Anteraja dan Tokopedia Tidak Ganti Rugi Sepenuhnya atas Paket yang Hilang

Pada tanggal 24 Oktober 2022, kami mendapatkan order di Tokopedia dengan nomor: INV/20221024/MPL/2759777865. Pengiriman menggunakan kurir Anteraja sameday, dengan nomor resi: 10006030091012, dan barang di status tertulis diterima. Lalu kami bertanya ke penerima apakah benar sudah diterima. Ternyata tidak sama sekali.

Kami dapat konfirmasi bahwa ada paket yang dikirim hilang oleh kurir Anteraja, karena selama 3 hari tidak ada update sama sekali. Saya bertanya, kenapa kami yang kirim barang seharga Rp242.900 malah dikembalikannya hanya Rp225.00?

Kurirnya saja curang membuat status palsu, dan membuat barang hilang. Ditambah lagi, kami yang kirim barang, tapi tidak diganti full, sementara pembeli yang diganti full. Kami tidak ada pilihan lain selain setuju. Kami jujur sangat kaget karena dana pembeli di-refund full tanpa ada potongan apa pun.

Ini bukti nilai barang yang kami jual, tetapi diganti hanya sebagian. Cara mereka meng-handle masalah, mengambil harga barang yang begitu tidak besar, tapi kalau dikali ribuan transaksi 1 Indonesia sangatlah besar. Dimulai dari membuat status penerima palsu, cara pengembalian dana tapi tidak sepenuhnya.

Kami tahu risiko kehilangan barang, tapi kalau pergantian seperti ini, tidak ada bedanya sama kecurangan kepada pengirim. Padahal ini pengiriman menggunakan sameday dan masih antar dalam kota.

Semoga para penjual di marketplace bisa tahu buruknya Tokopedia dan Anteraja, apabila barang hilang pasti pembeli yang dibela, padahal kita tiap transaksi diambil 4%.

Sekian pengalaman buruk kami oleh Tokopedia dan Anteraja.

Irvan Panggih
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Irvan Panggih

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Irvan Panggih yang berjudul: “Anteraja dan Tokopedia Tidak Ganti Rugi Sepenuhnya atas Paket yang...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Anteraja dan Tokopedia Tidak Ganti Rugi Sepenuhnya atas Paket yang Hilang

  • 3 November 2022 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Di pihak penjual diproses layaknya transaksi berhasil sepertinya, dari 242.900 terima bersih 225.000 menurut saya wajar. Kalau transaksi selesai sebagaimana mestinya, bukankah nilai segitu juga yang akan masuk ke penghasilan setelah dipotong biaya layanan + bebas ongkir? Same day sekarang dibebankan ke penjual juga jika mengaktifkan bebas ongkir.

  • 3 November 2022 - (15:22 WIB)
    Permalink

    Kalau saya lihat screenshot sekilas ongkir Rp22.500 berarti kemungkinan tidak menggunakan asuransi? artinya kalau terjadi kehilangan, hanya diganti max 10x ongkir yaitu Rp225.000,-

    • 3 November 2022 - (21:20 WIB)
      Permalink

      Seingetku semua expedisi ketentuan kalau tanpa asuransi
      Seharga barang atau 10X ongkir atau 1 juta rupiah.
      Kalau harga barang 500K ongkir 20K ya si ganti 200K
      Kalau harga barang 30K ongkir 40K diganti 30k
      Kalau harga barang 2 juta ongkir 130K di ganti 1 juta

      • 3 November 2022 - (22:00 WIB)
        Permalink

        Itu kalau nilai barang diinformasikan ke pihak logistik. Untuk lokapasar seperti tokopedia setahu saya hanya menginformasikan jenis dan nama barang, makanya ketika cetak resi bisa terlihat deskripsi barangnya apa tapi untuk nilai tidak ada. Dengan demikian kalau ada klaim diarahkan ikut prosedur pihak logistik bukan asuransi di tokopedia, ya cuma 10x ongkir.
        Kalo diasuransikan di Tokopedia, tentu sesuai nilai barang karena premi asuransi sudah sesuai persentase nilai barang x 0,5% CMIIW

        Beda lagi kalau kirim barang menyebutkan nilai barang misal di app Anteraja, pengalaman saya tahun lalu pernah kirim snack harga 400an rb input nilai barangnya 400rb ketika isi detil barang. Ongkir 12rb ke Tangsel. Ternyata apes, paket gak hilang sih tapi hancur nyaris total. Diganti sesuai nilai barang.
        Pernah juga mengalami serupa di kurir Wahana – hilang dan diganti senilai yg diaku; lebih besar daripada 10x ongkir.

        • 3 November 2022 - (22:04 WIB)
          Permalink

          Sama bang, intinya baca ketentuan kalau saya. Saya bolak balik paket cod hilang pasti di ganti walau tidak penuh, kalau pas paketnya mahal biasanya saya langsung anter ke counter kasih asuransi sendiri.

  • 3 November 2022 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Ganti rugi 225 ribu itu 10x ongkir karena tidak menggunakan asuransi pengiriman. Kalau mau ganti penuh, gunakan asuransi pengiriman dan biayanya dibebankan ke harga barang.

  • 3 November 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Ribet jualan di online, mending kalau mau jualan di medsos bisa ke marketplace fb, medsos dan lain nya, gak terlalu pusing dengan , jika customer masih dalam. Satu kota maka bisa COD di tempat anda, jualan offline tapi promosi online dari medsos atau live Facebook lebih menjanjikan

  • 3 November 2022 - (20:29 WIB)
    Permalink

    di tokopedia aktifkan lah asuransi menjadi “WAJIB” jangan “opsional”. karena apabila pembeli menonaktifkan asuransi maka jika terjadi kehilangan pembeli yang dapat ganti rugi full, penjual hanya dapat 10x ongkir. mungkin TS dan banyak seller lan yang belum mengerti sistem tokopedia, dengan ini menjadi tau dan mengerti resikonya asuransi bersifat OPSIONAL

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Anteraja dan Tokopedia Tidak Ganti Rugi Sepenuhnya atas Paket yang Hil…

oleh irvan irvan dibaca dalam: 1 menit
10