Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokopedia

Pertama sekali, terima kasih untuk Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menyampaikan ketidakpuasan saya atas layanan payment Tokopedia, yang tidak mau bertanggung jawab dan menuntaskan kesalahan pembayaran kartu kredit Danamon World saya, senilai Rp4.100.000 (empat juta seratus ribu rupiah). Berikut ini kronologinya:

Pada tanggal 04 Juli 2022, saya melakukan kesalahan pembayaran kartu kredit Danamon World. Seharusnya pembayaran untuk nomor kartu berakhiran: 8004, tapi saya salah input dengan nomor akhiran 8000, senilai Rp4.100.000. Transaksi di invoice Tokopedia berhasil dan ada bukti invoice-nya pada waktu dan jam yang sama setelah transaksi pembayaran.

Tiga hari setelah itu, Bank Danamon hubungi saya untuk segera melunasi tagihan yang sudah tercetak. Saya jawab bahwa saya sudah membayarnya. Besoknya lagi saya ditelepon lagi oleh Danamon untuk segera melunasi tagihan tercetak. Saya jelaskan dan kirim bukti pembayaran kalau dana tersebut telah saya bayar melalui Tokopedia payment.

Karena berulang kali ditelepon, akhirnya saya mengecek kembali invoice pembayaran dan saya baru perhatikan ternyata ada kesalahan 1 angka terakhir. Saya pun menghubungi Tokopedia melalui chatting dan menyampaikan maksud saya agar dana diretur ke akun saya karena memang ada kesalahan input nomor akhiran.

CS Tokopedia meminta saya mengirim semua bukti-bukti pendukung atas kesalahan transaksi tersebut (foto kartu kredit Danamon tampak depan, KTP asli, slip invoice Tokopedia dan invoice m-banking pembayaran melalui Virtual Account CIMB Niaga) untuk diusut dan di-kroscek.

Jawaban yang saya dapat setelah menunggu berhari-hari adalah: Pembayaran telah berhasil dan invoice telah terbit. Dengan sabar saya katakan, saya itu salah input, bukan sengaja dan saya sudah melakukan pembayaran di Tokopedia, hingga puluhan kali, baru kali ini saya salah, mohon diusut kembali. CS pun mengiyakan akan cross check kembali.

Beberapa hari selanjutnya saya tanyakan mengenai kasus saya, apakah sudah ada titik terang dan CS yang lain kembali meminta segala bukti pendukung agar di-kroscek kembali. Saya kirimkan kembali dan diinfokan agar menunggu beberapa hari.

Saya chat kembali setelah 3 hari dan jawaban yang saya terima adalah: Memang benar ada kesalah input nomor kartu dan kesalahan input nomor kartu kredit oleh nasabah adalah tanggung jawab nasabah itu sendiri. Mengacu ke S&K yang dibuat Tokopedia.

Saya berargumen ke CS Tokopedia:

Saya: Saya akui saya salah input. tapi jika nomor salah tidak mungkin dana masuk ke nomor kartu Danamon itu. Saya sudah telepon Danamon dan Danamon menyanggah jika Danamon tidak menerima pembayaran dari pihak Tokopedia, bahkan melampirkan surat di email saya (Danamon tak menerima dana pembayaran dari Tokopedia). Bukti email dari Danamon pun saya lampirkan ke CS Tokopedia. Bahkan saya jelaskan lagi saya juga telah menghubungi Call Centre CIMB selaku sumber dana transaksi yang Rp4.100.000, bahwa transaksi dari CIMB sudah fix diterima oleh Tokopedia.

Saya tambahkan lagi bahwa dana yang Rp4.100.000 itu ada di bank penampungan Tokopedia, karena ketika terjadi kesalahan nomor kartu kredit, dana tidak akan terkirim dan otomatis akan cancel dan retur ke bank penampungan Tokopedia. Jadi Tokopedia harap cek mutasi rekening penampungan Tokopedia itu sendiri, supaya uang saya bisa segera dikembalikan.

CS Tokopedia memberikan jawaban yang sama: Kesalahan input nomor kartu, bukanlah tanggung jawab Tokopedia.

Saya: Jadi apakah uang saya itu raib/hilang begitu saja?

CS Tokopedia: Jawaban yang sama, kesalahan input nomor kartu..bla..bla…

Setiap saya chat Tokopedia, saya diberikan jawaban yang sama. Sampai detik ini dana saya Rp4.100.000 gak tahu di mana rimbanya.

Pesan untuk Tokopedia:

  • Kesalahan customer dalam meng-input nomor pembayaran mengacu S&K, haruslah bisa dibuat lebih fleksibel, karena bukan unsur kesengajaan. Karena jika benar Tokopedia mau mengusut dan mengecek dengan teliti mutasi rek penampungan Tokopedia, pasti dana saya yang Rp4.100.000. Sampai detik ini saya yakin 100% ada di rekening penampungan Tokopedia.
  • Sebagai member Platinum di Tokopedia, tidakkah kalian memberikan perhatian yang manusiawi terhadap member loyal kalian?
  • Yang terakhir, sebegitu parahnya kah Tokopedia, sampai uang customer pun ditahan dengan alasan salah customer sendiri. Kenapa salah meng-input nomor kartu/nomor pembayaran? Tolonglah pihak Tokopedia bertindak lebih manusiawi, uang saya Rp4,1 juta itu bukan uang yang sedikit. Saya harap Tokopedia mengembalikan yang bukan hak milikmu.

Pesan buat customer Tokopedia: Hati-hati jika berniat melakukan pembayaran di Tokopedia, jangan sampai salah input nomor pembayaran/nomor kontrak, dll, karena jika salah akan seperti yang sudah saya alami saat ini.

Terlampir data-data pendukung surat saya. Terima kasih banyak buat Media Konsumen, yang selalu setia sebagai perpanjangan tangan bagi customer-customer di Indonesia untuk menyampaikan keluhan dan ketidakpuasan atas layanan yang diterima oleh pihak-pihak terkait.???

Orliando Mula Horas Butar Butar
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokopedia

  • 27 Oktober 2022 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Coba di input belakang 000 ada nasabahnya enggak lewat aplikasi dbank

    biasanya meleset 1 digit enggak sesuai algoritma lun dan uang masih bisa diselamatkan karena masih nyangkut di tokopedia dan tanyakan juga apakah nomor tersebut ada nasabahnya di danamon

    kalau udah berhasil ya tokopedia harus bantu mediasi penulis sama nasabah

    20
    1
    • 27 Oktober 2022 - (08:45 WIB)
      Permalink

      Nah iya, kalo nomor yg salah itu ada pemiliknya, minta bantuan Danamon buat mediasi. Kalo nomor tersebut invalid, berarti dananya nyangkut di Toped.

      14
    • 27 Oktober 2022 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Sudah saya tanyakan ke pihak Danamon secara berulang ulang ,Apakah No Akhiran 8000 Ada Pemilik kartu nya [ lebih dari 3x Saya menanyakan itu via call centre ]
      Dan Pihak Danamon dengan jawaban yang pasti menginformasikan : Tidak ada pemilik.kartu dengan Akhiran : 8000 .

  • 27 Oktober 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Mungkin, nomer yang salah itu ada yang punya jadi masuk ke kartu kredit orang lain.
    Lain kali kalau bayar langsung di bank danamon-nya saja tidak perlu lewat pihak ke 3 (tokopedia).
    Contoh saya jika bayar kartu kredit bca langsung pakai klikbca/mobile banking dimana nomer kartu kredit telah tersimpan dan setiap bayar muncul atas nama siapa dan tagihan berapa untuk memastikan, jadi lebih aman.
    Semoga ada solusi untuk kasus anda, karena nominal uangnya lumayan.

    16
    • 29 Oktober 2022 - (09:57 WIB)
      Permalink

      Ga mungkin ada 2 orang yg berbeda yg punya kartu kredit dengan 15 digit sama dan cuma 1 digit terakhir yg beda. Jadi utk kasus ini dipastikan duit tertahan di rekening gantung Tokopedia

  • 27 Oktober 2022 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Kalau dana masuk ke rekening orang lain, TIDAK BISA cuma mengandalkan pihak terkait seperti Danamon dan Tokopedia. TS harus membuat laporan polisi dan minta surat pengantar dari kepolisian untuk memberikan wewenang kepada Danamon guna menarik dana dari rekening yang salah itu.

    Bank tidak bisa seenaknya menarik dana nasabah tanpa persetujuan pemilik rekening atau surat perintah dari kepolisian/pengadilan. Saran saya, TS lakukan pendekatan kepada pemilik rekening yang beruntung itu. Jika yang bersangkutan menolak mengembalikan dana, buat aduan ke polisi. Toh TS punya bukti transfer yang salah.

    13
    • 27 Oktober 2022 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Terimakasih saran nya : Tapi Danamon Telah Mengko firmasi Secara berulang2 setiap kali saya telpon ,kalau no akhiran kartu kredit itu ,tidak ada nasabah yang memiliki no kartu akhiran yang 8000.

      Jadi Dana Itu ,Masih di Rekening Penambungan tokopedia.

      Alur dana adalah sbb :

      > Gate paymant : Tokopedia
      > Tujuan Pembayaran : Danamon World CC
      > Sumber dana : CIMB Niaga

      CIMB NIAGA TELAH Mendebet Dana Dari Tabungan saya melalui Octo mobile transfer Virtual Account CIMB yang di teruskan ke pihak Tokopedia [ itu sdh fix berhasil ,karena saya telah Menghubungi Call center CIMB & Dana di tabungan saya telah terdebet / Berhasil ]

      Selanjut nya Dana itu masuk ke rekening penampungan tokopedia.

      Ketika proses pemindahan dari cimb berhasil masuk ke tokopedia ,Maka tokopedia menerbitkan invoice di akun saya berhasil [ Terbit invoice Pembayaran ]

      Selanjut nya Tokopedia lah yang melakukan pembayaran ke DANAMON CREDIT CARD [ Disisni lah pasti pihak tomkpedia menyadari ,jika dana yg mereka transfer ke Danamon tidak BERHASIL Karena no CREDIT CARD Danamon akhiran 8000 itu salah ,dan tak ada Nasabah pemilik no tersebut ) pasti dana tidak akan terkirim .

      Contoh sederhana : Jika kita Trfnser uang ke no rek yang tdk ada pemilik nya pasti transfer gagal.Bahkan rek Tujuan yang sudah Dorman pun ,Dana Akan Retur Kembali secara otomatis ( karena rek non aktif )

      Jadi disini Tokopedia yang tidak mau mengusut & berniat Lepas Tangan

      • 3 November 2022 - (00:48 WIB)
        Permalink

        Berarti seharusnya bpk meminta penarikan dana yg salah transfer itu ke pihak CIMB nya karena mereka lah yg menjadi sumber dananya, laporkan kpd pihak CIMB niaga nya bahwasannya bpk salah menginput nmr disaat melakukan transfer biar pihak CIMB nya yg berkoordinasi dgn pihak Danamon sebagai penerima dana. Pihak Danamon disini hanyalah pihak yg menerima pembayaran saja dan karena bpk telah salah menginput nmr pembayaran maka pembayaran bpk pastilah tdk terbayarkan (yg bpk bayarkan tagihan org lain) jd yg dikatakan pihak Danamon bahwa tdk ada pembayaran dr bpk itu adalah benar dan biasalah pihak yg menerima pembayaran itu tdk mau tau apabila telah terjadi kesalahan input nmr seperti ini, itu sama seperti di semua pinjol yg ada. Sebaiknya bpk fokus ke pihak CIMB nya utk membantu mengembalikan dana bpk. Pihak Tokopedia pun tdk dpt disalahkan dan dimintai pertanggungjawaban ataupun mengusahakan pengembalian dana dikarenakan salah input nmr yg dilakukan oleh bpk sbg cuatomernya. Pihak Tokopedia hanyalah pihak ketiga yg hanya sebagai perantara pembayarannya saja jd apabila transaksinya sukses maka dianggap selesai oleh mereka terkecuali jika transaksinya gagal lalu dananya tertahan di mereka barulah pasti mereka akan membantu utk mengembalikannya. Disini murni kesalahan ada di bpknya sendiri yg telah salah menginput nmrnya jd jgn menyalahkan yg lain. Mksd saya jgn lbh fokus menyalahkan yg lain atas kesalahan bpk sendiri dan meminta pertanggungjawaban dr mereka tp fokusnya utk meminta bantuan kpd mereka2 yg terlibat. Semoga dana bpk dpt kembali lg..

  • 27 Oktober 2022 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Ya kalau sudah berhasil itu uang masuk ke KK orang lain. KK kalau kredit berapa aja bisa, ntar kliatan pas di billing statement. Harusnya kejar ke Danamonnya untuk minta mediasi, tugas Tokopedia nya udah selesai sebagai media pembayaran. Misalkan Anda bayar lewat mBca dan transaksi sudah berhasil ya tidak bisa minta BCA untuk menarik kembali dana yang sudah masuk ke KK orang lain.

    3
    1
    • 27 Oktober 2022 - (12:50 WIB)
      Permalink

      Tidak ada nasabah danamon yang memiliki no akhiran 8000 kartu kredit itu.

      Jadi Dana Itu Bukan Masuk ke KK Nasabah Lain.tapi memang pasti gagal transfer dari tokopedia ke danamon & dan dana itu tetap berada di rek penampungan tokopedia.

      Kalau tadi ada nasabah dengan akhiran no 8000 itu ,sudah jelas dari awal kemana arus dana itu pergi.

      Memang Fix ,tidak ada nasabah dengan akhiran 8000 itu.

      Maka itu saya ngotot ,dana rp.4 1 Jt ,itu masih di rekenening penampungan tokopedia.
      Tapi tokopedia ngelak ” hanya karena saya salah input no kartu .

      3
      2
    • 27 Oktober 2022 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Kesalahan kecil. Akibatnya fatal sekali. Karena agan tidak berhati2 transfer. Apakah tidak dilihat dulu nama siapa yg terbaca pada saat input nomor kartu.
      Ini juga kelemahan sitim tokopedia. Tidak dimunculkan nama pemegang lkk dg lengkap hanya bbrapa huruf ditampilkan. Ini sangat mrmberi peluang terjadinya kesalahan saat transfer meskipun ini demi keamanan.
      Sy juga selalu membayar kk saya lewat tokopedia dan shopee karena mengejar diskon. Dan pernah juga salah input nomor. 1 angka saja beda sudah nama orang lain terbaca.
      Bisa saja nomor kk tersebut bukan nasabah dri bank Danamon tetapi dari bank lain. Sehingga bank danamon gak tahu..
      Walaupun agan sdh berkali2 bayar kk di tokopedia. Namun pepatah tdk pernah bohong. Sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh jg. Jngn anggap remeh hal yg sudah biasa km lakukan

      5
      2
  • 27 Oktober 2022 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Kesalahan Anda bukan hanya salah input nomor KK tapi juga berprasangka buruk dan menyalahkan pihak lain, dalam hal ini Tokopedia. Anda menulis surat diatas dengan penuh emosional, sehingga kehilangan daya pikir positif.

    Saya bukan mau bela Tokopedia tapi hanya sekedar memberi komentar dan mengkritik Anda.

    “Saya tambahkan lagi bahwa dana yang Rp4.100.000 itu ada di bank penampungan Tokopedia, ….”

    Anda dengan yakin mengatakan dana Anda karena salah input nomor ada di rekening penampungan Tokopedia. Bagaimana anda tahu dana pembayaran KK Anda ada di rekening penampungan Tokopedia? Apakah anda sudah tanyakan ke Tokopedia?

    Dalam hal ini, Tokopedia adalah sebagai sarana dalam pembayaran KK Anda, jadi setiap pembayaran akan diteruskan ke rekening KK penerima. Bisa saja, nomor KK yang Anda input adalah milik orang lain, jadi Tokopedia akan meneruskan ke rekening KK sesuai nomor KK yang Anda input.

    Kalau Tokopedia sudah meneruskan ke rekening KK sesuai nomor yang Anda input, Tokopedia tidak bisa serta-merta menarik uang Anda dari rekening KK orang lain. Anda sebagai pemegang KK harusnya paham tentang itu, bukan berpikir seperti yang Anda pikirkan.

    Anda yang salah dan tidak teliti, Anda yang ngamuk seperti orang kebakaran jenggot. Kasus diatas terjadi atas kesalahan Anda sendiri, Anda yang harus bertanggung jawab, bukan pihak lain. Akun Anda sudah platinum bukan berarti pihak lain bisa seenaknya mengikuti cara berpikir Anda. Pahami snk dan lakukan sesuai prosedur yang berlaku.

    22
    6
    • 27 Oktober 2022 - (13:07 WIB)
      Permalink

      Terimakasih masukan nya.

      Seperti ini yang saya ketahui prosedur nya :

      Danamon Telah Mengko firmasi Secara berulang2 setiap kali saya telpon ,kalau no akhiran kartu kredit itu ,tidak ada nasabah yang memiliki no kartu akhiran yang 8000.

      Jadi Dana Itu ,Masih di Rekening Penambungan tokopedia.

      Alur dana adalah sbb :

      > Gate paymant : Tokopedia
      > Tujuan Pembayaran : Danamon World CC
      > Sumber dana : CIMB Niaga

      CIMB NIAGA TELAH BerhasilMendebet Dana Dari Tabungan saya melalui Octo mobile transfer Virtual Account CIMB Atas permintaan nasabah yang di teruskan ke pihak Tokopedia [ itu sdh fix berhasil ,karena saya telah Menghubungi Call center CIMB & Dana di tabungan saya telah terdebet / Berhasil ]

      Selanjut nya Dana itu masuk ke rekening penampungan tokopedia.
      Saya tekankan : TOKOPEDIA Memiliki Rek Penampungan dana yang di khususkan untuk itu.

      Ketika proses pemindahan dari cimb berhasil masuk ke tokopedia ,Maka tokopedia menerbitkan invoice di akun saya berhasil [ Terbit invoice Pembayaran ]
      Memang betul Invoice Keluar & berhasil ,tapi itu belum selesai [ itu masih proses awal ,yakni pemindahan dana dari rek sumber dana nasabah ke tokopedia ]

      Selanjut nya prosedur akhir Tokopedia lah yang melakukan pembayaran ke DANAMON CREDIT CARD [ Disini lah pasti pihak tokopedia menyadari ,jika dana yg mereka transfer ke Danamon tidak BERHASIL Karena no CREDIT CARD Danamon akhiran 8000 itu salah ,dan tak ada Nasabah pemilik no tersebut ) pasti dana tidak akan terkirim .

      Contoh sederhana : Jika kita Trfnser uang ke no rek yang tdk ada pemilik nya pasti transfer gagal.Bahkan rek Tujuan yang sudah Dorman pun ,Dana Akan Retur Kembali secara otomatis ( karena rek non aktif )

      Seperti itulah prosedur nya.

      Kalau Tokopedia mau mengusut dengan serius dan sungguh2 MUTASI REKENING MEREKA Atas transaksi tersebut ,saya yakin jawaban mereka bukan hanya berkutak di : KESALAHAN INPUT NO ADALAH TANGGUNG JAWAB NASABAH.

      Hanya itu solusi yang mereka berikan..

      Itu solusi lepas tanggung jawab dari Pihak Tokopedia nya.

      1
      3
    • 27 Oktober 2022 - (22:26 WIB)
      Permalink

      Kamu itu sok pintar tetapi sebenernya bodoh…kamu baca ga, bahwa dari pihak danamon tidak ada pemilik nomor belakang itu. Sok sok ngasih ceramah lagi luh, udah jelas penulis bilang itu kesalahan input akibat kelalaiannya, lah elu bukannya ngasih semangat dan solusi malah menjatuhkan…ckck..hati mu terbuat dari apa sih?

      9
      14
  • 27 Oktober 2022 - (12:51 WIB)
    Permalink

    sebelum pembayaran, apa penulis sudah memastikan nomor yg diinput sudah benar? Saya akan mengeceknya hingga 3-4x sebelum sy benar2 melakukan pembayaran. Biasanya orang langsung menyadari sesaat setelah pembayaran. Namun penulis disadarkan oleh bank Danamon, yg artinya kemungkinan besar sudah berhari2 sejak kesalahan transfer. Tokopedia, setahu saya, memiliki masa tunggu sekitar 2-3 hari kerja utk pembayaran kartu kredit. Besar kemungkinan bila langsung melapor, dana bisa segera direfund.

    13
    • 28 Oktober 2022 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Dia ngejar cashback gopay coin bang makanya gak di cek berulang kali, yg penting dapat cashback mau nyangkut mah urusan belakangan

      5
      1
  • 27 Oktober 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Kan sdh ada pernyataan dari Danamon bahwa tdk ada rek kk yg berakhiran 8000, dari situ TS memastikan dananya masih tertampung di toped, butuh waktu memang untuk bisa kembali dananya…sabar saja pak

    6
    1
    • 27 Oktober 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Cara ceknya sebenarnya gampang, coba saja iseng bayar nomer tersebut, kalau muncul tagihan berarti ada yg punya. Bisa saja kl alasan privasi dll, danamon bilang tidak ada.

      16
      1
  • 27 Oktober 2022 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Setelah baca surat ini, aku iseng coba melakukan pembayaran jenis kk yang terdaftar di Tokopedia, kebetulan aku hanya punya OCBC dan bukan Danamon. Ketika nomor yang di input benar, maka akan keluar nama pemilik kk tsb. Nah, ketika salah menginput nomor, memang nama siapa yang keluar? Apabila ada nama pemilik kartu yang muncul plus jumlah tagihannya berarti kartu tsb aktif, karena pas aku coba ketik angka asal pada digit terakir, apabila nomor kk tsb tidak aktif, ada tulisan “Nomor tsb tidak valid. Cek lagi ya” – Itu artinya apabila nomor tidak valid bisa dipastikan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya, atau melakukan pembayaran?!
    Aku yakin sih pembayaran tsb berhasil diterima di nomor kartu yang salah input tsb.

    42
    • 27 Oktober 2022 - (15:09 WIB)
      Permalink

      Sepemikiran, soalnya akupun kalo salah no KK 1 digit pun kalo ga ada oemiliknya pasti invalid.

      12
    • 27 Oktober 2022 - (22:50 WIB)
      Permalink

      Betul kak, setau sy kalo nomor kartunya ternyata bukan kartu yg aktif alias gak ada kartu dgn nomor tersebut, hrsnya gak bs dibayar sih, biasanya dgn keterangan “nomor kartu tidak valid”. Jd kalo TS bs melakukan pembayaran, artinya kartu tersebut ada yg pakai.

    • 28 Oktober 2022 - (16:14 WIB)
      Permalink

      Dia ngejar cashback gopay coin bang makanya gak di cek berulang kali, yg penting dapat cashback mau nyangkut mah urusan belakangan

      5
      3
  • 27 Oktober 2022 - (15:37 WIB)
    Permalink

    kalo gak ada pemilik KK harusnya gak bisa dibayar, kalo bisa berarti ada pemiliknya coba datangin cabang Danamon buat minta surat pernyataan bukti ke tkp kalo benar adanya tidak ada pemilik KK tsb

    10
  • 27 Oktober 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Setahu saya kalau pembayaran jika nomor tidak terdaftar Tokopedia pasti menolak sebelum melanjutkan pembayaran atau berhasil tapi berapa menit kemudian biasanya gagal otomatis. Saya rasa sih yang no 8000 aktif ada yang punya. Coba di tes pakai bank lain apa akan muncul nama pemilik dan tagihan ? Buat memastikan

    12
  • 27 Oktober 2022 - (16:15 WIB)
    Permalink

    Memang tidak semua pembayaran CC ada namanya saat proses bayar, saya ada beberapa CC beda bank saat bayar di Tokopedia atau marketplace lain memang tidak keluar nama jadi lebih amannya setiap bayar selalu pakai Copy&Paste. Semoga segera ketemu solusinya pak

    3
    1
  • 27 Oktober 2022 - (16:29 WIB)
    Permalink

    Simple aja,anda pergi ke atm,coba bayar via atm nomor yg salah tadi.nah kalau bisa berarti ada kk tsb ada yg punya,kalau gagal ya berarti kk tsb tidak ada yg punya.nama pemilik kk tsb akan muncul di layar atm.hubungi bank danamon jika nama muncul,jika tidak ada namanya ,maka hubungi tokopedia lagi.simple kok

  • 27 Oktober 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Hehe TS dibohongi sama callcenter Danamon. Sejujurnya ya Pak, ketika nomor 8000 diinput dan Toped bisa jalankan, berarti memang ada nasabah dengan nomor itu. Lalu kenapa kok callcenter bilang tidak ada pemilik nomor itu? Hal itu adalah standar pelayanan callcenter, agar Bapak tidak menekan dan marah marah kepada petugas callcenter dan memintanya untuk menarik 4,1 juta dari rekening 8000 dan memindahkannya ke 8004. Karena hal itu sesuatu yang tidak mungkin bagi petugas callcenter, bukan wewenangnya. Sekaligus supaya waktu telepon tidak berkepanjangan, sehingga petugas bisa melayani panggilan berikutnya. Nah, saran saya, relakan. Tapi jika Bapak tidak rela, Bapak perlu sewa pengacara, surat kepolisian, dll, dan biayanya di atas 4,1 juta (dan saya tidak tahu bisa enggaknya ya). Jadi dana itu sudah tidak ada di Toped. Mohon Bapak jangan marah dengan callcenter Danamon, karena ini memang standar pelayanan supaya fasilitas callcenter dapat dinikmati semua nasabah, tidak terganjal pada satu call yang melebihi service time limit.

    16
    2
    • 27 Oktober 2022 - (19:24 WIB)
      Permalink

      gak ush sok tau bos. itu 16 digit kartu yg disebutin pasti udh dicek ke database kartu kredit di bank danamon sm petugas callcenternya.kl udh dicek dan hasilnya exist masa dia blg gak exist.

      dan berdasarkan pengalaman gw waktu kerja di bank dulu.kasus salah bayar kartu kredit itu lbh simple dibandingkan salah transfer. yg salah bayar tgl buat surat pernyataan dan kronologis atas kejadian salah bayar itu,plus lampirin bukti transaksinya.nanti bank akan reverse itu pembayarannya ke kartu kredit yg benar

      1
      6
  • 27 Oktober 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Sepertinya memang ada sih pemilik KK yang aktif, karena apabila kalau tidak ada maka sistem toped akan otomatis membatalkan pembayaran KK tersebut. Cb cek aja kirim lewat atm atau mobile banking

  • 27 Oktober 2022 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Pembayaran apapun via Tokopedia atau e-commerce pasti ditolak jika nomor tidak valid. Bayar KK, kartu telpon pascabayar hingga PLN pascabayar akan ditolak kalau nomor gak valid. Tapi jika pembayaran berhasil berarti nomor valid, terlepas milik sendiri atau milik orang lain. Dalam hal ini, penulis berhasil melakukan pembayaran, berarti nomor KK tersebut VALID.

    Pembayaran KK prinsipnya mirip dengan transfer uang antar rekening atau antar Bank. Nomor KK adalah nomor rekeningnya. Jadi, jika salah input nomor KK, laporkan ke Bank penerbit KK yang salah input nomornya, minta re-fund, dengan melampirkan bukti pembayaran yang sah.

    Dalam pembayaran KK tersebut diatas melibatkan 3 (tiga) pihak, yaitu: Bank CIMB Niaga, Tokopedia (pihak pengirim/korespondensi) dan Bank Danamon. Kalau transfer dari CIMB Niaga ke Tokopedia sukses dan dari Tokopedia ke nomor rekening KK berhasil, berarti proses pembayaran Tokopedia sudah selesai.

    Berdasarkan alur pembayaran tersebut, karena salah input nomor rekening / KK, maka penulis harus melaporkan ke Bank penerbit KK yang nomor KK salah input, bukan meminta Tokopedia untuk re-fund dananya. Tokopedia sebagai korespondensi, hanya bisa membantu, yang kembalikan uang adalah Bank yang salah input nomor KK itu.

    Logikanya begini, kalau Anda titip uang kepada teman Anda untuk membayar utang Anda kepada seseorang, dan teman Anda sudah melakukan kewajibannya sesuai data yang Anda berikan, ternyata data yang Anda berikan salah. Apakah teman Anda harus disalahkan dan harus mengembalikan uang Anda?

    10
    1
  • 27 Oktober 2022 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Untuk semua yg berkomentar kalau pembayaran nya (mungkin) masuk ke tagihan kartu kredit orang lain, kalian semua tidak memahami algoritma angka kartu kredit..
    Angka terakhir kartu kredit adalah angka checking.. Coba kalian berikan 15 digit angka depan kartu kredit yg valid, akan saya berikan dengan benar angka terakhir kartu kredit tsb..
    Kesalahan 1 angka pada kartu kredit TIDAK akan pernah menjadi no kartu kredit yg valid.. Kecuali salah 2 angka ada kemungkinan menjadi no kartu kredit yg valid..
    Saran untuk setiap orang.. Jangan pernah memilih pembayaran kartu kredit.. Pilihlah menu transfer dengan memasukkan no kartu kredit sebagai no rekening tujuan.. Jadi nampak nama pemilik untuk validasi..

    4
    1
    • 27 Oktober 2022 - (19:32 WIB)
      Permalink

      justru itu harusnya kesalahan 1 digit tersebut membuat tidak bisa melanjutkan ke menu selanjutnya karena nomor kartu yang dimasukkan tidak valid. ini TS masih bisa lanjut jadi kemungkinan nomor yang dimasukkan adalah valid

      danjuga no kartu yang dibayar jika dicek diinvoice tampilannya disamarkan contoh 0125-25**-****-6517.

      apakah ada kemungkinan kesalahan input lebih dari 1 digit ?

    • 27 Oktober 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Kalau di Tokopedia salah masukan 1 angka ada keterangan dengan huruf merah ” No kartu tidak valid. Cek lagi ya “. Dan tombol lanjut menjadi abu². Jika no kartu benar tombol lanjut menjadi hijau, di halaman selanjutnya muncul nama bank, no kartu dengan digit ke 8-12 disamarkan. Nama pemilik yang disamarkan belakangnya, nama pertama cuma satu huruf nama kedua 3 huruf.
      Jadi ya salah entah berapa angka, yang pasti kalau sudah berhasil dan bisa dibayarkan no tersebut valid. Ini sepertinya TS kurang jujur atau bisa jadi benar² lupa.

  • 27 Oktober 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Setahuku kalo gagal bayar tu uang kita dikembalikan ke saldo tokopedia kita koq..kalo dah terbit invoice yaa berarti berhasil..masuknya ke cc org lain tuh..

  • 27 Oktober 2022 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Baya CC via e-commerce kan kena biaya admin 8-10ribu dan estimasi 3 hari kerja baru masuk ke Bank, kenapa tidak via transfer online saja, langsung masuk real-time dan biayanya lebih murah cuma 6500. Ada juga beberapa bank digital yg gratis transfer antar bank.

    • 28 Oktober 2022 - (16:16 WIB)
      Permalink

      Dia ngejar cashback gopay coin bang makanya gak di cek berulang kali, yg penting dapat cashback mau nyangkut mah urusan belakangan

      3
      1
    • 30 Oktober 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      Keep fighting bro. Biasanya kalau salah nomor rekening atau data waktu transfer dana akan direturn sama bank kurleb 15 hari kerja, ada kemungkinan masih harus menunggu 2 mingguan dulu baru balik ke Tokopedia nya.

      Saran saya kalau mau bayar tagihan CC, langsung transfer aja dari bank lain ke nomor CC nya (online transfer), saya bayar selalu transfer biar jelas dan limit berubah real time

  • 27 Oktober 2022 - (19:18 WIB)
    Permalink

    kemungkinan besar itu duitnya masuknya ke rek penampungan kartu kredit di bank danamon. tanya ke toped,ada pengembalian gak dr danamon utk transaksi yg salah input no KK itu?
    kl toped konfirm ga ada pengembalian dr danamon,udh pasti duitnya nyangkut di rek penampungan bank danamon.nyangkut krn no KK yg di input sbg tujuan ga valid.
    skr tgl cek ke danamon transaksi nominal sekian pd tgl sekian utk no KK sekian.mestinya ketawan

  • 28 Oktober 2022 - (04:24 WIB)
    Permalink

    Kemungkinan besar nomor kartu yang salah input itu valid dan milik orang lain. Namun pihak Danamon tentu tidak bisa serta merta memberitahukan siapa pemilik asli kartu tersebut karena bersifat sangat rahasia. Sedangkan untuk kartu sendiri aja butuh verifikasi data pribadi. Jadi gak mungkin pihak bank mau memberitahukan pemilik asli kartu tersebut.

    Saran saya coba datang ke kantor cabang Danamon terdekat lalu minta surat pernyataan dari pihak bank bahwa telah terjadi kesalahan pembayaran agar dilakukan koreksi dengan membawa bukti invoice dari Tokopedia.

    Setelah ada surat pernyataan tersebut barulah anda bisa ajukan retur ke pihak Tokopedia. Karena dalam hal ini murni kesalahan pribadi (biasanya ada peringatan kesalahan input nomor bukan menjadi tanggung jawab pihak e-commerce).

    Untuk kedepannya bisa pakai sistem copy paste aja untuk nomor kartu kredit biar tidak ada kesalahan input.

  • 28 Oktober 2022 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya gampang cara tahu itu ada pemiliknya atau engga. Masukin aja No KK yg berakhiran 8000 itu di menu trf antar bank. Nnti kan kelihatan nama pemiliknya. Klo ga ada tulisannya Invalid atau kosong. Klo ada pemiliknya ada Nama Pemiliknya.

  • 28 Oktober 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Semakin banyak yg komen makin cepat diurus.. Biasanya begitu.. Semoga cepat kelar masalahnya.

  • 28 Oktober 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Cashback GoPay Coin yang Anda harapkan tidak sebanding dengan biaya dan risiko. Lebih baik bayar kartu kredit langsung dari bank, terutama bank penerbit kartu kredit Anda.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokoped…

oleh ORLIANDO MULA HORAS BUTAR BUTAR dibaca dalam: 3 menit
61