Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokopedia

Pertama sekali, terima kasih untuk Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menyampaikan ketidakpuasan saya atas layanan payment Tokopedia, yang tidak mau bertanggung jawab dan menuntaskan kesalahan pembayaran kartu kredit Danamon World saya, senilai Rp4.100.000 (empat juta seratus ribu rupiah). Berikut ini kronologinya:

Pada tanggal 04 Juli 2022, saya melakukan kesalahan pembayaran kartu kredit Danamon World. Seharusnya pembayaran untuk nomor kartu berakhiran: 8004, tapi saya salah input dengan nomor akhiran 8000, senilai Rp4.100.000. Transaksi di invoice Tokopedia berhasil dan ada bukti invoice-nya pada waktu dan jam yang sama setelah transaksi pembayaran.

Tiga hari setelah itu, Bank Danamon hubungi saya untuk segera melunasi tagihan yang sudah tercetak. Saya jawab bahwa saya sudah membayarnya. Besoknya lagi saya ditelepon lagi oleh Danamon untuk segera melunasi tagihan tercetak. Saya jelaskan dan kirim bukti pembayaran kalau dana tersebut telah saya bayar melalui Tokopedia payment.

Karena berulang kali ditelepon, akhirnya saya mengecek kembali invoice pembayaran dan saya baru perhatikan ternyata ada kesalahan 1 angka terakhir. Saya pun menghubungi Tokopedia melalui chatting dan menyampaikan maksud saya agar dana diretur ke akun saya karena memang ada kesalahan input nomor akhiran.

CS Tokopedia meminta saya mengirim semua bukti-bukti pendukung atas kesalahan transaksi tersebut (foto kartu kredit Danamon tampak depan, KTP asli, slip invoice Tokopedia dan invoice m-banking pembayaran melalui Virtual Account CIMB Niaga) untuk diusut dan di-kroscek.

Jawaban yang saya dapat setelah menunggu berhari-hari adalah: Pembayaran telah berhasil dan invoice telah terbit. Dengan sabar saya katakan, saya itu salah input, bukan sengaja dan saya sudah melakukan pembayaran di Tokopedia, hingga puluhan kali, baru kali ini saya salah, mohon diusut kembali. CS pun mengiyakan akan cross check kembali.

Beberapa hari selanjutnya saya tanyakan mengenai kasus saya, apakah sudah ada titik terang dan CS yang lain kembali meminta segala bukti pendukung agar di-kroscek kembali. Saya kirimkan kembali dan diinfokan agar menunggu beberapa hari.

Saya chat kembali setelah 3 hari dan jawaban yang saya terima adalah: Memang benar ada kesalah input nomor kartu dan kesalahan input nomor kartu kredit oleh nasabah adalah tanggung jawab nasabah itu sendiri. Mengacu ke S&K yang dibuat Tokopedia.

Saya berargumen ke CS Tokopedia:

Saya: Saya akui saya salah input. tapi jika nomor salah tidak mungkin dana masuk ke nomor kartu Danamon itu. Saya sudah telepon Danamon dan Danamon menyanggah jika Danamon tidak menerima pembayaran dari pihak Tokopedia, bahkan melampirkan surat di email saya (Danamon tak menerima dana pembayaran dari Tokopedia). Bukti email dari Danamon pun saya lampirkan ke CS Tokopedia. Bahkan saya jelaskan lagi saya juga telah menghubungi Call Centre CIMB selaku sumber dana transaksi yang Rp4.100.000, bahwa transaksi dari CIMB sudah fix diterima oleh Tokopedia.

Saya tambahkan lagi bahwa dana yang Rp4.100.000 itu ada di bank penampungan Tokopedia, karena ketika terjadi kesalahan nomor kartu kredit, dana tidak akan terkirim dan otomatis akan cancel dan retur ke bank penampungan Tokopedia. Jadi Tokopedia harap cek mutasi rekening penampungan Tokopedia itu sendiri, supaya uang saya bisa segera dikembalikan.

CS Tokopedia memberikan jawaban yang sama: Kesalahan input nomor kartu, bukanlah tanggung jawab Tokopedia.

Saya: Jadi apakah uang saya itu raib/hilang begitu saja?

CS Tokopedia: Jawaban yang sama, kesalahan input nomor kartu..bla..bla…

Setiap saya chat Tokopedia, saya diberikan jawaban yang sama. Sampai detik ini dana saya Rp4.100.000 gak tahu di mana rimbanya.

Pesan untuk Tokopedia:

  • Kesalahan customer dalam meng-input nomor pembayaran mengacu S&K, haruslah bisa dibuat lebih fleksibel, karena bukan unsur kesengajaan. Karena jika benar Tokopedia mau mengusut dan mengecek dengan teliti mutasi rek penampungan Tokopedia, pasti dana saya yang Rp4.100.000. Sampai detik ini saya yakin 100% ada di rekening penampungan Tokopedia.
  • Sebagai member Platinum di Tokopedia, tidakkah kalian memberikan perhatian yang manusiawi terhadap member loyal kalian?
  • Yang terakhir, sebegitu parahnya kah Tokopedia, sampai uang customer pun ditahan dengan alasan salah customer sendiri. Kenapa salah meng-input nomor kartu/nomor pembayaran? Tolonglah pihak Tokopedia bertindak lebih manusiawi, uang saya Rp4,1 juta itu bukan uang yang sedikit. Saya harap Tokopedia mengembalikan yang bukan hak milikmu.

Pesan buat customer Tokopedia: Hati-hati jika berniat melakukan pembayaran di Tokopedia, jangan sampai salah input nomor pembayaran/nomor kontrak, dll, karena jika salah akan seperti yang sudah saya alami saat ini.

Terlampir data-data pendukung surat saya. Terima kasih banyak buat Media Konsumen, yang selalu setia sebagai perpanjangan tangan bagi customer-customer di Indonesia untuk menyampaikan keluhan dan ketidakpuasan atas layanan yang diterima oleh pihak-pihak terkait.???

Orliando Mula Horas Butar Butar
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

61 komentar untuk “Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokopedia

  • 28 Oktober 2022 - (16:18 WIB)
    Permalink

    Gpp bang yg penting dapat cashback, biar gak rugi, eh sekarang malah rugi auto kena denda keterlambatan dah

  • 28 Oktober 2022 - (20:07 WIB)
    Permalink

    Setau saya klo nomor salah otomatis ga akan bisa dibayar.
    Satu lagi, apakah ts yakin klo nomor kartu yg ts salah masukan di keluarkan oleh danamon?

  • 28 Oktober 2022 - (20:11 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Buat Media Konsument Untuk Menjembatani Saya [ costumer ] Dengan Pihak Marketplace [ Tokopedia ] Sehingga Menemukan titik cerah???

    Perhari ini Tanggal 28,October,2022 ,Pihak Tokopedia Telah Menghubungi saya secara langsung via Fixedline Dan Langsung Memproses Pengembalian Dana saya Senilai : Rp. 4.100.000 [ Empat Juta ,Seratus Ribu Rupiah ] Ke Akun Tokopedia Saya.

    Saya Ucapkan Terimakasih ???Kepada Tokopedia yang telah mengusut permasalahan saya dan bertindak dengan sigap ,sehingga kendala saya pun segera di terselesaikan dgn tuntas.

    Terimakasih juga ???buat pembaca setia media konsument ,atas : kritik ,saran & support yang kalian berikan untuk saya melalui koment di postingan.

    Semoga kita semua di beri KESEHATAN & PANJANG UMUR ,SERTA MURAH REJEKI # Amin?

    • 29 Oktober 2022 - (05:13 WIB)
      Permalink

      Berarti CS tokped super dodol, dah tau dana masih dipenampungan, masih aja ngeyel telah diteruskan ke pemilik yang salah no kk akhir digit

  • 29 Oktober 2022 - (04:46 WIB)
    Permalink

    Sebagai seorang programmer, kalo bener cuman salah 1 digit terakhir berati sistemnya tokopedia yg salah karena ga menerapkan Luhn Algorithm untuk menentukan “check digit” pada angka terakhir, harusnya tanpa ngecek melalui API penerbit kartu, sistem tokopedia harusnya tau kalau nomor kk itu invalid karena check digit (digit terakhir) tidak sesuai perhitungan Luth Algorithm. Masa perusahaan startup yg katanya unicorn sampe buat kesalahan fatal yg bikin pelanggannya rugi. Apa jangan2 sengaja ?

  • 29 Oktober 2022 - (05:10 WIB)
    Permalink

    Ah yang jelas, pake tokped dah males, saya pelanggan prioritas aja pas chat masalah gak bisa beli sama CS nya cuma dikasih tau S&K(syarat dan ketentuan) Mulu… Ini emang sama admin tokped si CS dikasih akses nya cuma dri keterangan bot sistem tokped, jdi gak bisa telusuri lebih jauh, kecuali kita viralin ke MK barudah pada keluar jin admin diatas CS. Percuma jadi prioritas dan pelanggan platinum

  • 30 Oktober 2022 - (07:54 WIB)
    Permalink

    Keep fighting bro. Biasanya kalau salah nomor rekening atau data waktu transfer dana akan direturn sama bank kurleb 15 hari kerja, ada kemungkinan masih harus menunggu 2 mingguan dulu baru balik ke Tokopedia nya.

    Saran saya kalau mau bayar tagihan CC, langsung transfer aja dari bank lain ke nomor CC nya (online transfer), saya bayar selalu transfer biar jelas dan limit berubah real time

    • 30 Oktober 2022 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Terimakasih Buat Media Konsument Untuk Menjembatani Saya [ costumer ] Dengan Pihak Marketplace [ Tokopedia ] Sehingga Menemukan titik cerah???

      Perhari ini Tanggal 28,October,2022 ,Pihak Tokopedia Telah Menghubungi saya secara langsung via Fixedline Dan Langsung Memproses Pengembalian Dana saya Senilai : Rp. 4.100.000 [ Empat Juta ,Seratus Ribu Rupiah ] Ke Akun Tokopedia Saya.

      Saya Ucapkan Terimakasih ???Kepada Tokopedia yang telah mengusut permasalahan saya dan bertindak dengan sigap ,sehingga kendala saya pun segera di terselesaikan dgn tuntas.

      Terimakasih juga ???buat pembaca setia media konsument ,atas : kritik ,saran & support yang kalian berikan untuk saya melalui koment di postingan.

      Semoga kita semua di beri KESEHATAN & PANJANG UMUR ,SERTA MURAH REJEKI # Amin?

      Berikut Bukti Saldo Yang Telah di Retur Oleh Pihak Tokopedia

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 61 komentar sampai saat ini..

Salah Input Nomor Kartu Kredit Saat Pembayaran Tagihan Melalui Tokoped…

oleh ORLIANDO MULA HORAS BUTAR BUTAR dibaca dalam: 3 menit
61