masuk ke pelunasan bulan berikutnya.

    Saran saya, jangan gunakan aplikasi MyIndihome untuk proses pembayaran. Aplikasinya kurang responsif (banyak bug), lambat, dan antarmuka sebagian besar cuma versi web mobile tetapi tanpa tambahan faktor keamanan yang ditawarkan browser. Saya tidak akan heran jika terjadi kebocoran informasi dari aplikasi ini.

    Pembayaran Indihome lakukan saja dari platform lain, misalnya lewat aplikasi perbankan (bila sudah menyediakan), atau marketplace tertentu (misal Tokopedia), atau bayar langsung lewat AlfaMorat/IndoMarit. Setidaknya anda dapat invoice/struk bukti pembayaran yang sah menurut hukum.

    • 26 Oktober 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Terima kasib atas masukkannya. Saya biasanya tidak ada masalah pembayaran menggunakan aplikasi indihome. Ntah kenapa kmrn itu transaksi dg id pertama udah gagal malah saya ulangi dg id yg lainnya. Rugi double

    • 26 Oktober 2022 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas masukkannya. Saya biasanya tidak ada masalah pembayaran menggunakan aplikasi indihome. Ntah kenapa kmrn itu transaksi dg id pertama udah gagal malah saya ulangi dg id yg lainnya. Rugi double

  • 4 November 2022 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Sama kayak gitu juga bedanya saya pasang baru(dan pembayaran sebesar 150k+ppn 11%) menggunakan Debit BCA Digital(BLU), ketika saya komplen k CS malah diarahkan ke Pihak bank karena seharusnya dana g masuk ke Mereka(Pdahal saya engineer yang pernah garap project payment ginian, juga walaupun dana tidak terflagging d aplikasi MyIndihome tapi d Payment Gateway seharusnya ada historynya) namun mereka brdalih itu kesalahan Bank dan Tiket saya tiba2 diselesaikan begitu saja, akhirnya karena udah males jadi tak bayar via Tokopedia (Berhasil terflagging dan mereka mempunyai Alasan “d Tokopedia aja bisa seharusnya kmaren bisa, Banknya itu yang masalah). jika d Daerah saya ada Provider swasta kek BizNet/MyRep g juga langganan si Merah ini

  • 4 November 2022 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Sampai sekarang g saya bayar. Saya tunggu sampai refund saya terima. Lagian kenapa di persulit dana udah masuk ke mereka kenapa g di atasi secara sistem internal mereka kan. Saya komplain di bank di lempar ke indihome. Giliran di indihome di lempar ke bank nya. Udah lah saya diemin aja. Saya tunggu smp masa refund aja. Saya pun pernah menangani project dg agregator. Pihak bank akan lebih fast respon atas permasalahan apabila yg komplain langsung Perusahaannya, Klo nasabah ya disuruh nunggu. ini mah malah lempar2an g jelas.

    • 9 November 2022 - (13:10 WIB)
      Permalink

      Apakah sekarang udh ada balasan? di saya malah diarahkan suruh tanya ke Pihak Bank, pdahal kan lbh enak Indihome yang langsung kontekan ama pihak Bank jadi sama2 bisa melihat masalahnya berada di bank ataupun d Indihomenya

      • 9 November 2022 - (13:28 WIB)
        Permalink

        Betul dr mereka mengarahkan untuk costumer tanya langsung pihak bank. Makanya sedikit kesel aja kenapa internal mereka tidak bisa memfasilitasinya. Pihak bank akan lebih cepat respon apabila dr pihak indihome juga responsif sich. Tp di kasus ini jd seperti komunikasi dr indihome dan bank tidak dua arah. Sedangkan klo costumer komplain ke bank di sarankan untuk komunikasih ke indihomenya.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Pembayaran Tagihan IndiHome yang Tak Kunjung Terposting

oleh Ukky Primaya dibaca dalam: 1 menit
7